in

Cara Mudah Belajar Otomotif Mobil Secara Otodidak Mandiri

Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat diunduh secara mudah untuk mempermudah belajar otomotif mobil secara otodidak. Pasalnya manusia telah memasuki era digital yang memudahkan untuk mengakses segala informasi terbaru termasuk otomotif. Seperti OTO.com yang membahas tentang harga mobil baru karena menawarkan cara yang tepercaya untuk membeli kendaraan roda empat tersebut. Selain itu, aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mencari kendaraan yang paling tepat dengan cara cepat. Pengguna dapat menemukan banyak merek mobil terkemuka dalam OTO.com seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Datsun, Isuzu, Mitsubishi, Chervrolet, dan Nissan. Sebenarnya masih banyak merek yang mobil lainnya yang dalam aplikasi ini.

Autonetmagz menyediakan berita online tentang otomotif. Aplikasi ini juga memberikan informasi secara lengkap mulai berita Nasioal sampai Internasional dari sudut pandang pengguna kendaraan. Sehingga semakin membuka wawasan seputar dunia otomotif. Ada situs berbeda dari Autonetmagz berdasarkan penggunaan bahasanya. Apabila AutonetMagz.com menggunakan bahasa indonesia sedangkan Autonetmagz.net menggunakan bahasa inggris. Selain itu, hadir juga dalam bentuk video kendaraan melalui Youtube.

Otomotif juga hadir untuk mempermudah belajar tentang otomotif mobil secara otodidak. Ada penjelasan tentang Tune Up bermanfaat untuk memaksimalkan performa sekaligus menghidari kerusakan pada mesin. Sedangkan, fungsi Tune Up adalah memastikan semua sistem mesin berada pada kondisi yang baik dengan komponennya yang sesuai dengan spesifikasinya. Sebenarnya ada banyak penjelasan yang sangat lengkap di Otomotif sehingga dapat digunakan untuk belajar kapanpun dan dimanapun.

Automobile Engineering adalah aplikasi untuk mempelajari teknik dan kosep mobil terbaik, klasifikasi mesin, studi komponen sistem bahan bakar dan lainnya. Kelebihan aplikasi ini tidak hanya mencakup semua konsep fungsional dan kontruksional yang disajikan dengan cara sederhana saja. Pasalnya semua topik penting dari teknik mobil tersedia lengkap dalam Automobile Engineering yang diindeks dari buku manual. Sehingga tidak perlu lagi merasa kawatir akan kebenaran dari pembahasan dalam aplikasi. Pengguna akan mendapatkan informasi tentang ilmu otomotif hanya dengan memasang aplikasi Automobile Engineering dalam smartphone android mereka.

Cara Mudah Belajar Otomotif Mobil Secara Otodidak Mandiri Otomotif

Gambar: Manusia telah memasuki era digital yang memudahkan untuk mengakses segala informasi terbaru termasuk otomotif

3D Engineering Animatios + merupakan aplikasi yang sangat menarik karena informasi tentang otomotif ditampilkan dengan fiture tiga dimensi. Sehingga informasi yang disajikan memiliki visualisasi dengan animasi pada model 3D. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk belajar sistem-sistem mesin dan proses kerja mesin pada mobil. Sehingga kamu perlu memasang 3D Engineering Animation di ponselmu karena tidak hanya bagus tetapi juga berkualitas terbaik dalam Animations +.

Berikut ini adalah cara mudah belajar otomotif mobil secara otodidak mandiri :

1. Pengetahuan umum otomotif mobil

Mesin dibedakan menjadi tiga jenis secara prinsip kerjanya: mesin dua tak, mesin empat tak, dan motor wangkle. Pertama adalah mesin dua tak yang menggunakan dua langkah di setiap siklus mesinnya seperti Kawasaki Nina RR dan Old Vesva. Sayangnya mesin-mesim dua tak saat ini sudah tidak diproduksi lagi akrena emisi yang dihasilkan mesin cukup besar. Kedua adalah mesin empat tak yang digunakan hampir pada seluruh mobil dan motor di dunia karena memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit. Selain itu, emisi mesin empat tak lebih terjamin yang tidak seperti mesin dua tak. Sehingga orang-orang banyak mempelajari jenis mesin ini karena umumnya digunakan pada mobil-mobil sekarang. Terakhir adalah motor wankle yang menggunakan piston tetapi bentuknya tidak seperti mesin pada umumnya. Selain itu, pergerakan jenis mesin ini berbeda dengan mesin-mesin umum seperti Mazda RX series yang menggunakan wangkle untuk dapur pacunya.

