in

Apa Itu Internship Program dan Manfaatnya bagi Karir?

Internship program menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi fresh graduated. Ini akan membantu mereka yang baru memasuki dunia profesional atau menemukan perubahan karir. Lalu, apa itu internship program sebenarnya? Anda akan mendapatkan pengalaman industri yang tentunya memberikan gambaran tentang bagaimana rasanya bekerja di posisi tertentu. Dengan mengikuti program ini, Anda juga memetik manfaat lainnya seperti kompensasi profesional dan koneksi.

Ya, internship program adalah cara cerdas dalam memulai karir profesional. Lantas, apakah hanya sebatas itu saja? Mari kita bahas tuntas tentang apa itu intership program dan manfaatnya bagi kelangsungan karir.

Apa Itu Internship Program?

Internship program merupakan posisi pekerjaan sementara yang umumnya tersedia bagi fresh graduated. Biasanya, Anda akan mendapatkan gaji pokok atau imbalan kredit. Namun yang terpenting adalah program ini akan memberikan pengetahuan seputar budaya kerja dan sistem operasi perusahaan terkait.

Internship program berlangsung dalam beberapa bulan hingga satu tahun. Program ini juga bermanfaat bagi pelajar yang belum mendapatkan karir permanen. Dengan berkarir di suatu industri untuk sementara waktu, ini akan memberikan gambaran dalam menentukan apakah suatu karir cocok atau tidak jika dijalani ke depannya.

Apa Itu Internship Program dan Manfaatnya bagi Karir? Karir

Source: test.leadnet.org

Bagaimana Cara Mendapatkan Internship Program

Setelah mengetahui apa itu internship program, pastilah terlintas tentang bagaimana cara menemukan program tersebut. Menemukan internship program hampir sama dengan mencari pekerjaan tetap. Namun, Anda harus mempersiapkan diri dengan menulis surat lamaran dan resume untuk mengamankan posisi magang.

Poin-poin berikut ini dapat dijadikan petujuk untuk memulai internship program.

1. Tulislah Surat Lamaran dan Resume

Sebagian besar perusahaan memerlukan surat lamaran dan resume ketika melamar internship program. Ini akan memudahkan langkah selanjutnya karena berkemungkinan Anda tidak memiliki atau memiliki sedikit pengalaman kerja. Akan tetapi, surat lamaran bisa menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan dalam hal ini.

Surat lamaran internship program memberi kesempatan untuk mengungkapkan alasan kenapa melamar pekerjaan. Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk menjelaskan apa yang dapat diberikan bagi perusahaan. Tuliskan pengalaman yang relevan untuk peran tersebut. Seperti misalnya keterampilan utama dan etos kerja.

Sertakan pernyataan objektif di bagian atas daftar tujuan karir profesional pada resume internship program. Tuliskan juga pengalaman relevan apa pun yang dimiliki yang mungkin berguna bagi pemberi kerja. Beberapa di antaranya adalah volunteer program, kursus yang diselesaikan, dan peran kepemimpinan organisasi. Tinjau deskripsi pekerjaan sebagai kata kunci yang sesuai dengan latar belakang Anda.

Jika dirasa bahwa Anda memerlukan bantuan untuk menulis atau menyempurnakan dokumen tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa yang ada. Sebagian universitas dan perguruan tinggi menawarkan layanan review surat lamaran dan resume gratis.

2. Dapatkan Recommendation Letter

Recommendation letter atau surat rekomendasi merupakan pernyataan yang diberikan oleh profesional terkait yang menjelaskan mengapa pelamar tersebut sesuai untuk suatu posisi. Banyak pelajar yang meminta seorang profesor untuk menulis surat rekomendasi. Saran yang tepat untuk hal ini adalah memilih orang yang mengenal pekerjaan dan diri Anda secara baik.

3. Buatlah Daftar Perusahaan Incaran

Tidak hanya sebatas mengenal apa itu internship program, Anda harus berjuang ke tahap selanjutnya. Buatlah daftar perusahaan incaran berdasarkan manfaat yang akan didapatkan seperti keahlian industri, nilai inti, dan faktor lainnya yang menginspirasi diri. Telusuri situs web official mereka untuk memastikan jangka waktu dan aturan intership program di perusahaan mereka.

Dengan mencari internship program di perusahaan incaran, Anda mendapatkan kesempatan untuk melihat apakah Anda menikmati bidang ini dan seluas apa relasi yang Anda bangun. Beberapa perusahaan juga menawarkan full time intership program tergantung pada kinerja kandidatnya.

4. Persiapkan Wawancara Semaksimal Mungkin

Persiapkan diri apabila perusahaan incaran Anda meminta wawancara. Luangkan waktu untuk meninjau deskripsi pekerjaan dan mengembangkan jawaban atas pertanyaan wawancara umum. Teliti kembali dan pelajari nilai-nilai inti, sejarah, pernyataan misi, dan budaya perusahaan terkait.

