in

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang

Anxiety adalah kondisi psikologis seseorang dalam menghadapi berbagai situasi yang berkaitan erat dengan kondisi fisik. Jika Anxiety masih bisa terkendalikan dan hilang setelah penyebab teratasi termasuk normal. Namun, jika Anxiety semakin memburuk dan berlarut-larut hingga mengganggu aktivitas harian tergolong sebagai gangguan kecemasan. Anxiety bisa menyerang semua kalangan, entah itu anak-anak, remaja atau dewasa untuk menangani tergantung pada faktor pemicunya. Biasanya Anxiety muncul ketika hendak menghadapi atau sedang berada dalam situasi yang merasa membahayakan, mengancam atau menakutkan bagi dirinya. Contoh pindah sekolah, akan menjalani operasi dan memiliki kerabat dekat yang terkena musibah. keadaan tersebut masih dikategorikan normal. Gejala Anxiety normal seperti gugup, gelisah, tegang, gemetaran, detak jantung cepat dan nafas cepat, banyak berkeringat serta tubuh terasa lemas.

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : newharbinger.com

Untuk membedakan Anxiety normal dengan Anxiety termasuk dalam gangguan dari kecemasan, tergantung respon terhadap peristiwa yang Anda alami. Sebenarnya rasa cemas atau Anxiety tidak selalu negatif. Jika dibarengi dengan pikiran positif bisa menjadikan motivasi atau dorongan untuk melewati sebuah rintangan tertentu. Contohnya ketika Anda akan melakukan sebuah ujian atau tes wawancara kerja rasa cemas mungkin bisa membuat termotivasi untuk giat belajar atau mempersiapkan latihan wawancara kerja dengan matang.

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : mentalfloss.com

Sedangkan Anxiety merupakan gangguan kecemasan contoh tersebut membuatnya berlebihan dalam merespon meskipun faktor pemicu sudah hilang. Atau rasa cemas muncul tanpa alasan jelas, sehingga mengganggu aktivitas harian Anda. Jika kondisi seperti ini Anda harus waspada karena bisa jadi adanya gangguan kecemasan. Meski setiap penderita gangguan kecemasan atau Anxiety memiliki gejala yang berbeda dan tergantung pada kadar dan jenisnya. Untuk memastikan Anxiety secara normal atau karena ada gangguan mental, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada psikolog atau psikiater.

Jenis-Jenis Gangguan Kecemasan dan Gejalanya

Pengelompokan Anxiety atau gangguan kecemasan terbagi menjadi 6 jenis, masing-masing memiliki gejala yang berbeda-beda. Berikut penjelasan mengenai beberapa jenis dari gangguan kecemasan atau Anxiety ini:

Generalized Anxiety Disorder

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : advancedfunctionalmedicine.com.au

Penderita gangguan kecemasan umum biasanya akan merasa cemas dan khawatir berlebihan terhadap berbagai hal. Misalnya pekerjaan, kesehatan ataupun interaksi sosial, rasa cemas yang berlebihan menimbulkan gangguan mental. Penderita akan merasa gangguan Anxiety setiap hari, bersifat menetap hingga lebih 6 bulan. Bagi penderita Anxiety gangguan kecemasan umum bisa menghambat produktivitas sehari-hari. Untuk gejalanya mulai dari merasa cepat lelah, tegang dan mual, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, sesak nafas hingga insomnia.

Gangguan Anxiety Fobia

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : nytimes.com

Fobia adalah suatu jenis gangguan Anxiety, penderitanya akan merasa ketakutan berlebihan dan cenderung tidak rasional terhadap suatu benda, binatang. Atau juga terhadap situasi tertentu yang mana tidak menimbulkan rasa takut pada kebanyakan orang. Pada umumnya penderita fobia akan merasakan serangan panik yang begitu hebat saat melihat pemicunya. Masing-masing penderita memiliki fobianya tersendiri entah itu terhadap suatu benda, situasi tertentu. Contohnya kecoa, rambutan, darah dan tempat gelap, tempat ketinggian dan masih banyak lainnya. Biasanya penderita fobia akan menjauhkan diri dari sesuatu yang ditakutinya. Pengobatan jenis Anxiety ini harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada psikolog atau psikiater.

Gangguan Anxiety Sosial

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : newsroom.unsw.edu.au

Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan atau Anxiety sosial terkenal dengan fobia sosial. Penderita akan merasa ketakutan terhadap lingkungan sosial atau juga situasi ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Fobia sosial beranggapan bahwa dirinya selalu terawasi oleh orang lain. Mereka juga memiliki ketakutan besar, malu berlebihan ketika berada dalam keramaian, sehingga menyulitkan diri mereka sendiri untuk berinteraksi sosial. Karena penderita fobia sosial akan selalu berusaha untuk menghindari situasi lingkungan dengan banyak orang. Gangguan kecemasan sosial memang tidak wajar, harus segera mendapatkan penangan secara tepat. Mengingat kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup seseorang diri atau bergantung pada kehadiran orang lain dalam hal apapun. Contohnya perdagangan.

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : health.harvard.edu

Jenis gangguan kecemasan atau Anxiety pasca trauma terjadi pada seseorang yang pernah mengalami kejadian berbahaya yang dapat mengancam nyawa. Akibatnya ini menimbulkan perasaan trauma yang mendalam. Contohnya bencana alam, tinggal di daerah konflik atau perang dan korban kekerasan, peristiwa ini yang membuat penderita merasa traumatis. Biasanya penderita gangguan kecemasan pasca trauma terbayang rasa bersalah, terisolasi dan sulit untuk bersosialisasi. Pengalaman buruk menjadikan mereka mengalami insomnia ataupun depresi.

Gangguan Anxiety Kepanikan

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : teenlife.com

Kepanikan merupakan sebuah respon ketika mendapat kabar berita mengejutkan diri seseorang. Misalnya, kabar anggota keluarga terkena musibah, yang menimbulkan rasa kepanikan termasuk normal. Berbeda halnya dengan seseorang memiliki suatu gangguan Anxiety kepanikan mendengar kabar tersebut, membuat dirinya merasa ketakutan atau kepanikan berlebihan. Jenis Anxiety dapat mengakibatkan gangguan kecemasan terutama serangan panik bisa muncul tanpa alasan yang jelas dan terjadi kapan saja secara berulang.

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : richmondhillfamilylawyers.com

Umumnya penderita gangguan serangan panik akan merasakan sejumlah gejala lain meliputi jantung berdebar-debar, berkeringat dingin, sesak nafas dan pusing. Serta tubuh terasa gemetar dan lemas. Penderita tidak bisa memprediksi kapan gangguan panik muncul ataupun faktor pemicunya secara pasti. Hal tersebut membuat mereka menjauhkan diri dari lingkungan sosial karena ada perasaan takut apabila gangguan serangan panik kambuh di tempat umum.

Gangguan Obsesif Kompulsif

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan

Sumber Foto : anxiety.org

Bagi seseorang memiliki gangguan obsesif kompulsif ada rasa kecenderungan untuk melakukan suatu hal secara berulang. Hal tersebut bagi mereka adalah usaha dalam meringankan rasa cemas yang berasal dari pikirannya. Contohnya aktivitas mencuci tangan harus sebanyak tiga kali, karena penderita berpikir tangannya masih kotor. Jenis Anxiety gangguan obsesif kompulsif terbilang paling parah dan sulit terkendali sebab bersifat menetap. Kadang dapat kambuh kapanpun sehingga penderitanya ini merasa terganggu dalam melakukan aktivitas harian.

Gejala Fisik, Penangan Gangguan Anxiety

Dengan mengetahui gejala secara fisik dari gangguan kecemasan atau Anxiety untuk segera mendapatkan penangan tepat. Dan meminimalisir dampak semakin buruknya akibat terlambat dalam pengobatan atau kondisi sudah berat. Berikut sederet gejala fisik dan penangan gangguan Anxiety:

Jantung Berdebar-debar

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : heartteam.com

Tanda paling umum dari gangguan Anxiety, detak jantung berdebar dengan tempoh cepat. Karena kondisi penderita merasa stres pada bagian otak juga mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon tersebut dapat merangsang reseptor pada bagian jantung sehingga dapat memacu lebih cepat.

Otot Tegang dan Kaku

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : spineorthocenter.com

Rasa cemas bisa mempengaruhi kinerja otot pada bagian yang tersambung dengan alat gerak. Seperti bagian pundak, lengan, punggung, kaki serta leher akan terasa sakit dan kaku. Aktivitas mengepalkan tangan dan menggertakkan gigi bisa memicu ketegangan otot lengan serta rahang.

Nafas Menjadi Pendek-Pendek

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : pennmedicine.org

Gejala kecemasan selanjutnya yaitu nafas tersengal-sengal. Faktor pemicu kondisi ini ketika mengalami stres akibatnya jantung berdetak kencang untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Alhasil bagian paru-paru harus dapat mengimbangi dengan cara menangkap oksigen sebanyak mungkin. Sehingga menjadikan nafas pendek-pendek dan hal ini justru memicu kecemasan semakin tinggi.

Sakit Kepala dan Pusing

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : medicalnewstoday.com

Kondisi ini disebabkan oleh tekanan psikologis memicu rasa khawatir setiap saat. Hal tersebut karena pada bagian kepala terisi dengan pikiran negatif menjadikan muncul pusing dan sakit kepala. Untuk menguranginya biasakan selalu berpikir positif, selain itu kurangi mengeluh dan melamun, sibukan diri melakukan kegiatan bermanfaat.

Keringat Dingin

Gangguan Anxiety juga ditandai dengan gejala lainnya seperti keringat dingin. Hal tersebut karena sistem saraf simpatetik yang aktif. Jadi pada saat kondisi mengalami stres dapat merangsang kelenjar keringat ke seluruh tubuh menjadi lebih aktif. Maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin tersebut.

Memicu Insomnia

Fakta Anxiety, Jenis Gangguan Kecemasan Pada Seseorang Kesehatan
Sumber Foto : webmd.com

Ketika gangguan kecemasan muncul akan memicu pola tidur menjadi terganggu. Hal ini faktor kondisi pikiran yang tidak berhenti bekerja dan otot tegang. Padahal saat gejala kecemasan muncul, untuk mengurangi dengan cara memperbaiki pola tidur secara teratur agar mendapatkan tidur yang cukup.

Untuk tips dan informasi seputar pola hidup dan tips kesehatan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kesehatan.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kesehatan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
6 Suami dan Istri Para Pemain The Penthouse di Dunia Nyata

Momen Manis Lee Sang Woo dan Istri dalam Drama The Penthouse

12 Rekomendasi Film yang Adaptasi dari Wattpad Indonesia