in

Empat Contoh Tokoh Protagonis Dalam Film Yang Menyebalkan

Protagonis secara umum merupakan tokoh yang menyampaikan alur cerita kepada penonton. Mereka membawa sebuah tujuan yang baik dan tidak mencelakan pihak lain. Tidak jarang protagonis akan berselisih dengan antagonis yang hendak melakukan kejahatan. Kendati begitu, protagonis tidak selalu berada di jalan kebenaran tetapi mereka kerap mendapat simpati banyak penonton dengan segala keadaan mereka. Namun, pada kenyataannya tidak semua protagonis memiliki watak menyenangkan. Pasalnya ada beberapa yang justru digambarkan sebagai sosok menyebalkan yang membuat naik pitam. Contoh tokoh protagonis yang demikian biasanya adalah sosok yang tidak ingin merugikan pihak lain. Sayangnya tingkah laku mereka malah membuat keadaan menjadi semakin runyam. Sehingga penonton malah membenci kehadiran mereka yang dianggap mengganggu.

Memang setiap cerita dalam film tentu memiliki unsur tokoh yang tidak hanya sebatas karakter yang diperankan oleh manusia saja. Lantaran tokoh dapat berupa karakter apapun mulai dari manusia, hewan, tanaman, benda, atau lainnya yang mewakili jalan cerita. Sebenarnya ada macam-macam karakter dalam film berdasarkan fungsi penampilannya. Pertama adalah tokoh protagonis yang digambarkan sebagai karakater yang berwatak baik dan positif. Tokoh ini mampun menyita empati penonton karena menampilkan sesuatu yang sesuai harapan mereka. Kedua adalah tokoh antagonis yang merupakan lawan dari protagonis. Tokoh ini biasanya menimbulkan konflik dalam cerita yang digambarkan sebagai karakter berwatak buruk dan negatif. Sehingga tokoh antagonis sering kali dibenci oleh penonton meskipun ada juga yang menyita perhatian. Lantaran penulis memberikan porsi yang cukup banyak. Ketiga adalah tokoh tritagonis yang disebut sebagai karakter penengah. Tokoh yang digambarkan berwatak bijak ini memiliki fungsi sebagai jembatan untuk menyelesaikan konflik dalam cerita.

Berikut ini adalah empat contoh tokoh protagonis dalam film yang berkelakuan menyebalkan:

Empat Contoh Tokoh Protagonis Dalam Film Yang Menyebalkan Film

Gambar: Frodo Baggins menjadi manusia paling menyebalkan dalam Trilogi The Lord of the Rings karena sifat lugu dan plin-plan dirinya apalagi hal yang selalu dia lakukan hanya merintih saat kekuatan cincin yang memengaruhi sekujut tubuhnya

1. Frodo Baggins dalam The Lord of the Rings

Frodo Baggins menjadi manusia paling menyebalkan dalam Trilogi The Lord of the Rings menggalahkan peran Saruman dan Sauron. Sebenarnya Frodo memiliki niat yang sangat mulia meskipun dia tidak mempunyai ambisi untuk menguasai dunia atau mencelakakan teman-temannya. Sayangnya penonton malah emosi jiwa karena sifat lugu dan plin-plan dirinya. Sebenarnya Frodo tidak akan mampu mencapai Mordor tanpa bantuan sang tukang kebun yang bernama Samwise Gamgee. Dia saja tidak sanggup menyelamatkan diri sendiri apalagi dunia. Satu-satunya yang bisa dilakukannya hanya merintih saat kekuatan cincin yang memengaruhi sekujut tubuhnya. Namun, bagaimana pun juga, Frodo merupakan tokoh utama dalam trilogi dari film yang legendaris ini. Seandainya menerka-nerka salah satu alasan terkuat mengapa dia menjadi protagoni adalah statusnya sebagai keponakan dari Bilbo Baggins.

Empat Contoh Tokoh Protagonis Dalam Film Yang Menyebalkan Film

Gambar: Tidak ada seorang pun yang benar-benar dapat memahami Bella Swan dalam The Twilight Saga baik Edward Cullen yang merupakan pacarnya tercinta ataupun Jacob Black yang merupakan sahabat tersayang

2. Bella Swan dalam The Twilight Saga

Tokoh lain yang pantas mendapatkan predikat sebagai protagonis menyebalkan adalah Bella Swan dalam The Twilight Saga. Dia tidak hanya memiliki ekspresi wajah yang datar di sepanjang film tetapi juga merupakan sosok yang sulit mengambil keputusan. Selain itu, dia juga sosok yang lemah dan tidak jelas apa keinginan dirinya. Pasalnya Bella sangat jarang mengungkapkan perasaannya karena lebih senang memendamnya sendiri. Tidak ada seorang pun yang benar-benar dapat memahami dirinya mulai dari Charlie Swan uang merupakan ayahnya. Edward Cullen yang merupakan pacarnya tercinta hingga Jacob Black yang merupakan sahabat tersayang. Sehingga pada akhirnya pola komunikasi mereka yang kurang baik ini malah menimbulkan konflik-konflik baru yang sebenarnya tidak perlu.

