in

Awal Mula Penyebab Kasus Bullying Merebak Di Tengah Idola K-Pop

Girl grup April tengah ramai diperbincangkan karena kabar tindakan bullying yang dilakukan antar sesama personel. Kabar ini berawal dari seorang netizen Korea yang mengaku sebagai adik laki-laki dari Hyunjoo menulis pernyataan di internet pada 1 Maret 2021. Menurutnya, alasan Hyunjoo keluar dari April adalah karena sang kakak mengalami pembullyan yang dilakukan oleh para anggota lainnya. Namun, sayangnya Hyunjoo malah diarahkan oleh DSP Media untuk menulis alasan lain ketika keluar dari grup. Adapun alasannya menjadi ingin fokus ke karier aktingnya. Seorang netizen lainnya memberi pernyataan dukungan setelah pernyataan dari adik Hyunjoo. Orang yang mengaku sebagai teman dekat Hyunjoo ini menjabarkan tentang penyebab kasus bullying yang terjadi dalam gru K-Pop tersebut. Kedua pernyataan tersebut sama-sama menuliskan bahwa mantan personel April tersebut sempat melakukan percobaan bunuh diri karena stres yang Ia terima.

DSP Media selaku agensi dari April mengeluarkan pernyataan mengenai kasus yang viral tersebut. Menurut pihak agensi, berita yang beredar tentang grup asuhannya tersebut hanyalah hoax semata. Mereka juga memberikan tanggapan terhadap apa yang ditulis oleh teman Hyunjoo. Seorang netizen yang mengklaim dirinya sebagai mantan staf di DSP Media menuliskan penyataan di internet. Ia menyatakan bahwa tidak ada tindakan bullying yang dilakukan secara fisik oleh para anggota April kepada Hyunjoo. Menurutnya, memang benar apabila para anggota April tidak memiliki hubungan yang dekat dengan Hyunjoo. Akan tetapi, mantan staf agensi ini menyatakan bahwa tidak ada anggota yang mengucilkannya. Selain itu, Ia menjelaskan bahwa kemungkinan besar percobaan bunuh diri dilakukan ketika Hyunjoo kabur dari dorm. Lantaran agensi sempat menemukan Hyunjoo yang telah kabur di taman Han Gang. Menurut, tidak ada tanda-tanda self-harm atau percobaan bunuh diri kala itu. Mungkin sang artis mengirim pesan ke orangtuanya semacam itu.

Awal Mula Penyebab Kasus Bullying Merebak Di Tengah Idola K-Pop K-Pop
Gambar: Hyunjoo yang diduga mengalami tindakan bullying dengan sesama rekannya di April

Adik Hyunjoo mengunggah data medis kondisi mental kakaknya pada 3 Maret 2021, pukul 00:29 KST. Ini menjadi tanggapan akan sikap DSP Media yang terus menyanggah kasus bullying yang membuat kakaknya melakukan percobaan bunuh diri. Pernyataan yang tertulis dalam keterangan medis tersebut adalah Hyun Joo masuk ke rumah sakit pada 10 Mei 2016 pukul 23:38 KST. Adapun detail keluhan yang membawa Hyun Joo masuk ke rumah sakit adalah overdosis karena keracunan obat-obatan. Selain itu, mantan personel April tersebut juga dikabarkan tidak hadir dalam acara musik pada tanggal 12-13 Mei 2016. Lantaran baru saja pulang dari rumah sakit. Lebih lanjut beberapa orang menambahkan bahwa kode yang tertulis dalam pernyataan rumah sakit tersebut adalah F190. Kode ini merupakan kode yang biasa dituliskan untuk kasus yang mengarah kepada percobaan bunuh diri.

Sebenarnya kabar tentang tindakan bullying yang terjadi tidak hanya melibatkan para anggota April saja. Beberapa idola lainnya yang ikut terlibat adalah Mingyu Seventeen, Kihyun Monsta X, Soojin (G)-Idle, Hyunjin Stray Kids. Selain itu, ada juga beberapa aktor dan aktris Korea yang terkena tuduhan melakukan bullying. Terhitung sejak Februari lalu, hampir setiap hari kabar dugaan bullying atau pelecehan yang dilakukan para selebritas Korea. Kabar ini dilakukan saat mereka masih duduk di bangku sekolah. Sebagian telah membantah tuduhan tersebut dan sebagian lainnya dikabarkan meminta maaf pada para korban. Mereka yang meminta maaf pun kini memilih menghilang dari sorotan publik. Namun, kenyataan tentang kabar bullying yang terjadi secara serentak ini membuat publik bertanya-tanya. Beberapa mempertanyaakan apa penyebab kasus bullying di kalangan artis K-Pop dan K-Drama ini tiba-tiba muncul bersamaan seolah sedang menutupi sesuatu.

Berikut ini adalah penyebab kasus bullying di kalangan artis K-Pop dan K-Drama ini tiba-tiba muncul bersamaan:

1. Penyebab

Awal Mula Penyebab Kasus Bullying Merebak Di Tengah Idola K-Pop K-Pop
Gambar: Kasus bullying dilakukan dua atlit kembar tim voli nasional Korea Selatan yang membuka kasus-kasus bullying para selebritas Korea

Kabar tentang kasus tindakan bullying yang terjadi di Korea Selatan ini diawali sejak sepasang atlet kembar dikeluarkan dari tim voli nasional. Lantaran keduanya mengaku pernah melakukan bullying terhadap rekan satu tim mereka 10 tahun lalu. Kemudian banyak orang yang berusaha meningkatkan kesadaran akan aksi bullying yang dilakukan selebritas Korea lainnya. Inilah yang menjadi awal mula penyebab kasus bullying di kalangan artis K-Pop dan K-Drama ini tiba-tiba muncul bersamaan. Banyak idola K-pop dan bintang K-drama menerima tuduhan aksi perisakan di internet sejak Februari 2021. Sebagian besar yang mengunggah cerita tersebut adalah orang yang mengaku mantan teman sekelas para idol maupun bintang drama.

Lee Yong Hoon yang merupakan asisten profesor di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong dengan spesialisasi perilaku organisasi memberikan pernyataan dalam South China Morning Post. Dia mengatakan bahwa ada peningkatan semacam gerakan sosial saat orang-orang saling menceritakan dan membaca tuduhan-tuduhan itu. Menurutnya, orang-orang akan lebih termotivasi untuk melapor saat melihat ada selebritas yang menanggapi tuduhan yang diperuntukan kepada dirinya. Namun, Lee Yong Hoon juga mengingatkan bahwa tuduhan palsu akan meningkat seiring banyaknya tuduhan yang benar.

2. Reputasi Nomor Satu

Awal Mula Penyebab Kasus Bullying Merebak Di Tengah Idola K-Pop K-Pop
Gambar: Hyunjin Stray Kidz yang harus hiatus karena kabar bullying yang dilakukannya (Sumber: https://imagevars.gulfnews.com/2021/03/01/Stray-Kids-member-Hyunjin_177edf50d86_medium.jpg)

Reputasi seseorang di mata masyarakat dianggap sangat penting di Korea Selatan. Sehingga tuduhan apa pun yang mungkin saja benar atau salah tetap dapat menciptakan dampak buruk bagi mereka yang terlibat. Selain itu, asisten profesor di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong mengatakan bahwa penyebab kasus bullying banyak ditujukkan kepada idola K-Pop adalah citra idola remaja. Para anak muda yang berusia di awal usia 20-an sering kali dipandang memiliki berperilaku buruk. Selain itu, hal ini terjadi karena mudahnya menindas orang lain melalui internet. Lee Yong Hoon melakukan penelitan tentang masalah struktural dalam industri hiburan Korea Selatan dengan fokus pada dampak jangka panjang. Dia mengatakan bahwa kasus-kasus semacam ini sebenarnya sering kali memberikan persepsi negatif bagi sang idola. Terlepas dari kemungkinan fakta kalau orang tersebut tidak bersalah atau hanya difitnah.

Lee Yong Hoon menyebut bahwa masyarakat nantinya akan terpecah dalam kasus kontroversial semacam ini. Sementara itu, pihak perusahaan yang mengontrak sang idola akan memilih agar berada dalam keadaan cari aman. Dia menjelaskan keadaan tersebut sebagai produsen biasanya menghidari risiko dan lebih memilih memutuskan hubungan dari pada memperbaiki reputasi. Pernyataannya ini setidaknya terbukti dari kasus yang menimpa Hyunjin yang merupakan salah satu personel dari Stray Kids. JYP Entertainment memutuskan idola asuhannya tersebut akan hiatus beberapa saat dari seluruh kegiatan Stray Kids setelah meminta maaf. CLIO yang merupakan perusahaan kosmetik Korea ini diketahui menghapus seluruh foto personel Stray Kids dari akun media sosial mereka. Ini juga berdampak pada kegiatan Stray Kids lainnya. Bahkan kabar hiatusnya Hyunjin akan berjalan tanpa batas waktu yang ditentukan. Itulah kehidupan di Korea Selatan.

Itulah artikel mengenai “Awal Mula Penyebab Kasus Bullying Merebak Di Tengah Idola K-Pop”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho!

6 Suami dan Istri Para Pemain The Penthouse di Dunia Nyata

Momen Manis Lee Sang Woo dan Istri dalam Drama The Penthouse