in

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman

Young attractive woman awake late at night using smart phone lying in bed in a dark bedroom. Using mobile for chatting and sending messages in internet addiction, mobile abuse and insomnia concept

Hayo, siapa yang di sini masih sering begadang? Apakah Anda sekedar begadang atau memang ada sesuatu yang memaksa Anda untuk begadang? Sebagian besar orang melakukan begadang karena deadline tugas, segudang pekerjaan menumpuk atau sekedar menonton klub sepak bola favorit Anda. Padahal esok harinya Anda harus menjalani rutinitas seperti biasanya. Kegiatan tersebut membuat kondisi tubuh bisa kecapean, rasa kantuk besar sebab kurang tidur. Umumnya seperti itu, apabila Anda belum mengenal cara mengatasinya, sebenarnya ada beberapa cara agar tubuh kembali fresh setelah begadang semalaman.

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : thesun.co.uk

Untuk mengembalikan kondisi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, setidaknya tidur 8 jam bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak rekomendasi sekitar 9-10 jam harinya. Tentu setiap orang berbeda-beda dan sebaiknya memperhatikan berbagai faktor lainnya seperti: usia, aktivitas, dan kondisi medisnya. Ketika Anda begadang secara otomatis jam tidur akan berkurang cukup drastis, sehingga dapat mempengaruhi fungsi sistem tubuh terutama bagian otak. Terlihat jelas bahwa begadang bisa mengakibatkan Anda sulit berkonsentrasi karena tubuh dan otak tak mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : businessinsider.com

Menurut ahli kesehatan, begadang bisa membunuh Anda secara perlahan- lahan. Dengan bukti kesehatan menyatakan bahwa begadang sangat beresiko untuk kesehatan dan berkaitan dengan potensi serangan penyakit berbahaya. Mulai dari penyakit hipertensi, jantung hingga depresi, melakukan begadang setiap hari dapat membentuk sebuah kebiasaan buruk. Tetapi pada kenyataannya orang-orang masih melakukan begadang, meski telah menyadari konsekuensinya.

Terkadang tidur larut malam sulit untuk menghindarinya, karena tuntutan segudang tugas kampus maupun pekerjaan kantor harus terselesaikan tepat waktu. Menjaga otak dan tubuh agar tetap fresh dan bugar setelah begadang ada triknya yaitu:

Atur Pernafasan

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : memoryspring.com

Kurang tidur ternyata mengakibatkan pembuluh darah tidak lancar ke seluruh organ tubuh. Hal pertama dengan mencoba menarik nafas dalam-dalam, bisa melancarkan pembuluh darah dan membuat tubuh menjadi rileks, nyaman dan tenang. Olahraga pernafasan menjadi langkah awal untuk mendapatkan tubuh fresh setelah begadang semalaman. Melakukan olahraga pernafasan terbilang cukup mudah, lakukan atur pernafasan hingga merasakan rileks dan tenang.

Mandilah Dengan Air Dingin

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : thestatesman.com

Untuk menghilangkan rasa kantuk setelah begadang semalaman dengan cara mandi air dingin. Suhu dingin ini dapat merangsang aktivitas saraf dalam tubuh sehingga dapat mengurangi rasa kantuk. Untuk mengembalikan tubuh agar tetap fresh akibat kurang tidur dengan cara mandi menggunakan air dingin. Karena manfaat air dingin bisa membuat pembuluh darah mengecil, sehingga dapat mengurangi bercak merah serta bengkak pada wajah akibat kurang tidur. Lengkapi dengan penggunaan sabun yang mengandung pelembab supaya kulit terlihat bersih, lembab dan cerah. Anda dapat beraktivitas seperti biasanya dengan tubuh yang segar meski kurang tidur, akan tetapi jangan terlalu sering begadang. Selain berdampak pada kesehatan dan pola hidup menjadi kurang baik.

Menggosok Wajah Agar Kembali Segar

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : healthline.com

Umumnya seseorang yang melakukan begadang akan terlihat pucat, lesu dan lemas atau kurang segar. Agar tubuh tampak fresh setelah begadang semalaman dengan melakukan exfoliation atau prosedur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Cara menggosok wajah agar kembali segar yakni pertama, membersihkan wajah dengan cleanser menggunakan air hangat kuku agar seluruh kotoran dan make up hilang. Lalu steam wajah berguna untuk membuka pori-pori wajah. Apabila tidak memiliki alat steam bisa dengan menggunakan air panas dan arahkan uap ke wajah selama 10 hingga 15 menit.

Selanjutnya meletakan exfoliator pada ujung jari atau kain lembut. Lakukan dengan mengusapkan secara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar ke atas pada wajah, terutama pada bagian hidung, dahi yang cenderung berminyak. Kemudian bersihkan exfoliator menggunakan air hangat kuku dan percikkan air dingin yang bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori. Setelah itu, mengeringkan wajah dengan handuk bersih atau menepuk-nepuk secara lembut dan perlahan menggunakan kain bersih. Langkah terakhir dengan mengoleskan pelembab wajah sampai bagian leher secara merata. Lakukan treatment sederhana tadi untuk mendapatkan wajah fresh meski telah begadang semalaman.

