in

Empat Kendaraan Motor Anti Panas dan Hujan Dengan Harga Murah

Ada beberapa pilihan kendaraan motor berukuran kecil bermuatan empat orang sebagai solusi kendaraan anti hujan dan panas. Menariknya lagi adalah harga kendaraan ini murah meriah karena setara dengan harga membeli motor matic yang bekas. Kelebihan lainnya adalah kendaraan ini juga dilengkapi AC. Alasan mengapa kendaraan ini sangat layak untuk dibeli adalah kadang kala kita akan menjumpai situasi yang tidak terduga dalam perjalanan. Sebut saja kendaraan bermasalah secara tiba-tiba hingga cuaca tidak menentu. Sebenarnya kita dapat memeriksa kondisi kendaraan sebelum perjalanan, melakukan service secara berkala, dan rangkaian pencegahan lainnya untuk masalah kendaraan. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk urusan cuaca karena kita tidak dapat menebaknya secara pasti.

Sebenarnya kita tetap dapat mengantisipasi berbagai hal yang mungkin saja terjadi saat cuaca kurang baik seperti salah satunya hujan. Pasalnya banyak dampak berbahaya mulai jarak pandang menjadi lebih pendek sampai jalanan menjadi licin. Sehingga kita perlu memahami beberapa tips aman berkendara saat hujan. Pertama adalah Hindari penggunaan jas hutan jenis tandem atau kalong yang sering kali justru menyulitkan pengendara motor. Solusinya adalah jas hujan celana dengan mode single yang lebih praktis dan nyaman untuk digunakan secara mendadak. Hal lain yang sangat perlu diperhatikan saat berkendara adalah selalu siapkan jas hujan di dalam bagasi motor. Sehingga tetap dapat melanjutkan perjalanan meskipun saat hujan tanpa perlu risau akan basah kuyup.

Kita perlu menyadari bahwa tidak semua jalan raya di Indonesiaa mulus karena masih banyak jalanan bergelombang ataupun belubang. Tentu saja hal ini akan menggangu perjalanan terutama saat hujan. Apalagi jarak pandang menjadi semakin pendek saat hujan membuat jalanan berlubang yang tertutup air menjadi berbahaya bagi pengendara. Keadaan tersebut bisa saja menyebabkan kecelakaan yang sebenarnya memang kerap kali terjadi saat musim hujan. Sehingga pengendara sangat disarankan agar tidak mengerem secara mendadak. Solusinya adalah berkendara dengan kecepatan yang minim dengan tetap menjaga jarak dengan pengendara yang lainnya.

Empat Kendaraan Motor Anti Panas dan Hujan Dengan Harga Murah Otomotif

Gambar: Bajaj Maxima Cargo

Tips aman berkendara motor saat hujan selanjutnya adalah selalu menyalakan lampu kendaraan. Pasalnya lampu kendaraan akan mempermudah pengendara untuk melihat dengan jelas posisi pengendara lain begitu pula sebaliknya. Sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan terutama saat hujan lebat.

Pengendara motor sangat disarankan untuk menepi sejenak saat hujan apalagi saat merasa ada masalah dengan kendaraan tersebut. Tidak perlu memaksakan untuk tetap melanjutkan perjalanan terlebih lagi apabila motor sudah tua. Lantaran pengendara tidak hanya memikirkan masalah kendaraan tetapi juga perlu memperhatikan kondisi tubuh. Lebih baik beristirahat sejenak dengan menepi saat merasa kurang fit. Sebab memaksakan diri mengendarai motor dalam kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tips terakhir agar tetap aman adalah selalu waspada saat berkendara. Pasalnya kondisi jalanan saat hujan akan menjadi kurang bersahabat yang ditambah jarak pandang menjadi pendek. Sehingga pengendara harus terus waspada dengan memperhatikan rambu lalu lintas dan mobilitas dari pengendara yang lainnya. Itu adalah tips aman berkendara motor saat hujan karena harus ekstra hati-hati. Kendati begitu, ada kendaraan dengan model yang sangat praktis tetapi dapat melindungi dari hujan dan panas yang tidak menentu.

Berikut ini adalah empat kendaraan motor anti panas dan hujan dengan harga murah :

1. Kancil

Kendaraan selanjutnya adalah mobil Kancil yang merupakan singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Mobil yang pernah ramai diperbincangkan di Indonesia ini dapat digunakan sebagai kendaraan pribadi karena telah dijual dengan pelat nomor hitam. Kendaraan yang cukup langka ini dapat dibeli melalui transaksi di loka pasar yang dibenderol dengan harga Rp 17 juta lebih. Harga yang termasuk murah ini setara dengan membeli Honda BeAT baru atau Yamaha NMAX keluaran 2018 bekas. Kelebihan Kancil meskipun kendaraan bekas adalah mesin 404 cc dengan power 13,5 HP/3.600 rpm dan torsi maksimum 28 Nm/2.500 rpm.

Empat Kendaraan Motor Anti Panas dan Hujan Dengan Harga Murah Otomotif

Gambar: Kancil yang merupakan singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah

2. Motor Roda Tiga Selis

Kendaraan motor bekas anti hujan dan panas selanjutnya adalah motor roda tiga keluaran Selis. Motor unik yang memiliki harga jual Rp 45 ini dijual separuh harga untuk kondisi bekasnya sekitar Rp 20 juta saja. Harga yang termasuk murah ini setara dengan membeli Yamaha NMAX yang keluar 2017 dalam kondisi bekas. Namun, memang membutuhkan usaha untuk mendapatkan unitnya karena harus rajin mengecek barang di loka pasar. Kendati begitu, usaha tersebut akan terbayarkan setelah memiliki kendaraan yang memiliki model cukup menarik ini. Model motor roda tiga keluaran Selis ini memiliki lampu depan lebar yang dilengkapi dengan kabin. Kendaraan yang mirip mobil ini hanya dapat memuat tiga orang saja, satu di bagian jok dan dua di bagian belakang. Selain itu, kendaraan ini memiliki daya tempuh dari Depok sampai Bogor hanya dengan sekali charge saja. Namun, motor roda tiga keluaran Selis ini tidak dilengkapi dengan AC melainkan kipas angin sebagai sarana pendinginan.

3. Bajaj Maxima Cargo

Bajaj Maxima Cargo menjadi kendaraan selanjutnya yang anti panas dan hujan karena ruang kemudi dilengkapi kabin seperti mobil. Kendaraan ini dapat menjadi pilihan bagi orang yang sedang mencari kendaraan untuk usaha tetapi biaya operasional minim. Sebab bajaj ini dapat menampung barang yang besar tetapi perlu memesan model bak dari alumnunium agar muatan tidak kehujanan. Kendaraan angkutan ini memiliki fasilitas bak dengan panjang 1,650 meter, lebar 1,425 meter, dan tinggi 2,75 meter. Sehingga sangat cocok digunakan untuk usaha pengiriman paket atau food truck. Apalagi mesin Bajaj Cargo Maxima yang didukung dengan dua busi dalam satu silinder membuat kendaraan menjadi sangat irit bahan bakar. Selain itu, bajaj menggunakan teknologi Dual Twin Spark-ignition (DTS-i) dengan kapasitas mesin 236,2 cc yang konsumsi bensinnya mendekati Yamaha NMAX. Terakhir adalah kendaraan didukung transmisi percepatan empat maju dan satu mundur. Harga Bajaj Maxima Cargo dibanderol sekitar Rp 40 juta saja.

4. Changli Nemeca

Kendaraan tersebut adalah Mobil listrik Changli Nemeca yang merupakan produksi dari pabrik Ghuangxou Xili Car Industry. Kebanyakan mobil listrik memiliki harga mahal karena menggunakan komponen khusus tetapi pernyataan ini tidak berlaku pada Changli Nemeca. Pasalnya mobil listrik buatan Tiongkok ini hanya dibanderol seharga 930 dolar Amerika Serikat saja yang dijual secara global. Itu adalah empat kendaraan motor anti panas dan hujan dengan harga murah.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Geber Skutik 250cc Perlu SIM Apa? Simak, Indonesia Punya 12 Jenis SIM

Ayo Mengenal Lima Jenis SIM Yang Berlaku di Indonesia!

Cari Mobil 4 Kursi, Tak Kehujanan, Lebih Murah dari Motor Matic, Adik Xpander ini Punya Fitur Keren - Tribun Timur

Tiga Pengetahuan Umum Otomotif Mobil Yang Wajib Diketahui