in

Fakta Menarik Sukuna: Raja Kutukan Dalam Jujutsu Kaisen

Serial Jujutsu Kaisen menjadi salah satu anime dan serial manga yang paling populer saat ini. Selain cerita yang menarik, hal yang membuat Jujutsu Kaisen disambut hangat oleh para fans adalah berbagai karakter yang memiliki sifat yang menarik dan unik. Salah satu karakter tersebut adalah tokoh penjahat utama dari serial ini, Ryomen Sukuna. Karakter yang satu ini sudah diperkenalkan di awal cerita sebagai sebuah kutukan yang sekarang berdiam tubuh sang karakter utama, Itadori Yuuji. Dalam serial tersebut, diceritakan bahwa Sukuna adalah seorang kutukan, tetapi bukan sembarang kutukan. Dia adalah raja dari semua kutukan. Julukan tersebut disandang oleh Sukuna karena kekuatan yang dia miliki serta sifat bengisnya. Hingga saat ini dia telah berusia lebih dari 1000 tahun dan asal usul Sukuna sendiri juga masih belum dikisahkan secara lengkap. Namun, terdapat fakta menarik Sukuna yang telah diketahui dari serial Jujutsu Kaisen.

Fakta Menarik Sukuna: Raja Kutukan Dalam Jujutsu Kaisen Otaku
Sumber: Youtube

Sukuna memang salah satu karakter yang cukup menarik untuk dibahas dari Jujutsu Kaisen. Cerita masa lampaunya yang masih dipenuhi misteri, serta kekuatan yang dia miliki membuat banyak pembaca dan penonton suka dengan karakter yang satu ini. Sukuna sendiri juga beberapa kali disandingkan dengan Kurama dari serial Naruto. Hal ini karena keduanya sama-sama tersimpan di dalam tubuh karakter utama. Namun, apa tujuan Sukuna dalam serial Jujutsu Kaisen juga belum dibahas secara menyeluruh. Sang karakter utama, Yuuji, berhasil menampung Sukuna dalam tubuhnya setelah dia memakan objek kutukan yang merupakan jari Sukuna. Lewat situ, Sukuna bermanifestasi dalam tubuh Yuuji, tetapi Yuuji bisa mengendalikan Sukuna. Kenapa hal tersebut bisa terjadi juga belum dijelaskan seluruhnya. Lepas dari itu, Sukuna tetap menjadi sebuah entitas yang mengundang rasa penasaran dan decak kagum oleh fans. Kalau begitu langsung saja kita simak fakta menarik dari Sukuna, sang raja kutukan dalam serial Jujutsu Kaisen.

Sebelum Menjadi Kutukan Dia Adalah Manusia

Fakta menarik Sukuna yang pertama adalah jauh di saat masa keemasan penyihir jujutsu, Sukuna awalnya adalah seorang manusia. Menariknya lagi, dia adalah seorang penyihir Jujutsu. Namun, julukan raja kutukan sudah dia sandang bahkan sebelum menjadi sebuah kutukan. Dia memiliki kekuatan yang luar biasa hingga membuat banyak penyihir jujutsu lainnya berusaha menghancurkan Sukuna. Sayangnya Sukuna terlalu kuat dan tubuhnya tidak dapat hancur.

Akhirnya, para penyihir jujutsu saat itu memutuskan untuk menyegel 20 jari Sukuna yang disebarkan ke berbagai penjuru Jepang. Saat menjadi manusia dia juga terkenal sebagai sebuah entitas yang bengis, keji, tanpa belas kasih, dan berbuat kejahatan hanya karena kejahatan. Sejarah dari entitas yang satu ini juga belum dijelaskan secara menyeluruh, Gege Akutami, kreator dari Jujutsu Kaisen sendiri mengatakan bahwa cerita masa lalu Sukuna akan diceritakan. Dalam buku Jujutsu Kaisen fanbook sendiri juga disebutkan bahwa Sukuna masih mengingat kehidupan masa lampaunya, saat dia masih menjadi seorang manusia.

Wujud Asli Sukuna

Saat ini wujud Sukuna memiliki tampilan yang mirip dengan tubuh host-nya, Yuuji. Hal yang berbeda hanya Sukuna memiliki tato di sekujur tubuhnya yang juga dilengkapi dengan 2 mata tambahan yang berada di bawah mata utamanya. Terlihat bahwa tinggi badan Sukuna juga tidak berbeda dengan Yuuji. Namun, sebenarnya Sukuna memiliki wujud yang berbeda dengan dia yang saat ini.

Ketika menjelaskan tentang sang raja kutukan, Gojo menyebutkan bahwa Sukuna adalah monster yang memiliki 2 wajah, 4 mata, 4 tangan, dan berukuran sangat besar. Itulah mengapa terdapat 20 jari Sukuna yang disegel karena Sukuna memiliki 4 tangan. Wujud monster dari Sukuna ini juga pernah diperlihatkan di manga, tetapi belum pernah muncul seutuhnya. Dikatakan bahwa dia juga memiliki satu mulut tambahan di area perutnya. Sosoknya 1000 tahun yang lalu juga dipenuhi dengan tato dan memiliki gaya rambut yang serupa dengan saat ini. Mungkin saja, ketika jari Sukuna telah terkumpul seluruhnya, wujud aslinya akan terlihat

Fakta Menarik Sukuna: Raja Kutukan Dalam Jujutsu Kaisen Otaku
Sumber: Youtube

Dia Memakan Manusia

Ada satu fakta menarik yang dibeberkan oleh Gege Akutami dalam buku Jujutsu Kaisen fanbook. Dalam buku tersebut, mangaka yang lahir tahun 1992 ini menjawab beberapa pertanyaan mengenai beberapa karakter termasuk Ryomen Sukuna. Dalam buku tersebut, Gege menyebutkan bahwa Sukuna memakan manusia. Namun, karena rasa dari daging manusia cukup kompleks, Sukuna tidak terlalu sering memakan manusia. Gege juga menyebutkan kalau Uraume, pengikut setia dari Sukuna memiliki kemampuan untuk memasak manusia menjadi santapan yang lezat. Namun, Uraume juga bukan hanya koki dari Sukuna, dia juga pengikut setiap dari Sukuna. Dalam buku fanbook juga dijelaskan bahwa kesenangan utama yang didapatkan oleh Sukuna adalah ketika dia sedang makan.

Inspirasi Sosok Sukuna

Sukuna yang berada dalam Jujutsu Kaisen terinspirasi dari mitologi Jepang “Ryomen Sukuna” atau “両面宿儺”. Mitologi tentang Ryomen Sukuna, dia digambarkan sebagai figur demonic yang dijelaskan dalam buku Nihon Shoki yang merupakan buku tertua kedua di jepang yang berisikan cerita-cerita mitologi Jepang. Dikisahkan bahwa sosok Ryomen Sukuna pertama kali muncul di provinsi Hida atau saat ini menjadi prefektur Gifu, saat masa kekaisaran Nintoki di abad ke-4. Tidak jauh berbeda dengan Sukuna yang berada dalam Jujutsu Kaisen, mitologi Ryomen Sukuna menyebutkan sosok tersebut sebagai manusia dengan kekuatan di atas manusia. Dia memiliki dua wajah, empat tangan, dan empat kaki. Di setiap tanganya dia memegang senjata. Pada masa tersebut Sukuna disebutkan membawa kekacauan di desa-desa yang terletak di Hida, menimbulkan chaos di setiap tempat yang dia singgahi. Namun, di prefektur Gifu sendiri, terdapat beberapa kuil yang menghormati Ryomen Sukuna sebagai dewa (Kami-sama) yang minor. Patung yang menggambarkan sosoknya memiliki dua wajah.

Fakta Menarik Sukuna: Raja Kutukan Dalam Jujutsu Kaisen Otaku
Sumber: MangaPlus Shueisha

Kekuatan Dari Raja Kutukan

Fakta menarik Sukuna sang raja kutukan selanjutnya adalah kekuatan yang dia miliki. Kekuatan dari karakter yang satu ini memang belum dijelaskan secara lebih dalam. Gojo-sensei pernah berkata bahwa Sukuna jauh lebih kuat dari semua kutukan yang ada. Gege Akutami sediri juga mengatakan bahwa kekuatan Sukuna di masa keemasannya setara dengan kekuatan Gojo Satoru, manusia terkuat saat ini. Saat pertama kali bermanifestasi di tubuh Yuuji, Sukuna sudah menampakkan kekuatan yang jauh di atas rata-rata. Walaupun kekuatannya saat itu masih kalah dengan Gojo yang mampu mengalahkan Sukuna dengan mudah.

Namun, kekuatan Sukuna jauh melebihi banyak karakter lainnya. Megumi kewalahan dalam menghadapi Sukuna yang saat itu mengambil alih tubuh Yuuji dan bahkan kutukan dengan level special grade seperti Mahito tidak dapat berkutik di hdapan Sukuna. Sukuna juga memiliki banyak kemampuan jujutsu seperti, energi kutukan yang tidak terbatas, menguasai teknik perluasan domain yang biasanya hanya dapat dilakukan oleh segelintir orang saja, serta kemampuan reverse curse technique yang membuatnya mampu menyembuhkan segala luka di dirinya dan orang lain.

Fakta Menarik Sukuna: Raja Kutukan Dalam Jujutsu Kaisen Otaku

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kisah Cinta Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun Akan Berlanjut di Drama Baru - Kwikku

Kim Jung Hyun Dikabarkan Memiliki Pacar Rekan Sesama Artis

7 Perangkat Keras Komputer Paling Unik yang Pernah Ada