in

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi

Berlibur adalah hal yang menyenangkan, dan tentunya bisa merelax pikiran kamu. Jika kamu ingin berlibur setelah pandemi, kegiatan rafting atau menjelajah sungai wajib untuk kamu coba. Apa saja tempat rafting di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi? Berikut ini adalah informasinya.

1.Sungai Asahan

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Sungai Asahan (https://www.indozone.id/travel/OjsO6X/adu-nyali-di-sungai-asahan-sumut-arung-jeram-terbaik-nomor-3-sedunia)

Jika kamu berlibur ke Sumatera Utara, ada baiknya kamu berkunjung ke Sungai Asahan. Sungai Asahan ini memiliki arus yang cukup deras, dan itu yang membuat Sungai Asahan jadi tempat favorit untuk Rafting.

Pengelola rafting di tempat ini menyediakan alat alat rafting yang sangat lengkap , mulai dari perahu karet hingga peralatan untuk safety. Dengan peralatan yang cukup lengkap, maka kamu bisa merasakan keseruan menelusuri Sungai Asahan.

Ada beberapa tingkat kesulitan rafting yang akan kamu temui, dan tentunya tingkat kesulitan tersebut akan menguji adrenalin kamu. Jika kamu ingin lebih menguji adrenalin kamu, kamu bisa menyelesaikan kegiatan rafting disini sampai akhir (puluhan kilometer).

2.Batang Agam

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Batang Agam (https://posmetropadang.co.id/60-orang-dilatih-untuk-pemandu-wisata-arung-jeram/)

Tidak hanya Sumatera Utara saja yang mempunyai tempat rafting, tapi Sumatera Barat juga memiliki tempat untuk rafting. Tempat rafting di Sumatera Barat yang menyenangkan adalah, Sungai Batang Agam.

Untuk informasi, Sungai Batang Agam adalah sungai yang airnya cukup deras. Oleh karenanya, tempat ini sangat cocok untuk kegiatan rafting. Kamu nantinya akan dilengkapi dengan peralatan rafting yang lengkap, sehingga kegiatan rafting menjadi aman dan menyenangkan.

Setelah kamu puas untuk melakukan kegiatan rafting, pengelola akan menyediakan santapan yang lezat. Jika kamu ingin menyantap makanan ringan atau minum kopi, tersedia warung warung kecil disekitar Sungai Batang Agam. Jangan lupa untuk berfoto, setelah kamu selesai rafting di Sungai Batang Agam.

3.Wai Besai

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Wai Besai (https://www.lampung.co/blog/arung-jeram-way-besai-lampung-barat-wisata-alam-menantang-adrenalin/)

Provinsi Lampung juga memiliki tempat wisata , yang tidak kalah menariknya. Kalau kamu suka dengan rafting, ada tempat rafting bernama Wai Besai. Panjang lintasan di Wai Besai ada sekitar 7 kilometer, dan kamu bisa menguji adrenalin kamu disini.

Karena memiliki perlintasan yang panjang, maka beberapa pemandangan akan kamu lihat. Pemandangan tersebut adalah persawahan, kebun kopi, dan juga pemukiman warga sekitar Wai Besai.

Untuk harga kegiatan rafting di Wai Basai, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp. 1500.000. Dengan harga rafting yang sangat terjangkau, kamu akan mendapat peralatan rafting yang cukup lengkap. Kegiatan rafting disini jangan kamu lewatkan, bersama teman atau keluarga kamu.

4.Green Canyon Pangandaran

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Green Canyon Pangandaran (https://planetpangandaran.co.id/wisata/paket-body-rafting-green-canyon/)

Jika tadi sudah dari Pulau Sumatera, kini kita beralih ke Pulau Jawa. Pulau Jawa khususnya Jawa Barat , memiliki wisata alam yang menarik. Wisata alam yang menarik di Jawa Barat adalah Green Canyon Pangandaran, dan disini kamu bisa untuk melakukan kegiatan rafting.

Kegiatan rafting di Green Canyon ini berbeda dengan yang lainnya, karena rafting disini adalah Body Rafting. Body Rafting merupakan kegiatan rafting, namun rafting disini menggunakan badan kita sendiri. Walau menggunakan badan sendiri, kamu tetap aman rafting karena dilengkapi dengan peralatan yang aman.

Kamu dapat menyusuri Green Canyon yang deras airnya, dengan menggunakan pelampung, Setelah itu , kamu akan naik perahu sampai perhentian terakhir. Jika kamu sudah selesai melakukan kegiatan Body Rafting, kamu akan mendapat sertifikat dari pengelola.