Empat Contoh Tokoh Protagonis Dalam Film Yang Menyebalkan Film

Gambar: Katniss Everdeen yang merupakan sosok perempuan tangguh dan mandiri rela meninggalkan Gale Hawthorne karena lebih memilih Peeta Mellark yang tidak dapat diandalkan karena dia terlalu lemah, kurang inisiatif, dan sakit-sakitan dalam The Hunger Games

3. Peeta Mellark dalam The Hunger Games

Peeta Mellark memang tidak pernah terlihat selayaknya pria sejati sejak awal kemunculannya dalam The Hunger Games yang tayang 2012. Sehingga dia layak menjadi salah satu contoh tokoh protagonis menyebalkan dalam film. Dia memang sosok yang sangat baik dengan tutur kata yang ramah tetapi tidak ada kepastian dalam pandangannya. Untungnya, pria bertubuh ringkih ini memiliki kemampuan melukis yang membuatnya mampu menyamar layaknya seekor bunglon. Namun, tetap saja Peeta adalah sosok yang tidak dapat diandalkan karena dia terlalu lemah, kurang inisiatif, dan sakit-sakitan. Sehingga banyak penonton yang merasa heran mengapa Katniss Everdeen rela meninggalkan Gale Hawthorne karena lebih memilih Peeta. Padahal pemeran utama perempuan tersebut merupakan sosok yang tangguh dan mandiri.

Empat Contoh Tokoh Protagonis Dalam Film Yang Menyebalkan Film

Gambar: Austin Powers dalam Austin Powers memang lucu tetapi tingkah kocaknya malah ditampilkan dengan karakterisasi yang terlalu berlebihan dengan bertingkah bodoh seolah tidak pernah serius saat berhadapan dengan para penjahat

4. Austin Powers dalam Austin Powers

Austin Power sebagai karakter superhero merupakan sosok yang sangat berbeda ketimbang jagoan lain. Lantaran dia tidak memiliki standar etika yang tinggi saat berperilaku seperti sering menggoda perempuan dan bercanda dengan ungkapan yang jorok. Apalagi dia sering kali melakukan tindakan yang menjijikkan dengan mimik wajah yang sangat memuakkan. Memang pada awalnya dia terlihat lucu dan unik dibandingkan agen rahasia lainnya yang selalu berpenampilan serius. Austin yang selalu bertingkah bodoh ini seolah tidak pernah serius saat berhadapa dengan para penjahat tetapi lama-kelamaan itu malah mengganggu. Apalagi saa dia menari-nari di tempat dan waktu yang tidak sesuai lalu memperlihatkan gusinya dengan sengaja. Austin memang lucu tetapi tingkah kocaknya malah ditampilkan dengan karakterisasi yang terlalu berlebihan. Sehingga penonton bukan tertawa tetapi tersenyum kecut sambil berharap agar Dr. Evil beserta antek-anteknya segera membunuh Austin.

Sayangnya tokoh antagonis dalam Austin Powers tidak kalah menyebalkannya karena tidak memastikan bahwa tokoh protagonis benar-benar telah mati Pasalnya Dr Evil yang diperankan Mike Myers melakukan lelucon paling brilian ini padahal dia telah mengirim protagonis ke pintu kematian. Dr Evil mengatakan bahwa dia sengaja meninggalkannya sendirian karena tidak ingin menyaksikan dia sekarat saat sang putra mempertanyakan logika tindakannya. Ada sebuah dialog yang terdengar tidak masuk akal bahwa dalang kriminal tersebut hanya akan menganggap semuanya telah berjalan sesuai rencana. Itu adalah lima contoh tokoh protagonis dalam film yang berkelakuan menyebalkan.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Drama Baru Kim Eun Sook Batal Tayang di SBS, Gara-gara 17 Miliar per Episode?

Penulis Naskah Kim Eun Sook Beberkan Alasan Drama Korea Disukai

9 Potret Terbaru Jungkook di Comeback BTS, Bikin Menjerit!

Alasan Jungkook BTS Pantas Disebut Golden Maknae Adalah Berikut!