5. Volunteer untuk Internship Program

Jangan langsung berputus asa jika Anda tertarik bekerja di perusahaan yang tidak menawarkan internship program. Pertimbangkan untuk menghubungi perwakilan HRD perusahaan. Ini bertujuan untuk melihat apakah mereka akan mendapatkan keuntungan dari membuka intership program dalam waktu dekat. Anda juga berkemungkinan untuk mendapatkan posisi freelance, penawaran pengembangan karir, lokakarya, maupun volunteer program.

Apa Itu Internship Program dan Manfaatnya bagi Karir? Karir

Source: content.timejobs.com

Jam dan Durasi Standar Internship Program

Apa itu internship program juga meliputi pengetahuan seputar lamanya program tersebut berlangsung. Durasi internship program bervariasi berdasarkan peran, industri, dan perusahaan. Dalam banyak kasus, orang mencari internship program yang memungkinkan mereka menyeimbangkan beban kerja sekolah dengan jam program tersebut.

Umumnya, durasi internship program dikelompokkan berdasarkan jenis penyelenggaraan program. Beberapa di antaranya adalah:

1. Externships

Ini merupakan internship program yang dipersingkat. Externship berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

2. Internship Program Perguruan Tinggi

Program ini tersedia bagi mahasiswa perawatan kesehatan, sains, penelitian, dan mereka yang ingin mengejar gelar master atau PhD.

3. Summer Internship

Banyak siswa lebih memilih summer internship program musim panas. Alasannya, program ini menawarkan kesempatan untuk fokus secara eksklusif pada pekerjaan daripada menyeimbangkan internship bersama tugas sekolah. Summer internship berlangsung selama dua hingga tiga bulan.

4. Semester

Dalam Internship program selama satu semester, seorang pelajar biasanya bekerja sepuluh hingga dua puluh jam seminggu. Ini berlangsung selama 2 hingga 3 bulan sebagai imbalan kredit sekolah atau gaji per jam.

5. Satu Tahun

Program ini berlangsung selama dua semester. Biasanya, semester pertama berlangsung selama satu semester dan umumnya gratis. Anda akan mendapatkan gaji jika perusahaan memperpanjang kontrak berikutnya selama satu semester ke depan.

Seberapa Besar Manfaat Internship Program bagi Karir?

Internship program memberikan beberapa keuntungan bagi lulusan perguruan tinggi, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Berpotensi Mendapatkan Gaji Awal yang Lebih Besar

Memiliki pengalaman yang relevan dapat meningkatkan potensi penghasilan di setiap level karir. Beberapa perusahaan mungkin saja menganggap Anda sebagai kandidat level awal dengan pengalaman magang di industri. Karena Anda sudah memiliki tingkat pengetahuan yang relevan, perusahaan dapat menghemat uang untuk biaya pelatihan. Hal ini dapat didiskusikan ketika menegosiasikan gaji awal.

2. Mengembangkan dan Menyempurnakan Keterampilan

Mengenal apa itu internship program tidak sebatas pengertiannya saja, juga manfaat yag dapat dirasakan begitu menginjakkan kaki di duni kerja yang sesungguhnya. Magang dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda dari perspektif industri Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menetapkan tujuan karier pribadi agar meningkat seiring waktu.

3. Relasi dan Jaringan

Beberapa internship program mengarah langsung ke pekerjaan di dalam perusahaan. Namun, jika perusahaan tidak menawarkan pekerjaan setelah program ini berakhir, para kandidat internship tetap dapat mengembangkan jaringan profesional dalam bisnis tersebut. Ekstensinya bisa saja mengarah pada pekerjaan dan peluang lain.

4. Transisi yang Lebih Mudah

Transisi dari perguruan tinggi ke tingkat profesional bisa menjadi lebih sulit tanpa mengetahui apa yang diharapkan. Internship program di sini dapat membantu diri memahami cara kerja dasar bisnis dan bagaimana berkontribusi pada organisasi.

5. Menjelajahi Jalur Karir Masa Depan

Internship program menawarkan kesempatan untuk menjelajahi industri atau posisi sementara. Meskipun Anda tidak menikmati program tersebut, Anda tetap bisa menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang didapat untuk mencari posisi lain atau membuat keputusan tentang jalur karir Anda kemudian.

6. Mendapatkan penghasilan

Banyak dari internship program memberikan kompensasi atas pekerjaan yang dilakukan. Anda mungkin juga diberi kredit sekolah. Jika tidak yakin, tanyakan kepada pemberi kerja selama proses perekrutan dan bagaimana sistem kompensasi untuk pekerjaan Anda.

Dengan semua ulasan mengenai apa itu internship program dan manfaatnya, ini adalah pilihan yang tepat bagi pelajar dan individu lain yang ingin memasuki suatu industri. Pengalaman dan sumber daya yang diterima dapat membantu membangun karir yang lebih relevan dan bermanfaat.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Karir

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jo Byeong Gyu Turun 10 Kg demi Perannya di Drama Korea 'The Uncanny Counter' - kumparan.com

Aktor Jo Byeong Gyu Bakal Perankan Drama Bertemakan Sejarah

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa