in

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari

Kebanyakan dari orang mendalami konsep mindfulness memiliki tujuan untuk lebih mengurangi tingkat stres hingga suatu gangguan kecemasan yang berlebih. Fakta sebagian orang belum mengenal tentang apa itu mindfulness? Apa manfaat dari penerapan metode ini? Ternyata mindfulness ini adalah cara melatih bagi diri sendiri untuk fokus terhadap apa yang sedang terjadi melibatkan kesadaran dan bersikap netral. Cara menerapkan mindfulness sangat penting untuk menenangkan pikiran. Berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah bahwa mindfulness menjadi solusi dalam menangani tingkat stres dan kecemasan berlebih pada seseorang. Mindfulness bisa mengurangi kadar stres atau kecemasan terjadi pada seseorang tersebut.

Perbedaan Mindfulness dengan Meditasi

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : brinknews.com

Mindfulness berbeda dengan meditasi atau yoga, metode ini tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam. Cara menerapkan metode mindfulness dalam kehidupan sehari-hari cukup mudah dilakukan. Dalam Pengaplikasian menjadi faktor pembeda antara metode mindfulness dengan meditasi.

Untuk meditasi sendiri lebih ke sarana untuk mengubah pikiran, meningkatkan fokus dan kejelasan, menjaga kesabaran, ketenangan. Penerapan meditasi membutuhkan waktu sekitar 10 menit per hari untuk fokus pada nafas atau tubuh. Lakukan secara rutin akan lebih baik dan memberikan manfaat lebih besar.

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : lifesavvy.com

Sementara itu cara menerapkan mindfulness lebih untuk kegiatan sehari-hari dengan kesadaran penuh. Contoh pengaplikasian dari mindfulness, saat Anda makan nikmati setiap suapan bukan sambil menonton televisi. Ketika mencuci piring fokuskan pada aktivitas tersebut dengan merasakan air yang mengalir dan menyadari gosokan tiap piring bukan sambil bengong. Konsep Mindfulness mengajarkan untuk memfokuskan terhadap satu kegiatan hingga selesai bukan dengan melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Namun, bagi penderita depresi berulang konsep mindfulness dilarang atau tak rekomendasi. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai manfaat lanjut dari mindfulness bagi penderita depresi akut.

Manfaat Mindfulness

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : theladders.com

Manfaat dari mindfulness yaitu meningkatkan fokus dan suasana hati, memperbaiki kualitas tidur, mengurangi stres, depresi, memperbaiki kesehatan mental. Dan untuk memahami dan menenangkan pikiran, meningkatkan energi dan vitalitas serta dapat melancarkan peredaran darah, sistem saraf.

Selain itu, konsep mindfulness menjadikan Anda lebih sadar akan diri sendiri, orang lain bahkan dunia sekitar Anda. Jadi konsep ini mengajarkan bisa sepenuhnya untuk terhubung dan hadir dengan lingkungan sekitar. Kebanyakan orang yang telah mulai menerapkan mindfulness merasa perubahan kinerja menjadi profesional atau pada kehidupan pribadi mereka lebih baik. Mereka bisa merasakan manfaat mindfulness sebab mereka menyadari memberikan perhatian penuh dan berguna bagi orang lain. Hal tersebut sangat memuaskan bagi mereka. Berikut ini cara menerapkan konsep dari mindfulness perhatikan setiap tahapan demi tahapannya.

Cara Menerapkan Mindfulness

Ada beberapa tahapan dalam menerapkan mindfulness yang bisa Anda lakukan pada kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

Fokuskan Pada Tujuan

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : medium.com

Hal pertama untuk menerapkan mindfulness yaitu membuat tujuan dapat mengubah Anda menjadi pribadi lebih baik. Pengambilan keputusan sebagian besar dipengaruhi oleh alam bawah sadar. Pada praktiknya mindfulness dapat membantu Anda dalam menyelaraskan pemikiran bawah sadar dengan dorongan emosional. Fokus terhadap tujuan bagian terpenting untuk mencapai sebuah hasil akhir dari keinginan Anda.

Menikmati Proses Makan

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : helpguide.org

Bentuk pengaplikasian dari mindfulness dapat terlihat pada saat makan. Konsep ini akan mengubah pengalaman makan Anda menjadi jauh lebih menyenangkan. Cara menerapkan mindfulness sebelum mulai makan hal pertama yang Anda lakukan itu bernafas, kemudian mendengar kebutuhan tubuh. Setelah itu makan sesuai dengan kebutuhan Anda, ketika makan tak perlu terburu-buru cukup hanya menikmati sajian tersebut. Hindari distraksi lainnya seperti aktivitas menonton TV, bermain game saat Anda sedang menikmati makanan agar bisa tetap fokus terhadap makanan.

Menjaga Keseimbangan Otak

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : growingbolder.com

Terkadang Mindfulness dapat membuat kinerja otak lebih keras. Jika aktivitas sering terjadi dalam waktu lama tentu tak baik. Cobalah Anda memberi jeda sebentar pada otak untuk melakukan keseimbangan. Memang tidak mudah, Anda bisa memulainya seperti menjalani kehidupan sesuai dengan keinginan Anda dan update motivasi diri, membuat pengingat harian. Melakukan tindakan dengan kesadaran penuh memberi efek secara langsung dalam memperkuat otak Anda.

Melatih Pikiran dan Otot

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : designepiclife.com

Berbagai jenis olahraga seperti mengangkat beban, bersepeda, treadmill mempunyai kesamaan untuk melatih mindfulness. Aktivitas fisik yang melibatkan gerakan serta pernapasan memberikan efek baik untuk tubuh. Kegiatan itu, sebagai cara dalam hal menerapkan mindfulness, membuat aliran darah lancar dan menguatkan setiap sel dalam tubuh. Namun, harus mengimbanginya sesuai kondisi tubuh, pikiran dan juga sistem saraf manusia.

Bersikap Tenang, Fokus Pada Satu Aktvitas

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : social.hays.com

Contohnya ketika Anda sedang mengemudi kendaraan dalam menerapkan tindakan mindfulness yaitu bersikap tenang dan fokus. Lalu lintas jalan raya yang padat bisa membuat pengemudi terpancing amarah, mudah emosian dan tingkat stres menjadi bertambah. Padahal kemacetan lalu lintas yang paling parah menjadi peluang untuk menerapkan mindfulness. Bentuk pengaplikasian dari mindfulness bermanfaat dalam meningkatkan rasa empati Anda kepada orang lain, mengembalikan keseimbangan. Jika hal tersebut menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari untuk terus menerapkan mindfulness dapat memberikan manfaat lebih.

Ideal Melakukan Mindfulness

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : jillwener.com

Sebenarnya tak ada batasan waktu ideal untuk menerapkan mindfulness kapan saja bisa pagi maupun malam hari. Jika melakukan mindfulness pada pagi hari, bagusnya sebelum memulai aktivitas supaya bisa meningkatkan fokus atau kesadaran sebelum beraktivitas. Namun, bila pengaplikasian mindfulness pada malam hari alangkah baik memilih metode yang tak menstimulasi energi. Supaya dapat menenangkan pikiran dan tidur menjadi lebih nyenyak. Adapun hal berikut yang mesti diperhatikan dalam menerapkan mindfulness agar mendapatkan manfaat secara maksimal.

Praktik Mindfulness

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : themarsh.com

Saking banyaknya proses yang terjadi pada otak manusia membuat terabaikan atau tak terpikirkan secara sadar. Konsep mindfulness yaitu melatih untuk lebih perhatian kepada pengalaman yang sedang terjadi saat ini. Faktor utama dalam penerapan ini kesadaran penuh dalam setiap aktivitas contohnya: mendengarkan suara-suara yang ada sekeliling Anda. Melatih untuk lebih fokus dan perhatian kepada proses tubuh otomatis, misalnya pernapasan.

Dengan menerapkan mindfulness menjadikan Anda sebagai pribadi tak menghakimi melainkan untuk mengamati perasaan emosi yang ada. Bagaimana Anda merasakan secara fisik dalam tubuh. Bentuk pengaplikasian dari mindfulness bermanfaat dalam melatih pikiran dan memahami perasaan serta pola pikir yang mungkin terabaikan. Sehingga Anda dapat lebih mengerti dan memahami diri sendiri.

Latihan Mindfulness

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : verywellmind.com

Setelah Anda memahami cara menerapkan mindfulness, berikut melatih mindfulness dalam kehidupan sehari-hari. Mengubah menjadi kebiasaan tentu perlu waktu lebih lama dan terus berlatih, pengulangan per harinya. Anda perlu memahami praktiknya mindfulness bisa berbeda-beda setiap orang. Mulailah dengan latihan sederhana ini, jika belum berhasil Anda dapat menerapkan mindfulness pada aktivitas yang Anda sukai. Latihan pertama yaitu pernapasan dengan tempo 4-7-8 (tarik 4 detik, tahan 7 detik, buang 8 detik).

Cara Menerapkan Mindfulness Pada Kehidupan Sehari-hari Kesehatan

Sumber Foto : mindfulpresence.net

Latihan kedua bermeditasi sambil berjalan, mulailah untuk berhenti berpikir sejenak untuk fokus merasakan setiap langkah demi langkah saat berjalan. Cobalah untuk mengalihkan perhatian yang mengganggu pikiran Anda. Latihan selanjutnya dengan menggunakan lima indera dengan menyebutkan 5 hal yang dapat Anda lihat. Lanjut dengan 4 hal yang dapat Anda rasakan, 3 hal yang dapat Anda dengar, 2 hal yang dapat Anda cium. Terakhir sebutkan 1 hal yang dapat Anda cicipi.

Latihan berikutnya tempatkan perhatian Anda pada bagian tertentu dari tubuh Anda. Kemudian pindahkan perhatianmu kepada bagian tubuh yang lain. Anda bisa berlatih dengan memikirkan berbagi emosi yang Anda rasakan pada waktu berbeda. Setelah itu, bagaimana Anda merasakan emosi itu secara fisik. Apa yang mendorong terjadi perasaan emosi tersebut.

Untuk tips dan informasi seputar pola hidup dan tips kesehatan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kesehatan.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kesehatan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

5 Kemiripan G Dragon dan Jennie Blackpink Yang Dikabarkan Pacaran

6 Macam Aplikasi Survey Online Gratis