in

Cara-Cara Unik Menabung Yang Dapat Kamu Coba

Menabung dapat menjadi suatu tantangan tersendiri bagi banyak orang. Hal ini juga cenderung sulit untuk dilakukan ketika kebutuhan hidup juga terus meningkat. Alhasil, penghasilan yang diterima malah habis untuk kebutuhan bulanan. Orang-orang tentunya sadar bahwa menabung adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, tetap saja ada hal-hal yang menghalangi seseorang untuk mulai menabung. Sebenarnya menabung bukanlah hal yang sulit dilakukan. Gaji pas-pasan, kebutuhan, dan lainnya bukanlah alasan untuk tidak menabung. Hal tersebut akan jadi hal yang mudah untuk dilakukan bila dilakukan dengan cara yang tepat. Akhir-akhir ini ada beberapa cara unik yang dapat orang-orang coba untuk menabung. Siapa tahu hal ini dapat membantu kalian termotivasi untuk mulai menabung.

Cara-cara ini juga mudah untuk dilakukan, tidak menguras tenaga, dan cenderung cepat untuk dilakukan. Metode-metode ini sangat unik dan menarik, membuat kamu merasa tidak seperti menabung. Jangan salah, cara-cara seperti ini bisa sangat membantu kamu lebih bersemangat dalam menabung loh! Menabung itu sangat penting untuk kebutuhan yang mungkin harus dihadapi di masa depan dan jika menabung dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan, kenapa tidak? Mari kita simak beberapa cara unik menabung yang dapat dilakukan orang-orang.

Cara-Cara Unik Menabung Yang Dapat Kamu Coba Keuangan

https://www.pexels.com/photo/person-holding-coin-1602726/

Jangan Buang-Buang Uang Receh

Kebanyakan orang mungkin merasa malas, memiliki banyak uang receh. Namun, jangan salah uang receh itu berapa uang loh! Coba saja bayangkan kalau setiap kali kamu membeli barang kamu mendapatkan uang receh Rp.1,000. Dalam waktu satu bulan saja, uang Rp.1,000 tersebut bisa berkembang menjadi uang Rp.50,000. Uang receh disini berarti uang dengan kecil, biasanya di bawah angka Rp.10,000. Ada pepatah yang berkata, sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit. Dalam situasi ini, pepatah tersebut sangat tepat untuk dilakukan. Jadi jangan anggap uang receh dulu, cobalah membuat satu wadah untuk mengumpulkan uang recehan yang anda dapatkan setiap harinya, seperti celengan atau sebuah baskom. Ketika sudah penuh, kalian pasti akan merasa terkejut bahwa uang tersebut ternyata jika dikumpulkan dapat menghasilkan tabungan yang lumayan untuk tambahan.

Banyak orang merasa malas mengumpulkan uang-uang receh. Mungkin mereka merasa uang tersebut tidak memiliki nominal yang tinggi dan uang tersebut tidak dapat dipakai untuk membeli banyak barang. Hal tersebut tidak salah, khususnya di daerah perkotaan. Sangat sulit menemukan tempat yang menjual barang dengan harga Rp. 1,000 – Rp. 5,000. Namun, menabung menggunakan uang receh, tabungan akan terasa lebih cepat terkumpul dan anda tidak akan merasa terbebani karena nominalnya yang kecil. Apalagi frekuensi seseorang mendapatkan uang receh dalam sehari sangatlah besar, jadi tentu saja menabung dengan cara ini menjadi hal yang mudah untuk dilakukan dan sangat unik.

Cara-Cara Unik Menabung Yang Dapat Kamu Coba Keuangan

https://www.pexels.com/photo/cash-coins-money-pattern-259165/

Tabungan Bingo

Menabung dengan cara ini sangat menarik dan unik karena menabung seakan seperti sedang bermain Bingo atau Sudoku. Buat yang masih asing saat mendengar permainan tersebut, kedua permainan tersebut sama-sama menggunakan angka yang berada dalam sebuah kotak. Tujuan permainan Bingo adalah untuk menandai angka yang sama seperti yang disebutkan oleh narator, saat angka tersebut membentuk garis lurus, artinya pemain menang dan mereka bisa mendapatkan hadiah. Namun, berbeda dengan permainan tersebut, cara menabung ini hanya meminjam inti dari permainan tersebut.

Sebelum mulai menabung, tentukanlah goals uang yang ingin dikumpulkan. Misalnya kalian ingin mengumpulkan uang Rp.10,000,000 juta dalam waktu dua bulan. Susunlah kotak-kota secukupnya dan isi kota tersebut dengan angka-angka sesuai dengan nominal uang rupiah. Misalnya Rp.10,000, Rp.50,000, atau Rp.100,000. Pastikan angka-angka tersebut jika dijumlahkan mencapai angka 10,000,000 juta. Selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah setiap harinya menyisihkan uang sesuai dengan berbagai nominal yang terdapat dalam kotak-kota tersebut. Misalnya hari pertama anda menyisihkan uang Rp. 10,000, setelah memasukan uang dalam tempat menabung yang kamu sediakan seperti celengan, coret salah satu kotak yang bertuliskan angka Rp. 10,000. Kemudian, lakukan hal ini setiap hari, minimal satu nominal setiap harinya. Dapat dipastikan cara menabung seperti ini sangat menarik untuk dilakukan dan dapat memotivasi kalian.

Cara-Cara Unik Menabung Yang Dapat Kamu Coba Keuangan

https://www.pexels.com/photo/white-and-red-lottery-ticket-5550130/

Menabung Sesuai Tanggal

Hal ini juga salah satu cara menabung yang unik yang bisa kalian coba. Setiap orang mungkin bisa merasa malas untuk menabung, tetapi dengan cara ini kamu bisa menabung setiap harinya dan dapat dipastikan kamu tidak akan kelupaan untuk menabung hari ini. Sama seperti namanya, menabung sesuai tanggal berarti kamu menyisihkan uang yang kamu miliki untuk ditabung sesuai dengan tanggal hari itu. Misalnya pada tanggal 20 kamu menabung sebesar Rp.20,000 atau jika kamu ingin mengumpulkan uang lebih banyak dan cepat kamu bisa mencoba memperbesar nominal pada tanggal tersebut. Misalnya tanggal 20 kamu menabung sebesar Rp. 200,000 dan seterusnya untuk hari-hari lainnya. Jika kamu merasa lelah menabung setiap hari, kamu bisa juga mengatur hari tertentu kamu tidak perlu menyisihkan uang-mu. Misalnya setiap hari minggu kamu juga libur menabung. Cara ini dijamin akan membuat kamu lebih rajin menabung.

Tabung Nominal Terkecil Dalam Dompet Setiap Hari

Ini juga salah satu metode menabung yang dapat anda praktekkan. Cara ini juga cocok bagi orang-orang yang sering membawa uang tunai di dompet. Bisa dipastikan setiap harinya anda pasti melakukan transaksi, entah itu untuk membeli makan, minuman, atau barang-barang lainnya. Pastinya dari hasil transaksi tersebut anda akan menerima kembalian. Nah, dari situ setiap malam setelah anda pulang ke rumah anda, periksalah dompet anda dan lihat mana nominal terkecil yang anda miliki. Misalnya nominal uang terkecil dalam dompet anda adalah Rp. 20,000, sisihkanlah uang tersebut untuk ditabung. Hal ini sangat mudah dilakukan dan sama seperti uang recehan, sedikit-sedikit, tabungan kalian akan menjadi bukit yang tinggi.

Itulah beberapa cara menabung yang menarik yang dapat kalian coba. Mungkin akan terasa sulit pada awalnya dan mungkin kamu juga bisa tergiur untuk menggunakan uang yang ada di tabungan tersebut, tetapi ingatlah bahwa kamu tidak akan bisa bekerja selamanya dan hal-hal yang di luar dugaan dapat terjadi. Tabungan tersebut akan menjadi dana pensiun dan akan membantu di situasi yang tidak diharapkan. Selamat mencoba!

Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

10 Universitas Swasta Terbaik dan Ternama di Indonesia

Digosipkan Pacar Sehun EXO, Kim Sejeong Klarifikasi Akibat Dihujat

Kim Sejeong Bantah dan Klarifikasi Rumor Dirinya dengan Sehun