in

Anime Yang Berasal Dari Adaptasi Novel

Anime memang identik dengan suara dan gambar yang benar-benar memukau penonton. Ada banyak anime yang merupakan hasil adaptasi dari serial manga, misalnya Naruto, One Piece, Attack on Titan, sampai Death Note merupakan hasil adaptasi dari manga. Biasanya ketika sebuah manga mendapatkan adaptasi anime, penjualan bukunya akan meningkat. Hal ini menjadi hubungan yang saling menguntungkan bagi rumah produksi anime dan publisher manga. Namun, ada beberapa anime adaptasi dari novel. Baik anime layar lebar maupun serial televisi, terdapat beberapa anime yang menggunakan novel sebagai bahan ceritanya. Bahkan, tidak sedikit dari anime tersebut yang menjadi populer dan banyak ditonton oleh orang-orang. Novel yang diadaptasi menjadi anime juga sangat beragam, ada yang berasal dari negeri sakura dan ada beberapa novel asing yang juga diadaptasi menjadi animasi asal Jepang ini. Walaupun jumlah novel yang diadaptasi menjadi manga jumlahnya masih sedikit dibandingkan manga, tetapi dari segi kualitas juga tidak kalah.

Anime Yang Berasal Dari Adaptasi Novel Otaku

Sumber: Unsplash

Mengingat jumlah novel yang berhasil diangkat menjadi anime jumlah masih cukup sedikit, mungkin beberapa penggemar anime tidak sadar bahwa anime-anime yang mereka pernah tonton sebenarnya hasil adaptasi dari novel. Di Jepang sendiri terdapat beberapa jenis novel dan biasanya novel yang paling sering mendapatkan adaptasi anime adalah light novel atau novel ringan. Ciri-ciri dari novel ini biasanya menggunakan paragraf singkat serta disertai gambar agar lebih mudah dimengerti. Terkadang, malah terjadi fenomena dimana anime hasil adaptasi dari novel tersebut malah menjadi lebih populer. Mengingat ada banyak judul anime saat ini, pasti pembaca sudah penasaran judul anime apa saja sih yang merupakan hasil adaptasi dari novel? Siapa tahu beberapa judul anime tersebut ternyata sudah pernah ditonton. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa anime adaptasi novel. Langsung saja kita lihat apa saja, di bawah ini.

Howl Moving Castle

Siapa nih pencinta animasi dari studio Ghibli? Kalau kamu suka dengan film layar lebar garapan studi yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan judul anime ini. Howl Moving Castle adalah film animasi layar lebar kayak Hayao Miyazaki yang bercerita dunia lain yang terdapat sihir. Cerita ini sendiri diambil oleh Miyazaki dari novel dengan nama yang sama karya sastrawan asal Inggris Diana Wynne Jones. Film ini tidak secara gamblang mengadaptasi sama persis dari novel ini, tetapi Miyazaki mengambil beberapa inspirasi dari novel tersebut. Film yang rilis tahun 2004 ini memang menjadi salah satu film ikonik dari studio Ghibli. Pasalnya cerita dan animasi yang menawan membuat film ini menjadi salah satu film Jepang dengan jumlah penonton tertinggi. Miyazaki sendiri mengaku bahwa film ini menjadi film terfavorit yang ia buat. Dia mengatakan bahwa film ini memiliki makna dimana “hidup itu benar-benar sangat berharga” dan nilai tersebut sampai sekarang tidak pernah berubah.

Anime Yang Berasal Dari Adaptasi Novel Otaku

Sumber: Studio Ghibli

Haruhi Suzumiya

Anime Haruhi Suzumiya menjadi salah satu anime yang cukup populer di kalangan penonton anime. Namun, banyak yang masih belum sadar kalau anime yang satu ini sebenarnya hasil adaptasi dari light novel atau novel ringan karya Nagaru Tanigawa. Anime ini bercerita tentang Haruhi Suzumiya yang berusaha mencari fenomena-fenomena unik dan menarik seperti alien dan lain-lainnya. Demi mencari hal tersebut, Haruhi mengajak Kyon dan selama perjalan juga menggaet siswa- lainnya untuk menemukan hal tersebut.

Namun, siapa yang menyangka kalau Haruhi sebenarnya memiliki kekuatan pengubah realitas yang luar biasa kuatnya. Agar melindungi dunia saat ini, Kyon dan lainnya berusaha membuat dunia Haruhi menarik agar dia tidak membayangkan dunia lainnya dan membahayakan eksistensi dunia ini. Haruhi Suzumiya memang menjadi populer di kalangan mainstream setelah perilisan anime ini. Saking populernya, serial ini juga berhasil mendapatkan adaptasi ke layar lebar. Light Novel Suzumiya Haruhi sendiri terdapat 11 volume dengan episode anime berjumlah 24 plus film layar lebar.

I Want To Eat Your Pancreas

Anime Yang Berasal Dari Adaptasi Novel Otaku

Satu lagi film layar lebar yang merupakan anime adaptasi dari novel. Jika kamu menyukai genre drama mungkin bisa mencoba menonton film yang satu ini. Ceritanya sendiri diadaptasi dari penulis bernama Yoro Sumino. Awalnya cerita yang dia buat ditaruh di webseries pada salah satu website Jepang yang bisa dibaca oleh orang-orang secara online. Cerita yang dia buat mendapatkan popularitas yang tinggi, Aniplex pun merilis animasi dari karya Sumino ini. Kalian bakal dibuat kagum dengan balutan soundtrack-nya yang sangat bikin trenyuh. Kepopuleran dari serial tersebut juga membuat buku tersebut diterbitkan dalam bentuk cetak pada 2015 oleh Futabasha. Sebuah adaptasi manga dibuat dari 2016 sampai 2017. Sebuah film live action berjudul Let Me Eat Your Pancreas tayang perdana pada 2017, dan sebuah film animasi tayang perdana pada 1 September 2018. I Want To Eat Your Pancreas bercerita tentang drama percintaan SMA tentang seorang laki-laki yang mengetahui kalau teman sekelasnya memiliki penyakit kanker pankreas.

Violet Evergarden

Banyak orang yang berakhir menangis sehabis menonton anime yang satu ini. Mungkin juga banyak yang tidak sadar kalau anime yang satu ini merupakan anime adaptasi dari novel karya Kana Akatsuki dan ilustrasi oleh Akiko Takase. Anime yang memiliki 12 episode ini juga pada tahun 2020 berhasil mendapatkan adaptasi film layar lebar juga. Violet Evergarden menceritakan tentang Violet seorang tentara yang membutuhkan pekerjaan setelah perang usai. Terluka dan tanpa emosi, ia menerima pekerjaan sebagai penulis untuk memahami jati diri dan mengerti apa itu cinta. Violet mulai bekerja sebagai Auto Memory Doll, sebuah pekerjaan yang membawanya pada petualangan, yang membentuk kembali kehidupan kliennya dan yang mengarahkannya pada dirinya sendiri. Violet sendiri berusaha memahami kata-kata terakhir dari mentornya Major Gilbert yang berkata “aku mencintaimu”. Anime ini diadaptasi menjadi anime oleh rumah produksi anime Kyoto Animation dan tahun 2019, anime yang satu ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai anime terbaik dari Crunchyroll Anime Award.

Sword Art Online

Nah, ini dia satu lagi judul anime yang tidak disangka-sangka merupakan anime adaptasi dari novel. Anime ini juga termasuk sebagai salah satu tontonan yang cukup populer di kalangan penonton anime. Salah satu hal yang membuat anime ini juga menjadi populer di kalangan penggemar anime adalah lagu opening dan ending yang ikonik. Anime ini diadaptasi dari seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh ABEC. Serial ini berlangsung pada masa depan yang dekat dan berfokus pada berbagai dunia permainan virtual reality MMORPG . Bercerita tentang dua protagonis dalam serial ini Kirito dan Asuna yang terjebak dalam permainan virtual ini bersama pemain lainnya. Selain adaptasi anime, serial ini juga mendapatkan permainan video games, manga, dan animenya sendiri sudah dapat ditonton di luar Jepang.

Anime Yang Berasal Dari Adaptasi Novel Otaku

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Photos] Press Conference Photos Added for the Upcoming Korean Drama "Crash Landing on You" @ HanCinema :: The Korean Movie and Drama Database

2 Rumor Kencan Artis Korea Yang Dibongkar Dispacth Tahun 2021

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini