in

Desain Rumah Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sebuah rumah bukan hanya bangunan beratap dengan kamar tidur. Rumah adalah sebuah kebutuhan dasar manusia yang dibangun sebagai tempat tinggal, hidup, dan tumbuh besar. Rumah adalah tempat seseorang pulang dan merasa nyaman, merasa tenang, dan merasa dapat bersantai. Sejak dahulu, rumah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Di Indonesia sendiri, banyak suku yang memiliki rumah adat masing-masing yang memiliki desain dan fungsi berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, semua rumah berfungsi sebagai tempat tinggal seseorang. Meskipun begitu, semakin ke depan, rumah bertransformasi dari tempat tinggal menjadi tempat bersantai, bersenang-senang, dan sebagai identitas dari tuan rumah. Tidak heran, ada banyak rumah-rumah saat ini yang memiliki desain rumah unik dan terkadang membuat orang terkagum-kagum. Ibarat pepatah, rumahmu adalah cerminan dari dirimu. Rumah-rumah ini benar-benar menggambarkan diri orang yang unik dan terkadang menginspirasi orang untuk membuat rumah yang tidak kalah unik.

Jika anda mendengar kata rumah, mungkin bayangan rumah dua lantai, dengan balkon, dan parkiran mobil memenuhi kepala anda. Namun, tidak dengan rumah-rumah ini. Walaupun jarang terlihat, tetapi rumah-rumah unik ini ada dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang. Tidak banyak orang yang berani keluar dari zona nyaman dan membuat desain rumah yang sangat berbeda dari rumah pada umumnya. Namun, ide yang satu ini menjadi lebih populer dari hari kehari. Orang-orang mulai membuat desain rumah sesuai dengan keinginan mereka. Juga, karena semakin populer, rumah sesuai imajinasi kamu dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Bahkan, banyak orang berpendapat kalau keunikan dari rumah dapat menjadi investasi jangka panjang yang akan menguntungkan di masa depan. Nah, kalau kamu adalah tipe orang yang tidak suka hal-hal mainstream, mungkin beberapa desain rumah unik di bawah ini bisa menjadi inspirasi untuk rumah masa depan milik kami. Langsung saja kita lihat, list tersebut.

Rumah Bentuk Sepatu

Apakah kamu pernah mendengar cerita anak-anak berjudul “Little Old Women Who Live In a Shoe”? Atau dalam bahasa Indonesia berarti “Nenek Bertubuh Kecil yang Tinggal dalam Sepatu”. Cerita ini merupakan cerita anak-anak yang cukup populer dari Inggris, serta ada lagu anak-anak yang juga menceritakan tentang hal tersebut. Nah, ternyata rumah berbentuk sepatu benar-benar ada loh. Tepatnya di Pennsylvania, Amerika Serikat. Rumah unik ini didirikan oleh Colonel Mahlon Nathaniel Haines pada tahun 1948 yang terinspirasi dari sepatu bot tua miliknya. Rumah ini juga cukup besar, sehingga dari kejauhan orang-orang dapat melihat bentuk sepatu berwarna putih raksasa tersebut. Sejak awal dibuat, rumah ini berfungsi sebagai guest house yang memiliki 3 kamar tidur dan dua kamar mandi. Tidak hanya bentuk rumahnya yang memiliki desain sepatu, tetapi furniture-furniture yang berada dalam rumah tersebut juga memiliki tema sepatu. Misalnya seperti rumah anjing dan kotak surat yang juga menyerupai sepatu.

Desain Rumah Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia Rumah
Sumber: Flyingthenest.tv

Rumah 1m²

Kamu sering mengeluh kalau rumah milik kamu kecil? Mungkin itu karena kamu belum pernah melihat rumah terkecil di dunia yang satu ini. Desain rumah unik yang satu ini mungkin menjadi desain rumah yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Sama seperti namanya, rumah satu hanya berukuran 1 x 1 meter persegi. Karena ukuranya tersebut, rumah ini hanya bisa dimasuki oleh satu orang saja. Rumah ini juga hanya memiliki satu ruangan saja yang dapat menjadi ruang serbaguna, tetapi biasanya untuk tidur. Rumah ini merupakan hasil karya Van Bo Le-Mentzel yang berlokasi di Jerman.

