in

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player

[September 10, 2019 - St. Louis, MO] Students at Francis Howell Central High School practice playing Overwatch after school.

Karena esports terus tumbuh dalam skala dan popularitas, perguruan tinggi, SMA, hingga sekolah terbuka berlomba – lomba membuat program untuk memungkinkan siswa bersaing secara kompetitif di turnamen top. Sementara banyak program dalam daftar sekolah eSports Indonesia & Dunia terbaik untuk calon pro player yang masih dalam tahap awal, beberapa telah memantapkan diri sebagai tujuan utama bagi mereka yang berharap untuk beralih dari amatir ke profesional.

Di bawah ini adalah 8 contoh sekolah eSports baik dunia dan termasuk indonesia yang memiliki program esports mumpuni, yang dapat anda pertimbangkan jika ingin menjadi Pro Player eSports.

University of California Irvine (Amerika Serikat)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

UC Irvine adalah universitas negeri pertama di Amerika Serikat yang membuat program esports dengan tim untuk League of Legends, Overwatch, dan Super Smash Bros. Timnya didesain dengan sangat baik, menjadi juara College League of Legends 2018 dan bersaing di Kejuaraan Nasional Fiesta Bowl Overwatch pertama. Beasiswa akademik tersedia untuk para pemain, serta sistem pendukung termasuk pelatih. Terlebih lagi, UCI bekerja untuk menghubungkan para pemainnya dengan magang dan karir di industri game dan esports, menyediakan acara, diskusi panel, dan peluang berjejaring bagi siswa dan gamer lokal.

SPIRE Academy (Amerika Serikat)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

SPIRE Academy merupakan SMA di Amerika Serikat yang terkenal menghasilkan atlit – atlit terkenal berbagai bidang. Pada tahun 2020, SPIRE Academy meluncurkan divisi esports full-time, dengan program yang menampilkan berbagai judul esports. Program terobosan ini dirancang untuk memberi setiap siswa pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengejar esports perguruan tinggi, atau berkarir di berbagai bidang terkait.

Di SPIRE, siswa akan menerima struktur dukungan yang lengkap di setiap langkah menjadi pemain eSports dengan menjadikan mereka lulusan sekolah eSports yang baik dan dukungan administratif yang lengkap saat mereka mulai menjelajahi perguruan tinggi dan pilihan karir mereka.

SMA 1 PSKD (Indonesia)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

Daftar sekolah eSports Indonesia & Dunia terbaik untuk calon pro player berikutnya berasal dari Indonesia. SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta atau biasa di sebut SMA 1 PSKD yang berlokasi di Jakarta Selatan ini merupakan sekolah pertama yang membawa program eSport ke dalam edukasi di Indonesia. Berdasarkan situs resmi SMA 1 PSKD, sekolah ini menerima murid non-kristen dan juga memiliki fasilitas mushola didalam perkarangan sekolahnya, jadi siapa saja bisa mendaftar di sekolah ini.

Sekolah ini pertama kali menerapkan program eSport pada tahun ajaran 2016/2017. Dikutip dari situs resmi SMA 1 PSKD, program eSport bertujuan untuk memberikan skill dan pengetahuan kepada siswanya.

Sekolah ini kini memiliki pelajaran eSport dengan berbagai cabang, seperti DOTA 2, Overwatch, dan Counter Strike: Global Offensive, Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan banyak lagi.

Maryland Esports Training Academy (Amerika Serikat)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

Maryland Esports Training Academy (META) merupakan sekolah terbuka yang didirikan untuk menjadi wadah para gamer yang ingin berprestasi di dunia eSports. META telah mengembangkan beberapa tingkat kurikulum untuk semua judul game populer. Kurikulum diajarkan oleh guru di universitas eSports terkenal dan pemain profesional. Siswa dapat maju melalui berbagai tingkat pelatihan di META termasuk Akademi, Elite, dan bahkan Profesional.

Sebagai siswa TeamMETA, mereka akan dimasukkan ke dalam Program PATHWAYS dan akan diperkenalkan dengan pelatih perguruan tinggi di seluruh penjuru dunia. Sebagai siswa TeamMETA, mereka juga akan berpartisipasi dalam TeamMETA College Conference dan bermain melawan beberapa tim terbaik dari beberapa perguruan tinggi dan universitas terbaik di seluruh dunia.

eSports Academy ID (Indonesia)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

Pada 10 Maret 2021, sekolah terbuka pertama untuk eSports pertama kali dibuka di Indonesia yang dibuka untuk anak muda penggemar game yang berminat dan serius menjadi gamer profesional. Program ini dibuka oleh Youtuber Edho Zell. Dalam pembuatanya tersebut Edho Zell bekerja sama dengan Hobert ‘Oddball’ Kurniawan dan Arza Satria. Hal ini tentu menjadi gebrakan baru mengingat industri esports menjadi bisnis yang cukup menjanjikan saat ini sehingga diperlukan wadah untuk menghadirkan talenta talenta baru.

