in

Big Hit Lakukan Investasi di YG PLUS Anak Perusahan YG Entertainment

Beberapa waktu yang lalu agensi Big Hit Entertainment telah mengonfirmasi secara resmi bahwa mereka baru saja melakukan kesepakatan perdagangan saham. Kesepakatan tersebut dilakukan bersama dengan Naver, perusahaan besar di bidang teknologi dan informasi Korea Selatan. Tidak hanya itu, Big Hit Entertainment juga melakukan investasi di YG PLUS yang merupakan anak perusahaan YG Entertainment di bidang periklanan. Kesepakatan kemitraan yang dilakukan agensi BTS ini bersama Naver dan YG PLUS diharapkan bisa meningkatkan bisnis platform Big Hit. Selain itu, dapat membantu menurunkan ketergantungan agensi pada boy group besutan mereka yang telah menjadi superstar, ya BTS.

Menurut keterangan yang diberikan pihak pencari bakat di agensi, penjualan yang berasal dari bisnis platform milik Big Hit E menunjukkan pertumbuhan yang tajam. Adapun total pendapatan pada paruh pertama 2020 lalu mencapai 72,4 miliar won atau setara dengan 908 miliar rupiah. Pencapaian tersebut mendekati pendapatan mereka sepanjang 2018 yang memperoleh pendapatan sebesar 73,2 miliar won setara dengan 918 miliar rupiah. Pendapatan tersebut itu berasal dari konser online, fanmeeting atau acara pertemuan dengan penggemar, serta penjualan marchandise yang berkaitan dengan BTS. Hasil ini masih diperkirakan akan terus meningkat mengingat pertumbuhan saham juga akan terus meningkat. Mengacu pada perkiraan dari perusahaan keamanan lokal, setidaknya keuntungan yang akan diperoleh Big Hit Entertainment dari bisnis platformnya pada paruh kedua 2020 adalah 120 miliar won atau setara 1.505 triliun rupiah.

Big Hit Lakukan Investasi di YG PLUS Anak Perusahan YG Entertainment K-Pop

Gambar: CEO Big Hit Label, Bang Shi Hyuk dengan boy band besutannya BTS (Sumber: https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/5×499:699×1152/x/photo/2020/08/09/3828352080.png )

Apabila membandingkan dengan yang dihasilkannya dalam bisnis platform pada tahun 2018, yaitu 13,8 miliar won atau setara 173 miliar rupiah. Tentu saja jumlah penghasilan ini telah meningkat sangat tajaum bahkan hampir sembilan kali lipat hanya dalam waktu dua tahun saja. Lalu pada tahun 2019, pendapatan yang dihasilkan dari penjualan musik dan penyelenggaraan konser tur dunia dilaporkan memperoleh pendapat tinggi. Big Hit Entertainment memperoleh 460,2 miliar won atau setara 5.773 triliun rupiah. Sayangnya, jumlah tersebut kembali menukik tajam pada paruh pertama tahun lalu. Big Hit memperolah 165,8 miliar won atau setara 2.080 triliun rupiah. Lantaran BTS tidak bisa tampil di hadapan para ARMY sebutan untuk penggemar BTS. Sementara itu, memang sejak awal tahun 2020 lalu, aktivitas pengelolaan bisnis pertunjukannya mengalami stagnasi akibat dari dampak pandemi Covid-19.

Tidak dapat dipungkiri bahwa BTS menjadi penyumbang terbesar dari pendapatan Big Hit. Mereka menyumbang pendapatan sebesar 95 persen pada 2018 dan 86 persen pada 2019. Bisa dikatakan bahwa BTS adalah faktor kunci yang berkontribusi dalam meningkatkan nilai perusahaan Big Hit Entertainment. Namun, secara bersamaan juga, BTS juga merupakan penyebab utama dibalik penurunan separuh harga saham perusahaan, setelah Big Hit memutuskan untuk go public. Lantaran investor merasa khawatir jika nanti pada akhirnya daya tarik BTS semakin lama akan semakin berkurang. Yang nantinya akan mengakibatkan pada penurunan penjualan Big Hit Entertainment.

Sehingga demi menyelesaikan kekhawatiran investor, Big Hit meluncurkan Weverse pada Juni 2020 lalu. Weverse adalah sebuah komunitas online berbasis penggemar yang dapat mempertemukan sang idola di bawah naungan Big Hit dengan para penggemar. Harapannya adalah jika BTS vakum saat para anggotanya harus dinas wajib militer nanti, para penggemar masih dapat melihat konten mereka. Atau dalam artian bisnis untuk mencari keuntungan dengan konten yang terkait BTS. Hingga saat ini sudah lebih dari 19,2 juta penggemar bergabung dengan platform komunitas online Weverse sejak pertama kali diluncurkan.

Big Hit Lakukan Investasi di YG PLUS Anak Perusahan YG Entertainment K-Pop

Gambar: BTS merupakan penyumbang terbesar pendapatan Big Hit Entertainment (Sumber: https://api.time.com/wp-content/uploads/2020/11/GettyImages-1207834649.jpg)

Berikut adalah para leader grup yang dapat ditemui di Weverse, aplikasi yang sedang dikembangkan Big Hit yang bekerja sama dengan Naver dan YG Plus anak perusahan YG Entertainment:

1. RM BTS

Leader grup BTS ini memiliki nama asli Kim Nam Joon. Saat awal debutnya, Nam Joon sebenarnya menggunakan nama Rap Monster sebagai nama panggungnya. Namun, Ia mengubah namanya menjadi RM yang merupakan singkatan dari Real Me pada tahun 2017. Adapun alasanya adalah pria kelahiran tanggal 12 September 1994 ini tidak ingin hanya terpaku pada rap saja. Ia ingin mengeksplorasi dirnya lebih banyak dengan tetap menjadi dirinya sendiri. RM merupakan anggota pertama dalam grup Bangtan Seonyondan atau yang lebih dikenal dengan BTS. Ia juga personel terlama yang bergabung dalam agensi Big Hit Entertainment karena sebenarnya RM merupakan anggota formasi awal grup ini. Bahkan Bang Si Hyuk atau yang dikenal juga sebagai Hitman Bang ini membentuk BTS karena terinspirasi dari RM. Tentu saja sebenarnya banyak alasan mengapa RM yang terpilih menjadi leader yang memimpin Jin, Suga, j-hope, Jimin, V dan Jungkook.

2. Soobin TXT

Grup TXT debut pada tahun 2019 dengan 5 anggota, yaitu Yeounjun, Soobin, Beomgyu, Taehyun dan Heuning Kai. Adapun leader dari grup Tomorrow X Together yang disingkat TXT ini adalah Soobin atau nama lengkapnya Choi Soo Bin. Sama seperti RM, Soobin juga merupakan personel yang memiliki lesung pipi di antara personel lainnya. TXT debut dengan merilis lagu berjudul Crown yang langsung mendapat sorotan publik. Mereka membawakan lagu tersebut pertama kali di acara musik Mnet pada 4 Maret 2019. Para personel TXT pernah kemudian memperkenalkan diri mereka dengan menceritakan persona apa yang mereka miliki. Menurut Soobin, persona dirinya bukanlah sebagai seorang pemimpin grup yang karismatik, tetapi Ia adalah seorang leader yang suportif. Cowok kelahiran 5 Desember 2002 ini juga mengatakan bahwa Ia adalah sosok pemimpin yang akan melindungi dan menyemangati para anggota.

Big Hit Lakukan Investasi di YG PLUS Anak Perusahan YG Entertainment K-Pop

Gmbar: Para Idola yang dapat ditemui lewat aplikasi Weverse (Sumber: https://i.pinimg.com/originals/af/56/81/af56815946bf44f22877bd2e20a86bae.jpg)

3. JR NUE’ST

Leader grup yang dapat ditemui di Weverse, aplikasi yang sedang dikembangkan Big Hit yang bekerja sama dengan Naver dan YG Plus anak perusahan YG Entertainment selanjutnya adalah JR. JR yang merupakan leader grup NUE’ST mungkin yang paling berbeda di antara leader grup milik Big Hit Label lainnya. Sebab, lesung pipinya secara unik berada di bawah mulutnya. Namun, penggemar tetap memasukkannya dalam daftar leader yang memiliki lesung pipi menggemaskan.

4. S.Coups Seventeen

Leader utama grup Seventeen yang terdiri dari 13 personel ini adalah Choi Seung Cheol atau yang lebih dikenal dengan S.Coups. Pernah mengalami gangguan kecemasan hingga menyebabkan harus hiatus sementara waktu tidak mempengaruhi dirinya sebagai sosok pemimpin yang hebat. Selain kehebatannya dalam melakukan rap, Scoups juga dikenal dengan wajah tampannya. Apalagi lesung pipi yang selalu menghiasi senyum manisnya juga menambah keindahan wajah pria kelahiran 1995 ini.

5. Sowon Gfriend

Big Hit Lakukan Investasi di YG PLUS Anak Perusahan YG Entertainment K-Pop

Gmbar: Semua leader dari grup yang berada di bawah naungan Big Hit Entertainment (Sumber: https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/01/04/3771315288.jpg)

Gfriend masih menjadi satu-satunya girl group yang dimiliki Big Hit. Sehingga bisa dikatakan bahwa hanya Sowonlah pemimpin wanita di sana. Tidak jauh berbeda dengan pemimpin grup lainnya, Sowon juga memiliki lesung pipi di wajah cantiknya. Sebenarnya sejauh ini ada satu kesamaan lainnya dari para pemimpin grup Big Hit Label, yaitu hampir semua dari mereka berperan sebagai rapper dalam grup.

6. Jungwon ENHYPEN

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa leader grup di bawah naungan Big Hit Label semuanya memiliki lesung pipi, begitu pula dengan leader grup ENHYPEN. Sayangnya Ia berbeda dari kelima pemimpin lainnya karena Jungwon merupakan seorang vokalis dalam grup. Pemimpin ENHYPEN baru saja diumumkan pada 13 November 2020. Sejak saat itulah lelucon soal pemimpin grup Big Hit Label memiliki peraturan, yaitu leader haruslah yang memiliki lesung pipi. Itulah beberapa leader grup yang memiliki keunikan yang sama. Mereka berenam dapat ditemui di Weverse. Tentu saja bukan hanya mereka tetapi juga anggota grup lainnya juga dapat disapa di aplikasi milik Big Hit tersebut.

Itulah artikel mengenai “Big Hit Lakukan Investasi di YG PLUS Anak Perusahan YG Entertainment”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.co/deafolzen

What do you think?

Veteran

Written by Tulizan Korea

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cha Eunwoo Protes Barang Pemberian Park Yoo Na di Lokasi Syuting 'True Beauty'

Siapa Sangka Park Yoona dan Cha Eun Woo Ternyata Satu Sekolah?

Jo Byeong Gyu Turun 10 Kg demi Perannya di Drama Korea 'The Uncanny Counter' - kumparan.com

Aktor Jo Byeong Gyu Bakal Perankan Drama Bertemakan Sejarah