in

Fakta Menarik Kamiya Hiroshi, Pengisi Suara Levi Di Attack On Titan

Pengisi suara di anime merupakan salah satu pekerjaan yang paling populer di Jepang dan ada banyak orang yang bercita-cita menjadi pengisi suara anime. Di negara asalnya sendiri, pekerjaan ini disebut sebagai seiyuu. Selain bekerja sebagai pengisi suara, seorang seiyuu juga merupakan publik figur. Oleh karena itu, tidak jarang mereka harus tampil di depan banyak orang untuk kegiatan promosi, manggung, dan lainnya. Salah satu seiyuu yang paling terkenal adalah Kamiya Hiroshi. Mungkin untuk fans-fans di Indonesia masih belum terlalu kenal dengan namanya, tetapi mungkin banyak dari fans-fans asal Indonesia yang familiar dengan suaranya. Fakta menariknya, Kamiya Hiroshi banyak mengisi suara karakter-karakter anime ternama seperti Levi Ackerman dari Attack on Titan, Natsume Takashi dari Natsume Yuujincho, Akashi Seijuro dari Kuroko no Basuke, dan masih banyak lagi.

Fakta Menarik Kamiya Hiroshi, Pengisi Suara Levi Di Attack On Titan Otaku

Sama seperti pengisi suara lainya, pria berusia 46 tahun ini tidak hanya mengisi suara karakter anime saja. Seiyuu juga bisa mengisi suara karakter di games, film, sandiwara radio, narasi, serta menjadi dubbing untuk film-film yang berasal dari luar negeri. Namun, memang karena audisi serta tawaran untuk mengisi suara di anime jauh lebih banyak, pekerjaan seiyuu memang lebih identik dengan anime. Ada banyak seiyuu yang juga mengeluarkan album atau bernyanyi sebagai karakter dalam sebuah anime. Kamiya Hiroshi juga tidak berbeda dari yang lain juga pernah melakukan hal-hal tersebut. Total dia sudah berkarir lebih dari 25 tahun. Tentunya selama perjalanannya menjadi seorang pengisi suara, terdapat beberapa fakta menarik dari seiyuu yang satu ini. Yuk langsung saja cek di bawah ini.

Banyak Mengisi Suara Karakter-Karakter Populer

Kamiya Hiroshi memang mendapat popularitasnya saat ini karena banyak mengisi berbagai macam karakter dan tidak sedikit dari karakter tersebut yang menjadi karakter yang sangat populer dikalangan fans. Selain itu, karakter-karakter tersebut juga sangat bervariasi dengan sifat dan tingkah laku yang berbeda-beda. Namun, sebagai pengisi suara profesional, pria kelahiran Chiba ini dapat mengisi suara setiap karakter tersebut dengan baik. Bisa dikatakan bahwa dalam anime peran seorang seiyuu sangatlah penting dan pekerjaan mereka tidak hanya menyuarakan karakter tersebut, tetapi juga menyatakan sifat dan perilaku mereka menjadi hidup. Oleh karena itu seiyuu dituntut untuk bisa memerankan berbagai macam tipe karakter dari segala usia sampai segala sifat. Mulai dari anak kecil, hewan, sampai orang tua. Kamiya Hiroshi sendiri banyak mengisi suara karakter-karakter utama atau karakter yang memiliki peran yang penting dalam sebuah anime.

Nama-nama karakter yang mungkin banyak dikenal adalah Levi Ackerman dari anime Attack on Titan. Bisa dibilang bahwa Levi adalah karakter paling populer yang diperankan oleh Kamiya Hiroshi. Hal ini terlihat karena Levi sendiri masuk ke daftar 10 karakter anime terpopuler versi Myanimelist. Selain itu, ia juga memerankan Saiki Kusuo dari anime The Disastrous Life of Saiki K, sebuah anime komedi.

Kemudian dalam anime populer One Piece dia memerankan karakter Trafalgar D. Water Law, seorang dokter dan kapten bajak laut yang sedang menjalankan aliansi dengan Luffy. Ia juga memerankan Izaya Orihara dari Durarara!!, Yuzuru Otonashi dari Angels Beats!, Yato dari anime Noragami, Edogawa Ranpo pada anime Bungo stray dogs, dan masih banyak lagi karakter-karakter lain yang ia suarakan. Total dia sudah memerankan lebih dari 50 karakter di anime dan belum termasuk karakter lain seperti dari video game dan film. Fakta menariknya karakter-karakter tersebut sangat populer di banyak negara, membawa nama Kamiya Hiroshi menjadi lebih dikenal.

Fakta Menarik Kamiya Hiroshi, Pengisi Suara Levi Di Attack On Titan Otaku

Gaji Pertamanya Sebagai Seorang Pengisi Suara Profesional

Seorang seiyuu di Jepang dibedakan berdasarkan tingkatan, mulai dari paling bawah F (Pemula) hingga A (Profesional), dan untuk kasus tertentu ada beberapa seiyuu yang tidak memiliki tingkatan atau biasa disebut “No Rank”. Tingkatan ini ditentukan oleh Japan Actor Union (Nippairen) yang didasarkan pada pengalaman dan kepopuleran seorang seiyuu. Hal ini benar-benar sangat identik dengan negara Jepang yang teratur, bahkan bayaran seorang seiyuu-pun juga diatur secara rapi. Seorang seiyuu pemula biasanya mendapat bayaran sebesar ¥ 15.000 atau sekitar Rp. 1,8 juta per episode tidak peduli banyaknya dialog yang disuarakan. Sedangkan seiyuu tingkat A dibayar ¥ 45.000 atau sekitar Rp. 5,5 juta per episodenya.

Namun harga ini bisa berbeda-beda tergantung pada setiap pengisi suara masing-masing. Kamiya Hiroshi sendiri saat masih berstatus pemula dan pada pekerjaan pertamanya sebagai seiyuu profesional mendapatkan gaji sebesar ¥ 6200 atau sekitar Rp. 800 ribu saja. Tentunya angka tersebut sangat kecil untuk bayaran seorang pengisi suara. Namun, bisa dipastikan kalau bayaran Kamiya Hiroshi saat ini pasti jauh lebih besar dibandingkan gaji pertamanya.

Fakta Menarik Kamiya Hiroshi, Pengisi Suara Levi Di Attack On Titan Otaku

Sumber: https://www.pexels.com/photo/brown-leather-wallet-and-us-dollar-banknote-915915/

Memiliki Banyak Penghargaan

Setiap pekerjaan ataupun profesi memiliki penghargaan masing-masing. Jika aktor dan aktris memiliki penghargaan seperti piala Oscar dan Golden Globe. Maka dalam profesi sebagai Seiyuu, penghargaan tertinggi yang bisa didapatkan oleh seorang seiyuu adalah Seiyuu Award yang diadakan setiap tahun. Dalam ajang penghargaan ini, terdapat beberapa kategori yang bisa dimenangkan oleh para Seiyuu. Pertama adalah Best Actor in Leading Role, Best Actress in Leading Role, Best Actor in Supporting Role, Best Actress in Supporting Role, Best Rookie Actor, Best Rookie Actress, Best Personality, dan juga Best Musical Performance. Kamiya Hiroshi sendiri sudah memenangkan beberapa penghargaan dari ajang bergengsi ini. Diantaranya pada ajang Seiyuu Award yang ke-3 tahun 2009 dia memenangkan penghargaan sebagai Best Actor in Leading Role dan juga Best personality, ia juga memenangkan penghargaan Best Actor in Supporting Role pada ajang Seiyuu Award yang ke-2. Ia juga beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai Most Valuable Seiyuu.

Telah Menikah Dan Sudah Memiliki Anak

Pernikahan memang adalah hal yang biasa terjadi dan bisa terjadi kepada siapapun. Namun hal ini sedikit berbeda untuk seorang publik figur di Jepang. Biasanya fans-fans yang berasal dari Jepang memiliki attachment berlebihan terhadap idolanya dan selalu beranggapan bahwa sang idola harus sesuai dengan image yang berada dalam kepalanya. Oleh karena itu, terdapat beberapa fans yang tidak ingin idolanya untuk memiliki kehidupan pribadi. Tidak jarang kebanyakan publik figur asal Jepang yang menutupi kehidupan pribadinya. Selain itu melindungi privasinya, hal ini juga dilakukan untuk membuat skandal di mata para fans. Di Jepang sendiri terdapat sebuah peraturan tidak tertulis dimana seorang Idol tidak boleh menikah atau memiliki hubungan romantis.

Hal ini juga terjadi kepada beberapa pengisi suara. Beberapa tahun yang lalu ada fakta unik yang diungkap sebuah majalah yang mengungkapkan bahwa Kamiya Hiroshi ternyata sudah menikah dan memiliki anak. Fakta ini membuat beberapa fans kecewa dan memutuskan untuk menjual barang-barang yang berhubungan dengan Kamiya Hiroshi. Hal ini membuat Kamiya Hiroshi harus membuat permohonan maaf. Hal ini kedengaran aneh untuk negara lainnya, tetapi fans asal Jepang memang memiliki kebiasaan buruk seperti itu. Selain itu, fakta menarik lainnya adalah istri dari Kamiya Hiroshi dipercaya adalah mangaka terkenal Nakamura Hikaru.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Agar Tubuh Kembali Fresh Setelah Begadang Semalaman

Hasil gambar untuk shin hye sun mr queen kdrama

Mengenal Shin Hye Sun Sang Mr. Queen Lewat Fakta Tentang Dirinya