in

Drama Joseon Exorcist Baru Dua Episode Sudah Alami Kontroversi

Joseon Exorcist sebenarnya menjadi salah satu drama yang dinantikan tayang jelang akhir bulan Maret 2021. Namun, drama yang telah merilis dua episode pada tanggal 22 dan 23 telah menarik perhatian masyarakat dalam satu pekan terakhir. Lantaran drama Joseon Exorcist terpaksa dihentikan penayangannya karena adanya beberapa kontroversi. Padahal drama bergenre thriller supranatural tersebut sudah memulai beberapa hal dalam proses produksi. Drama ini seharusnya mengisi slot SBS pada Senin dan Selasa pukul 22.00 KST.

Joseon Exorcist sempat menunda penanyangannya karena dua hal. Pertama, drama ini terpaksa harus ditunda karena adanya kasus temuan positif virus corona di lingkungan syuting. Kedua, Jang Dong Yoon yang memerankan karakter Pangeran Chungnyeong sempat mengalami kecelakaan ketika syuting. Ia jatuh dari kuda yang membuat dirinya mengalami cedera siku.

Drama Joseon Exorcist pun akhirnya dirilis pada 22 Maret 2021 di Korea Selatan. Drakor tersebut mendapatkan rating awal yang menjanjikan untuk kedua bagiannya berdasarkan Nielsen Korea Selatan, yaitu 5,7 persen dan 8,9 persen. Drama Joseon Exorcist yang kontroversi ini langsung memimpin slot drama yang tayang pada Senin malam kala itu.

Berikut ini adalah kronologi drama Joseon Exorcist diputuskan berhenti tayang karena kontroversi jalan ceritanya :

1. Distorsi Sejarah

Episode pertama Joseon Exorcist memang mendapatkan rating menjanjikan, tetapi langsung mendapat banyak kritik pedas yang membuat drama ini menjadi kontroversi. Lantaran drama ini dianggap menunjukkan penyimpangan sejarah. Drama yang diarahkan oleh sutradara Shin Kyung Soo ini mendapatkan sorotan yang besar pada penggambaran Raja Taejong. Dia merupakan ayah dari Pangeran Chungyeong yang nantinya menjadi Raja Sejong di dunia nyata.

Adapun adegan Raja Taejong di episode pertama adalah dia melakukan pembunuhan besar-besaran setelah berhalusinasi tentang sosok mendiang ayahnya. Raja Taejong juga memerintahkan anaknya Pangeran Chungnyeong untuk melakukan perjalanan ke perbatasan Dinasti Ming dekat Kabupaten Uiju. Perintah tersebut diberikat karena adanya serangan zombi yang muncul di Joseon. Tujuan dari perjalanan tersebut agar dapat bertemu dengan pengusir setan dari Barat yang bernama Yo Han dan penerjemah yang bernama Marco.

Drama Joseon Exorcist Baru Dua Episode Sudah Alami Kontroversi Drama Korea
Gambar: Beberapa gambar yang menunjukkan makanan khas China dalam adegan drama Joseon Exorcist yang kontroversial

Penonton juga melihat beberapa makanan khas China seperti kue bulan, telur pitan, serta pangsit dalam drama yang ditulis Park Kye Ok ini. Ada juga sejumlah peralatan khas China pada era Dinasti Joseon tahun 1392-1910 dalam drama Joseo Exorcist. Salah satunya adalah botol minuman keras dengan huruf China tertulis di atasnya.

2. Klarifikasi Tim Produksi

Tim produksi Joseon Exorcist akhirnya buka suara terkait kontroversi dugaan penyimpangan sejarah setelah dihujani banyak kritik tajam. Mereka pun menyangkal bahwa telah dengan sengaja membuat bias sejarah dalam adegan Joseon Exorcist yang kontoversi ini. Menurut tim produksi, penggunaan makanan gaya China pada episode pertama untuk menggambarkan perjalanan jauh Pangeran Chungnyeong menggantikan Putra Mahkota Yangnyeong.

Tim produksi menjelaskan bahwa lokasi yang ada dalam adegan adalah di sekitar Kabupaten Uiju atau perbatasan Dinasti Ming. Sehingga, hal tersebut demi menekankan situasi pangeran yang harus berjalan ke perbatasan China untuk membawa pengusir setan dari Barat. Lokasi tersebut adalah tempat istirahat rombongan pengusir setan dari Barat bisa setelah melakukan perjalanan dari Dinasti Ming dan akan masuk ke Joseon. Sehingga, mereka pun menyiapkan alat peraga berdasarkan imajinasi mererka jika di tempat tersebut sering menjadi lokasi lalu lintas orang China.

Ungkapkan tim produksi SBS yang via Naver ini menegaskan bahwa mereka tidak memiliki niatan khusus dari menampilkan makanan serta barang bergaya China dalam drama Joseon Exorcist. Mereka pun minta maaf karena telah menyebabkan ketidaknyamanan saat menonton adegan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman di waktu yang sensitif ini. Mereka juga berjanji akan lebih memperhatikan produksi untuk siaran di masa mendatang.

3. Hanya Berumur 2 Episode

Bukan hanya karena kontroversi drama tersebut yang dituding telah menampilkan distorsi sejarah, tetapi juga karena para sponsor pun telah menarik diri. Masalah dugaan distorsi sejarah inilah yang menyebabkan para sponsor harus menyudahi kerja sama mereka. Sehingga mau tidak mau, SBS pun harus menghentikan tayangan drama Joseon Exorcist yang kontrovesi tersebut. drama ini terpaksa henti tayang setelah menayangkan dua episode. Di mana rating pertamanya sangat tingg tetapi rating episode dua langsung turun drastis.

Sebenarnya SBS masih menayangkan episode dua Joseon Exorcist pada 23 Maret di tengah kritikan keras warganet pada episode pertama. Namun, rating drama tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan berdasarkan Nielsen Korea. Drama ini langsung turun menjadi 4,5 persen dan 6,9 persen. untuk kedua bagian pada episode dua. Sekedar informasi Joseon Exorcist dibintangi oleh Kam Woo Sung, Jang Dong Yoon, Park Sung Hoon, dan Dong Joon dari ZE:A

4. Putuskan Rehat

Drama Joseon Exorcist Baru Dua Episode Sudah Alami Kontroversi Drama Korea

Gambar: Potret semua pemain dalam drama Joseon Exorcist pada konferensi pers sebelum penayangan episode perdana (Sumber: https://6.viki.io/image/38efd0633fcc43e4b7c398e3e6d89ae3.jpeg?s=900×600&e=t)

SBS akhirnya memutuskan untuk tidak menayangkan drama Joseon Exorcist selama satu pekan mendatang pada 24 Maret 2021. Keputusan yang diumumkan tepat satu hari setelah penayangan episode kedua ini dilakukan untuk memvalidasi konten drama tersebut. Tujuannya adalah demi menghindari kesalahpahaman dan ketidaknyamanan penonton. Tim produksi SBS mengatakan bahwa pihaknya akan mengatur ulang keseluruhan cerita dengan mengambil jeda satu pekan dari siaran minggu depan. Mereka juga kembali meminta maaf terkait kesalahpahaman akibat penggunaan properti dan makanan asal Cina dalam Joseon Exorcist. Selain itu, mereka juga kembali memastikan bahwa kontroversi tersebut sepenuhnya akibat kelalaian tim produksi. Mereka menyangkal telah mendapat subsidi dana dari China.

5. Berhenti Tayang

Tim produksi memutuskan menghentikan penayangan Joseon Exorcist setelah diterpa berbagai kontroversi dari warganet. Sutradara Shin Kyung Soo pada awalnya dikabarkan tengah menghubungi para pemeran terkait rencana penghentian drama. Namun, SBS kemudian merilis pernyataan resmi mengenai pemberhentian penayangan Joseon Exorcist pada 26 Maret 2021. Semakin parahnya situasi yang membuat pihak SBS memutuskan mengakhiri kontrak hak siar untuk Joseon Exorcist. SBS juga membatalkan seluruh rencana penayangan drama tersebut. Lembaga televisi nasional Korea Selatan tersebut telah membayar sebagian besar biaya untuk hak siar drama karena tim produksi telah menyelesaikan 80 persen pembuatan Joseon Exorcist. SBS mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil sebagai bentuk tanggung jawab mereka selaku jaringan penyiaran publik. Meskipun sebenarnya mereka sangat menyesal dengan kerugian finansial yang ditimbulkan dan kekosongan dalam program yang mengisi slot pada Senin dan Selasa pukul 22.00 KST. Para pemain Joseon Exorcist menghapus seluruh foto yang berkaitan dengan drama tidak lama setelah pengumuman resmi tersebut disiarkan.

Itulah artikel mengenai “Drama Joseon Exorcist Baru Dua Episode Sudah Alami Kontroversi”. Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Writing Dynamite for BTS: 'It's taken a lot of years and a lot of work to get to this incredible, life-changing moment…' - Music Business Worldwide

Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa!

Mengenal Smartphone Axioo Titan Yang Layarnya Lebar