in

Barca Kalah Lagi di La Liga, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Barcelona kembali meraih hasil negatif dalam lanjutan La Liga musim 2020/2021. La Blaugrana harus bertekuk lutut atas tim tuan rumah, Atletico Madrid dengan skor tipis 1-0. Secara keseluruhan pertandingan, tim asuhan Ronald Koeman tersebut tampil lebih dominan dari tuan rumah dengan penguasaan bola sebesar 55%. Barca juga melesatkan 13 kali tendangan dan 4 diantara tepat mengarah kegawang Atletico yang dikawal ketat oleh Jan Oblak. Namun malang tidak dapat ditolak, untung tidak dapat diraih Lionel Messi dkk nyatanya harus rela kebobolan pada babak injury time babak pertama akibat blunder yang dilakukan oleh Ter Stegen. Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Hasil 1-0 membuat Barca kembali kalah lagi dalam laga big match. Sebelumnya Barca juga tumbang kala menjamu Real Madrid dengan skor telak 1-3.

Hasil buruk ini terjadi untuk kesekian kalinya setelah Ronald Koeman menggambil alih kursi kepelatihan Barca yang sebelumnya ditukangi oleh Quique Setién. Barca hanya mampu meraih 3 kali kemenangan sejauh ini dalam 8 pertandingan La Liga yang telah berlangsung. 5 pertandingan lagi berakhir dengan 3 kali kekalahan dan 2 kali hasil seri. Setelah Barca kalah lagi, La Blaurgrana kini duduk diperingkat 13 klasmen La Liga dengan mengoleksi 11 poin.

Banyak faktor yang disebut-sebut sebagai penyebab dari performa buruk Barca sejauh ini. Mulai dari permasalahan internal yang terjadi antara Lionel Messi dengan petinggi klub dan sang pelatih. Ditambah lagi beberapa pemain yang dibeli dengan harga mahal namun tidak kunjung memberikan kontribusi yang maksimal. Barca juga tengah mengalami krisis keuangan akibat pandemi covid 19. Hal tersebut membuat manajemen harus menjual pemain – pemain dengan gaji yang tinggi dan memangkas hingga 70% gaji para pemain musim ini.

Dalam artikel ini penulis telah merangkum 5 penyebab Barca kalah lagi yang membuat posisi La Blaugrana semakin terpuruk musim ini!

1. Griezmann Tidak Maksimal

Barca Kalah Lagi di La Liga, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya! Olahraga

Foto : dok. Sport.detik.com

Antonie Griezmann di datangkan dari Atletico Madrid dengan mahar yang fantastis, 120 Juta Euro. Angka tersebut menjadikannya pemain termahal ke-enam di dunia. Awal mula kedatangannya ke Camp Nou Griezmann menunjukan performa yang menjanjikan seperti permainannya di Atletico dahulu. Namun perlahan permainan Griezmann tak lagi sebaik dulu. Pemain bernomor punggung 7 tersebut terus tampil tidak maksimal disetiap pertandingannya. Permainan buruk Griezmann sebelumnya juga disebut sebagai penyebab Barca kalah atas Atletico Madrid di pekan ke 10 La Liga. Pengamat menganggap pemain berusia 29 tahun tersebut bermain tidak diposisi yang ia inginkan.

Untuk diketahui, saat masih membela Atletico Madrid Griezmann bermain sebagai Second Striker. Namun di Barca saat ini Griezmaan bermain sebagai target man yang membuatnya kesulitan untuk menunjukan kemampuan terbaiknya. Penampilan bintang Timnas Perancis tak kunjung maksimal sejak didatangkan pada musim 2019/2020 lalu membuat nya disebut-sebut sebagai salah satu penyebab tren negatif Barca sejauh ini. Jika ingin melihat Griezmann tampil sebaik di Atletico dulu mungkin tidak ada salahnya jika Koeman mencoba formasi baru yang menempatkan Griezmann sebagai second striker dan menukar posisinya dengan Lionel Messi.

2. Pique Bermain Jelek

Barca Kalah Lagi di La Liga, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya! Olahraga

Foto : dok. Thesun.co.uk

Gerad Pique menjadi salah satu pilar pertahanan penting Barcelona selama 12 musim ini. Perannya di lini belakang tidak tergantikan. Namun belakangan ini permainan Pique mengalami penurunan yang signifikan. Ia beberapa kali melakukan blunder fatal yang membuat Barca harus menderita kebobolan. Teranyar, pemain berusia 33 tahun tersebut sama-sama melakukan blunder dengan Ter Stegen yang menyebabkan Barca kalah lagi di ajang La Liga musim ini. Pique memang pernah tak tergantikan, tapi sudah saatnya Koeman mencari alternatif lain untuk lini belakang Barca yang lebih baik lagi. Pique sendiri saat ini tampaknya harus berlapang dada sebab ia diperkirakan akan absen hingga akhir musim akibat cedera parah yang didapatkannya kala Barcelona bertemu Atletico Madrid pekan lalu.

