in

Beberapa Jenis Desain Lantai Untuk Rumah Anda

Lantai merupakan komponen penting dalam sebuah hunian. Selain berfungsi sebagai alas rumah, lantai juga berfungsi untuk memperindah rumah. Salah satu elemen yang tak bisa dipisahkan dari rumah adalah jenis lantai rumah yang berfungsi sebagai tempat berpijak. Beda ruangan, berbeda pula jenis desain lantai yang dapat digunakan. Pemilihan jenis lantai yang tepat akan semakin mempercantik bagian dalam rumah. Namun, biasanya setiap lantai harus memiliki ketahanan yang kuat, awet, dan mudah untuk dibersihkan.

Saat ini, terdapat berbagai tipe lantai rumah yang tersedia. Dengan begitu banyaknya tipe lantai, memilih tipe yang tepat untuk rumah anda tentu bukanlah perkara yang mudah. Pemilihan lantai yang tepat juga bergantung pada kebutuhan anda pribadi. Pemilihan tipe, material, dan motif juga perlu disesuaikan dengan fungsi, luas dan desain interior tiap-tiap ruangan. Tentunya dari segala macam kebutuhan dan keinginan desain yang anda inginkan anda perlu mengetahui mengenai desain lantai tersebut. Berikut merupakan referensi tipe lantai yang bisa anda pakai untuk rumah anda,

Lantai Ubin

Beberapa Jenis Desain Lantai Untuk Rumah Anda Rumah

Sumber: Unsplash

Ini merupakan jenis desain lantai yang paling sering digunakan di rumah-rumah. Biasanya ubin ini terbuat dari bahan keramik atau porcelain. Lantai dengan jenis ubin ini memang cukup populer karena datang dengan berbagai desain yang dapat dipilih. Keramik terbuat dari bahan dasar tanah liat yang dibakar di suhu yang tinggi. Sementara porcelain berbahan dasar pasir yang dibakar dengan suhu yang sangat panas. Untuk penggunaannya sendiri, keramik lebih cocok digunakan di kamar mandi, sementara porcelain untuk ruangan seperti dapur atau lorong. Porcelain tidak akan menyerap suhu ruangan, sehingga saat diinjak lantai akan terasa sejuk. Sebaliknya, keramik dapat menyerap panas yang membuat pijakan kaki juga terasa panas. Kelemahan dari lantai ubin ini adalah tekstur mereka yang sedikit mirip dengan kaca membuat lantai ini cukup mudah retak. Misalnya ketika sebuah benda yang berat jatuh di permukaan lantai, lantai dapat retak atau lebih parah hancur.

Lantai Vinyl

Beberapa Jenis Desain Lantai Untuk Rumah Anda Rumah

Sumber: Unsplash

Akhir-akhir ini banyak orang yang memilih menggunakan lantai vinyl untuk flooring di rumah. Hal ini karena lantai vinyl memiliki perawatan yang tidak terlalu rumit dan harga yang aman di kantong. Lantai vinyl terbuat Polyvinyl Chloride (PVC) yang memiliki tekstur halus dan motif yang beragam. Tipe lantai ini juga dinilai mampu bertahan dalam waktu yang lama. pada dasarnya jenis lantai yang dirancang demi memenuhi permintaan lantai yang modis, modern, elegan namun murah dikantong.

Salah satu ciri vinyl yakni permukaan atas lebih halus dibandingkan lantai kayu, sedangkan sisi bagian bawahnya biasanya dipasang dilapisi lapisan perekat plus gabus, sehingga saat diinjak akan terasa nyaman dan fleksibel. Selain itu, lantai jenis ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan dan datang dengan berbagai desain yang dapat dipilih. Kekurangan dari lantai jenis ini adalah karena terbuat dari bahan kimia yang dapat mempengaruhi kualitas udara dalam sebuah ruangan.

Lantai Kayu

Jenis desain lantai yang satu ini sangat cocok ditaruh dalam kamar tidur karena memiliki tekstur kuat dan dapat membuat desain kamar terasa lebih nyaman. Lantai kayu memiliki variasi ketebalan, tekstur dan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan desain rumah. Namun, harga dari lantai ini relatif lebih mahal dan cukup sulit ditemukan. Biasanya orang-orang menggunakan jenis lantai vinyl dengan motif atau corak kayu sebagai pengganti dari bahan ini. Namun, berbeda dengan vinyl, lantai kayu lebih kuat dan tahan banting serta lebih sejuk karena tidak menyerap panas di dalam ruangan. Selain itu, menggunakan lantai kayu juga dapat membuat rumah terasa lebih estetik dan sejuk. Secara umum lantai kayu terbagi menjadi tiga kategori, solid yang terbuat dari kayu solid yang kuat seperti jati. Engineering, jenis lantai terbuat dari plywood dan dilapisi dengan kayu berkualitas tinggi di permukaan. Terakhir laminate parket terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan kimia tertentu.