Konsumsi Asupan Bergizi

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : verywellfit.com

Tingkat energi dalam tubuh berasal dari asupan yang Anda makan. Berbagai olahan makanan dan minuman dapat memberikan energi, sebaiknya tidak melewatkan jam makan Anda. Mengkonsumsi makanan kaya kandungan gizi sehat seperti bubur, biji- bijian, dan kacang- kacangan, oatmeal, beras merah, sayuran dan buah-buahan. Itu semua bisa membantu meningkatkan energi tubuh, dan tambahkan asupan mineral yang cukup serta vitamin. Untuk membentuk antibodi tubuh agar tidak mudah sakit. Mulailah dengan konsumsi makanan dan minuman sehat setiap harinya sampai bisa menjadi suatu rutinitas. Lakukan kebiasaan sehat dengan mengkonsumsi asupan bergizi selama 7 hari berturut-turut, sehingga pada hari berikutnya sudah terbiasa.

Minuman Berkafein

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : cabotwealth.com

Supaya tubuh kembali fresh setelah melakukan begadang semalaman, Anda bisa mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi. Minuman berkafein ini dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan terjaga selama 3-4 jam, sehingga Anda bisa menjalani aktivitas harian tanpa takut mengantuk. Tentu harus memperhatikan juga batasan kadar kafein yang layak konsumsi perharinya. Batas normal asupan kafein yakni sekitar 100-200 mg setiap harinya atau setara dengan 1-2 cangkir kopi/hari. Itu semua untuk menghindari konsumsi berlebihan yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, jika Anda sudah mengetahui batasan normal tentu hal buruk mengenai masalah kesehatan tidak akan terjadi.

Berjemur di Sinar Matahari

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : fitforwork.org

Paparan sinar matahari terbukti dapat meningkatkan pelepasan hormon serotonin pada otak. Hormon serotonin berguna untuk mengembalikan mood seseorang yakni lebih tenang dan fokus. Apabila kadar serotonin dalam tubuh berkurang atau rendah bisa mengakibatkan resiko depresi mayor. Untuk mendapatkan tubuh fresh setelah begadang semalam dengan rajin berjemur pagi di bawah sinar matahari selama 5-10 menit setiap pagi. Berjemur dapat membantu tubuh kembali bersemangat dan sehat meskipun telah begadang semalaman.

Olahraga Ringan Sebelum Aktivitas

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : rituals.com

Melakukan olahraga ringan setelah begadang dapat melancarkan peredaran darah tubuh. Olahraga menjadi salah satu langkah terbaik untuk menjaga kesehatan arteri dan terbukti bisa mengurangi tingkat stres. Alangkah baiknya menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga ringan sebelum beraktivitas seperti olahraga meditasi, yoga dan aerobik selama 3-15 menit. Agar tubuh menjadi fresh dan bugar kembali setelah begadang semalaman.

Beristirahat Sejenak

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman Kesehatan

Sumber Foto : freepik.com

Ketika rasa kantuk terasa begitu berat sebaiknya ambil waktu sekitar 20-30 menit untuk beristirahat sejenak. Meskipun istirahat sebentar tetapi sudah dapat membuat Anda merasa lebih baik dan sedikit rileks. Daripada memaksakan bekerja dalam kondisi mengantuk berat hanya akan membuat Anda tidak fokus dan kurang teliti. Untuk itu, sebaiknya mengambil waktu pada jam istirahat untuk tidur sejenak agar dapat mengembalikan kondisi tubuh tetap bugar seperti sedia kala. Hal ini membuat Anda lebih fokus, teliti terhadap pekerjaan.

Jika keadaan tidak membutuhkan untuk begadang sebaiknya jangan lakukan hal itu, atau terlalu sering begadang tidak baik. Karena meski hanya sekali atau beberapa begadang dapat mengganggu siklus kerja alamiah tubuh. Seharusnya tubuh terjaga pada siang hari dan terlelap pada malam hari, ketika Anda begadang siklus kerja alamiah tubuh berubah kebalikannya. Keseringan begadang bisa menimbulkan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh melemah, depresi, penuaan dini pada kulit dan resiko bahaya penyakit lainnya. Usahakan agar tidak begadang hingga menjelang subuh terlalu sering dan terapkan jadwal jam tidur secara teratur.

Untuk tips dan informasi seputar pola hidup dan tips kesehatan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kesehatan.

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar Nama Seluruh Pemain Drama Sweet Home Paling Lengkap

Fakta Menarik Kamiya Hiroshi, Pengisi Suara Levi Di Attack On Titan