in

Bosan Film Korea Romantis? Ini 6 Film tentang Atlet dan Olahraga

Film Korea tidak hanya menjual kisah cinta saja lho. Banyak juga film Korea yang menceritakan tentang kisah patriotik dan perjuangan seorang atlet. Tentu saja beberapa kisah mungkin didramatisir, namun pesannya jelas bahwa menjadi atlet tidaklah mudah, dan tentunya membanggakan karena mengangkat nama bangsa di mata dunia.

Berikut film Korea yang membahas tentang atlet, mulai dari genre drama hingga komedi:

1. Take Off (2009)

Bosan Film Korea Romantis? Ini 6 Film tentang Atlet dan Olahraga Film

Film ini berkisah tentang perjuangan atlet tim nasional Korea pertama untuk bisa berpartisipasi di 2002 Winter Olympic, yang diselenggarakan di kota Muju di Korea Selatan. Saat itu Korea belum memiliki tim yang lengkap. Pencariaan bakat segera dilakukan oleh tim pelatih. Satu per satu anak muda Korea direkrut oleh tim pelatih. Meski pada dasarnya mereka telah mahir main ski, namun mereka adalah orang biasa yang tidak dilatih secara profesional.

Ada Cha Heon-tae, seorang anak Korea yang diadopsi oleh keluarga Amerika. Karena mencari orang tua biologisnya, ia tampil di televisi nasional, dan diketahui bahwa ia berbakat main ski. Ada juga Choi Hong-cheol, seorang pelayan di sebuah night club. Yang lain, ada Ma Jae-bok, seorang pelayan restoran dengan ayahnya yang sangat disiplin, dan Kang Chil-gu, yang berjuang mencari nafkah demi menghidupi neneknya dan adiknya yang mengidap autis.

Keempat anak muda ini direkrut dan dilatih dalam waktu yang sangat singkat. Saat pertandingan tiba pun, masih banyak halangan dan rintangan yang harus mereka alami. Meski tidak mendapat emas, namun mereka telah membanggakan negerinya dan pulang dengan bangga.

2. Perfect Game (2011)

Bosan Film Korea Romantis? Ini 6 Film tentang Atlet dan Olahraga Film

Film tentang olahraga biasanya berkisah seputar persaingan. Film Perfect Game menceritakan tentang dua orang pemain baseball terbaik yang dimiliki Korea Selatan di era 1980-an. Keduanya sama-sama berada di posisi pitcher, namun berasal dari tim yang berbeda. itulah sebabnya penggemar dan publik selalu membanding-bandingkan mereka berdua.

Choi Dong Won (Cho Seung Woo) dan Sun Dong Ryul (Yang Dong Geun) merupakan selebriti dari dunia olahraga di masa itu. Bahkan para politikus juga memanfaatkan momen keduanya untuk mencuri perhatian masyarakat. Namun mereka berdua memiliki masalah sendiri-sendiri. Choi Dong Gun yang menderita cedera punggung merasa selalu menjadi bayang-bayang Sun Dong Ryul. Di lain pihak, Sun Dong Ryul juga merasa tersaingi dengan Choi Dong Won dan menjadi sangat terobsesi menjadi pitcher terbaik.

Film ini berfokus pada pertandingan baseball di 16 Mei 1987, dimana keduanya untuk terakhir kalinya berhadapan dalam pertandingan yang sama. pertandingan tersebut dianggap sebagai penampilan mereka yang terbaik, dan mencatat sejarah sebagai pertandingan yang patut dikenang di Korea Selatan.

3. As One (2012)

Bosan Film Korea Romantis? Ini 6 Film tentang Atlet dan Olahraga Film

Film As One ini menjadi unik karena menceritakan kisah dan latar belakang tentang bergabungnya atlet Korea Utara dan Korea Selatan dalam sebuah pertandingan tenis meja di laga dunia. Tidak terbayang ya betapa riweuh dan deg-degannya kejadian iin.

Hwa yang diperankan oleh Ha Ji Won adalah atlet tenis meja dari Korea Selatan, harus bergabung menjadi satu tim dengan atlet dari Korea Utara, Lee Boon Hee yang diperankan oleh Bae Doo Na. Demi bisa berlaga di World Table Tennis Championship pada tahun 1991, mereka akhirnya menurunkan ego dan mau bekerja sama demi kemenangan bangsa mereka.

Awalnya tentu mereka merasa kurang nyaman. Selain karena kebiasaan dan cara pandang yang bertolak belakang, juga karena masing-masing ingin menunjukkan permainan terbaik mereka. Padahal sebagai tim mereka tidak lagi bertanding secara individu tapi harus kompak sebagai satu kesatuan.

4. No Breathing (2013)

Film No Breathing yang dibintangi oleh Lee Jong Suk, Seo In-guk, dan Kwon Yuri ini merupakan film Korea yang berkisah tentang persaingan dua atlet renang. Won il yang diperankan Seo In Guk adalah seorang atlet renang yang masa depannya cerah mengikuti jejak ayahnya.

Pada suatu kesempatan perlombaan renang, ayahnya meninggal dunia. Tidak lama menyusul juga ibunya. Karena kejadian berturut-turut ini, Won Il tidak bersemangat lagi dan memutuskan berhenti menjadi atlet renang.

Teman lama ayahnya yang melihat kondisi ini mengajak Won Il untuk masuk ke sekolah atlet agar ia kembali bersemangat sesuai keinginan mendiang ayahnya. Disana ia bertemu dengan Woo Sang, rival lamanya. Woo Sang juga sangat berprestasi namun didiskualifikasi karena sebuah kesalahan fatal, sehingga harus mengulang kariernya dari nol. Di sekolah inilah mereka bertemu kembali dan mengulang persaingan mereka.

5. My Annoying Brother (2016)

Film tentang atlet judo ini diproduksi oleh CJ Entertainment Korea dengan menggandeng penyanyi pujaan D.O ‘EXO’. Berperan sebagai seorang atlet judo, Doo Young, yang mengalami kecelakaan saat bertanding hingga harus kehilangan penglihatanya. Doo Young sangat putus asa, karena ini berarti kariernya sebagai atlet juga sirna.

Sementara itu ia mempunya seorang kakak, Doo Sik, yang sedang dalam masa tahanan di penjara. Mengambil kesempatan ini, ia akan dibebaskan dengan syarat harus merawat sang adik, karena Doo Young tidak mempunyai keluarga lain, Doo Dik menerima syarat tersebut.

Awalnya mereka sama-sama tidak nyaman karena kondisi tersebut. Namun perlahan, mereka bisa lebih dekat lagi, dan merasa saling membutuhkan. Apalagi diketahui ternyata Doo Sik mengidap kanker stadium akhir.

Seiring berjalannya waktu, mereka malah saling memotivasi. Sampai pada akhirnya Doo Young pun memutuskan untuk berjuang mengikuti Paralympics, dan Doo Sik berjuang melawan kanker. Kisah mereka sungguh mengharukan dan bersiaplah dengan menangis saat menonton. Sebelum nonton, simak dulu cuplikannya di sini

6. Wrestler / Love+Sling(2018)

Bosan Film Korea Romantis? Ini 6 Film tentang Atlet dan Olahraga Film

Film Korea ini lebih dikenal dengan nama Love+Sling, berkisah tentang kehidupan seorang atlet gulat. Sung Woong, yang diperankan oleh Kim Min Jae adalah seorang atlet gulat yang sebenarnya menjadi atlet hanya untuk memenuhi keinginan ayahnya, Gwi Bo, yang diperankan oleh Yoo Hae Jin. Ayahnyalah yang berjuang untuk kemajuan karier Sung Woong, meski ia sendiri sangatlah berbakat, hanya hatinya tidak di sana.

Suatu hari Sung Woong jatuh cinta pada seorang gadis yang menarik hatinya. Gadis ini pun sangat perhatian padanya. Belakangan baru diketahuinya bahwa gadis itu jatuh hati pada ayahnya sendiri. Dengan mengusung genre drama komedi, bisa dibayangkan betapa serunya film ini karena sang anak mulai bergulat dengan cinta karena ingin bersaing dengan ayahnya mendapatkan perhatian gadis pujaannya.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Foto Profil Naeun Apink Setelah Bergabung dengan YG Entertainment, Netizen Sebut Visualnya Kelihatan Beda Banget - Kapanlagi.com

YG Entertainment Rilis Foto Profil Naeun Apink Yang Baru Saja Bergabung

khwonnie (@khwonnie) | Twitter

Aespa Akhirnya Lakukan Comeback Perdananya di Tahun 2021