in

Apa itu Studi Kerja dan Seberapa Pentingnya bagi Karir?

Seiring dengan penerimaan mahasiswa baru, banyak informasi tersebar tentang beasiswa, pinjaman pelajar, hibah, dan peluang lainnya yang bertujuan untuk mendanai pendidikan. Tetapi, pernahkah Anda terpikirkan untuk mengikuti studi kerja? Jika Anda memenuhi syarat, Anda bisa mengikuti program ini untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mengesankan. Namun sebelumnya, apa itu studi kerja? Secara gamblang, studi kerja adalah bagian dari paket bantuan keuangan perguruan tinggi atau pascasarjana.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu studi kerja, mari simak ulasan berikut. Lengkap dengan persyaratan, manfaat, dan bagaimana cara untuk mendaftarkan diri dalam program ini.

Apa itu Studi Kerja?

Studi kerja merupakan program bantuan keuangan yang didanai di tingkat negara bagian atau federal yang membantu mahasiswa. Baik itu mahasiswa dengan program sarjana dan pascasarjana. Terkhusus bagi mereka yang membutuhkan dana dengan mendapatkan pekerjaan paruh waktu selama masa studi. Penghasilan yang diperoleh dari studi kerja dapat membantu biaya hidup, biaya sekolah, dan biaya pendidikan lainnya.

Studi kerja tidak dirancang untuk menutupi seluruh biaya pendidikan. Sebaliknya, program ini digabungkan dengan sejumlah sumber daya yang berbeda. Termasuk tabungan pribadi, beasiswa, hibah, dan pinjaman mahasiswa.

Program studi kerja atau work-study program sering dikaitkan dengan mahasiswa. Namun, ini juga tersedia untuk mahasiswa pascasarjana dan profesional dengan sistem penuh waktu dan paruh waktu. Pekerjaan ini biasanya berorientasi pada komunitas atau terkait dengan bidang studi mahasiswa.

Program ini dikelola oleh universitas dan perguruan tinggi yang berpartisipasi. Pelajari lebih lanjut mengenai program ini dengan berkunjung ke kantor bantuan keuangan di universitas. Cek apakah mereka berpartisipasi dalam program studi kerja federal atau negara bagian.

Apakah Saya Memenuhi Persyaratan Program Studi Kerja?

Setelah mengetahui apa itu studi kerja, selanjutnya mari mengukur apakah Anda memiliki kesempatan untuk mengikuti program ini.

Studi kerja umumnya tersedia di luar negeri. Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan di sana, Anda bisa mengurus persyaratan untuk mengikuti program tersebut.

Pertama, isilah formulir FAFSA!

FAFSA atau Free Application for Federal Student Aid berisi hal-hal yang dipertimbangkan untuk studi kerja. Beberapa jenis bantuan diberikan berdasarkan siapa cepat dia dapat. Jadi, isilah FAFSA sesegera mungkin dalam proses aplikasi.

Secara umum, siswa yang mengajukan FAFSA di awal tahun akademik sebelumnya (pada bulan Januari atau Februari), berpeluang besar menerima bantuan studi kerja. Selain itu, terdapat sejumlah faktor yang akan menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk bantuan studi kerja setiap tahun.

Faktor-faktor ini termasuk berapa banyak total dana studi kerja yang diterima pada tahun tertentu. Apakah mahasiswa menggunakan dana studi kerja yang dialokasikan pada tahun sebelumnya, kebutuhan keuangan, dan pendapatan keluarga.

Apa itu Studi Kerja dan Seberapa Pentingnya bagi Karir? Karir

Source: axiell.com

Bagaimana Studi Kerja Beroperasi?

Memilih opsi studi kerja hanya berarti Anda akan dipertimbangkan untuk bantuan sejenis ini. Itu tidak menjamin bahwa Anda akan menerimanya sebagai bagian dari bantuan keuangan Anda. Namun, Anda dapat memutuskan apakah akan menerima bantuan seperti apa itu dalam studi kerja jika Anda memang menerima pinjaman semacam ini.

