in

Bahasa Gaul Anak Motor Yang Digunakan Dalam Keseharian

Ada banyak bahasa gaul yang digunakan anak motor untuk mencairkan suasana percakapan menjadi lebih akrab lagi. Sebenarnya pembendaharaan bahasa gaul tersebut berasal dari hal-hal yang populer di masyarakat. Namun, tidak jarang kata-katanya hanya dipahami bikers saja karena merujuk pada hal teknis dalam dunia otomotif. Kendati begitu, bisa jadi satu komunitas menggunakan bahasa ini tetapi komunitas lainnya tidak karena berbagai faktor pendukung. Hanya saja secara umum mereka akan memahaminya secara perlahan saat ngobrol santai.

Ada banyak istilah yang kerap kali diucapkan oleh para anggota dalam sebuah komunitas motor. Tujuan penggunaan istilah unik tersebut secara umum agar semakin mempererat hubungan antar sesama bikers. Pertama adalah Kopdar yang merupakan akronim dari kopi darat adalah kegiatan berkumpul sesama anggota dari sebuah klub, komunitas, ataupun forum otomotif. Kedua adalah Kopgab yang merupakan akronim dari kopi darat gabungan. Kopgab memiliki skala yang lebih besar karena melibatkan lebih dari satu komunitas dengan tujuan utama untuk memperkuat hubungan antar komunitas. Ketiga adalah Jamnas yang merupakan akronim dari jambore nasional. Kegiatan ini berfokus pada pertemuan, pesta, atau perayaan yang dilakukan sebuah komunitas dengan skala nasional.

Istilah selanjutnya adalah Rolling yang merupakan kegiatan berkeliling suatu wilayah tertentu dengan jarak yang tidak terlalu jauh, biasanya sekitar kota. Kelima adalah Sunmori yang merupakan akronim dari Sunday Morning Ride. Keenam adalah Tourjib yang merupakan akronim dari Touring Wajib memiliki destinasi perjalanan yang bervariasi mulai dari dekat, jauh, sampai sangat jauh. Sedangkan, Tourgab yang merupakan akronim dari Touring Gabungan biasanya hanya dilaksanakan oleh beberapa komunitas yang berpartisipasi dalam suatu acara tertentu.

Bahasa Gaul Anak Motor Yang Digunakan Dalam Keseharian Otomotif

Gambar: Sebenarnya pembendaharaan bahasa gaul anak motor berasal dari hal-hal yang populer di masyarakat ataupun hal teknis saat melakukan touring

Ada juga istilah yang identik dengan kegiatan touring seperti RC yang merupakan akronim dari Road Captain. RC adalah orang yang bertanggung jawab secara penuh atas kelancaran kegiatan dan keselamatan rombongan touring. Selanjutnya, Safety Officer (SO) adalah orang yang benar-benar memahami dinamika perjalanan dan hafal jalan hingga seluk beluknya. Pasalnya dia bertugas sebagai penunjuk arah yang benar sekaligus pengaman jalan yang akan dilalui peserta touring. Selanjutnya, Voorijder (VO) yang memiliki tugas sama seperti SO tetapi mempunyai tanggung jawab yang lebih krusial. Dia adalah pemimpin perjalanan yang harus berkomunikasi dengan SO, SW dan RC dalam mengatur ritme kecepatan rombongan. Selanjutnya, Sweeper (SW) yang bertugas dalam mengawal barisan touring untuk memastikan barisan rombongan rapi dan tidak ada anggota yang tercecer. Terakhir, Techinal officer yang berperan penting apabila terjadi kerusakan mesin motor di suatu tempat yang jauh dari bengkel saat touring. Sebenarnya bikers tidak hanya memiliki istilah tetapi juga bahasa gaul anak motor.

Berikut ini adalah bahasa gaul anak motor yang digunakan dalam percakapan sehari-hari :

1. Amsyong

Pertama adalah Amsyong yang dapat digunakan untuk berbagai situasi buruk seperti menyebutkan benda yang terlihat jelek atau rusak. Selain itu, bisa juga dilontarkan saat melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan atau siapapun yang dianggap sedang tidak beruntung.

2. 4646

Kedua adalah 4646 sebuah kode yang beredar di media sosial dengan sebutan patnam patnam memiliki arti mantap mantap apabila dibalik.

3. 4EAE

4EAE yang merupakan singkatan dari Forever and Ever ini memiliki arti selama-lamanya.

