in

Apa Maksud Chungmuro Aktor Adalah Bintang Film Kelas A?

Ada sebuah hal yang mungkin tidak dipahami hampir sebagian besar pecinta drama Korea alias drakor. Hal tersebut adalah kenyataan bahwa setampan apapun Lee Min Ho merupakan aktor drama Korea. Dia belum bisa disebut sebagai Chungmuro. Mungkin saja tidak semua penggemar drakor garis keras mengetahui bahwa istilah tersebut. Chungmuro ditujukan kepada aktor yang adalah bintang film kelas A. Kenyataan tersebut sama dengan tidak semua film India adalah Bollywood. Atau pun kenyataan bahwa tidak semua film yang diproduksi di Amerikan bukanlah produksi Hollywood.

Mungkin nama-nama bintang film Chungmuro kurang akrab di telinga pencinta K-Pop dan K-Drama Indonesia. Namun, mereka telah mendapatkan pengakuan terhadap kualitas akting mereka di Korea Selatan. Para aktor dan aktris Chungmuro dikenal sebagai artis Korea kelas A di mana film-film yang mereka bintangi selalu ditunggu. Tidak hanya diakui secara nasional, tetapi beberapa di antara mereka memiliki prestasi yang diakui secara internasional. Nah, para pecinta drakor seharusnya wajib tahu tentang mereka.

Perlu diketahui bahwa Chungmuro merupakan sebutan untuk industri film di Korea Selatan. Sehingga seorang aktor yang mendapatkan sebutan Chungmuro sama dengan aktor yang adalah bintang film terbaik di Korea Selatan. Hal ini sama dengan Hollywood dan Bollywood yang masing-masing merupakan sebutan industri film di Amerika Serikat dan India. Hal yang perlu dipahami adalah tidak semua produksi film di negara-negara tersebut bisa disebut sebagai Chungmuro, Hollywood, atau Bollywood.

Agar lebih mengerti, silahkan baca penjelasan apa maksud Chungmuro aktor adalah bintang kelas A sekaligus bahasan tentang Hollywood dan Bollywood:

1. Chungmuro

Apa Maksud Chungmuro Aktor Adalah Bintang Film Kelas A? Drama Korea
Gambar: Potret salah satu jalan di Chungmuro yang merupakan sebuah nama daerah di mana tempat lahirnya film-film awal di Korea Selatan

Sebenarnya nama Chungmuro berasal dari sebuah nama daerah di Korea Selatan di mana tempat lahirnya film-film awal di negara tersebut. Industri film lahir di sana sejak awal tahun 1950-an. Kendati pun dalam kenyataannya, sebenarnya produksi film Korea Selatan banyak yang berpindah ke distrik Gangnam sekarang ini. Namun, daerah Chungmuro masih melambangkan industri film Korea Selatan. Chungmuro disebut sebagai versi lain dari Hollywood di Korea Selatan.

Jadi, apa itu Aktor Chungmuro?

Hal yang perlu dipahami adalah tidak semua aktor dan aktris dari Korea Selatan disebut sebagai sinema Chungmuro. Mereka yang disebut sebagai Chungmuro aktor adalah para selebritis yang lebih banyak bermain film dibanding drama Korea. Mereka juga disebut sebagai bintang film kelas A karena memiliki kualitas akting yang sangat mumpuni.

Biasanya para Chungmuro aktor ini membintangi satu judul drakor sekali dalam kurun waktu 3-4 tahuni. Inilah yang menyebabkan mungkin saja sineas Chungmuro jarang terkenal. Apa lagi jika dibandingkan dengan para pemain drakor. Sebagai contoh sebut saja mungkin kamu lebih mengenal Song Hye Kyo dibanding Son Ye Jin. Atau kamu lebih akrab dengan sosok Lee Min Ho dibanding Ryu Jun Yeol. Padahal Son Ye Jin dan Ryu Jun Yeol merupakan dua aktris yang diakui kualitas aktingnya lewat berbagai film mereka.

Salah satu hal lain tentang para Chungmuro aktor adalah mereka memang lebih dikenal dengan kualitas akting yang prima dibandingkan wajah rupawan. Namun, hal ini tidak bermakna bahwa para pemain drakor berakting buruk. Semuanya memiliki porsi yang berbeda, tetapi sama-sama menjadi ujung tombak diplomasi budaya Korea Selatan di mata dunia.

Apa Maksud Chungmuro Aktor Adalah Bintang Film Kelas A? Drama Korea
Gambar: Para pemain dan kru film Parasite yang mendapatkan penghargaan Oscar sebuah penghargaan film-film dunia termasuk Hollywood

Adapun beberapa selebritis yang masuk jajaran Chungmuro adalah Song Kang Ho, Ma Dong Seok, Ha Jung Woo, Kang Dong Won. Oh Dal Soo, Yoo Hae Jin, Jung Woo Sung, Gong Yoo, Lee Jung Jae, Shin Ha Kyun, Hwang Jung Min. Jeon Do Yeon, Bae Doo Na, Jun Ji Hyun, Son Ye Jin, Ha Ji Won, Kim Hye Soo. Lee Byung Hun dan Park No Young

2. Hollywood

Nell Minow adalah seorang kritikus film sekaligus pendiri Washington DC Area Film Critics Association. Ia pernah mengatakan bahwa film Hollywood adalah film yang diproduksi oleh rumah besar seperti 10th Century Fox, MGM, Columbia, Paramount, dll. Selain itu, penyebutan film Hollywood juga tergantung pada dana produksi berasal. Maksudnya, jika dana berasal dari perusahaan, maka film tersebut dapat dikatakan sebagai film Hollywood. Namun, jika dana film tersebut didapat dari hasil menggalang dana untuk menggarap sebuah film. Maka film tersebut merupakan film independen.

Ada pendapat dari Neal Weisman produser film dan serial televisi sekaligus ketua jurusan produksi film di New York Film Academy. Menurutnya, definisi sineas Hollywood sebenarnya masih sangat rancu. Hanya saja pada umumnya, istilah sineas Hollywood digunakan untuk mereka yang bekerja untuk studio besar di Amerika Serikat. Jika ada sineas yang memproduksi film di Amerika Serikat dan membuat film independen, tetapi kebetulan mereka tinggal di Los Angeles. Maka, Neal Weisman memungkinkan tidak akan menyebut film tersebut sebagai bagian dari film Hollywood. Kedua pendapat ini dilansir dari VOA.

3. Bollywood

Apa Maksud Chungmuro Aktor Adalah Bintang Film Kelas A? Drama Korea
Gambar: Aktor Ryu Jun Yeol yang merupakan Chungmuro aktor mungkin tidak lebih akrab dari sosok aktor Lee Min Ho

Tidak jauh berbeda dengan Chungmuro dan Hollywood, Bollywood juga merupakan sebutan industri film India dengan kasta tertinggi. Aktor dari Chungmuro, Hollywood, dan Bollywood adalah yang terbaik di industri negaranya. Kendati begitu, ternyata Bollywood bukanlah satu-satunya industri film yang ada di India. Lantaran di bawahnya masih ada industri film India lain yang juga laris manis. Namun, kelebihannya adala biaya produksi dan capaian penjualanya tidak sebesar Bollywood.

Bollywood adalah sebutan film India yang diproduksi di Mumbai di mana sebelumnya bernama Bombay dilansir dari Brain Berries. Film Bollywood menggunakan bahasa Hindi. Sama seperti di Korea Selatan, tidak semua aktor dan aktris India bisa disebut sebagai artis Bollywood. Lantaran tidak semua selebritis bisa masuk ke jajaran artis papan atas apabila hasil film yang mereka bintangi tidak maksimal. Sistem Bollywood ini sama tetapi juga agak berbeda dibandingkan di Chungmuro.

Masih ada industri film lain yang menggunakan bahasa daerah di bawah industri Bollywood. Industri lainnya adalah Punjabi, Bhojpuri, Marathi, Bengali atau Tollywood, Kannada atau Sandalwood, Malayalam, Telugu, dan Tamil. Ada banyak produksi di industri film India selain Bollywood. Kualitasnya pun tidak selalu buruk. Industri tersebut banyak yang mengangkat tentang kesenjangan sosial atau fenomena sebenarnya terjadi di India. Alur cerita yang menarik di film-film daerah tersebut akan diadaptasi menjadi film Bollywood apabila beruntung.

Itulah artikel mengenai “Apa Maksud Chungmuro Aktor Adalah Bintang Film Kelas A?”. Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Nonton Konser Online BLACKPINK The Show 31 Januari di Youtube - Tirto.ID

Ternyata Alasan Tidak Ada Leader Di BLACKPINK Adalah Ini!

https://facilitationfirst.com/wp-content/uploads/2017/12/Our-Approach-1-1.jpeg

7 Tren Pencarian Kerja di Tahun 2021; Siapkan Diri untuk Menghadapinya!