in

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021)

Memasuki season ke-5 nya, seri Preman Pensiun masih tetap menjadi salah satu film seri terbaik yang di tunggu – tunggu oleh masyarakat di Indonesia. Terbukti setiap postingan dan video youtube tentang preman pensiun selalu dapat menghasilkan puluhan ribu hingga jutaan penonton setiap video nya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kualitas penulisan cerita preman pensiun yang sangat baik dan menarik dari Aris Nugraha. Buktinya walau setiap season Preman Pensiun terus berganti pemeran serta menghadirkan pemeran baru dan preman terkuat baru, namun Preman Pensiun tetap digandrungi oleh seluruh penonton setianya.

Penulisan cerita Preman Pensiun yang berpusat kepada kisah dan kehidupan para preman di wilayah Bandung. Setelah 5 season, sudah banyak pemeran preman yang menjadi bagian dari cerita Preman Pensiun. Diantara seluruh pemeran Preman Pensiun tersebut, tentunya ada beberapa pemeran yang bisa dianggap sebagai preman terkuat. Beberapa dari preman terkuat ini muncul sebagai tokoh penting didalam cerita, atau ada juga yang hanya muncul beberapa episode saja namun sudah memiliki kesan yang sangat kuat.

Mungkin beberapa dari kalian penasaran siapa saja preman terkuat dari serial Preman Pensiun yang sudah tayang selama 5 season ini. Siapa saja preman terkuat tersebut? Berikut adalah urutan daftar 18 preman terkuat di serial Preman Pensiun menurut penulisan:

1. Bahar (Kang Bahar)

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Bahar atau sering dikenal sebagai Kang Bahar merupakan preman terkuat yang ada di serial Preman Pensiun. Kang Bahar merupakan sosok yang paling ditakuti oleh semua orang dalam serial Preman Pensiun. Kang Bahar memang dikenal sebagai sosok preman yang tangguh, pendek kata ia tak ada lawan. Selain tak terkalahkan secara kekuatan, Kang Bahar juga memiliki pengaruh yang luar biasa di seluruh Bandung. Ia merupakan pemegang wilayah pasar, jalanan, dan terminal sebelum akhirnya di wariskan ke tangan kanannya, Muslihat.

Banyak berita simpang siur mengenai sumber kekuatannya, mulai dari kekuatan batu cincin yang ia miliki, tongkat, dan sebagainya. Namun yang jelas, dikisahkan bahwa tidak ada yang pernah mampu mengalahkan atau bahkan menyentuh Bahar di jalan cerita serial Preman Pensiun. Hal ini membuat Bahar menjadi preman paling legendaris dan terkuat di serial ini.

2. Idris (Kang Idris)

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Idris atau Kang Idris yang diperankan oleh Fuad Idris merupakan preman terkuat di serial preman pensiun yang berikutnya. Kang Idris merupakan sahabat Kang Bahar yang lebih dahulu berada di terminal sebelum Kang Bahar memegang terminal. Debut pada season ke-2, Idris diceritakan merupakan mantan rekan Kang Bahar yang sempat di penjara cukup lama setelah mengamuk di terminal sebelum dihentikan oleh Kang Bahar dengan cara meremukkan tangannya. Pada masa mudanya, Kang Idris diyakini merupakan sosok yang sangat kuat.

3. Muslihat (Kang Mus)

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Muslihat atau Kang Mus yang diperankan oleh Epy Kusnandar merupakan tokoh utama dalam cerita Preman Pensiun. Kang Mus adalah tangan kanan alias orang kepercayaan Kang Bahar, sang bos besar penguasa jalanan, pasar dan terminal. Walaupun berbadan kecil dan kurus, namun nyali dan keberaniannya yang luar biasa membuat Muslihat menjadi preman terkuat di serial Preman Pensiun. Selain menjadi preman terkuat di serial Preman Pensiun, Muslihat juga merupakan sosok pemimpin para preman yang menguasai wilayah pasar, jalanan, dan terminal di Bandung. Muslihat mendapatkan kekuasaan wilayah tersebut dari Kang Bahar setelah beliau memutuskan untuk pensiun.

Sebagai sosok pemimpin yang memegang kekuasaan, Muslihat sangat disegani dan ditakuti oleh seluruh anak buahnya. Walau jarang terlihat dalam adegan perkelahian, namun dalam beberapa adegan terlihat bahwa Muslihat dapat menjatuhkan siapapun yang bahkan tubuhnya dua kali dari dirinya jatuh tersungkur hanya dengan satu pukulan. Satu – satunya orang yang ditakuti oleh Muslihat hanyalah Kang Bahar (dan Emak).

4. Maman Suherman

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat pada serial preman pensiun berikutnya adalah Maman Suherman yang di perankan oleh Roy Chunonk (Alm). Walau hanya muncul pada 3 episode pertama, namun karakternya memiliki peninggalan sendiri pada jalan cerita Preman Pensiun.

Maman Suherman diceritakan adalah preman yang memegang jalanan sebelum akhirnya digantikan Jamal. Ia merupakan preman yang paling ditakuti dan disegani diantara preman lainnya yang berada di bawah arahan Kang Mus. Tubuhnya yang tinggi dan besar membuat dia menjadi sosok yang sangat legenda di jalanan Bandung. Walau akhirnya karakter nya harus meninggal karena cidera yang ia alami setelah dipukul oleh Kang Bahar hingga 3 tulang rusuknya patah, diyakini bahwa Maman Suherman merupakan salah satu preman terkuat di serial Preman Pensiun.

5. Murad

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Murad yang diperankan oleh Denny Firdaus merupakan salah satu preman terkuat yang ada di serial Preman Pensiun. Kekuatan tempur Murad merupakan sesuatu yang tidak dapat diragukan lagi. Murad bersama pasangan duo nya yaitu Pipit, merupakan pasangan duo preman yang legendaris dan tidak terkalahkan. Murad bersama Pipit pernah mampu membantai 10 orang preman lainnya yang mencoba untuk mengeroyok mereka.

Walau terkenal sebagai satu paket dengan Pipit, namun kekuatan tempur utama pada duo tersebut adalah Murad. Murad memiliki kekuatan pukulan dan serangan yang paling kuat diantara seluruh karakter lain di serial Preman Pensiun ini. Walau memiliki kekuatan serangan yang luar biasa, Murad yang saat ini sudah cukup tua memiliki sebuah kelemahan yaitu tubuhnya yang tidak terlalu lincah sehingga rentan terhadap serangan dari titik buta. Hal tersebut lah yang membuat keberadaan pasangannya yaitu Pipit membuat nya menjadi kekuatan tempur yang tak terkalahkan.

6. Darman

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Darman yang diperankan oleh Enco Ruhayat. Darman diceritakan merupakan orang bayaran yang dapat dipinjam jasanya untuk menagih hutang, memukuli orang, dan jasa lainnya yang berhubungan dengan fisik. Karakter Darman debut pada season 3 dimana ia menjadi orang bayaran Jamal untuk menyingkirkan anak buah Kang Mus yang masih belum pensiun.

Darman sudah beberapa kali berhadapan dengan anak buah Kang Mus, dan perlu beberapa orang anak buah Kang Mus untuk dapat mengalahkannya. Karakter Darman lalu menjadi karakter sentral setelah menjadi salah satu antagonis pada Preman Pensiun 3 dan Preman Pensiun: The Movie. Peran Darman lalu semakin penting pada season 4 dan season 5 setelah ia terlibat cukup banyak di terminal. Kekuatan Darman yang luar biasa membuat ia hampir mustahil untuk dikalahkan dalam pertarungan satu lawan satu, walaupun ia memiliki kelemahan dalam pertarungan panjang akibat umurnya yang sudah semakin menua. Darman mungkin adalah satu – satunya orang yang dapat mengalahkan Murad pada masa kejayaannya satu lawan satu.

7. Odang

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Odang. Walau hanya muncul dalam beberapa episode pada season ke-2 sebagai orang suruhan Ujang untuk mematahkan tangan Dikdik, Odang meninggalkan kesan tersendiri bagi para penonton Preman Pensiun. Memang banyak hal yang tidak diketahui mengenai Odang, namun ia diyakini merupakan sosok yang dapat mengimbangi Murad dalam duel satu lawan satu.

8. Gobang

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Gobang yang diperankan oleh Dedi Moch Jamasari. Memiliki badan besar, tubuh tinggi, dan gaya berbicara yang tenang membuat Gobang terlihat memiliki wibawa yang sangat besar dibandingkan preman lainnya yang ada di bawah Kang Mus. Gobang diceritakan merupakan anak buah Kang Mus yang bertugas memegang terminal sebelum akhirnya pensiun. Ia mendapatkan posisi sebagai pemegang terminal setelah sebelumnya Jamal yang memegang posisi tersebut dipenjara akibat sebuah insiden.

