in

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi

Sumatera Utara merupakan provinsi yang dikenal dengan keragaman budaya dan juga kulinernya. Selain dikenal dengan keragaman budayanya, Sumatera Utara juga dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik.

Jika kamu ingin berlibur dan menghabiskan waktu di Sumatera Utara , 9 destinasi wisata berikut tidak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi.

1. Danau Toba

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Danau Toba (https://www.tobawisata.com/danau-toba-sumatera-utara-indonesia/)

Danau Toba merupakan destinasi wisata pertama yang wajib kamu kunjungi saat ke Sumatera Utara. Merupakan danau terbesar di Indonesia, Danau Toba memiliki pemandangan yang sangat indah.

Selain memiliki hamparan sungai, Danau Toba juga memiliki gugusan pulau yang bernama Pulau Samosir. Banyak yang bisa kamu temui di Pulau Samosir, salah satunya adalah pertunjukan dari patung Sigale gale . Pertunjukan patung Sigale gale sangat unik, karena patung tersebut bisa menari sendiri tanpa digerakan.

Setelah melihat pertunjukan patung Sigale gale, kamu juga wajib melihat makam yang berbentuk batu. Makam batu tersebut bernama Makam Raja Sidabutar, dimana tempat tersebut merupakan peristirahatan terakhir dari Raja Tua Sidabutar.

Jika kamu berkujung ke Danau Toba dan Pulau Samosir, kamu bisa menyebrang dengan menggunakan kapal fery dari Parapat . Setelah sampai, jangan lupa untuk menikmati keindahan alam di Danau Toba .

2. Istana Maimun

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Istana Maimun (https://jejakpiknik.com/istana-maimun)

Istana Maimun merupakan istana kesultanan Deli di Medan. Selain dikenal sebagai istana kesultanan, Istana Maemun juga merupakan icon dari Kota Medan. Pembangunan istana dilakukan pada tahun 1888, atas perintah Raja Deli Ma’moen Al Rasyid. Kemudian pembangunan istana selesai di tahun 1891, dengan luas istana sebesar 2.772 m2.

Hal yang bisa kamu temui di Istana Maimun adalah, bentuk ornamen bangunannya yang nuansa Timur Tengah. Selain ornamennya yang bernuansa imur Tengah, Istana Maimun juga memiliki koleksi foto para Raja beserta senjata senjatanya.

Berlibur ke Medan tidak lengkap jika tidak ke Istana Maimun. Harga tiket masuknya adalah Rp3.000,00 untuk anak anak, sedangkan Rp5.000 untuk orang Dewasa. Istana Maemun dapat kamu kunjungi setiap hari pukul 08:00-17:00 WIB.

3. Air Terjun Sipiso Piso

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Air Terjun Sipiso Piso (https://cakrawalatour.com/sipiso-piso-surga-lain-di-tanah-karo/)

Air Terjun Sipiso Piso merupakan air terjun terbesar di Indonesia, yang terletak di Kabupaten Karo. Dengan ketinggian 120 meter, Air Terjun Sipiso Piso memiliki debit air yang menyerupai pisau.

Memiliki air terjun dengan pohon pohon rindang berwarna hijau, Air Terjun Sipiso Piso menjadi salah satu tempat untuk menenangkan pikiran kamu. Segala masalah kamu bisa hilang saat kamu berkunjung ke air terjun yang satu ini.

Untuk pergi ke Air Terjun Sipiso Piso , kamu harus melewati 500 anak tangga . Walaupun medannya yang dilalui berat, pemandangan air terjun ini sangat berharga untuk kamu nikmati bersama teman ataupun keluarga kamu, sehingga bisa menjadi salah satu opsi bagi anda yang ingin mencari destinasi wisata di Sumatera Utara yang instagramable nih guys hehe.

4. Bukit Gundaling

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Bukit Gundaling ( https://backpackerjakarta.com/bukit-gundaling-dalam-dekapan-gunung-sinabung-dan-gunung-sibayak/)

Bukit Gundaling merupakan salah satu bukit yang ada di Kabupaten Karo . Bukit Gundaling sendiri mengarah ke Gunung Sinabung, sehingga membuat pemandangannya menjadi sangat indah.

Jika kamu berkunjung ke Bukit Gundaling, kamu tidak hanya menikmati pemandangannya saja. Banyak restauran serta homestay yang disediakan bagi para wisatawan. Selain ada homestay, ada berbagai pertunjukan untuk menghibur para wisatawan.

Dengan pemandangannya yang indah, kamu dapat bersenang senang di Bukit Gundaling bersama keluarga. Jangan lupa berfoto bersama keluarga kamu saat di bukit ini, dan upload foto kamu di social media.

