in

Fakta Racket Boys: Drama Yang Diprotes Banyak Netizen Indonesia

Netizen Indonesia dibuat geram belakangan ini dengan drama Korea yang berjudul Racket Boys. Lantaran drama yang mengangkat cerita tentang kehidupan atlet remaja bulutangkis di Korea Selatan tersebut dianggap telah menghina Indonesia. Mereka mengkritisi beberapa adegan yang tayang pada episode kelima drama tersebut tayang pada tanggal 14 Juni 2021. Racket Boys yang tayang perdana pada 31 Mei 2021 ini merupakan drama milik SBS yang disutradarai oleh Jo Yeong Gwang. Drama yang mengisahkan tentang kehidupan sejumlah pemain bulu tangkis di Korea Selatan ini dibintangi sejumlah aktor dan aktris. Mereka adalah Lee Jae In, Ahn Nae Sang, Oh Na Ra, dan masih banyak lagi.

SBS mengucapkan permintaan maaf setelah episode kelima drama Racket Boys menuai banyak kecaman dari warga net Indonesia di media sosial. Mereka mengunggahnya di akun resmi Instagram mereka yang bernama @sbsdrama.official pada 17 Juni 2021. Unggahan tersebut ditulis dalam bahasa Indonesia yang tidak terlalu lancar tetapi masih dapat dipahami. Pihak SBS mewakili dari tim produksi Racket Boys menyampaikan permohonan maaf perihal adegan pertandingan yang digambarkan dalam episode lima. Mereka mengaku tidak memiliki maksud tersirat untuk merendahkan negara, pemain, atau penonton tertentu. SBS pun berjanji akan menggarap episode-episode Racket Boys selanjutnya dengan lebih teliti lagi. Mereka berkali-kali mengatakan permohonan maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung penonton dari Indonesia. Kemudian, mereka mengakhiri pernyataan tersebut dengan berjanji akan memperhatikan episode selanjutnya dengan saksama.

Fakta Racket Boys: Drama Yang Diprotes Banyak Netizen Indonesia Drama Korea

Gambar: Racket Boys yang merupakan drama milik SBS yang disutradarai oleh Jo Yeong Gwang ini mengisahkan tentang kehidupan sejumlah pemain bulu tangkis di Korea Selatan tayang perdana sejak tanggal 31 Mei 2021

Adegan tersebut meceritakan Han Se Yoon yang merupakan atlet asal Korea Selatan ini tengah mengikuti pertandingan bulu tangkis internasional di Jakarta. Karakter yang diperankan oleh Lee Jae In tersebut turut didampingi oleh Han Fang yang diperankan oleh Ahn Nae Sang. Kepala pelatih tim nasional Korea Selatan tersebut memberikan komentar tentang buruknya fasilitas yang disediakan panitia Indonesia. Dia mengatakan bahwa kamar penginapan yang diberikan sangat jelek. Lalu, Indonesia yang merupakan tuan rumah acara tersebut melakukan latihan di tempat pertandingan sedangkan mereka di tempat latihan tua. Dia juga mengeluhkan dalam dialog di episode tersebut bahwa tidak terdapat AC atau air conditioner di tempat latihan. Sehingga, Fang menduga bahwa panitia Indonesia sengaja menyediakan fasilitas yang buruk untuk mereka dengan tujuan menjegal performa Han Se Yoon dalam pertandingan tersebut.

Sejumlah warga net Indonesia yang menggunakan Instagram telah menunjukkan kekecewaan mereka terhadap drama Racket Boys sebelum SBS meminta maaf. Salah satu pengguna Instagram dengan akun yang bernama @zzxjjukura_kim bahwa dirinya masih sangat kecewa dengan episode lima. Dia juga meminta tanggapan SBS perihal pihaknya seolah merendahkan Indonesia hanya dalam salah satu adegan drama ini saja. Pengguna media sosial tersebut mengatakan dengan tegas bahwa Indonesia tidak seperti yang ditampilkan sehingga dia meminta SBS segera memperbaikinya. Pemilik akun @zzxjjukura_kim menulis unggahan tersebut pada tanggal 16 Juni 2021.

Berikut ini adalah empat fakta tentang Racket Boys sebuah drama milik SBS yang diprotes banyak netizen Indonesia :

1. Cerita berfokus seputar bulu tangkis

Drama yang mengambil latar belakang cerita mengenai cabang olahraga bulu tangkis ini disutradarai oleh Cho Young Kwang. Alasan sang sutradara mengangkat kisah ini adalah olahraga yang hanya membutuhkan raket tersebut dapat diakses oleh banyak orang. Selain itu, dia juga berpendapat bahwa begitu besar animo masyarakat yang menaruh minat pada cabang olahraga ini. Racket Boys yang tayang sejak tanggal 31 Mei 2021 ini memiliki sebanyak 16 episode yang ditayangkan setiap Senin dan Selasa. Drama ini ditulis oleh Jung Bo Hoon yang merupakan penulis dari drama populer di tahun 2017 berjudul Prison Playbook. Selain itu, Racket Boys merupakan drama yang dibintangi aktor senior Kim Sang Kyung dan Oh Na Ra.

Fakta Racket Boys: Drama Yang Diprotes Banyak Netizen Indonesia Drama Korea

Gambar: Adegan yang menceritakan sejumlah atlet remaja bulu tangkis Korea Selatan tengah mengikuti pertandingan internasional di Jakarta dalam episode lima drama Racket Boys pada 14 Juni 2021 dianggap merendahkan Indonesia

2. Adegan yang dianggap menghina Indonesia

Adegan yang dianggap merendahkan Indonesia dalam Racket Boys ada pada episode 5 yang tayang pada 14 Juni 2021 dimana adegan tersebut menceritakan sejumlah atlet remaja bulu tangkis Korea Selatan tengah mengikuti pertandingan internasional di Jakarta. Keluhan pelatih nasional bernama Fang yang diperankan Ahn Nae Sang adalah yang membuat netizen Indonesia marah. Dia mengkritisi bahwa fasilitas tempat latihan dan penginapan yang disediakan panitia Indonesia sangat buruk sekali. Pelatih dari karakter Han Seo Hee ini menduga bahwa hal tersebut merupakan strategi Indonesia selaku tuan rumah agar mempersulit kemenangan atletnya.

Selain itu, ada juga adegan lainnya sangat dikecam warga net Indonesia. Adegan saat aktris Oh A Rin melakukan dialog yang menyebut bahwa akan ada yang mengejek mereka dalam pertandingan tersebut. Adapun maksud dari perkataannya tersebut merujuk pada sikap supporter Indoneia yang hadir memberi dukungan di sana. Sehingga, dialog-dialog yang dianggap menyudutkan Indonesia ini membuat banyak netizen Indonesia marah dengan mengungkapkan kekecewaan mereka kepada SBS.

3. SBS mengucapkan permohonan maaf

SBS selaku televisi yang menayangkan sekaligus memproduksi drama tersebut melakukan permintaan maaf dengan adanya peristiwa tersebut. Mereka selaku tim produksi dari drama Racket Boys menyampaikan permohonan maaf perihal pertandingan yang telah tersiar di episode 5. Mereka meyakinkan bahwa mereka sama sekali tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain, atau penonton tertentu dalam unggahan di akun @sbsnow_insta. Pihak SBS juga mengatakan bahwa mereka berjanji akan lebih cermat lagi pada episode selanjutnya dalam unggahan pada tanggal 17 Juni 2021.

4. Yannie Kim memberikan komentar

Yannie Kim merupakan aktris asal Indonesia yang berkarir di Korea Selatan. Dia pun ikut terkena imbas dalam permasalah drama tersebut karena putrinya muncul pada episode tersebut. beberapa warga net menuding bahwa dia telah menerima sogokan dari Racket Boys. Yannie kemudian menjelaskan bahwa putrinya hanya mendapatkan naskah tanpa dialog dalam unggahan di instagram pribadinya. Lantaran putrinya hanya fokus pada adegan atlit saat bertanding saja. Itulah empat fakta tentang Racket Boys sebuah drama milik SBS yang diprotes banyak netizen Indonesia.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Teknik Pamungkas: Domain Expansion Dalam Jujutsu Kaisen

ENHYPEN announce first comeback with mini-album 'Border : Carnival'

HYBE Entertainment Rilis Tiga Comeback Boy Group Anggota-nya