Walaupun jarang turun langsung dan lebih suka meminta anak buahnya untuk membereskan segala sesuatu yang berhubungan dengan “olahraga”, Gobang sendiri diyakini memiliki kemampuan bertarung yang cukup besar. Kemampuan bertarungnya yang hebat jugalah yang membuat beberapa anak buahnya seperti Cecep hingga Bubun yang juga memiliki kekuatan bertarung yang hebat dapat tunduk dan setia dibawah kepemimpinannya. Kesetiaan anak buah nya juga terlihat ketika terminal menjadi satu – satunya wilayah kekuasaan Kang Mus yang bebas dari sentuhan Jamal, sebelum Kemod yang merupakan anak buah baru saat itu berkhianat.

9. Remon

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Remon yang merupakan karakter baru yang debut pada season 5 menjadi salah satu karakter yang sangat mengejutkan para penonton Preman Pensiun. Bagaimana tidak, karena walau hanya muncul di akhir season 5 dan sangat memiliki sedikit adegan, namun Remon berhasil mengalahkan Darman dalam pertarungan 1 lawan 1 pada episode terakhir di season 5. Lucunya, adegan itu adalah satu – satunya adegan berkelahi dan adegan terpanjang Remon setelah beberapa episode dirinya muncul.

Walau bertubuh kecil, Remon memiliki ketahanan tubuh yang sangat luar biasa karena mampu bertahan dari serangan fatal Darman. Ditambah dengan kelincahannya karena ia memang masih cukup muda (dibanding Darman dan Murad), Remon mampu menghindar dan melancarkan serangan balasan yang sulit di hindari oleh lawan. Alasan Remon beberapa urutan dibawah Darman adalah karena fakta bahwa Darman yang ia kalahkan adalah Darman yang sudah tua dan sudah kelelahan setelah bertarung berturut – turut melawan 8 orang anak buah Remon serta melawan Bubun.

10. Komar

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Komar yang diperankan oleh Mat Drajat merupakan preman terkuat di serial Preman Pensiun yang berikutnya. Ia diceritakan merupakan preman yang paling lama mengabdi dan paling setia kepada Kang Mus. Komar dipercayakan untuk memegang pasar sebelum pada akhirnya pensiun. Komar memiliki ciri khas berupa rambut gondrong berwarna coklat dan ketawanya yang lucu. Ia juga sosok yang sangat gampang emosi dan meledak-ledak. Diketahui Komar hanya takut terhadap tiga karakter di serial ini: Kang Mus, Kang Bahar, dan istrinya.

Walaupun tidak memiliki badan yang besar seperti preman lainnya, Komar memiliki kekuatan tempur yang cukup mengerikan. Ketika sedang marah, Komar mampu membuat preman lain yang berbadan lebih besar darinya seperti Ujang berlari terpirit pirit. Komar menjadi sosok yang paling disegani diantara anak buah Kang Mus lainnya terutama setelah Maman Suherman pergi. Satu – satunya kelemahan Komar adalah tingkat kecerdasannya yang dibawah rata – rata.

11. Cecep

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Cecep yang diperankan oleh Abenk Marco. Cecep merupakan mantan anak buah Gobang di terminal sebelum akhirnya ikut pensiun ketika semua anak buah Kang Mus pensiun. Dalam jalan ceritanya, Cecep merupakan satu – satunya mantan anak buah Kang Mus yang sudah pensiun yang akhirnya kembali lagi menjadi preman dan memegang terminal. Alasan Cecep saat kembali menjadi preman adalah karena kondisi keuangannya yang memburuk. Cecep akhirnya dipekerjakan oleh Kang Mus sebagai pengantar kecimpring, sehingga ia dapat pergi dari terminal dan kembali pensiun sebagai preman.

Berbicara soal kekuatan, Cecep tidak bisa di anggap remeh. Walaupun sering bertarung secara keroyokan jika bertarung melawan preman lainnya, namun Cecep sendiri diyakini dapat mengimbangi Darman dalam satu lawan satu. Kemampuan bertarung Cecep dapat dengan jelas terlihat dalam Preman Pensiun: The Movie ketika 8 anak buah Kang Mus menyerang Darman dan 2 anak buahnya, dimana Cecep dapat mengimbangi Darman hingga akhirnya mengalahkan dan mencekek Darman, membuat Darman terpaksa mengaku kepada Gobang tentang siapa yang menyuruhnya membunuh adik ipar Gobang (Perlu di ingat bahwa Cecep tidak bertarung sendiran). Ketika melawan orang yang lebih lemah, Cecep memiliki jurus andalan yaitu serangan di dalam kamar mandi dimana ia memukul dan mencelupkan lawannya ke ember yang berisi air.