Mesin juga dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahan bakarnya: mesin bensin, mesin diesel, dan mesin BBG. Pertama adalah mesin bensin yang bahan bakar utamanya menggunakan bensin sebagaimana namanya. Kelebihan mesin ini apabila dibandingkan tipe lainnya adalah lebih tenang dan lebih cepat putarannya. Kedua adalah mesin diesel yang bahan bakar utamanya menggunakan solar seperti pada truk dan bus. Kelebihan adalah mesin diesel memiliki torsi yang cukup besar meskipun top RPM tidak sekencang seperti mesin bensin. Terakhir adalah mesin BBG yang bahan bakar utamanya menggunakan gas LPG seperti bajai berwarna biru dengan label BBG dan transjakarta.

Ada komponen utama dalam mesin seperti piston, blok silinder, kepala silinder dan engkol. Selain itu, ada juga istilah connecting rod sebuah batang yang dilalui oleh piston berbentuk saat tersambung dengan engkol. Selanjutnya adalah mesin empat tak yang memiliki empat langkah di setiap siklus kerjanya dari langkah hisap, kompresi, pembakaran, hingga buang.

Cara Mudah Belajar Otomotif Mobil Secara Otodidak Mandiri Otomotif

Gambar: Ada banyak cara mudah belajar otomotif mobil secara otodidak

2. Etika berkendara mobil

Etika dalam berkendara memiliki tujuan untuk menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Layaknya sebuah pepatah sedia payung sebelum hujan tetapi kenyataan yang terjadi justru kehujanan dulu baru memakai payung. Begitulah yang banyak terjadi dengan pengendara yang belum menerapkan etika dengan benar. Lantaran selama belum kejadian maka belum akan jera. Kendati begitu, tidak ada orang yang pernah mengharapkan untuk mendapatkan celaka dan tidak ada orang yang tahu kapan akan celaka. Namun, kecelakaan dapat dicegah yang dimulai dari diri sendiri.

Cara sederhananya adalah memahami kapan waktu yang tepat dalam menggunakan klakson. Pasalnya klakson secara berlebihan akan mengganggu pendengaran orang lain yang malah membuat salah paham hingga berujung keributan antar pengendara. Sehingga gunakanlah klakson sewajarnya saja di waktu-waktu tertentu seperti saat memperingatkan pengendara lain bahwa ada masalah dengan ban mobilnya. Selain itu, klason juga berfungsi untuk memperingatkan kendaraan di depan yang tidak melihat adanya sisi blind spot.

Etika berkendara selanjutnya adalah menggunakan lampu sein secara tepat. Pengendara perlu memahami fungsi lampu sein sebagai pemberi tanda bahwa kendaraan tersebut akan berbelok ke kiri atau kanan bahkan lurus. Lampu sein juga wajib dinyala saat berada di tikungan, pertigaan, perempatan, atau mendekati U-Turn. Selain itu, pengendara juga harus membiasakan diri untuk memberikan tanda sein sekitar 20 meter sebelum berbelok. Hal ini untuk menghindari terjadinya tabrakan yang tidak terduga.

Hal lain yang melanggar etika berlalu lintas adalah saling serobot dengan seenaknya ataupun memotong jalur tanpa mengindahkan kendaraan di belakangnya. Alasan pengendara melakukan hal tersebut secara mendadak adalah mereka dalam keadaan tergesa-tergesa karena sedang diburu waktu. Padahal hal tersebut tidak pernah dibenarkan karena mengundang risiko yang dapat membahayakan bagi siapapun. Itu adalah cara mudah belajar otomotif mobil secara otodidak mandiri. Cukup mudah bukan untuk mempelajarinya?

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekomendasi Web Drama Korea Romantis yang Bakal Bikin Senyam-Senyum

Lima Alasan Web Drama Korea Tidak Kalah Seru Untuk Ditonton

Park Seo Joon Blak-blakan soal Gosip Pacaran dengan Park Min Young

Lima Pertimbangan Mengapa Drakor Memiliki Episode Yang Singkat