in

Cara Membuat berbagai Jenis Zoom Meeting, Wajib Tahu!

Perkembangan budaya industri berbanding lurus dengan teknologi. Pertemuan daring menjadi salah satu contohnya. Dengan berbagai jenis aplikasi meeting online yang tersedia sekarang ini di internet membuat perusahaan tidak perlu memiliki budaya kerja seperti dulu. Pekerja harus datang ke kantor, kemudian absen, meeting bersama harus tatap muka, dan lain sebagainya. Semua bisa dilakukan secara online. Hemat waktu, biaya, dan bisnis tetap jalan. Termasuk meeting, yang bisa di buat dengan zoom meeting yang memiliki berbagai jenis dan cara membuat nya.

Tidak hanya pada dunia bisnis saja. Cara orang berinteraksi satu sama lain bisa lebih mudah dengan adanya berbagai aplikasi meeting online. Pertemuan beda daerah dan negara bisa tetap berjalan dengan lancar berkat adanya aplikasi meeting online dan internet. Pihak founder sudah mengembangkan aplikasi dengan cara menggunakan yang mudah sehingga kalangan baby boomer pun bisa menggunakannya. Salah satu aplikasi meeting yang gratis dan memiliki fitur standar untuk pertemuan formal maupun non-formal adalah zoom meeting. Aplikasi ini menjadi pilihan terbaik mayoritas bisnis baik kecil maupun besar saat ini. Untuk kamu yang masih pemula, mari simak cara membuat zoom meeting agar pertemuan daring kamu berjalan dengan lancar.

Zoom untuk Meeting Biasa 5-20 Orang

Sebelum membahas jenis pertemuan atau zoom meeting yang besar, mari kita mulai dengan meeting biasa yang melibatkan sekitar 5 – 20 orang terlebih dahulu. Zoom meeting bisa juga digunakan untuk pertemuan skala kecil. Cara membuat zoom meeting untuk meeting skala kecil sangat mudah. Jika kamu sebagai inisiator meeting, kamu perlu memiliki aplikasi zoom terlebih dahulu. Baik di ponsel pintar, maupun di PC. Sedangkan peserta bisa mengikuti meeting tanpa harus menginstal aplikasi dengan join by browser.

Cara Membuat berbagai Jenis Zoom Meeting, Wajib Tahu! Aplikasi & Software

Sumber: zoom

Jika kamu belum memiliki aplikasi zoom, kamu bisa mengunduhnya di situs resmi zoom melalui https://zoom.us/download atau di Google Playstore ponsel pintar kamu. Sebelum bisa memulai meeting, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Bagaimana caranya, perhatikan langkah berikut ini.

  1. Masuk ke https://zoom.us/
  2. Klik button ‘SIGN UP, IT’S FREE’ yang berada di kanan atas.
  3. Isi data tanggal lahir kamu dan klik ‘continue’
  4. Selanjutnya masukkan email kamu dan klik ‘Sign Up’. Kamu bisa memilih email kantor atau email pribadi.
  5. Selanjutnya, sistem akan mengirimkan link verifikasi ke email kamu.
  6. Kamu tinggal klik dan mengubah password yang akan kamu gunakan.
  7. Selamat, kamu sudah berhasil mendaftarkan diri ke zoom.

Selanjutnya, kamu tinggal buka aplikasi yang sudah kamu install baik di PC maupun ponsel pintar. Cara dan langkahnya sama, hanya terdapat beberapa perbedaan pada user interfacenya saja. Disini, kita akan menjelaskan dari sisi PC.

Cara Membuat berbagai Jenis Zoom Meeting, Wajib Tahu! Aplikasi & Software
Sumber: zoom
  1. Begitu membuka aplikasi, kamu akan melihat dua pilihan. Kamu bisa memilih ‘Join a Meeting’ jika akan join sebagai peserta meeting dengan memasukkan meeting ID atau personal link. Setelah itu, sistem akan menanyakan nama dan password. Kamu hanya perlu memasukkannya dan menunggu beberapa waktu sampai host mempersilahkan kamu untuk masuk.
  2. Untuk membuat meeting, kamu harus ‘Sign In’ menggunakan akun yang sudah kamu buat tadi. Jika kamu memasukkan email dan password yang benar, maka kamu akan masuk ke beranda utama Zoom.
  3. Untuk membuat meeting langsung, Klik ‘New Meeting’ untuk membuat meeting baru. Sistem akan menampilkan jendela meeting beserta jendela tambahan yang menanyakan sumber audio. Kamu bisa memilih opsi mana saja. Untuk kemudahan, kamu bisa memilih opsi ‘Join with Computer Audio’.
  4. Masuk ke menu ‘Participants’, klik ‘invite’ . Kamu bisa mengundang orang untuk masuk ke meeting melalui contact yang tersimpan, mengirimkan email, atau menyalin invitation link, atau copy invitation. Invitation link hanya akan memberikan kamu link untuk masuk tanpa password. Sedangkan ‘Copy Invitation’ akan memberikan format invitation yang lebih lengkap dengan ID dan passcode di dalamnya.
  5. Untuk menjadwalkan meeting, kamu bisa klik ‘Schedule’ di beranda. Isi field yang kamu perlukan untuk menjadwalkan meeting. Mulai dari topic, waktu mulai, durasi. Meeting ID, password, dan setting lainnya. Kamu bisa langsung memblok kalender peserta meeting yang menerima undangan baik di Outlook, Google Calendar, maupun kalender yang lain.
  6. Advanced Options adalah menu tambahkan yang bisa berbeda tergantung jenis subscription yang kamu miliki. Kita akan membahasnya nanti di poin yang berbeda.