12. Firmansyah Pitra (Pipit)

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Firmansyah Pitra alias Pipit yang diperankan oleh Ica Naga (Alm) merupakan preman terkuat di serial Preman Pensiun yang berikutnya. Dimasa keemasannya Pipit merupakan pasangan bertempur Murad, dan menjadi legenda sebagai duo Murad-Pipit yang tidak terkalahkan. Duo Murad dan Pipit juga pernah mengalahkan 10 orang preman suruhan Jamal, yang memperkuat argumen betapa kuatnya Duo ini.

Namun jika duo ini dipisah, maka sebenarnya inti kekuatan mereka terdapat pada Murad. Pipit bisa dibilang merupakan support dari Murad, yang membantu Murad untuk menjaganya agar tidak diserang dari belakang. Walau hanya menjadi support untuk Murad, kekuatan Pipit sendiri sebenarnya juga tidak bisa dianggap remeh. Satu pukulannya minimal dapat membuat orang biasa terdorong jauh kebelakang. Pipit dalam masa keemasannya diyakini dapat bergerak sangat lincah, mengingat postur tubuhnya yang tidak terlalu besar. Di gabungkan dengan pukulannya yang kuat, Pipit diyakini merupakan kekuatan tempur yang tidak bisa diremehkan pada masa keemasannya.

13. Ujang

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Ujang merupakan salah satu karakter yang muncul sejak episode pertama dari season pertama Preman Pensiun hingga season kelima saat ini. Diperankan oleh Fajar Hidayatullah, Ujang merupakan karakter yang jalan ceritanya cukup unik di serial Preman Pensiun ini.

Ujang pada awalnya merupakan anak buah Maman Suherman di jalanan, sebelum akhirnya menjadi anak buah Jamal setelah Maman Suherman meninggalkan posisinya. Sepanjang cerita, Ujang lalu berubah menjadi karakter antagonis yang ingin melawan Kang Mus untuk merebut kekuasaannya, bersama dengan Jamal. Dalam prosesnya, cerita yang paling ikonik adalah ketika ia dikeroyok oleh 2 kebelasan sepakbola yang diajak Bohim untuk olahraga (baca: berkelahi). Setelah sempat kembali menjadi anak buah Jamal, Ujang lalu akhirnya menyerah dan meminta maaf kepada Kang Mus. Perkembangan ceritanya lalu akhirnya membawa Ujang menjadi anak buah Kang Mus pada bisnis Kecimpring sampai lalu menjadi pewaris usaha yang dirintis oleh Kang Mus tersebut.

Menyampingkan fakta bahwa Ujang sudah beberapa kali kalah dalam serial Preman Pensiun ini, namun Ujang tetap merupakan preman terkuat yang sulit dikalahkan jika bertarung 1 lawan 1 terutama karena badannya yang besar. Ujang memiliki ciri khas ketika bertarung yaitu menggunakan tongkat baseball.

14. Taslim

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Taslim yang diperankan oleh Yosua Thomas. Walaupun sering dihajar oleh Murad yang merupakan mamang dari Taslim, namun kekuatan Taslim sendiri tidak bisa dianggap remeh.

Pada season 5 Taslim hampir menang dalam duel 1 lawan 7 saat diserang oleh anak buah Bang Edi, walau akhirnya gagal setelah anak buah Bang Edi kabur. Dan juga, Taslim sudah pernah mengalahkan Darman beberapa kali, walau harus dilakukan keroyokan minimal 3 lawan 1. Dan jangan lupa juga bahwa Taslim pernah hampir mematahkan leher Kang Mus, walau akhirnya berhasil dikalahkan Kang Mus hanya dengan satu pukulan.

15. Bubun

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Bubun yang diperankan oleh Melga Septrida. Bubun sebelumnya merupakan “anak ingusan” yang menjadi bawahan Gobang. Bubun lalu menjadi penguasa terminal setelah Gobang dan seluruh anak buahnya yang lain, termasuk Cecep, memutuskan untuk pensiun. Bisa dibilang Bubun menjadi penguasa terminal karena sebuah keberuntungan dan ketidaksengajaan.

