in

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini

Buat kamu yang menyukai film dengan genre aksi, film tentang pembajakan bisa dijadikan pilihan menonton bersama keluarga. Aksi menegangkan dan teror yang mencekam akan membuat keluarga kalian semakin kompak. Berikut daftar film tentang pembajakan yang kudu ditonton selama liburan:

1. Speed (1994)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film Speed

Jack Traven dan Harry Temple adalah dua anggota kepolisian gegana yang baru saja menjinakkan bom pada kabel lift di sebuah gedung perkantoran. Gagal dalam misinya, dalam film ini si pelaku kembali mengirimkan pesan tentang pembajakan di sebuah bus yang sedang melaju. Jika permintaannya tidak dituruti, ia akan meledakkan bomnya dan akan banyak warga sipil yang menjadi korban.

Speed disutradarai oleh Jan de Bont, menjadi salah satu film yang paling ikonik di tahun 1990-an, yang juga membuat kedua bintangnya, Keanu Reeves dan Sandra Bullock, menjadi semakin dikenal. Karena kesuksesan film ini, dibuat sekuelnya yaitu Speed 2 namun tidak menjadi box office seperti yang pertama.

2. Air Force One (1997)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film Air Force One

Salah satu film tentang pembajakan pesawat yang paling dikenang adalah Air Force One, yang dibintangi oleh Harrison Ford. Air Force One adalah pesawat resmi kenegaraan presiden Amerika Serikat. Kisahnya diawali dengan perjalanan presiden Amerika Serikat bersama beberapa anggota keluarga dan petinggi pemerintah lainnya dari Rusia kembali ke Amerika.

Ternyata ada sekelompok teroris yang berhasil menyusup keamanan tingkat tinggi dan membajak pesawat. Mereka meminta Presiden untuk menghapus kebijakan internasional yang baru, atau mereka akan membunuh satu penumpang secara berkala sampai permintaan mereka dipenuhi. Bisa ditebak akhirnya Presiden selamat, namun petualangan dan aksi selama di atas pesawat dalam rangka menyelamatkan diri benar-benar menegangkan dan seru untuk ditonton.

3. Red Eye (2005)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film Red Eye

Film Red Eye merupakan film tentang pembajakan yang menghadirkan aksi thriller juga. Kedua tokoh utamanya dipertemukan di bandara, yang akhirnya duduk bersebelahan yang lepas landas di tengah malam.

Di tengah keheningan malam, para penumpang yang sedang beristirahat dikejutkan dengan pengakuan seorang penumpang bernama Jackson yang sedang terlibat dalam sebuah rencana penyerangan terhadap seorang petinggi pemerintah di Amerika Serikat.

Ia menyandera seorang perempuan bernama Lisa, yang sudah diincarnya karena merupakan manager hotel tempat sasarannya menginap. Jackson mengancam akan menyakiti Lisa dan penumpang lainnya jika permintaan mereka tidak dituruti. Berlokasi di atas pesawat yang sedang terbang, dengan ruang dan waktu yang terbatas, ketegangan film ini sangat memukau dan memacu adrenalin penonton.

4. Flightplan (2005)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalalm film Flightplan

Meski film ini bertema tentang pembajakan, namun nuansa yang didapat oleh penonton adalah menegangkan sekaligus haru. Berkisah tentang seorang Ibu bernama Kyle yang diperankan oleh Jodie Foster, yang naik pesawat bersama putrinya, Julia yang berusia 6 tahun, serta peti mati suaminya. Kyle sempat tertidur ketika pesawat mulai lepas landas, dan ketika terbangun, Julia tidak ada di kursinya.

Kyle semakin bingung karena ketika melapor ke petugas malah dituduh terpengaruh obat tidur karena Julia bahkan tidak ada dalam daftar penumpang. Ia meyakinkan orang-orang bahwa sebelumnya Julia ada bersamanya. Berhubung Kyle adalah seorang insinyur aeronautika yang paham isi pesawat, ia yakin bahwa Julia disembunyikan di suatu tempat dalam pesawat. Karenanya ia ngotot untuk dilakukan pencarian yang menyeluruh di pesawat. Anehnya Kyle yang membuat keributan karena bingung malah dituduh sebagai pembajak.

Film ini sangat menarik karena berhasil membuat film yang menegangkan tanpa perlu aksi yang berlebihan. Cukup permainan psikologis dan akting yang matang juga bisa memukau penonton.