Namun, rumah yang satu ini juga tidak memiliki alamat yang pasti karena ukurannya yang kecil, rumah ini dapat dibawa kemana-mana. Mungkin ide awal rumah ini mirip seperti tenda yang bisa kamu bawa kemana saja. Desain rumah mungkin ini, mengambil bentuk rumah umumnya dengan atap segitiga dan bagian tubuh berbentuk kotak. Agar bisa tidur dalam rumah ini, kamu bisa mengganti posisi rumah ini menjadi panjang sehingga kamu dapat berbaring di dalamnya. Desainnya sangat simpel dengan kaca transparan yang memungkinkan orang dari luar melihat kedalam rumah tersebut. Tentunya rumah yang satu ini sangat unik bukan? Apakah pembaca tertarik untuk tidur satu malam dalam rumah ini?

Desain Rumah Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia Rumah

Rumah Terbalik

Bagaimana reaksimu setelah melihat rumah yang satu ini? Kaget, kagum, atau malah kebingungan? Karena rumah yang satu ini merupakan kebalikan dari rumah pada umumnya. Biasanya rumah memiliki desain atap di atas dan bangunan di bawah, tetapi tidak dengan desain rumah unik yang satu ini. Mungkin kalau orang-orang yang tidak tahu mengenai rumah ini akan berpikiran kalau rumah ini terbalik karena terkena bencana alam. Namun, desain terbalik ini memang dibuat sedemikian rupa dan secara intensional. Walaupun unik, tetapi akhir-akhir ini rumah ini menjadi digemari dan di beberapa belahan dunia, termasuk di Indonesia juga sedang berusaha dikembangkan.

Orang yang mendesain rumah terbalik ini adalah arsitektur dari Polandia bernama Daniel Czapiewski. Rumah ini dia desain ketika komunisme berakhir di Polandia dan menggambarkan ketidakstabilan sosial yang terjadi. Rumah unik yang satu ini bahkan di beberapa belahan dunia menjadi daya tarik wisatawan sendiri. Menariknya, proses pembuatan rumah ini memakan waktu empat kali lebih lama dari rumah umumnya. Hal ini karena buruh yang mengerjakan rumah ini merasa pusing karena segala sesuatunya terbalik. Bahkan beberapa orang tertarik untuk menjadikan rumah dengan desain ini sebagai tempat usaha seperti toko atau restoran.

Desain Rumah Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia Rumah
Sumber: Tripadvisor

Rumah Piano Dan Biola

Kamu pecinta musik? Kalau iya mungkin desain rumah unik yang satu ini bisa kamu coba. Rumah yang satu ini berbentuk dua alat musik yaitu, piano dan biola. Rumah unik berbentuk piano dan biola raksasa ini terletak di kota Huainan, China. Biola kaca di rumah unik ini digunakan sebagai pintu masuknya. Rumah piano ini disangga oleh 3 kaki beton dan memiliki teras di atapnya. Bentuknya yang unik dan ukurannya yang besar membuat orang-orang seakan melihat alat musik yang dimainkan oleh raksasa. Biola menjadi yang menjadi pintu masuk dari rumah ini memiliki desain full kaca dan piano yang ada di belakangnya berwarna hitam dengan kaca bening di tengah-tengahnya. Desain dengan kaca ini membuat rumah ini tampak mewah dan menawan. Rumah unik ini dirancang pada tahun 2007 oleh salah seorang mahasiswa arsitektur di Hefei University of Technology yang ada di negara tirai bambu, China.

Desain Rumah Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia Rumah

Penutup

Nah, itulah beberapa desain rumah unik yang ada di berbagai belahan dunia. Tentunya masih banyak rumah-rumah unik lainnya yang tersebar di seluruh dunia. Bukan tidak mungkin akan muncul rumah-rumah unik di masa depan. Limitnya hanya imajinasi yang dimiliki orang-orang. Bagaimana? Apakah ada salah satu dari rumah unik di atas yang membuat kamu tertarik? Sekian artikel ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Untuk tips seputar rumah lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Rumah.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Rumah

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mencerminkan Kehidupan Banyak Orang, Park Bo Young Ungkap Karakternya di Drama Doom at Your Service - ERA.ID

Fakta Drama Terbaru Park Bo Young Yang Baru Saja Pindah Agensi

5 Idol Pria Ini Terciduk Jadi Fanboy Garis Keras IU hingga Menyebutnya Tipe Ideal, Bisa Tebak? - Halaman all - TribunStyle.com

Penggemar Doakan Suho EXO dan IU Jadi Kekasih di Dunia Nyata