in

Apa Itu Kunci Digital untuk Mobil? Ini Dia Cara Kerjanya!

Ponsel cerdas bisa dibawa kemana-mana. Termasuk tempat-tempat yang mungkin tidak seharusnya dibawa. Mengingat hal itu selalu ada, beberapa perusahaan otomotif saat ini menawarkan teknologi kunci digital melalui aplikasi ponsel cerdas. Kunci digital mobil menggunakan ponsel cerdas untuk mengoperasikan kunci pintu kendaraan dan menyalakan mesin. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu membawa kunci pintu.

Beberapa produsen mobil menawarkan teknologi kunci digital. Misalnya, BMW Digital Key yang terhubung dengan Apple iPhone. Hyundai Digital Key bekerja dengan perangkat Google Android. Hingga Lincoln Phone as a Key berfungsi dengan sangat baik bersama smartphone Apple dan Android.

Kunci Digital untuk mobil masih menjadi hal yang tidak umum. Lincoln menawarkan teknologi ini pada SUV Aviator dan Corsair. Sementara itu, BMW menyediakannya di hampir semua kendaraan yang mereka jual.

Lalu, apakah pengguna harus membeli mobil mewah untuk dapat menikmati fitur ini? Hyundai memperluas ketersediaan versi kunci digitalnya. Ya, versi terbaru itu adalah Elantra 2021 yang didesain ulang. Sedan ini diperuntukkan bagi produsen muda yang merupakan technology enthusiast.

Apa Itu Kunci Digital untuk Mobil? Ini Dia Cara Kerjanya! Otomotif

Source: https://www.macobserver.com/

Apa Itu Kunci Digital untuk Mobil?

IPhone Apple dan Apple Watch telah mendukung Near Field Communication (NFC) untuk beberapa waktu saat ini. Sekarang, kemampuan NFC tersebut dapat digunakan untuk memungkinkan pengguna Apple mengunci, membuka kunci, dan memulai kendaraan berkemampuan NFC yang kompatibel sebagai pengganti kunci fisik. Mobil tidak memiliki fungsi NFC secara default. Jadi, ini adalah fitur yang perlu diterapkan oleh beberapa produsen mobil.

Apa yang dapat dilakukan dengan kunci digital itu berbeda menurut produsen mobil. Paling tidak, kunci digital mobil dapat digunakan untuk membuka, mengunci, dan menyalakan mobil sebagai mana yang tersedia dengan kunci fisik. Ada juga fitur untuk berbagi kunci digital dan membatasi akses hingga membatasi kecepatan maksimal untuk remaja.

Kunci digital mobil bekerja melalui spesifikasi Digital Key 2.0 berbasis NFC yang dikembangkan oleh Car Connectivity Consortium (CCC). Spesifikasi Digital Key 2.0 menetapkan koneksi yang aman antara perangkat seluler dan kendaraan melalui NFC.

Bagaimana Cara Kerja Kunci Digital?

Pengguna mengatur kunci digital untuk mobil menggunakan aplikasi smartphone yang terhubung dengan kendaraan. Setelah tugas tersebut selesai, pengguna akan dapat langsung memegang ponsel cerdas di samping atau di pegangan pintu mobil. Ponsel akan membuka kuncinya. Masuk, letakkan ponsel cerdas pada pengisi daya nirkabel. Lalu tekan tombol start mesin. Kendaraan siap untuk dikemudikan.

Untuk keamanan, teknologi kunci digital menggunakan Komunikasi Nirkabel Jarak Dekat dan koneksi Bluetooth hemat energi untuk berkomunikasi dengan kendaraan. Jika pengguna tidak memiliki sinyal atau baterai ponsel habis, kunci digital masih dapat berfungsi dalam batasan tertentu. Ini tergantung pada mobil apa yang digunakan.

Apa Itu Kunci Digital untuk Mobil? Ini Dia Cara Kerjanya! Otomotif
Source: trustonic.com

Selain itu, jika pengguna kehilangan ponsel, mereka bisa mendapatkan kunci cadangan seperti kartu yang berbentuk kartu kredit. Ini dapat disimpan di tas atau dompet. Akan tetapi, tidak semua produsen mobil yang menyediakan fasilitas ini. Pilihlah mana yang diinginkan, BMW atau Hyundai?

Lincoln Phone as a Key mengambil pendekatan yang berbeda. Pengguna tidak perlu mengeluarkan ponsel untuk membuka pintu atau menyalakan kendaraan. Apabila ponsel memiliki baterai yang mati atau kehilangannya, Lincoln mengizinkan pemilik untuk mengatur kode sandi berbasis API cadangan melalui sistem infotainment.

Pemilik Aviator dan Corsair dapat mengakses SUV menggunakan kode yang mereka setel untuk keypad digital di bagian luar SUV. Setelah berada di dalam, masukkan kode sandi API cadangan secara terpisah untuk menyalakan mesin.

Untuk pengguna iPhone atau smart watch Apple, Anda bisa menyimak cara berikut ini.