5. United 93 (2006)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film United 93

Film bertema tentang pembajakan pesawat ini diangkat dari kisah nyata penyelamatan heroik para penumpang dan kru pesawat di dalam pesawat United Airlines Flight 93. United Airlines Flight 93 adalah satu dari empat pesawat korban pembajakan kelompok Al-Qaeda pada 11 September 2001.

Tiga pesawat lain yang berhasil dibajak ditabrakkan ke gedung Pentagon dan World Trade Center. Tadinya pesawat United 93 ini diarahkan untuk menabrak White House, namun berhasil digagalkan oleh para penumpang dan kru pesawat yang nekat melawan empat orang teroris. Sayangnya, meski tidak berhasil menabrak White House, pesawat ini tetap jatuh dan menewaskan seluruh penumpang beserta kru yang berjumlah 44 orang termasuk 4 pelaku pembajakan.

6. Non-Stop (2014)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film Non Stop, Sumber: https://i.ytimg.com/vi/nODrjQUR5YU/maxresdefault.jpg

Non-Stop adalah salah satu film tentang pembajakan pesawat yang terbaik yang wajin kamu tonton. Selain dibintangi oleh beberapa aktor terkenal, salah satunya Liam Neeson, juga alur ceritanya juga menarik dan tidak bisa dilupakan.

Berkisah tentang seorang prajurit keamanan khusus dalam penerbangan, Air Marshal. Dalam tugasnya kali ini ia berpakaian seperti penumpang biasa. Tiba-tiba ia menerima sebuah pesan singkat di ponselnya. Isinya berupa ancaman bahwa jika sejumlah uang tidak dikirimkan ke rekening yang tercantum, tiap 20 menit akan ada penumpang yang dibunuh.

Tidak ingin membuat kehebohan, ia langsung melapor pada salah satu kru. Awalnya, laporan ini diremehkan, hingga satu korban mereka temukan di toilet. Ketegangan terus meningkat karena ancaman itu benar, satu persatu korban jatuh dalam rentang waktu 20 menit. Permintaan pembajak yang disampaikannya ke atasan, malah berbalik ke dirinya, karena nomor rekening yang diberikan oleh pembajak terdaftar atas namanya. Super teganggg!!!

7. Hostages (2017)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film Hostage

Film ini diangkat dari kisah nyata pembajakan pesawat yang dilakukan oleh sekelompok pemberontak asal Georgia pada tahun 1983. Pembajakan pesawat ini diotaki oleh sepasang pengantin baru yang memanfaatkan penerbangan dari Ibukota Georgia, Tbilisi ke Batumi untuk kepentingan peribadi mereka. Mereka berusaha mengubah rute penerbangan ke Turki agar bebas dari jajahan Uni Soviet. Naasnya, rencana mereka tidak berjalan dan banyak jatuh korban.

Film ini mendapat banyak kritik positif maupun negatif. Banyak yang memuji karena dianggap memberikan sudut pandang yang berbeda yang menghakimi pelaku sebagai monster tidak berperasaan. Namun, tidak sedikit yang mengkritik negatif karena mempertanyakan keakurayan sejarah di dalamnya.

8. 7500 (2019)

Butuh Ketegangan? Tonton 8 Film tentang Pembajakan Ini Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film 7500

Film ini menceritakan tentang pembajakan sebuah pesawat yang sedang dalam perjalanan Berlin-Paris. Pesawat ini dibajak oleh sekelompok teroris yang bersenjatakan pecahan botol.

Adegan awal di film dimulai dengan tayangan rekaman CCTV kesibukan di dalam pesawat. Semua tampak normal, hingga di menit ke 20 terlihat beberapa pria yang menyerang pengantar makanan yang sedang menuju kokpit dan berusaha mengambil alih kendali pesawat.

Dibintangi aktor papan atas Josep Gordon-Levitt, sebagai pilot ia berhasil selamat dari penyerangan teroris dan mengunci dirinya di kokpit. Selama itu ia harus bertahan dan mendengarkan ancaman kelompok bersenjata yang menyandera dan membunuh beberapa penumpang.

Meski akhirnya bisa ditebak, film ini tetap memberikan kepuasaan menonton karena memberi ketegangan dan dialog yang apik. Ketegangan di atas pesawat dengan ruang dan waktu yang terbatas juga memperjelas performa para aktor yang ciamik.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Youth of May Eps 2: Potret Romantisnya Lee Do Hyun dan Go Min Si Halaman all - Kompasiana.com

Drama Youth of May Bertema Sejarah, Ini 2 Pemain Utamanya!

Apa Saja Judul-Judul Novel Sidney Sheldon? | Belajar Sampai Mati

Deretan Novel Karangan Sydney Sheldon Terbaik Sepanjang Massa!