4. AFK

Keempat adalah AFK yang merukan singkatan dari AFK Away From Keyboard sering digunakan para pemain mobile gaming.

5. Candid

Kelima adalah candid yang merupakan kondisi seseorang tidak sadar sedang difoto ataupun pura-pura tidak tahu kamera.

Bahasa Gaul Anak Motor Yang Digunakan Dalam Keseharian Otomotif

Gambar: Bahasa gaul digunakan sesama anak motor untuk berbicara santai sesama anggota

6. ASAP

Keenam adalah ASAP yang merupakan singkatan dari As Soon As Possible memiliki arti akan segera melakukan secepat mungkin.

7. Ngab

Ketujuh adalah Ngab yang merupakan kebalikan dari bang untuk paggilan kepada teman laki-laki yang lebih tua. Biasanya yang menggunakan istilah ini adalah perempuan secara khusus kepada orang dewasa dari dirinya yang belum dikenal.

8. AFAIK

Kedelapan adalah AFAIK yang merupakan singkatan dari As Far As I Know memiliki arti sejauh yang aku tahu.

9. AKA

AKA yang merupakan singkatan dari As Known As memiliki arti dikenal juga sebagai.

10. Sans

Kesepuluh adalah Sans yang merupakan plesetan dari kata santai. Bahasa gaul anak motor ini digunakan ketika seseorang merasa malas mengerjakan sesuatu kepada teman-temannya.

11. Hyung

Terakhir adalah Hyung yang merupakan kosa kata dari Korea Selatan. Kata tersebut adalah panggilan laki-laki kepada laki-laki yang lebih tua darinya. Itu adalah bahasa gaul anak motor yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bahasa Gaul Anak Motor Yang Digunakan Dalam Keseharian Otomotif

Gambar: Anak motor tidak hanya perlu mahir menggunakan istilah dan bahasa gaul tetapi juga harus selalu menerapkan etika dan sopan santun di jalanan

Hal lain yang sangat perlu diperhatikan sebagai anak motor selain istilah dan bahasa gaul adalah etika dan sopan santun di jalanan. Apalagi saat ini masih banyak pengendara yang saling serobot dengan seenaknya saja ataupun memotong jalur tanpa mengindahkan kendaraan di belakangnya. Tentu saja itu dapat membahayakan tidak hanya diri sendiri tetapi juga pengendara yang lain. Etika bermotor bertujuan untuk menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Layaknya sebuah pepatah sedia payung sebelum hujan tetapi kenyataan yang terjadi justru kehujanan dulu baru memakai payung. Begitulah yang banyak terjadi dengan pengendara motor yang belum menerapkan etika dengan benar. Lantaran selama belum kejadian maka belum akan jera. Kendati begitu, tidak ada orang yang pernah mengharapkan untuk mendapatkan celaka dan tidak ada orang yang tahu kapan akan celaka. Namun, kecelakaan dapat dicegah yang memulai dari diri sendiri.

Sebagaimana yang disampaikan TMC Polda Metro Jaya dalam situs resminya bahwa disiplin berlalu lintas tidak hanya tanggung jawab petugas kepolisian. Namun, itu merupakan kewajiban semua orang agar selamat sampai di tujuan. Sehingga ada beberapa tips untuk meminimalkan kecelakaan dan kejadian yang tidak menyenangkan saat berkendara. Pertama adalah memastikan kondisi fisik dan jiwa sehat dengan melakukan sedikit pemanasan sebelum berpergian. Kedua adalah memastikan kesiapan kondisi mesin motor, bahan bakar, SIM dan STNK, serta bagian kendaraan lainnya. Hal yang juga perlu dipastikan adalah ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sign, rantai, dan busi. Ketiga adalah pengemudi dan pembonceng sama-sama menggunakan helm SNI yang full face. Juga memakai kacamata dengan ultra violet protection untuk melindungi pandangan mata agar lebih jelas dan tidak silau pada siang hari. Sebenarnya masih banyak etika bermotor lainnya.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Moge Bisa Digunakan untuk Harian, Ini Syaratnya - Otomotif Liputan6.com

11 Istilah Ini Hanya Dipahami Oleh Anak Motor Yang Sering Touring

Geber Skutik 250cc Perlu SIM Apa? Simak, Indonesia Punya 12 Jenis SIM

Ayo Mengenal Lima Jenis SIM Yang Berlaku di Indonesia!