Anda dapat mengharapkan hasil aplikasi pinjaman bantuan keuangan dalam beberapa bulan setelah mengirimkan FAFSA. Nantinya akan tercantum jumlah hibah federal, pinjaman, dan studi kerja yang berhak didapat berdasarkan kebutuhan keuangan Anda.

Setelah dipastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk studi kerja, Anda tidak dijamin menjalankan program tersebut di kampus. Sebaliknya, Anda tetap bertanggung jawab untuk menemukan pekerjaan studi kerja yang sesuai.

Seringkali ini berarti pengajuan lamaran dan wawancara untuk posisi yang tersedia. Meskipun mungkin terdengar menakutkan, ini adalah praktik yang sangat baik untuk melamar pekerjaan penuh waktu setelah dinyatakan lulus.

Surat penghargaan studi kerja nantinya akan mencantumkan jumlah total paket bantuan keuangan yang dialokasikan. Tetapi itu tidak berarti secara otomatis Anda bisa mengharapkan menerima uang itu. Sebaliknya, Anda perlu mengidentifikasi pekerjaan yang memenuhi syarat studi-kerja, dan kemudian bekerja dalam jumlah jam yang diperlukan untuk menerima jumlah yang dialokasikan.

Catatan Penting:

Tidak semua perguruan tinggi atau universitas menjadi peserta dalam program ini. Kelayakan mahasiswa sebagian akan ditentukan oleh apakah perguruan tinggi atau universitas berpartisipasi dalam program studi kerja. Pastikan untuk memeriksa apakah program ini tersedia melalui kantor bantuan keuangan di kampus Anda.

Berapa Upah Kerja Belajar yang Akan Didapat Nantinya?

Apa itu studi kerja juga meliputi upah yang akan didapat nantinya. Anda bisa mendapatkan setidaknya upah minimum federal saat ini. Namun, Anda bisa dibayar lebih dari upah minimum tergantung pada pekerjaan yang dilakukan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi terkait.

1. Pembayaran Upah Tergantung pada Pengalaman dan Tingkat Keterampilan

Program studi kerja yang membutuhkan tingkat keterampilan atau pengalaman yang lebih tinggi kemungkinan besar mendapatkan bayaran yang lebih tinggi pula. Seperti salah satunya adalah asisten laboratorium atau penelitian. Ini tentunya lebih berarti daripada pekerjaan seperti staf di perpustakaan atau meja depan asrama.

2. Sarjana vs Pascasarjana

Sebagai mahasiswa sarjana, Anda akan dibayar per jam dalam program studi kerja. Berbeda halnya dengan mahasiswa pascasarjana yang dapat dibayar dengan sistem bulanan tergantung pada sifat pekerjaan studi kerja yang dijalani.

3. Kualifikasi dan Tanggung Jawab

Penghasilan studi kerja per jam juga akan bergantung pada jenis tanggung jawab dan pekerjaan yang dilakukan, kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu, serta persyaratan upah minimum negara bagian dan kebijakan studi kerja yang mungkin dimiliki kampus Anda.

4. Biaya Pendidikan dan Kebutuhan Kampus Lainnya

Sekolah Anda akan mencairkan gaji setidaknya sebulan sekali atau lebih sering. Kampus juga harus membayar secara langsung. Tidak sama jika Anda meminta agar mereka menggunakan pendapatan studi kerja yang Anda peroleh untuk diterapkan langsung ke pengeluaran institusional seperti biaya hidup dan biaya pendidikan lainnya.

Mendapatkan gaji langsung berarti bahwa tidak seperti beasiswa dan beberapa bentuk bantuan lainnya. Anda dapat memutuskan bagaimana membelanjakan penghasilan studi kerja tersebut. Anda juga dapat meminta agar gaji itu dikirim ke rekening bank pribadi melalui setoran langsung.