3. Konflik Internal yang Tak Kunjung Usai

Barca Kalah Lagi di La Liga, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya! Olahraga

Foto : dok. Bola.Tempo.com

Belakangan ini Barcelona tengah dihinggapi isu terkait konflik yang terjadi di lingkup internal klub. Permasalahan tersebut tidak jauh – jauh dari mega bintang mereka, Lionel Messi. Sebelum musim ini bergulir, Messi terlibat konflik dengan Josep Maria Bartomeu yang kala itu menjabat sebagai presiden klub. Konflik tersebut sampai membuat La Pulga ingin segera meninggalkan Camp Nou. Namun keinginan Messi tersebut harus tertahan karena tidak ada satu klub pun yang sanggup membayar Klausul penjualan Messi yang mencapai 700 juta Euro.

Tak usai sampai disitu saja, Messi juga dikabarkan terlibat konflik dengan Ronald Koeman, pelatih baru Barca musim ini. Koeman disebut ingin membuat Messi tidak lagi memiliki privilage. Messi selama ini dianggap memiliki peran dalam penentuan starting line up Barcelona. Bintang Timnas Argentina tersebut juga disebut mengalami konflik dengan rekan setimnya. Ada nama Griezmann dan Pique yang dikabarkan mengalami konflik serius dengan Messi. Pemberitaan miring tentang Barcelona di duga sebagai salah satu penyebab dari performa buruk La Braugana sejauh ini, barca kalah lagi kalah lagi.

4. Ronald Koeman Selalu Salahkan Wasit

Barca Kalah Lagi di La Liga, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya! Olahraga

Foto : dok. Goal.com

Tentunya tidak lepas dari ingatan para pecinta sepakbola khususnya penonton setia La Liga bagaimana Ronald Koeman melakukan protes keras atas kinerja wasit yang memimpin laga El Classico jilid 1 musim ini. Koeman menilai wasit memberikan penalti ‘haram’ pada Real Madrid yang membuat El Real memenangi laga sarat gengsi tersebut dengang skor telak 3-1. Koeman sampai mengada pada komite liga Spanyol, RFEF. Ini bukan kali pertama Koeman menyalahkan wasit dalam pertandingan yang dianggap merugikan La Braugana.

Koeman juga sering melemparkan komentar negatif terkait penggunaan VAR yang ia anggap hanya menguntungkan lawan Barcelona. Sebenarnya, terlepas dari kepempinan wasit dan penggunaan VAR yang dianggap sering merugikan Barca, mantan pelatih timnas Belanda tersebut harus fokus terhadap pembenahan timnya sendiri. Sejauh ini dalam menukangi Barca, Koeman belum menunjukan hasil yang memuaskan. Di beberapa pertandingan taktik yang ia gunakan terlihat mudah sekali dibaca oleh lawan dan membuat Barca kembali menderita kekalahan. Sikap Koeman yang selalu menyalahkan wasit alih – alih mengeoreksi taktiknya sendiri menjadi salah satu penyebab dari hasil buruk yang diraih Barcelona sejauh ini.

5. Dembele Masih Perlu Waktu

Barca Kalah Lagi di La Liga, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya! Olahraga

Foto : dok. Sport.detik.com

Ousmane Dembele menjadi salah satu pemain ‘mahal’ Barcelona sejauh ini. Tak main-main, Barca merekrut Dembele dari Borussia Dortmund dengan mahar 130 Juta Euro. Sungguh sebuah angka yang fantastis untuk seorang pemain yang kala itu masih berusia 20 tahun. Setelah 3 musim berseragam Blaugrana, Dembele belum mampu menunjukan permainan terbaiknya. Pemain berusia 23 tahun tersebut acap kali menderita cedera yang panjang. Kabar terbaru menyebutkan Dembele kembali mengalami cedera bahu yang ia dapatkan saat Barca kalah dari Atletico Madrid di Jornata ke 10 La Liga musim ini. pemain berpaspor Perancis tersebut tampaknya belum dapat diandalkan sebagai pemain utama Barca. Dembele masih perlu banyak waktu untuk benar-benar pulih dari sederet cedera yang pernah dialaminya. Jika terus dipaksakan bermain hal ini tidak hanya akan merugikan sang pemain tetapi juga akan merugikan klub yang harus terus menggelontorkan dana untuk pemulihan cedera sang pemain.

Untuk informasi seputar bola dan olahraga lainnya bisa mengunjungi Tulizan Olahraga disini.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Olahraga

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
All About GOT7 PH on Twitter: "COMEBACK - it's a kpop terminology means coming back with new music, releasing new album. When an Artists having a comeback they're promoting their music on

Jangan Ngaku KPopers Kalau Belum Tahu 6 Program Musik Korea Ini

Film Indonesia yang Menang di Festival Internasional, Wajib Tonton!