5. Taman Alam Lumbini Berastagi

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Taman Lumbini Berastagi ( https://www.tobasatu.com/2014/12/29/pagoda-emas-di-taman-lumbini/)

Taman Lumbini Berastagi merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Selain merupakan replika dari pagoda yang ada di Myanmar, Taman Lumbini juga merupakan tempat wisata religi bagi umat Buddha.

Disini kamu akan berjumpa dengan patung biksu, dan juga pohon permohonan. Karena bangunannya yang megah dan indah, tidak mengherankan Taman Lumbini tercatat dalam rekor MURI.

Bagi kamu ingin berkunjung ke taman yang satu ini, nantinya kamu tidak akan dipungut biaya sama sekali. Selain itu, kamu bisa bersantai sambil menikmati beragam permainan yang disediakan oleh pengelola.

6. Kebun Teh Sidamanik

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Kebun Teh Sdamanik ( https://primaberita.com/2020/01/kebun-teh-bahbutong-sidamanik-simalungun-kebun-terbesar-di-sumut/38210/ )

Kebun Teh Sidamanik merupakan destinasi wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi. Terletak di Kabupaten Simalungun, kebun teh ini terhampar daun daun teh hijau yang sangat memanjakan mata kita.

Petani petani di kebun ini pun memetik daun teh pada pagi hari, lalu daun teh tersebut nantinya diekspor ke berbagai negara. Selain petani yang bisa memetik teh, pengunjung pun juga bisa memetik teh di Kebun The Sidamanik.

Karena pemandangannya yang sangat indah, jangan lupa untuk berfoto di Kebun Teh Sidamanik. Udara di kebun teh yang sangat sejuk, membuat tempat ini sangat cocok untuk kamu bisa melepas penat.

7. Pemandian Alam PAS

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Pemandian Alam PAS ( http://isiantar.com/tanpa-miras-dan-pelacuran-pas-timuran-daerah-wisata-nomor-1-di-simalungun/)

Pemandian Alam PAS merupakan pemandian alam yang terkenal di Kabupaten Pematang Siantar. Airnya yang sangat sejuk dan juga bersih, tentunya membuat kamu betah untuk berlama lama berada disini.

Harga tiket masuk di pemandian alam ini adalah Rp25.000,00 per orangnya. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, kamu bisa menikmati sejuknya air yang ada disini bersama keluarga.

Tidak hanya bisa mandi disini, tetapi ada juga permainan flying fox yang disediakan oleh pengelola. Instruktur profesional akan membantu kamu , agar kamu bisa bermain flying fox disini.

8. Air Terjun Lae Pedaroh

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Air Terjun Lae Pedaroh ( https://www.sumut24.co/pesona-air-terjun-indah-lae-pandaroh/)

Air Terjun Lae Pedaroh juga merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi . Terletak di Kabupaten Dairi, air terjun ini mengeluarkan air berwarna merah ketika hujan. Karena airnya berwarna merah saat hujan, air terjun tersebut disebut Pedaroh atau darah.

Karena pemandangannya yang sangat indah , kamu wajib kesini bersama teman atau keluarga kamu. Disini kamu bisa bermain air, atau berfoto foto dengan keluarga dengan latar belakang air terjun .

Akses menuju Air Terjun Pedaroh sangat mudah, sehingga kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi kesini. Selain itu, kamu tidak dipungut biaya apapun . Karena tidak dipungut biaya apapun , kamu bisa menikmati keindahan alam di air terjun ini dengan cuma cuma, sehingga bisa menjadi salah satu opsi bagi anda yang ingin mencari destinasi wisata di Sumatera Utara.

9. Pulau Nias

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Liburan & Wisata

Gambar : Pulau Nias (https://phinemo.com/fakta-tentang-kebudayaan-nias-bangsa-indonesia-yang-pernah-ditakuti-kolonial-belanda/)

Terakhir, ada Pulau Nias sebagai destinasi wisata yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Dari Kabupaten Sibolga, Pulau Nias dapat kamu jangkau dengan menaki kapal fery.

Jika sudah sampai di Pulau Nias, kamu akan menemui tempat wisata seperti Museum Pusaka. Selain museum pusaka, ada wisata pantai yang waib kamu kunjungi. Karena keindahan alamnya, Pulau Nias dapat kamu jadikan tempat untuk menenangkan pikiran kamu.

Setelah mengenal desinasi wisata yang ada di Sumatera Utara, ada baiknya kamu siapkan budget kamu untuk berlibur ke Sumatera Utara. Dengan segala keindahan alamnya, kamu tidak akan menyesal berlibur ke Sumatera Utara.

Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Wisata

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Wisata

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD dengan mudah

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya