in

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat

Apakah kamu ingin berlibur setelah pandemi? Jika iya, Provinsi Jambi adalah tempat yang tepat untuk berlibur. Provinsi Jambi tidak hanya menyediakan tempat wisata saja, tapi juga makanan khasnya yang nikmat. Apa saja makanan khas Jambi yang wajib kamu coba? Berikut adalah informasinya.

Nasi Gemuk

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner
Gambar: Nasi Gemuk (http://duaselera.com/resep-masakan/resep-membuat-nasi-gemuk/)

Nasi Gemuk merupakan makanan Jambi, yang mirip dengan Nasi Uduk di Jakarta. Nasi Gemuk diolah dengan sedemikian rupa, dan kemudian diberi lauk supaya tambah nikmat. Masyarakat Jambi biasanya menyantap Nasi Gemuk, saat ingin makan pagi atau sarapan.

Yang membuat Nasi Gemuk menjadi lezat adalah, nasi ini menggunakan santan kelapa dan daun pandan. Agar tambah nikmat, Nasi Gemuk ditambah dengan lauk. Lauk tersebut adalah telur rebus, tempe, dan juga kacang tanah.

Saat berlibur ke Jambi, jangan lupa untuk mencicipi Nasi Gemuk. Rasa nasi yang gurih berpadu dengan lauk pauknya, membuat kamu ketagihan untuk mencicipinya. Tambahkan kerupuk, untuk membuat Nasi Gemuk tambah nikmat.

Sup Tulang

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner
Gambar: Sup Tulang (https://wisatapro.com/makanan-khas-jambi/)

Apakah kamu suka dengan Sup? Jika kamu suka dengan sup, kamu wajib untuk mencoba makanan khas Jambi selanjutnyayaitu Sup Tulang dari Jambi. Sup Tulang Iga berisi sayur sayuran dan kuah , kemudian sayuran yang sudah diolah ditambah dengan tulang sapi.

Cara membuat Sup Tulang menjadi lezat adalah , sayur sayuran direbus dan dimasukan ke dalam kuah. Kemudian tambahkan kaldu sapi , agar supnya tambah nikmat. Tidak boleh ketinggalan, tulang sapi ditambahkan ke dalam Sup.

Banyak rumah makan di Jambi yang menyediakan Sup Tulang Iga, sehingga kamu wajib untuk mencobanya. Sup Tulang Iga ini bisa kamu santap saat cuaca sedang dingin, sehingga membuat tubuh kamu menjadi hangat.

Daging Masak Hitam

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Daging Masak Hitam (https://simomot.com/2018/04/27/rasakan-keramahan-masyarakat-jambi-melalui-15-kuliner-khasnya/)

Jambi tidak hanya terkenal dengan Sup Tulang Iga saja, tapi juga Daging Masak Hitam. Daging Masak Hitam terbuat dari daging sapi, dan kemudian diberi bumbu supaya warnanya menjadi hitam.

Agar rasa dari daging masak hitam lezat, pertama daging sapi dipotong dan diolah sampai lembut. Setelah diolah sampai menjadi lembut, tambahkan bumbu yang membuat daging menjadi hitam . Tunggu daging yang dimasak sampai matang, dan warnanya jadi hitam.

Kalau kamu berlibur ke Jambi, makanan satu ini tidak boleh kamu lewatkan untuk dicicipi. Dagignya lembut ditambah dengan bumbu hitam, membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas.

Gulai Terjun

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Gulai Terjun (https://makananoleholeh.com/makanan-khas-jambi/)

Gulai merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia, yang menggunakan santan dan daging sebagai bahan bakunya. Masyarakat Jambi menyukai olahan gulai, dan gulai tersebut dinamai Gulai Terjun. Gulai Terjun ini menggunakan daging sapi, atau daging kambing.

Bahan yang digunakan untuk membuat gulai terjun adalah daging sapi, dan juga santan kelapa. Daging tersebut direbus sampai teksturnya lembut, dan kemudian diolah dengan santan. Santan yang berpadu dengan daging sapi, akan menambah kelezatan dari Gulai Terjun.

Lezatnya Gulai Terjun tidak boleh kamu lewatkan, saat kamu sedang berlibur ke Jambi. Kamu bisa menyantap gulai ini di rumah makan Jambi, bersama teman atau keluarga kamu. Nasi yang hangat bisa kamu tambahkan, agar kamu bisa kenyang menyantap makanan ini.

Kerutup Ikan

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Kerutup Ikan (https://www.sisternet.co.id/read/281643-simak-alasan-kenapa-kamu-harus-coba-5-makanan-asal-jambi-ini-sisters)

Untuk kamu yang suka dengan olahan ikan, kamu wajib untuk mencicipi makanan khas Jambi selanjutnya adalah Kerutup Ikan. Kerutup Ikan merupakan makanan yang berbahan dasar ikan, yang kemudian diberi bumbu agar rasanya menjadi nikmat.

Ada beberapa ikan yang bisa digunakan untuk Kerutup Ikan, yakni ikan nila dan ikan gurame. Daging ikan tersebut diberi bumbu kunyit, agar memiliki rasa yang harum. Tambahkan sayur lalapan , agar Kerutup Ikan menjadi nikmat.

Kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi Kerutup Ikan, saat berlibur ke Jambi. Makanan Kerutup Ikan ini mudah ditemui di Jambi, dan kamu akan merasakan olahan daging ikan yang berbeda dari lainnya.

Gulai Tepek Ikan

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Gulai Tapek Ikan (https://budaya.co/10-kuliner-khas-jambi-yang-wajib-dicoba-2/)

Olahan ikan selanjutnya yang wajib kamu coba adalah, Gulai Tapek Ikan. Makanan dulu biasa ditemui saat ada acara penting di Jambi, tapi kini bisa ditemui dirumah makan. Gulai Tapek berbahan dasar ikan tenggiri, dan kemudian ditambah kuah santan.

Sebelum Gulai Tapek Ikan bisa disantap, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama ikan tenggiri ditambah dengan tepung sagu, dan kemudian diolah seperti pempek. Tambahkan kuah santan, setelah ikan tenggiri selesai diolah.

Gulai Tapek Ikan ini mudah ditemui, sehingga kamu juga mudah untuk mencicipi makanan ini. Jika biasanya ikan tenggiri untuk pempek atau siomay, di Jambi ikan ini digunakan untuk membuat Gulai Tapek Ikan.

Mie Celor

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Mie Celor (https://wisataperutindo.wordpress.com/2014/11/13/mie-celor-jambi/)

Mie Celor merupakan olahan mie yang terkenal di Sumatera, baik di Palembang dan juga di Jambi. Tekstur dari Mie Celor ini sangat tebal dan lembut, kemudian ditambah dengan kuah yang sangat lezat.

Walaupun Mie Celor Palembang dan Jambi hampir sama, tapi perbedaan ada pada kuahnya. Kuah Mie Celor Jambi warnanya tidak pekat, namun kuah Mie Celor Palembang warnanya sangat pekat.

Saat berlibur ke Jambi, jangan lupa untuk mencicipi Mie Celor. Rasanya yang nikmat, membuat kamu akan ketagihan mencobanya. Ragam toping bisa ditambahkan pada Mie Celor, agar rasa dari Mie Celor tambah nikmat.

Rambutan Goreng

Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Rambutan Goreng (https://www.tokomesin.com/peluang-usaha-rambutan-goreng-dan-analisa-usahanya.html)

Jika buah Rambutan biasa dimakan langsung,  masyarakat Jambi bisa mengolah rambutan menjadi makanan khas Jambi selanjutnya yaitu Rambutan Goreng. Rambutan ini nantinya memiliki cita rasa yang khas, saat sudah diolah dan digoreng.

Untuk membuat rambutan goreng yang nikmat, rambutan dipilih dahulu berdasarkan kualitasnya. Setelah rambutan dipilih berdasarkan kualitas, rambutan digoreng dengan tepung terigu sampai jadi krispi.

Rambutan Goreng ini merupakan makanan dari Jambi yang unik, sehingga kamu wajib untuk mencobanya. Rasa rambutan yang manis berpadu dengan tekstur yang krispi, menjadi keunikan dari Rambutan Goreng khas Jambi ini.

Kue Muso

. Cobain Yuk Makanan Khas Jambi Yang Lezat Kuliner

Gambar: Kue Muso (https://www.wisatakuliner.org/2020/07/02/5-jajanan-tradisional-khas-jambi-yang-wajib-dicoba-bikin-ketagihan/)

Terakhir ada Kue Muso, makanan Jambi wajib untuk kamu coba. Kue ini memiliki warna hijau, dan bentuknya mirip dengan mangkok. Kue ini banyak dijual di kaki lima, dan harganya pun juga terjangkau.

Rasa nikmat Kue Muso ini tidak boleh kamu lewatkan, untuk kamu coba. Bentuknya yang cantik dan unik, membuat kamu tertarik untuk mencobanya. Kamu juga bisa jadikan Kue Muso ini sebagai oleh oleh , untuk orang terdekat kamu.

Demikianlah informasi , mengenai makanan khas Jambi. Setelah kamu berkeliling dan berwisata di Jambi, kamu wajib untuk mencicipi makanan khasnya yang lezat. Dengan mencicipi makanan khas Jambi, kamu akan lebih mengenal makanan nusantara.

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Acne back, dermatologist checkup man Premium Photo

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Dengan Cepat

https://static.asianetnews.com/images/01e5aa1fg17qdbh2h9z9cm6p61/salary-jpg_1200x630xt.jpg

7 Cara Jitu Mendapatkan Pekerjaan Bergaji Besar di Ranah Digital