Dalam Esports Academy ID, nantinya peserta akan diberikan pelatihan-pelatihan seputar cabang game yang diminati. Selain itu, bakal ada juga berbagai kompetisi esports, baik tingkat nasional maupun internasional. Kalian bisa mengikuti informasi selengkapnya di akun Instagram @esportsacademy.id.

Gen.G Elit eSports Academy (Korea Selatan)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

Perusahaan esports Gen.G, salah satu perusahaan esports terbaik di dunia bergabung dengan Elite Education Group untuk menciptakan GEEA, GenG Elite Esports Academy yang merupakan akademi internasional pertama yang mendidik atlet esports. GEEA ini memiliki tujuan untuk menciptakan para pemimpin masa depan di industri esports.

Didirikan pada tahun 2017, Gen.G sendiri adalah organisasi esports terkemuka yang menghubungkan AS dan Asia. Berada di peringkat #6 dalam daftar perusahaan esports paling bernilai di dunia versi Forbes 2019, Gen.G adalah satu-satunya organisasi besar yang memiliki dan mengoperasikan tim-tim top di pasar esports terkemuka dunia — China, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Portofolio tim yang unik, pemenang 7 kejuaraan global hingga saat ini, termasuk waralaba Dinasti Seoul dari Liga Overwatch; Tim juara dunia League of Legends 2014 & 2017 di Korea Selatan; tim Fortnite wanita terbaik di dunia, yang berbasis di Los Angeles; dan waralaba ekspansi bersejarah NBA 2K League di Shanghai.

Bagi kalian yang ingin langsung direkrut ke tim profesional, GEEA merupakan satu – satunya program yang terintegrasi langsung antara akademi dan tim eSports nya, setidaknya untuk saat ini.

Miami University (Amerika Serikat)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

Daftar sekolah eSports Indonesia & Dunia terbaik untuk calon pro player berikutnya berbasis di Ohio, Amerika Serikat. Universitas ini adalah tim universitas D1 nasional pertama yang didirikan pada tahun 2015. Program ini memiliki tim universitas di CS:GO, Hearthstone, League of Legends, Overwatch, Rainbow Six Siege dan Rocket League, dan tim universitas junior untuk Call of Duty dan Valorant.

Semua tim memiliki serangkaian penghargaan, menjadikannya pilihan yang menarik bagi pemain yang ingin menjadi profesional. Sekolah juga menawarkan kursus dalam permainan, desain, dan teknologi yang sedang berkembang, memberikan siswa kesempatan untuk mengejar profesi di industri di luar arena kompetitif, dan siswa di tim universitas di Miami memiliki pilihan beasiswa yang tersedia.

Lanxiang Technical School (China)

Daftar Sekolah eSports Indonesia & Dunia Terbaik Untuk Calon Pro Player Games

Lanxiang Technical School , yang terkenal dengan pelatihan kejuruannya dalam pengoperasian ekskavator, perbaikan kendaraan, dan seni kuliner, telah menambahkan jurusan baru: e-sports. Program tiga tahun ini dirancang untuk menumbuhkan bakat interdisipliner dalam olahraga online di kampus Lanxing di provinsi Shandong, China.

Menurut situs webnya, jurusan e-sports Shangdong Lanxiang berafiliasi dengan sekolah komputer di bawah Sekolah Kejuruan Lanjutan Shangdong Lanxiang. Pendaftaran resmi dibuka pada bulan September. E-sports terdaftar di antara tujuh sekolah Lanxing, bersama dengan sekolah memasak, perbaikan kendaraan, teknik, pengelasan, kontrol numerik, tata rambut, kecantikan, dan komputer.

Pada tahun 2018, Lanxiang Technical School memiliki 50 siswa yang mengikuti program eSport. Siswa yang masuk dalam jurusan ini harus membayar uang sekolah yang cukup besar. Untuk satu tahun, siswa harus membayar 1470 euro atau setara dengan Rp23 jutaan. Tentu dengan pelajaran lainnya yang mencakup eSport dan manajemen.

Untuk informasi seputar dunia game lainnya, jangan lupa kunjungi Tulizan Games.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Game

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Fakta Menarik Trafalgar Law: Kapten Bajak Laut Heart

Sad Boy Kesayangan, 10 Adu Pesona Baek Kyung Vs Han Seo Jun

Drakor Dengan Tokoh Cowok Dingin Bertema Sekolah Paling Memikat