Walau begitu, kemampuan berkelahi Bubun bisa dibilang sangat baik. Walau tidak memiliki otot yang besar, namun Bubun memiliki kemampuan beladiri yang baik dan di kombinasikan dengan tubuhnya yang tinggi sehingga mampu melakukan serang dalam jangkauan yang luas. Sayangnya dengan tubuhnya yang kurus, Bubun beberapa kali kesulitan jika harus melawan orang yang tubuhnya lebih besar. Dalam serial Preman Pensiun Bubun sudah beberapa kali dikalahkan walau secara keroyokan oleh orang yang berbadan lebih besar.

16. Jamal

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Karakter Jamal yang diperankan oleh Zulfikar alias Ikang Sulung merupakan tokoh antagonis dalam 3 season pertama di serial Preman Pensiun. Satu – satunya alasan Jamal berada di posisi yang sangat rendah diantara preman terkuat lainnya adalah karena minimnya adegan berkelahi yang dilakukan oleh Jamal selama 3 season sebagai antagonis. Walau tidak pernah berkelahi dengan preman lain, namun diyakini Jamal setidaknya dapat berkelahi melawan beberapa orang biasa sekaligus. Mengingat bahwa ia pernah dipenjara karena membuat keributan di jalanan Dago yang membuat ia harus masuk penjara.

Walaupun berada di peringkat yang rendah diantara preman terkuat lainnya, alasan Jamal menjadi antagonis selama 3 season pertama dari serial Preman Pensiun adalah karena kepemimpinan, kepintaran, dan kelicikannya. Perlu di ingat bahwa walau memiliki tujuan yang buruk, Jamal merupakan sosok pemimpin hebat yang sebenarnya paling pantas mewarisi kepemimpinan Kang Mus. Beberapa preman terkuat di serial ini pernah berada di bawah kepemimpinannya, antara lain Murad, Pipit, hingga Gobang.

17. Edi (Bang Edi)

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat berikutnya dari serial Preman Pensiun adalah Bang Edi yang diperankan oleh ketua XTC yaitu Ivan Rivky Kabira. Bang Edi merupakan karakter baru yang debut pada season ke-5 dari Preman Pensiun dan diceritakan sebagai pemegang jalanan yang baru. Bang Edi berhasil menjadi pemegang jalanan yang baru setelah sebelumnya kepemimpinan di jalanan ditinggalkan begitu saja oleh Kang Mus tanpa adanya pewaris seperti yang ada di pasar dan terminal. Walau dalam cerita disebut sebagai pemegang jalanan, namun diketahui bahwa Bang Edi baru memegang wilayah jalanan sebagian saja.

Satu – satunya alasan Bang Edi yang merupakan pemegang jalanan berada di posisi rendah adalah fakta bahwa Bang Edi belum pernah bertarung sama sekali dalam serial Preman Pensiun. Bang Edi lebih suka membayar jasa orang lain untuk menyelesaikan permasalahan dalam bisnisnya. Namun walau begitu, pengaruh dan kepemimpinannya adalah kekuatan tersendiri sehingga patut diperhitungkan sebagai preman terkuat pada serial ini.

18. Iwan Tyson

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021) Film

Preman terkuat dari serial Preman Pensiun yang terakhir adalah Iwan Tyson. Walaupun tidak memiliki pemeran yang terlalu signifikan selama jalan cerita serial Preman Pensiun dan hanya merupakan bawahan biasa, namun kemampuannya sebagai atlet tinju perlu menjadi catatan sendiri bagi orang yang ingin melawannya 1 lawan 1. Iwan Tyson sempat menjadi juara tinju pada movie dari serial Preman Pensiun di berjudul “Sang Juara”.

Itulah daftar preman terkuat dari serial Preman Pensiun menurut penulis. Perlu dicatat bahwa daftar preman diatas murni merupakan pendapat pribadi penulis setelah mengikut serial Preman Pensiun selama 5 season dan sama sekali tidak terafiliasi dengan film Preman Pensiun.

Untuk informasi lainnya mengenai film dan serial lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ide Kamar Anak Yang Bisa Dicoba

Adik dan Teman Dekat Hyunjoo Sebut APRIL Lakukan Bully, DSP Media Jawab Semua Tuduhan | Kpop Chart

Kronologi Bullying Hyunjoo Ex April Hingga Keluar Tahun 2016