in

Daftar Mobil Buatan Asli Anak Indonesia Yang Wajib Diketahui

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar tentang mobil Esemka. Kendaraan roda empat tersebut masuk dalam daftar mobil buatan Indonesia dengan tempat produksinya berada di Boyolali Jawa Tengah. Ternyata Esemka bukan mobil pertama yang merupakan original buatan dari Indonesia. Pasalnya beberapa mobiljuga sempat diproduksi sebelum Esemka muncul mulai darimobil sedan hingga mobil pertanian. Namun, beberapa proyek tersebut gagal karena berbagai faktor penyebab mulai dari produksi hingga pemasaran.

Mobil Esemka Garuda 1 disebut-sebut memiliki desain yang sangat mirip dengan mobil Foday Landfort yang berasal dari China. Perbedaan desain kedua mobil hanya dari emblem saja. Mungkin saja mobil Esemka memang memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama dengan spesifikasi Foday Landfort. Mobil China ini ditopang dengan mesin bensin 2.378cc Mitsubishi 4G69S4N yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 5.250 rpm. dengan torsi puncak sebesar 200 Nm pada 3.000 rpm. Sedangkan, mesin dieselnya dengan spesifikasi D19TCID1 Diesel Turbocharged 1.9 liter mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 4.000 rpm. dengan torsi puncak yang bisa dicapai sebesar 300 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Sementara, fakta tentang mesin yang digunakan mobil Esemka masih belum diinformasikan karena masih menunggu peluncuran secepatannya. Sehingga harganya mungkin tidak jauh berbeda dengan harga mobil Foday Landfort.

Masyarakat Indonesia nampaknya begitu tertarik dengan mobil Esemka yang kedelapan tipenya sudah memenuhi syarat layak jalan. Namun, mobil Esemka Garuda 1 menjadi varian yang paling menarik perhatian publik sejak awal 2018. Lantaran mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki desain gahar yang akan menantang Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Terra nantinya. Pasalnya mobil Esemka Garuda 1 diperkirakan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan ketiga mobil SUV tersebut sehingga menjadi keuntungan tersendiri.

Daftar Mobil Buatan Asli Anak Indonesia Yang Wajib Diketahui Otomotif

Gambar: Mobil Esemka Garuda 1 menjadi varian yang paling menarik perhatian masyarat Indonesia sejak awal 2018 karena mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki desain gahar yang akan menantang Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Terra nantinya

Berikut ini adalah daftar mobil buatan asli anak Indonesia yang wajib diketahui :

1. Maleo

Maleo merupakan mobil buatan Indonesia pertama yang dirilis pada 1993. Produksi kendaraan ini berada di bawah tanggung jawab Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) sebagai pengembang. IPTN bekerja sama dengan Rover yang merupakan perusahaan otomotif dari Inggris. Memang teknologi yang digunakan pada mobil Maleo diambil dari Rover, tetapi komponen yang digunakan murni disuplai dari Indonesia. Selain itu, proses perakitan Maleo juga melibatkan BJ Habibie. Maleo sengaja ditargetkan menjadi mobil rakyat sehingga harganya terjangkau. Namun, proyek ini harus terhenti karena ada proyek mobil nasional lainnya yang bernama Timor. Padahal Maleo telah memiliki 11 rancangan mobil hingga 1997. Kemudian, mobil ini semakin tenggelam karena adanya krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada 1998.

2. Timor

Proyek yang dilakukan PT Timor Putra Nasional mendapat dukungan Presiden Soeharto yang tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 1996. Instruksi tersebut menyebutkan sebagai modal pembangunan industri mobil nasional. Timor menjadi proyek mobil nasional dengan pendanaan yang paling besar. Namun, pembuatan mobil terhenti karena adanya protes dari industri otomotif dunia, seperti Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. Apalagi saat itu juga terjadi krisis moneter dan turunnya Presiden Soeharto dari kursi jabatan presiden.