  1. Membuka kunci (atau mengunci) kendaraan dengan kunci digital untuk mobil akan melibatkan memegang Apple Watch atau iPhone di dekat pembaca NFC yang terletak di dalam mobil. Saat pembaca NFC mendeteksi kunci digital yang disimpan di iPhone atau Apple Watch, mekanisme penguncian di mobil akan aktif.
  2. Apple mengatakan bahwa Anda dapat membuka kunci mobil hanya dengan mengetuk pegangan pintu dengan iPhone atau Apple Watch.
  3. IPhone akan mengotentikasi tindakan membuka kunci dengan ID Wajah atau ID Sentuh untuk memverifikasi. Meskipun tersedia Mode Ekspres yang menghilangkan kebutuhan autentikasi, ini memungkinkan proses membuka kunci kendaraan yang lebih cepat.

Bagaimana Cara Mengatur Kunci Digital untuk Mobil?

Pengaturan kunci digital untuk mobil memerlukan penempatan iPhone di atas pembaca NFC yang terletak di dalam kendaraan. Proses penyandingan awal dapat memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Kode penyandingan yang disediakan oleh produsen mobil perlu dimasukkan. Meskipun nantinya akan ada beberapa proses penyiapan yang melibatkan pengunduhan aplikasi dari pembuat mobil.

Tempatkan iPhone ini di atas pembaca NFC di mobil Anda. Proses pemasangan mungkin membutuhkan waktu beberapa menit. Yang terpenting, jangan keluarkan dari pembaca sampai pemasangan selesai.

Seperti Apa Tampilan Kunci Digital untuk Mobil di Aplikasi Wallet?

Kunci digital untuk mobil terlihat seperti kartu standar di aplikasi Wallet. Ketika Anda mengetuk kartu, itu memberikan informasi kendaraan seperti nomor model dan produsen mobil yang mengeluarkan.

Tangkapan layar diambil dari iOS 13 yang menggambarkan antarmuka kunci digital untuk mobil. Terdapat juga sakelar untuk mengaktifkan Mode Ekspres atau membuka kunci tanpa otentikasi biometrik dan berbagi kunci dengan orang lain dengan beberapa opsi aksesibilitas.

Dapatkah Fitur Kunci Digital Mobil Dibagikan Bersama Pengguna Lain?

Iya. Ada opsi mengirim kunci digital mobil untuk membuka kunci mobil Anda kepada orang lain menggunakan aplikasi. Ini berguna untuk parkir valet, berbagi akses kendaraan dengan pasangan atau teman, mendapatkan perbaikan, dan situasi serupa lainnya.

Tingkat akses yang berbeda dapat disediakan. Sehingga Anda dapat melakukan hal-hal seperti memberikan akses penuh untuk membuka kunci atau akses yang lebih terbatas. Seperti halnya mengizinkan seseorang untuk membuka kunci mobil tetapi tidak memulainya. Akses ini bisa diberikan secara permanen atau sementara.

Untuk pengemudi yang lebih muda, ada batasan dalam akselerasi, kecepatan tertinggi, kontrol traksi, dan volume stereo. Di aplikasi terkait, Anda dapat mengirim kunci digital mobil seperti mengirim Apple Cash hingga berbagi obrolan tetapi tidak dalam percakapan grup.

Apakah Kunci Digital untuk Mobil Bekerja secara Otomatis?

Kunci Mobil hanya berfungsi di kendaraan yang memiliki kemampuan NFC. Oleh karenanya, produsen mobil perlu menerapkan dukungan NFC dan Kunci Mobil ke dalam kendaraan mereka.

Apple bermitra dengan pembuat mobil dan kunci digital untuk mobil. Mitra pertama Apple yang diumumkan di WWDC adalah BMW. Seperti yang dikatakan di atas, BMW sudah mendukung penguncian dan pembukaan kunci kendaraan dan menyalakan mesin dengan BMW Digital Key di aplikasi BMW Connected. Mereka juga berencana untuk membawanya ke platform lain juga.

Apakah Kunci Digital untuk Mobil adalah Ide yang Bagus?

Terdapat perbedaan pendapat tentang apakah menggunakan kunci digital adalah ide yang bagus atau tidak. Awalnya, Tesla Model 3 datang hanya dengan kunci digital. Pada akhirnya, Tesla mulai menawarkan kunci fob kuno yang bagus karena pelanggan menginginkannya.

Dengan bijak, BMW, Hyundai, dan Lincoln tidak memerlukan kunci digital. Akan tetapi, pengguna dapat memilih kunci mana yang akan digunakan. Apakah itu kunci digital atau kunci manual.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Otomotif

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kim Jung Hyun Tulis Surat Permintaan Maaf terkait Masalah Kontroversinya, Sebut Nama Seohyun - Tribunnews.com Mobile

Isi Surat Permintaan Maaf Kim Jung Hyun Soal Berperilaku Buruk

Brave Girls Rollin Goes Viral After Four Years

Brave Girls Kian Raih Popularitas, Ini Prestasi Setiap Member!