5. Waktu Belajar dan Prestasi Akademik

Tidak seperti pekerjaan biasa di mana Anda mungkin dapat bekerja sebanyak apa yang diinginkan. Kampus dan jumlah total yang dialokasikan dalam paket studi kerja akan memutuskan sebelumnya berapa jam total Anda dapat bekerja. Selain bantuan studi kerja yang dialokasikan total, perguruan tinggi mungkin mempertimbangkan kemajuan akademik dan jadwal kelas setiap semester ketika menentukan jadwal kerja.

6. Jenis Pekerjaan yang Dilakoni

Jadwal kerja mingguan akan ditentukan oleh jenis pekerjaan dan apa yang diharapkan oleh pemberi kerja. Ini karena pemberi kerja dalam program studi kerja tahu bahwa karyawan mereka juga sibuk dengan tugas yang berhubungan dengan kampus. Sebagian besar posisi studi kerja adalah paruh waktu yang berlangsung selama 10 hingga 20 jam per minggu.

Apa itu Studi Kerja dan Seberapa Pentingnya bagi Karir? Karir

Source: valenciatutors.com

Jenis Pekerjaan apa yang Termasuk dalam Studi Kerja?

Banyak posisi studi kerja berlokasi di universitas Anda. Beberapa di antaranya adalah staf di meja depan, tugas administratif, staf perpustakaan, asisten penelitian, dan bekerja di ruang makan.

Pekerjaan di dalam kampus sangat nyaman untuk mahasiswa penuh waktu karena mereka tidak memerlukan banyak perjalanan untuk sampai ke tempat kerja.

Peluang untuk pekerjaan di luar kampus mencakup bekerja dengan perusahaan nirlaba. Beberapa pekerjaan tersebut berorientasi pada layanan masyarakat seperti penitipan anak atau bimbingan komunitas.

Apa itu tujuan studi kerja ditekankan pada keterlibatan sipil dan kepentingan publik. Pekerjaan studi kerja di luar kampus lainnya juga mencakup bekerja di rumah sakit, sekolah umum, perpustakaan publik, dan pusat pemerintahan lokal.

Apa Keuntungan Studi Kerja?

Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai atau melanjutkan pendidikan, studi kerja adalah pilihan yang tepat. Namun, program ini membawa serta sejumlah manfaat tambahan yang harus diingat ketika mempertimbangkan semua opsi bantuan keuangan.

  • Semua penghasilan dalam program ini tidak dihitung ketika Anda mengisi aplikasi FAFSA berikutnya.
  • Pastikan bahwa aplikasi Anda secara akurat mencerminkan penghasilan Anda dari tahun studi kerja sebelumnya.
  • Ingatlah bahwa penghasilan apapun yang diperoleh melalui studi kerja dapat dikenakan pajak.

Meskipun demikian, studi kerja dianggap penting dan memberikan beragam manfaat. Khususnya dalam bidang pembiayaan pendidikan. Mengingat kenyataan yang ada bahwa banyak mahasiswa yang mengajukan pinjaman pendidikan. Setidaknya, pengajuan studi kerja dapat menanggulangi beban tersebut.

Untuk alasan ini, banyak penasihat penerimaan perguruan tinggi lebih memilih siswa menerima studi kerja dan sumber bantuan lainnya, seperti hibah dan beasiswa, sebelum beralih ke pinjaman siswa.

Mengetahui apa itu studi kerja dan mengikuti program tersebut juga merupakan cara yang tepat untuk membangun resume. Jenis pekerjaan ini memberikan berbagai keterampilan dan pengalaman baru.

Manfaatkan momen ini sebagai cara untuk memperoleh pengalaman terkait jenis karir yang ingin dikejar setelah kelulusan. Banyak siswa lulus tanpa pengalaman kerja yang signifikan di bidangnya. Sehingga memiliki pengalaman studi kerja di resume dapat membuat Anda terlihat lebih menonjol dari yang lainnya.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Karir

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kim Sejeong Jadi Waitress yang Bisa Lihat Hantu di Drama Korea 'Amazing Rumor' - kumparan.com

6 Perjalanan Karir Kim Sejeong Yang Baru Klarifikasi Di Instagram

Ternyata Beberapa Publik Figur Ini Menyukai Anime Loh!