Begitu dia cara membuat zoom meeting untuk pertemuan skala kecil. Kamu bisa dengan mudah mengikutinya. Menu tidak terlalu banyak di tempat yang tidak seharusnya, sehingga pengguna tidak perlu bingung.

Zoom untuk Meeting yang Berulang

Zoom menyediakan fitur yang sangat diperlukan oleh perusahaan. Meeting berulang atau recurring meeting. Zoom menyediakan fungsi ini untuk memenuhi kebutuhan perusahan yang memerlukan daily, weekly, monthly, atau quarterly meeting. Berikut cara membuat zoom meeting berulang.

  1. Pilih ‘Schedule’ pada beranda zoom setelah kamu berhasil sign in.
  2. Isi informasi meeting yang kamu inginkan.
  3. Jangan lupa untuk mencentang bagian ‘Recurring meeting’ di bagian bawah kalender.
  4. Setelah kamu klik ‘schedule’ aplikasi akan membuka aplikasi kalender kamu (Outlook, Google Calendar, Other Calendar).
  5. Jika sudah masuk ke aplikasi kalender tersebut. Kamu bisa langsung mengatur recurring meeting seperti biasa. Link adan informasi meeting zoom akan otomatis tertanam dalam aplikasi tersebut dan sistem akan mengirimkan ke alamat email yang kamu tambahkan.

Jika proses sudah selesai, kamu tidak perlu lagi membuat zoom meeting untuk meeting yang sifatnya berulang. Kamu hanya perlu membuka kalender meeting dan mengakses link tersebut sesuai informasi yang tertera.

Cara Membuat berbagai Jenis Zoom Meeting, Wajib Tahu! Aplikasi & Software
Zoom untuk Webinar

Cara membuat zoom meeting untuk webinar sebenarnya sama dengan membuat meeting biasa. Kamu hanya perlu mempersiapkan sesuai dengan subscription plan yang kamu miliki. Dengan akun gratis, kamu hanya bisa membuat webinar dengan total peserta termasuk host sebanyak 100 orang dengan maksimal durasi 40 menit. Jika kamu menginginkan jumlah peserta dan durasi waktu lebih, kamu harus berpindah dari mode free atau gratis ke berbayar. Ada beberapa jenis subscription dengan berbagai fitur dan manfaat berbeda.

Subscription Plan di Zoom

Zoom menyediakan 5 mode plans penggunaan zoom dengan masing – masing memiliki harga berbeda untuk masing – masing tipenya. Zoom menyediakan Zoom Meetings, Zoom Phone, Zoom Video Webinar, Zoom Rooms, dan Zoom United. Untuk keperluan webinar, kamu mungkin bisa memilih Zoom Video Webinar. Tipenya dibedakan berdasarkan jumlah peserta. Mulai dari 100, 500, 1000, 5000, 10000, dan 10000+ peserta. Zoom menawarkan harga yang berbeda untuk masing – masing tipe. Ada banyak fitur yang tersedia untuk zoom meeting ini. Mulai dari video panelist interaktif, 49 viewable on screen dalam satu waktu, polling, pre and post webinar reminder, survey link setelah webinar, dan masih banyak fungsi webinar lainnya yang tidak kalah keren.

Jika skala webinar yang kamu lakukan masih kecil, tenang saja, kamu tetap bisa menggunakan format zoom meeting seperti biasa.

Cara Membuat berbagai Jenis Zoom Meeting, Wajib Tahu! Aplikasi & Software
Sumber: zoom

Membuat Zoom dari Aplikasi yang Terintegrasi

Cara membuat zoom meeting yang lebih keren adalah menggunakan berbagai aplikasi luar yang bisa kamu integrasikan dengan zoom. Kamu bisa mengintegrasikan zoom dengan portal facebook, file sharing seperti Box, Google Drive, Microsoft OneDrive, dan Sharepoint. Selain itu, kamu juga bisa mengintegrasikan Zoom dengan Dropbox, gmail Zapier, dan berbagai aplikasi lainnya. Integrasi bisa memudahkan kamu membuat zoom meeting.

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
YG Entertainment says G-Dragon is getting ready to come back | allkpop

Mengenal G Dragon Pacar Jennie Blackpink Dari Fakta Tentang Dirinya

Hasil gambar untuk jungkook terbaru

Segudang Prestasi Yang Dimiliki Jungkook BTS Yang Berusia 24 Tahun