3. Mahesa

Mahesa menjadi mobil yang membantu petani untuk membajak sawah secara mudah. Mobil ini memiliki tiga tipe kendaraan: double cabin, pick up, dan kendaraan pertanian. Adapun pembuat mobil buatan Indonesia yang mengusung konsep mobil pedesaan adalah Sukiya. Mahesa yang menggunakan mesin diesel 650 cc dengan 1 piston ini mampu melaju hingga 55 km per jam. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya sangat irit terhitung 1 liter bisa dapat dipakai sepanjang 30 km. Mobil yang dijual dengan harga Rp 50-70 jutaan ini menggunakan sistem power take off (PTO). Sistem tersebut mampu tersambung langsung ke mesin pertanian.

4. Beta 97

Daftar mobil buatan Indonesia selanjutnya adalah Beta 97 yang proyeknya juga harus terhenti karena krisis moneter pada 1997. Mobil yang digarap oleh PT Bakrie Motor ini sebenarnya telah melalui berbagai tes sebelum proyeknya terhenti. Serangkaian tes yang dijalani Beta 97 adalah bodi mobil, ketahanan terhadap getaran, sistem elektronika, dan tes suspensi selama sembilan bulan.

Daftar Mobil Buatan Asli Anak Indonesia Yang Wajib Diketahui Otomotif

Gambar: GEA singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif adalah mobil buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT INKA yang merupakan salah satu perusahaan BUMN

5. GEA

GEA (Gulirkan Energi Alternatif) adalah mobil buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT INKA yang merupakan salah satu perusahaan BUMN. Sumber tenaga GEA, seperti namanya, berasal dari mesin Rusnas yang merupakan singkatan dari Riset Unggulan Strategis Nasional. Mesin buatan BPPT ini berbahan bakar bensin dengan 2 silinder yang berkapasitas 640 cc. Mobil yang berjenis city car ini dijual dengan harga Rp 45-50 juta. Sayangnya, proyek GEA mangkrak di tengah jalan dan tidak pernah lagi terdengar kabar kelanjutannya.

6. Kancil

Kancil sempat terlihat berseliweran di Jakarta karena memang kendaraan ini bertujuan untuk menggantikan bajaj dan bemo di jalanan ibu kota. Mobil yang dirintis pada 1999 adalah poyek PT Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari yang namanya sesuai dengan singkatan Kancil. Padahal Kancil merupakan singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Mobil yang dijual dengan harga Rp 17 juta atau setara harga motor. Kancil memiliki kapasitas mesin 404 cc dengan torsi sebesar 28 Nm di 2.500 rpm. Sayangnya, proyek mobil ini tidak lolos uji kelayakan Kementerian Perhubungan sehingga sempat terhenti sementara waktu. Namun, Kancil saat ini telah digunakan sebagai kendaraan pribadi dengan pelat hitam.

7. Tawon

Tawon adalah mobil buatan Indonesia yang dirintis pada 2021 oleh PT Super Grasindo Jaya. Mobil yang hanya memiliki kapasitas mesin 650 cc ini diharapkan mampu untuk bersaing dengan LCGC. Tidak jauh berbeda dengan mobil Esemka, Tawon juga memanfaatkan kreativitas pelajar SMK. Mereka adalah siswa di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Sayangnya, belum ada kabar pasti mengenai kelanjutan proyek mobil Tawon hingga kini. Itu adalah daftar mobil buatan asli anak Indonesia yang wajib diketahui. Kamu pernah lihat mobil yang mana? Atau kamu sudah punya salah satu dari daftar mobil di atas?

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kembaran Baju Ala Couple Korea yang Jauh dari Kesan Alay dan Lebay | YuKepo.com

10 Kebiasaan Unik Masyarakat KorSel Yang Ditampilkan Dalam Kdrama

Telford Porter (Earth-41633) | Marvel Movies | Fandom

Lima Cameo Terbaik Yang Paling Mengejutkan Dalam Film Hollywood