in

Cara Jadi Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Adalah Ini!

Lulusan teknik otomotif tidak hanya akan terjun langsung mengurus hal-hal yang bersifat teknis. Namun, mereka juga dapa a bekerja di belakang komputer sebagai maintenance planner atau desainer. Sebenarnya secara umum, prospek kerja dari lulusan Teknik Otomotif mengenai teknologi dan mesin. Kendati begitu, mereka tetap dapat menekuni bidang industri otomotif dengan berkecimpung sebagai peneliti, pendidik, atau pelaku wirausaha. Lulusan jurusan ini yang menjadi pendidik dapat bekerja sebagai dosen atau guru SMK karena ada banyak sekolah kejuruan yang menyediakan jurusan yang berhubungan dengan otomotif. Cara menjadi pengajar untuk jurusan pendidikan teknik otomotif adalah dengan membaca artikel ini.

Penyelenggaraan pendidikan antara Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dengan dengan Jurusan Teknik Otomotif sebenarnya berbeda. Lantaran latar belakang dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah pendidikan bukan murni teknik. Sehingga lulusannya pun disiapkan untuk menjadi pengajar di Sekolah Menengah Kejuruan, instruktur di pusat-pusat latihan, ataupun enterpreneur. Ilmu yang dipelajari pun tidak hanya seputar pengetahuan tentang teknik otomotif tetapi juga ilmu pendidikan. Selain itu, pembelajaran mengenai teknik otomotif juga tidak terlalu rinci sebagaimana Jurusan Teknik Otomotif. Adapun universitas yang menyediakan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif di Indonesia masih berjumlah tujuh perguruan tinggi. Empat di antaranya telah mendapatkan akreditasi A dari dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sementara, tiga universitas lainnya mendapatkan akreditasi B.

Cara menjadi pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah, sebagai berikut:

1. Mata kuliah yang akan dipelajari

Jurusan Teknik Otomotif secara umum tersedia untuk jenjang strata pertama (S1). Kendati begitu, ada juga beberapa perguruan tinggi yang menyediakan program Diploma ketiga (D3). Mata kuliah yang akan dipelajari sebenarnya beragam mulai dari mata kuliah dasar di awal semester. Seperti Elemen Mesin, Fisika, Keselamatan Kerja, Kimia Teknik, Matematika, Mekanika Bahan, Pengetahuan Bahan Teknik, Statistika Struktur, dan Teknik Otomotif. Kemudian, mahasiswa akan menjumpai bermacam-macam pelajaran di pertengahan masa perkuliahan. Seperti AC Mobil, Elektronika, Mesin Konversi Energi. Serta Sistem Roda dan Rem. Terakhir adalah mempelajari Hidrolik dan Pneumatik, Teknologi Bodi Kendaraan, dan Teknologi Motor Diesel untuk memperkuat ilmu pengetahuan teknik otomoti.

Cara Jadi Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Adalah Ini! Otomotif

Gambar: Sebuah anggapan yang salah mengenai jurusan ini adalah lulusannya hanya akan berkarier di bengkel

2. Tugas praktik yang menjadi rutinitas

Hal yang perlu diingat adalah kuliah di Jurusan Teknik Otomotif tidak terlepas dari kegiatan praktikum. Pasalnya mahasiswa akan selalu dekat dengan kehidupan laboratorium atau bengkel sejak awal semester hingga tugas akhir. Hal ini karena kegiatan praktikum menjadi wadah untuk mengasah kemampuan teknis dalam mengatasi berbagai keadaan seputar otomotif. Sementara, beberapa topik untuk tugas praktikum yang dapat ditemui di sini adalah Auto CAD, Elemen Mesin, Fisika Dasar, Menggambar Teknik. Selain itu, Menggambar Mesin, Motor Diesel, Motor Bensin, Teknik Produksi, dan lainya.

3. Keahlian yang sangat diperlukan

Cara menjadi pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah dengan memiliki beberapa pengetahuan dan keahlian yang sangat diperlukan. Beberapa di antaranya memiliki sifat tekun dan teliti dalam bekerja. Selanjutnya, memiliki kemampuan dalam berpikir kritis dengan detail, memecahkan masalah, merancang dan melakukan pemeliharaan sistem otomotif. Selain itu, lulusan Teknik Otomotif juga harus mampu untuk melakukan pekerjaan secara terstruktur dan terukur serta memiliki kemampuan analisis dan riset yang baik.

4. Universitas dengan akreditasi A dari BAN-PT

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif pada Universitas Negeri Malang mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK: 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017 berdasarkan laman resmi BAN-PT. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2017 hingga 18 April 2022. Program studi ini masuk dalam Jurusan Teknik Mesin pada Fakultas Teknik di Universitas Negeri Malang. Jumlah keseluruhan SKS dari kurikulum Pendidikan Teknik Otomotif sebanyak 144 s/d 152 SKS. Adapun beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah Kelistrikan Engine, Perbaikan Bodi Kendaraan, Peralatan Otomotif, Sistem Kontrol Mesin. Selain itu, Teknologi Motor Bensin, Teknologi Motor Diesel, dan masih banyak lagi.

Cara Jadi Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Adalah Ini! Otomotif

Gambar: Ada banyak hal seru yang akan didapatkan dari mempelajari teknik otomotif yang tidak dapat ditemukan di jurusan lain

Jurusan S1 Pendidikan Teknik Otomotif pada Universitas Negeri Makassar (UNM) mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK: 4501/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 oleh BAN-PT. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2017 sampai 28 Novembr 2022. Adapun beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah Elektronika Otomotif, Material Teknik, Modifikasi Sepeda Motor, Teknologi Alat Berat, Thermodinamika dan Perpin Panas. Tujuan dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif pada Fakultas Teknik di UNM adalah menghasilkan sarjana yang cerdas, kompetitif, mandiri, dan berkarakter. Selain itu, berjiwa kewirausahaan dalam bidang pendidikan teknik otomotif. Sehingga lulusannya mampu bersaing tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional bahkan mampu berkiprah di tingkat internasional.

Program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK: 0946/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 oleh BAN-PT. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2016 hingga akan segera kadaluarsanya pada 17 November 2021. Jumlah keseluruhan SKS dari kurikulum sebanyak 148 SKS. Beberapa mata kuliah yang dipelajari seperti Elemen Mekanik Otomotif, Listrik dan Elektronika Dasar, Termodinamika, Teknologi Otomotif Dasar, Teknologi Sepeda Motor. Fasilitas yang tersedia pada Pendidikan Teknik Otomotif UNY adalah Bengkel Bodi & Cat, Bengkel Chasis, Bengkel Engine, Bengkel Kelistrikan, Bengkel Sepeda Motor. Selain itu, ada juga fasilitas laboratorium seperti Bahan Teknik, Metrologi, Hidro-Pnuematik, Mekanika Fluida, dan Komputer.

Universitas selanjutnya dengan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif terbaik di Indonesia adalah Universitas Negeri Padang (UNP). Program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif UNP mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK: 3283/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 oleh BAN-PT. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2016 hingga akan segera kadaluarsanya pada 27 Desember 2021. Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik di UNP ini memiliki fokus pada penyiapan tenaga kependidikan untuk SMK.

Cara Jadi Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Adalah Ini! Otomotif

Gambar: Jurusan Teknik Otomotif mempelajari mengenai segala proses dalam pengoperasian dan cara pembuatan kendaraan yang beroperasi di darat seperti motor, mobil, truk, bus, dan kereta

5. Universitas dengan akreditasi A dari BAN-PT

Program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo mendapatkan akreditasi B dengan nomor SK: 2737/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016 oleh BAN-PT. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2016 hingga akan segera kadaluarsanya pada 24 November 2021. Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berlokasi di Jawa Tengah menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang berstatus swasta dalam daftar ini. Selain itu, Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo tidak seperti universitas lainnya. Lantaran memasukan prodi ini dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan bukan bagian dari Fakultas Teknik.

Program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Semarang (UNNES) mendapatkan akreditasi B dengan nomor SK: 275/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014 oleh BAN-PT. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2014 hingga 8 Agustus 2019 lalu. Penyelenggaraan pendidikan dari prodi ini di UNNES berdasarkan pada Surat Mandat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Surat dengan Nomor 1042/E/T/2011 yang diterbitkan pada tanggal 21 Juli 2011. Isi surat tersebut adalah Penugasan Pembukaan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S1). Selain itu, penyelenggaraan pendidikan juga berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/E/O/2012. Isi surat tersebut adalah Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S-1) pada UNNES. Semua hal tersebut tercantum dalam laman resmi yang dapat diakses melalui unnes.ac.id. Pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa mencakup kompetensi lulusan, seperti pengetahuan teknik otomotif, perawatan otomotif, teknologi otomotif, dan masih banyak lagi.

Terakhir adalah program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Medan yang mendapatkan akreditasi B dengan Nomor SK: 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015. Masa berlaku akreditasi tersebut sejak tahun 2015 hingga telah kadaluarsa pada tanggal 14 Maret 2020 lalu. Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif merupakan bagian dari Fakultas Teknik di Universitas Negeri Medan. Cara menjadi pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah semua penjelasan di atas.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mengenal Seollal, Imlek-nya Masyarakat Korea Selatan - GuideKu.com

Fakta Tentang Perhitungan Usia di Korea Selatan Yang Unik

7 Deretan Fakta Mengenai Wajib Militer di Korea Selatan, Gak Wamil Gak Macho! | YuKepo.com

Mengetahui Usia Wajib Militer di Korea Selatan dan Fakta Lainnya