in

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD dengan mudah

Sumber: https://www.unicef.org/indonesia/education-and-adolescents

Tidak ada hal yang instan di dunia ini, termasuk makan mie instan. Kita tetap harus memasak mie instan terlebih dahulu sebelum memakannya. Sama halnya dengan belajar bahasa Inggris, terlebih bahasa ini bukanlah bahasa ibu. Bahasa asing ini membutuhkan proses yang panjang untuk menjadi mahir. Adakah cara mudah belajar bahasa inggris untuk anak SD? Ulasan lengkapnya.sebagai berikut.

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD dengan mudah Pendidikan

Gambar: Anak SD Belajar Bahasa Inggris (Sumber: republika.co.id)

1. Pelajari Materi Dasar Terlebih Dahulu

Belajar apapun harus dimulai dari dasar, begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Cara mudah belajar bahasa inggris untuk anak SD dimulai dari level beginner alias pemula. Materi yang dipelajari dalam level ini adalah materi dasar bahasa Inggris. Mulailah dari belajar alphabet dalam Bahasa Inggris karena pengucapannya berbeda dengan alfabet bahasa Indonesia. Langkah selanjutnya adalah anak harus belajar kosakata, tenses, dan struktur bahasa Inggris lainnya.

Perkenalkan juga perbedaan antara tulisan dengan pengucapan dalam bahasa Inggris. Perbedaan ini akan memudahkan anak-anak untuk mengenali kata-kata yang dibaca berbeda dengan tulisannya. Misalnya, beautiful (re: biutiful), five (re: faif), two (re: tu), phone (re:fon), cat (re: ket), dan circle (re: sirkel). Orangtua harus melafalkan terlebih dahulu, kemudian si anak diminta untuk mengikuti.

Setelah itu, mintalah anak menghafal kata-kata bahasa inggris beserta artinya. Misalnya, menghafal 10 kata setiap hari. Lakukan cara ini terus-menerus supaya si anak mahir berbahasa Inggris tanpa harus kursus di tempat les atau secara privat. Belikan buku bahasa Inggris untuk anak SD (Primary School) yang berstandar internasional sehingga pemahaman anak akan meningkat, bahkan bisa lebih pandai berbahasa inggris daripada teman-teman sebayanya.

2. Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah menghafal kosa kata, mintalah si anak membuat kalimat sederhana dengan kosakata yang dia tahu. Murid-murid sekolah dasar telah mempelajari tentang family seperti father, mother, sister, brother, grandmother, grandfather, uncle, aunty. Mintalah si anak untuk mengucapkan dan menulis kalimat sederhana dengan kata-kata tersebut.

Kalimat sederhana seperti I Love Mom and Dad tentunya sudah bisa menjadi salah satu indikator keberhasilan belajar Bahasa Inggris selama ini. Selain itu, membaca buku berbahasa inggris bersama anak anak sesering mungkin akan memperkaya kosakata yang dihafalnya.

3. Anak Diminta Membaca Tulisan Berbahasa Inggris di Buku

Jika ingin anak mahir berbahasa Inggris, orangtua harus menyediakan buku-buku cerita berbahasa inggris. Jika selama ini dibacakan oleh ayah atau bunda, sekarang saatnya si anak yang membaca cerita kesukaannya dengan suara yang keras. Dengarkan dengan baik, lalu perbaiki pelafalan (pronounciation) anak jika masih salah. Dengan begini, anak-anak akan mengingat kosakata yang ada di dalamnya. Lakukan cara mudah belajar bahasa inggris untuk anak SD ini secara konsisten, setidaknya 30 menit setiap hari. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa bulan belajar seperti ini.

4. Ajak Anak Bicara Bahasa Inggris Setiap Hari

Berbicara Bahasa Inggris akan melatih pelafalan (pronounciation) anak. Oleh sebab itu, orangtua harus mengajak anak bicara dalam bahasa inggris sesering mungkin. Ucapan anak yang masih salah harus segera diperbaiki. Tantanglah anak untuk menyapa bule atau orang dari luar negeri dalam bahasa Inggris. Hal ini akan melatih keberanian dan kemampuan bicara Bahasa Inggris (Speaking English). Lama kelamaan, anak akan terbiasa think in English karena dia sering berbicara bahasa inggris. Keterampilan anak dalam bicara Bahasa inggris akan semakin meningkat.