5.Goa Pindul Yogyakarta

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar: Goa Pindul Yogyakarta (https://www.gogonesia.com/a12198112-yogyakarta-pindul-cave-body-rafting)

Kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Goa Pindul Yogyakarta. Goa ini sangatlah unik, karena didalmnya terdapat sebuah air. Karena banyak air di dalamnya, Goa Pindul jadi tempat yang cocok untuk rafting.

Sama seperti di Green Canyon Pangandaran , Goa Pindul Yogyakarta menawarkan kegiatan body rafting atau rafting dengan badan. Yang membedakan body rafting di Goa Pindul dengan di Green Canyon Pangandaran adalah, di Goa Pindul menggunakan karet ban. Dengan menggunakan karet ban, maka body rafting di Goa Pindul ini jadi menyenangkan.

Sembari body rafting, kamu bisa berfoto foto di Goa Pindul dengan latar belakang goa. Setelah melakukan kegiatan body rafting, kamu juga bisa menyantap makanan atau minuman yang disediakan pengelola. Makanan yang disediakan pun lezat, sehingga kamu tidak akan menyesal makan disini.

6.Kasembon Rafting

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata
Gambar: Kasembon Rafting (https://dolandolen.com/listing/kasembon-rafting/)

Selanjutnya ada Kasembon Rafting , dan letaknya ada di daerah Malang Jawa Timur. Kasembon Rafting ini memiliki debit air yang cukup besar, dan juga batu batu yang cukup besar. Dengan debit air besar beserta bebatuan besar, maka kamu dapat menguji adrenalin kamu disini.

Untuk melakukan Rafting, kamu akan dibekali dengan perahu karet. Tidak ketinggalan peralatan peralatan yang safety, agar kamu aman dan nyaman melakukan kegiatan rafting. Kekompakan kelompok akan diuji, saat kamu bermain rafting disini.

Tidak hanya bisa rafting saja, tapi Kasembon Rafting juga menyediakan tempat outbound. Ada banyak permainan Outbound yang bisa kamu lakukan, dan keseruan akan kamu dapat saat bermain outbound disini.

7. Ayung Ubud

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata
Gambar: Ayung Ubud (https://www.rentalmobilbali.net/paket-tour-rafting-bali/)

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia, yang memiliki banyak tempat wisata rafting menarik. Karena memiliki banyak tempat wisata menarik, Bali jadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kalau kamu ingin melakukan kegiatan rafting di Bali, ada namanya Ayung Ubud.. Kamu bisa menguji adrenalin di Ayung Ubud, bersama teman atau keluarga kamu. Beberapa peralatan atau perlengkapan keamanan diberikan, agar kamu bisa aman dan nyaman berkegiatan rafting disini.

Setelah kamu puas berkeliling Ayung Ubud, kamu bisa bersantap di Restoran Sobek Rafting Ubud. Jika kamu ingin menambah pengalaman kamu selama di Bali, kamu juga bisa berkeliling di Tegalalang . Di Tegalalang , kamu akan melihat sistem pertanian Bali bernama Terasering. Sistem Terasering ini sangat terkenal, karena tanah untuk padi dibuat bertingkat.

8.Loksado Bambu Rafting

Berbagai Tempat Rafting di Indonesia Yang Wajib Kamu Untuk Kunjungi Liburan & Wisata
Gambar: Loksado Bambu Rafting (https://blog.misteraladin.com/liburan-ke-kalimantan-selatan-cobain-serunya-bamboo-rafting-di-loksado-banjarmasin/)

Pulau Kalimantan juga wajib untuk kamu kunjungi, karena disini banyak tempat wisata yang sangat menarik. Salah satu tempat wisata menarik di Kalimantan adalah , Loksado Bambu Rafting di Kalimantan Tengah.

Kamu bisa melakukan kegiatan rafting yang berbeda, karena tempat rafting disini menggunakan bambu. Disini kamu bisa melakukan rafting dengan menggunakan bambu, dengan rakitan yang masih tradisional. Walau kamu menggunakan bambu, kamu tetap dilengkapi dengan peralatan yang aman.

Setelah selesai melakukan rafting , kamu bisa berhenti disebuah rumah penduduk sekitar. Penduduk sekitar akan hangat menerima tamu, dan kamu bisa bercengkrama dengan mereka. Kamu juga bisa mempelajari budaya setempat, dari warga sekitar Loksado Bambu Rafting.

Demikianlah informasi mengenai tempat rafting di Indonesia, yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur. Lepaskan penat kamu setelah pandemi berakhir, dan lakukan kegiatan rafting di tempat tempat tersebut.

Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Wisata.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Wisata

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Drama Korea 'True Beauty' Segera Tayang, Ini Harapan Penulis Webtoon

Drama True Beauty Dari Sinopsi Caerita Sampai Daftar Pemeran

Mengenal Arifin C. Noer dan 12 Film Karyanya yang Legendaris