Karpet

Biasanya jenis flooring yang satu ini sering digunakan di rumah-rumah luar negeri. Karpet sendiri memberikan kehangatan dan tergantung bahannya bisa memiliki tekstur yang lembut dan nyaman untuk diinjak. Selain itu, karpet juga dapat meredam suara, sehingga bisa memberikan rumah suasana yang tenang. Flooring jenis ini juga memiliki berbagai desain yang dapat dipilih dan bisa langsung diaplikasikan ke seluruh ruangan. Tipe lantai karpet cocok bagi Anda yang memiliki anak kecil agar dapat menghindari cedera saat bermain. Lantai karpet juga dapat membuat rumah tampak lebih mewah dan indah. Namun, karpet dapat menjadi tempat berkumpul debu dan kuman dengan sangat cepat, sehingga harus dibersihkan secara berkala. Dibandingkan dengan flooring lainnya, karpet memang jenis desain lantai yang gampang kotor dan terlihat kotor. Terakhir, noda di karpet juga tidak mudah dibersihkan, terutama noda basah seperti kopi dan lain-lain.

Beberapa Jenis Desain Lantai Untuk Rumah Anda Rumah

Sumber: Unsplash

Lantai Marmer

Penggunaan lantai marmer dapat membuat rumah terasa lebih mewah dan luxury. Selain di lantai, penggunaan marmer juga sering diaplikasikan di meja atau counter top di dapur. Marmer memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis desain lantai lainnya. Selain itu, pengaplikasinya juga cukup sulit, sehingga untuk pemasangan harus memanggil ahli agar lantai tidak rusak. Hal tersebut memang bisa merogoh kocek yang cukup besar. Namun, dari segi kualitas dan ketahanan, marmer memiliki daya tahan yang tinggi, kuat, dan tidak mudah rusak. Lantai marmer juga memberikan efek megah, mewah, elegan, dan modern. Tidak hanya dapat digunakan untuk lantai, marmer juga dapat digunakan untuk interior rumah. Perawatan lantai marmer tidak terlalu sulit dilakukan, cukup bersihkan minimal 2 minggu sekali dengan pembersih lantai dengan ph yang rendah. Lantai marmer juga sebaiknya tidak digunakan di outdoor karena sinar matahari dapat membuat lantai pudar dan berjamur.

Lantai Granit

Tidak hanya lantai marmer, penggunaan lantai granit juga akan memberikan tampilan mewah pada rumah Anda. Tipe lantai granit memiliki tekstur yang lebih padat, sehingga sangat cocok digunakan untuk area rumah banyak terkena air seperti kamar mandi. Material dari jenis desain lantai ini mempunyai daya serap yang lebih kecil, artinya pori-porinya lebih rapat sehingga tidak perlu banyak usaha untuk merawat jenis lantai satu ini. Walaupun susunan partikelnya rapat, permukaan luarnya tidak kasar malahan mengkilap seperti kaca. Selain itu, granit memiliki daya tahan terhadap beban lebih besar dibandingkan keramik dan marmer. Tidak jauh berbeda dengan lantai marmer, lantai granit memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan flooring lainnya. Pemasangan lantai granit juga harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli. Nah, harga yang mahal tersebut didukung dengan kualitas dan daya tahan lantai granit. Terhitung, lantai ini dapat menahan beban hingga 500 kg per meter persegi.

Beberapa Jenis Desain Lantai Untuk Rumah Anda Rumah

Sumber; Unsplash

Untuk tips seputar rumah lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Rumah.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Rumah

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Doom at Your Service (2021): Drama Fantasi diantara Hidup dan Kematian - Besok Sore

Doom at Your Service Diprediksi Akan Sad Ending, Ini Sinopsis Ceritanya!

7bts.update⁷🧈's tweet - "Perayaan billboard no 1🤣🤣🤣🤣🤣 #Butter1onHot100 #RollingUpToFesta -🐼 " - Trendsmap

Ini 10 Foto Yang Menunjukkan Kebiasaan Lucu V BTS di Media Sosial