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD dengan mudah Pendidikan

Gambar: Anak SD Belajar Bahasa Inggris (Sumber: youtube.com)

Berdialog atau melakukan percakapan sehari-hari (daily conversation) yang menyenangkan seperti membahas tentang makanan kesukaan juga bisa dilakukan. Sesekali harus disertai gambar supaya si anak lebih tertarik dan tidak mudah bosan ketika diajak berbicara. Pakailah bahasa Indonesia dan English untuk mengenalkan nama benda-benda. Misalnya, Ini adalah buku, this is a book sambil menunjukkan gambar buku. Ajari salam atau kalimat umum dalam percakapan sehari-hari seperti ” Good Morning” dan kata-kata yang lainnya. Coba minta si anak melakukan sesuatu seperti berdiri. Ayah atau bunda mengucapkan dalam bahasa Inggris, yaitu “Stand up, please!”

5. Anak Diminta Menulis dalam Bahasa Inggris

Mintalah anak untuk menulis hal-hal kecil dalam bahasa Inggris dalam buku catatan atau journal. Latihlah si anak menulis setidaknya 10 menit setiap hari. Kemampuan creative writing anak akan terasah. Tugas bahasa Inggris di sekolah sering diminta untuk membuat tulisan seperti essay singkat, walaupun mereka masih SD. Latihan yang maksimal akan membuat anak terbiasa menulis dalam bahasa Inggris. Ajaklah si anak menulis pada kertas kecil (post it) berupa kata-kata penyemangat dalam bahasa Inggris. Si anak akan terbiasa dengan bahasa Inggris karena dilatih setiap hari. Practice makes perfect!

6. Ajak Anak Bermain Memakai Bahasa Inggris 

Anak-anak sangat suka bermain. Oleh sebab itu, belajar harus dilakukan sambil bermain. Salah satu game yang bagus untuk mengajari kosakata bahasa inggris adalah Flashcard. Jenis-jenis permainan yang menggunakan flashcards antara lain permainan Kim, Snap, Memory, atau Happy Family. Sedangkan jenis games yang bisa dimainkan bersama anak untuk membantu mereka belajar bahasa Inggris adalah Permainan Aksi seperti Simon Says, Charades, What’s The Time, Mr. Wolf; Permainan Papan seperti ular tangga; Permainan Kata seperti I-Spy dan Hangman; dan masih banyak lagi.

7. Pasang Lagu dan Film Berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu atau menonton film berbahasa inggris bisa melatih kemampuan listening si anak. Setelah beberapa kali diputarkan lagu anak-anak berbahasa inggris, lalu mintalah dia menuliskan lirik yang bisa didengarnya. Begitu pula dengan film, ajak anak menonton film berbahasa inggris beberapa kali, kemudian minta dia menuliskan percakapan tokoh yang bisa ditangkapnya. Lakukan cara mudah belajar bahasa inggris untuk anak SD ini sesering mungkin supaya si anak akan terbiasa mendengar English pronounciation.

8. Bernyanyi Lagu-Lagu Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD dengan mudah Pendidikan

Bernyanyi Sambil Belajar Bahasa Inggris (Sumber: popmama.com)

Menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris akan membuat anak belajar kosakata baru. Kegiatan ini juga bisa memperbaiki cara pengucapannya. Anak-anak suka meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang dewasa sehingga cara ini bisa dilakukan supaya anak mengikuti Ayah atau Bundanya bernyanyi. Lagu-lagu seperti Twinkle-Twinkle Little Star bisa dinyanyikan sambil menari supaya mereka tidak merasa bosan karena lagu-lagu yang dinyanyikan selalu sama. Setelah beberapa kali bernyanyi, si anak pasti hafal dan tahu arti dari lagu tersebut. Dengan demikian, tujuan belajar bahasa Inggris sudah tercapai.

Itulah 8 cara mudah belajar bahasa inggris untuk anak SD yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus les atau kursus Bahasa Inggris. Yuk ciptakan suasana belajar di rumah yang lebih menyenangkan! Untuk tips belajar lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Pendidikan.

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tempat Wisata di Kepulauan Riau

Tempat Wisata Kepulauan Riau Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi