in

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Negara Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, dan juga 17.000 pulau kecil. Karena banyaknya pulau di negara kita Indonesia, maka banyak pulau yang menjadi tempat wisata. Wisata pulau tersebut punya pemandangan yang indah, sehingga menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Berikut adalah destinasi wisata pulau Indonesia, yang wajib untuk kamu kunjungi.

1.Pulau Sabang Aceh

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Pulau Sabang Aceh (https://katalogwisata.com/indahnya-pulau-weh-di-banda-aceh)

Provinsi Aceh yang dikenal dengan Serambi Mekkah, ternyata menyimpan banyak pesona. Salah satu pesona yang ada di Provinsi Aceh adalah, adanya Pulau Sabang. Pulau Sabang ini memiliki air laut yang indah, dan disini banyak hal hal yang menarik.

Hal menarik yang ada di Pulau Sabang adalah adanya Benteng Jepang, dan juga adanya Museum Sabang. Selain adanya benteng dan museum yang bersejarah, di Pulau Sabang juga ada Tugu 0 Kilometer. Tugu 0 Kilometer ini didirikan, karena Sabang adalah pulau paling barat dari negara Indonesia.

Berbagai macam hal yang bisa kamu lakukan di Pulau Sabang adalah, berenang di Pantai Pulau Rubiah. Selain bisa berenang , kamu juga bisa bermain kano di pulau ini. Jika kamu ingin menikmati Pulau Sabang lebih lama, kamu bisa menginap di penginapan. Penginapan di Pulau Sabang harganya sangat terjangkau, dan sesuai dengan budget kamu.

2.Pulau Samosir

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Samosir? Pulau Samosir adalah pulau ditengah Danau Toba, dan pulau ini memiliki legenda dan mitos terkenal. Karena ada mitos yang terkenal, maka hal tersebut dikenal jadi asal usul Danau Toba dan Pulau Samosir.

Walau tidak lepas dari sebuah legenda, Pulau Samosir memiliki hal menarik didalamnya. Hal menarik yang ada di Pulau Samosir adalah, adanya makam para raja pada zaman dahulu. Selain ada makam para raja, ada juga Patung Sigale gale. Patung Sigale gale ini akan membuat para pengunjung, agar bisa menari bersama dengan patung tersebut .

Selain melihat sejarah bangsa Batak pada zaman dahulu, disini kamu bisa melakukan kegiatan memancing. Kegiatan memancing di Danau Toba sangat seru, dan kamu bisa memasak ikan yang kamu dapat setelah memancing.

3.Pulau Pahawang

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Jika kamu berlibur ke Provinsi Lampung, tidak ada salahnya untuk berlibur ke Pulau Pahawang. Pulau Pahawang yang terletak di Kabupaten Pesawaran Lampung, memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Ada berbagai kegiatan yang menarik, yang bisa kamu lakukan di Pulau Pahawang. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Pahawang adalah, kegiatan snorkelling atau menyelam. Dengan kegiatan snorkelling atau menyelam, maka kamu akan melihat berbagai macam ikan dan terumbu karang.

Saat kamu melakukan kegiatan snorkelling disini, kamu wajib untuk berfoto dengan pemandangan bawah laut. Selain berfoto dengan pemandangan bawah laut, kamu wajib berfoto dengan pemandangan sunset (matahari tenggelam).

4.Kepulauan Seribu

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Kepulauan Seribu (https://www.exploreseribu.com/2017/08/festival-pulau-tidung.html)

Jika di Jakarta memiliki banyak pusat perbelanjaan, ternyata Jakarta juga memiliki Pulau. Pulau yang ada di Jakarta adalah Pulau Seribu, dan di pulau ini memiliki panorama alam yang indah. Karena memiliki panorama yang indah, tidak mengherankan jika pulau ini banyak dikunjungi wisatawan.

Di Pulau Seribu kamu bisa melakukan banyak kegiatan, salah satunya adalah kegiatan snorkeling. Selain ada kegiatan snorkeling, ada juga kegiatan banana boat. Kamu bisa melakukan kegiatan banana boat , bersama dengan teman atau keluarga kamu.

Kalau kamu ingin melihat pembudidayaan penyu, banyak sekali masyarakat sekitar melakukan pembudidayaan penyu. Lewat pembudidayaan ini, maka para wisatawan akan tahu proses kehidupan hewan penyu.

5.Pulau Karimun Jawa

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Provinsi Jawa Jawa Tengah memiliki banyak hal yang bisa di eksplor, salah satunya adalah destinasi wisata pulau di Indonesia. Jika kamu berlibur ke Kabupaten Jepara, jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Karimun Jawa.

Pulau Karimun menyajikan keindahan alamnya, dan juga aktivitas aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Karimun Jawa adalah, menelusuri hutan mangrove. Di hutan mangrove ini, kamu akan menemui reptil unik dan burung langka.

Selain kegiatan menelusuri hutan mangrove, kamu bisa berenang hiu. Walaupun kegiatan berenang bersama hiu terdengar menyeramkan, sebenarnya kegiatan ini sangat menyenangkan. Hiu hiu disini adalah hiu yang sudah jinak, dan kamu bisa berenang dengan hiu dengan santai.

6. Pulau Bawean

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Jawa Timur juga memiliki pulau yang indah, yang bernama Pulau Bawean. Pulau Bawean ini terletak di sebelah Utara Kabupaten Gresik, dan dahulu VOC atau pasukan Belanda pernah menguasai pulau ini.

Ada hal yang bisa lakukan di Pulau Bawean, yaitu melihat penangkaran rusa. Rusa yang ada disini adalah rusa asli Pulau Bawen, dan ada kira kira 30 ekor rusa yang ditangkarkan disini. Ada juga hewan babi disini, dan hewan babi kutil adalah hewan langka atau jarang ditemukan.

Kalau kamu ingin merelax pikiran kamu, di Pulau Bawean juga ada wisata air terjun. Air terjun yang ada di Pulau Bawen adalah Air Terjun Laccar, dan air terjun ini punya ketinggian sekitar 25 meter. Di air terjun ini kamu bisa mandi, sekaligus merelax tubuh dan pikiran kamu.

7.Pulau Derawan

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Pulau Derawan (https://phinemo.com/cara-ke-derawan-3d4n/)

Berlibur dan berkunjung ke Pulau Kalimantan, tidak lengkap jika tidak berlibur ke Pulau Derawan. Pulau Derawan merupakan sebuah pulau di Kalimantan Timur, dan pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Hal yang bisa kamu lihat di Pulau Derawan adalah, kamu bisa melihat konservasi penyu dan lumba lumba. Kamu akan melihat cara hiu dan penyu berkembang biak, dan kamu juga bisa memotret penyu dan lumba lumba tersebut.

Jika kamu ingin menginap lebih lama di Pulau Derawan, tidak ada salahnya untuk menginap disini. Penginapan dengan view pulau dan laut, tentunya membuat pikiran kamu jadi lebih relax.

8.Pulau Wakatobi

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Pulau Wakatobi adalah pulau yang ada di Sulawesi Tenggara, dan pulau ini menjadi destinasi wisata pulau favorit wisatawan di Indonesia maupun mancanegara. Pulau Wakatobi ini memiliki air laut yang sangat biru, dan disini banyak terumbu karang yang sangat cantik.

Sebagai pulau wisata yang difavoritkan banyak wisatawan, tentu kegiatan diving tidak boleh untuk dilewatkan. Di Pulau Wakatobi kamu bisa menyelam dan melihat indahnya laut, sambil berfoto dengan pemandangan bawah laut.

Tidak hanya bisa menikmati indahnya air laut, tapi kamu juga bisa berkunjung ke Perkampungan Suku Bajoe. Kamu bisa mengetahui budaya Suku Bajoe, dan kamu juga bisa cakap cakap dengan masyarakat Suku Bajoe.

9.Pulau Misool

Berbagai Destinasi Wisata Pulau Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Berlibur ke Papua adalah hal yang menyenangkan, apalagi kita bisa menikmati indahnya alam di Papua. Pulau Misool adalah salah satu pulau di Papua, yang wajib kamu kunjungi bersama teman dan keluarga kamu. Kegiatan menyelam adalah hal yang wajib dilakukan, saat kamu berada di Pulau Misool.

Selain melakukan kegiatan menyelam, mengeksplor budaya masyarakat sekitar bisa kamu lakukan. Kamu akan bertambah pengetahuannya, saat kamu melihat budaya dan tradisi masyarakat Papua.

Jika kamu ingin melihat festival di Pulau Misool, disini selalu diselenggarakan Festival Misool setiap bulan November. Dengan adanya Festival Misool, para wisatawan akan tertarik untuk liburan ke Pulau Misool.

Demikianlah informasi mengenai destinasi wisata pulau Indonesia, yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur. Siapkan budget untuk berlibur, dan lepaskan penat kamu di pulau pulau tersebut. Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Wisata.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Wisata

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Karakter Park Yoo Na di 'True Beauty' Mendadak Dikhawatirkan Netizen

Terjadi Lagi! Aktris K-Drama Park Yoona Diserang Netizen Indonesia

Mading Digital untuk Siswa di Sekolah Berbasis Teknologi