in

Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi

Pernahkah kalian menyadari kalau tabungan selalu menipis dan rasanya uang yang didapatkan tidak pernah cukup? Mungkin itu tandanya kalian hidup terlalu boros. Punya gaji yang besar bukan alasan untuk berfoya-foya loh! Karena sebesar apapun gaji yang kamu dapatkan, kalau kamu boros sebesar apapun gajinya tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan kamu. Namun, sayangnya ada banyak orang-orang yang ternyata boros jarang menyadari kalau sebenarnya mereka itu boros. Hal ini karena mereka sendiri tidak menyadari ciri-ciri dari orang boros. Padahal, jika mereka tidak menyadari dimana letak kesalahan yang terjadi, mereka tidak akan mengetahui dari mana akar permasalahan tersebut. Hal ini juga membawa masalah untuk keuangan pribadi orang, bisa saja uang akan menipis dan habis.

Selain itu, jika permasalahan ini tidak diperbaiki secepatnya, bisa saja dana pensiun akan dipertaruhkan. Perlu disadari bahwa uang tidak hanya dibutuhkan untuk saat ini, tetapi juga di masa depan. Jika terlalu boros bisa-bisa tidak akan ada uang yang tersisa untuk saat tersebut.

Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-holding-card-while-operating-silver-laptop-919436/

Walaupun kamu punya uang yang banyak juga bukan alasan untuk hidup boros. Seharusnya uang yang kamu miliki bisa dialokasikan untuk sesuatu yang lebih baik dan cermat, misalnya untuk investasi atau menabung. Hal ini tidak berarti kamu tidak boleh menggunakan uang untuk bersenang-senang, tetapi jangan boros. Jangan boros artinya pikirkan terlebih dahulu sebelum kamu membeli sebuah barang. Apakah barang tersebut akan berguna bagi kamu, bagaimana kualitasnya, dan sebagainya. Jangan membeli barang karena impulsive saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Memang sulit untuk mengubah kebiasaan secara tiba-tiba, apalagi jika orang belum mengenal akar permasalahannya. Oleh karena itu ada baiknya bagi orang-orang untuk mengenali apa saja sih ciri-ciri orang boros. Langsung saja cek di bawah ini dan coba tanyakan ke diri kamu sendiri, apakah kamu memiliki salah satu dari ciri-ciri tersebut? Yuk langsung simak.

Tidak Memiliki Catatan Pengeluaran

Catatan pengeluaran akan sangat menguntungkan anda dan anda tidak perlu sulit membuat catatan ini. Catatan ini akan membantu anda untuk lebih sadar dalam saat berbelanja. Rutin mencatat pengeluaran akan sangat membantu anda dalam beberapa hal. Pertama, anda bisa mengetahui apa pengeluaran terbesar anda dan bisa memikirkan cara untuk mengurangi kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu-perlu banget.

Selanjutnya dengan mengetahui jumlah pengeluaran anda, anda bisa membuat skala prioritas untuk kebutuhan bulanan anda. Misalnya setiap bulannya anda selalu membeli sabun merek x. Padahal, sabun tersebut terlalu mahal dan ada banyak alternatif yang jauh lebih murah. Juga tidak perlu sulit, anda bisa membuat catatan pengeluaran secara manual di buku tulis atau menggunakan aplikasi di komputer atau smartphone milik anda. Tanpa memiliki catatan pengeluaran, hal ini menunjukkan bahwa anda tidak mengetahui seberapa besar uang yang dikeluarkan. Nah! Biasanya uang yang dikeluarkan melebihi ekspektasi, jadi kalau anda tidak memiliki catatan pengeluaran, bisa dikatakan anda termasuk ciri-ciri orang boros.

Sering Berlangganan Hal-Hal Yang Tidak Dibutuhkan

Apakah anda berlangganan sebuah produk atau jasa? Kalau iya seberapa banyak langganan yang anda miliki? Berlangganan langganan produk atau jasa sebenarnya tidak masalah, hal yang menjadi masalah adalah ketika anda terlalu sering berlangganan. Pada zaman modern seperti ini ada banyak produk dan jasa yang bisa dipakai. Entah itu langganan layanan streaming online, member gym, tempat spa, dan lain-lainnya. Jika anda memiliki banyak langganan tersebut pengeluaran bulanan anda akan meningkat cukup drastis.

Cobalah lihat seberapa banyak biaya perbulan anda tanpa biaya langganan dan cobalah hitung uang tersebut. Tentunya uang anda boleh dipakai untuk bersenang-senang, tetapi tetap harus pada batas yang sesuai. Tidak jarang orang berlangganan sesuatu hanya karena ikut-ikutan atau malah karena gengsi. Cobalah lihat seberapa banyak uang yang anda keluarkan untuk satu langganan dan coba lihat seberapa sering anda menggunakan produk atau jasa tersebut. Misalnya langganan streaming online, saat ini ada banyak pilihan layanan yang bisa anda pakai, jika anda memiliki lebih dari satu, apakah anda bisa memanfaatkan semuanya? Kalau ternyata memang anda memiliki banyak langganan dan anda ternyata jarang digunakan, tentunya hal tersebut jadi sia-sia. Anda tidak mendapatkan benefit apapun dan malah harus mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya.

Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-doing-boxing-163403/

Pemakaian Kartu Kredit Berlebihan

Kartu kredit tidak lagi barang asing, tetapi kartu ini telah bertransformasi menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat modern. Pada era digital ini, pembayaran non-tunai memang sedang menjadi primadona. Tidak perlu sulit menerima kembalian atau mencari uang pas, pembayaran non-tunai seperti kartu kredit memang sangat memudahkan. Namun, selama ini orang-orang banyak memiliki stigma bahwa kartu kredit itu membuat seseorang lebih konsumtif dan boros. Nyatanya, tidak selalu begitu. Jika anda menggunakan kartu kredit dengan bijak, kartu yang dibuat tahun 1950 ini dapat membuat anda lebih hemat.

Di tengah persaingan ekonomi dan industri, kartu kredit menawarkan berbagai macam bentuk promosi, serta kelebihan yang dapat membantu anda menghemat pengeluaran. Kartu kredit dapat memberikan promosi seperti potongan harga dan kelebihan menarik seperti cicilan 0%. Selain itu, kartu ini bisa menjadi gambaran keuangan anda di mata bank. Jika digunakan dimanfaatkan dengan baik, kartu kredit akan memberikan anda berbagai macam keuntungan.

Selain itu, ada banyak jenis kartu kredit dan ada banyak bank yang mengeluarkan kartu kredit dan ada berbagai macam jenis kartu kredit. Sebelum anda menggunakan alat ini untuk bertransaksi, hal yang terpenting untuk diingat adalah tidak semua kartu kredit sama dan untuk menggunakan kartu yang tepat agar lebih hemat, kartu harus disesuaikan dengan keadaan keuangan anda. Beberapa kartu biasanya memiliki limit yang berbeda-beda, perhatikanlah limit penggunaan kartu kredit yang dimiliki, jangan sampai tagihan kartu kredit menjadi lebih banyak dari yang diinginkan. Biasanya orang yang memakai kartu kredit terlalu berlebihan termasuk salah satu ciri-ciri orang boros, karena jika kalau penggunaan kartu kredit saja tidak bisa dipakai secara bijaksana, bisa dipastikan pengeluaran anda boros.

Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/working-macbook-computer-keyboard-34577/

Belanja Online Barang-Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Ciri-ciri orang boros yang terakhir adalah sering berbelanja online, barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Perkembangan teknologi membuat apapun menjadi serba digital. Bahkan, kegiatan seperti berbelanja sekarang dapat dilakukan dengan mudah lewat gawai kita. Tinggal membuka aplikasi belanja online dan pilih apa yang mau kita beli. Sistem pembayarannya juga beragam, artinya kalian tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk melakukan transaksi. Namun, kemudahan tersebut juga membawa dampak yang kurang baik. Salah satunya orang-orang menjadi lebih boros. Apalagi lewat toko online, barang apapun yang dicari bisa ditemukan dengan mudah. Hal ini mendorong orang-orang menjadi lebih konsumtif. Cobalah cek selama 1 bulan ini sudah berapa banyak uang yang anda habiskan untuk membeli barang-barang online dan apakah barang yang dibeli tersebut berguna?

Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/shopping-cart-next-to-a-laptop-5632397/

Itulah artikel mengenai “Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi”. Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
https://facilitationfirst.com/wp-content/uploads/2017/12/Our-Approach-1-1.jpeg

7 Tren Pencarian Kerja di Tahun 2021; Siapkan Diri untuk Menghadapinya!

Debut Awal 2021, 5 Fakta PURPLE K!SS yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Purple Kiss Yang Tanggal Debut 15 Maret 2021