in

Fakta Tentang Perhitungan Usia di Korea Selatan Yang Unik

Seandainya kamu lahir pada tahun 2000 maka usiamu 21 tahun pada tahun ini berdasarkan perhitungan usia secara internasional. Namun, apabila dihitung berdasarkan perhitungan usia di Korea Selatan maka usiamu setahun lebih tua dari pada perhitungan usia internasional. Pasalnya saat ini kamu telah menginjak usia 22 tahun. Mengapa hal itu dapat terjadi?

Warga negara Korea Selatan menganggap bahwa usia seseorang sudah dihitung sejak dia masih berada dalam kandungan sang ibu. Sehingga, meskipun hanya berusia 9 bulan dalam kandungan, tetapi saat dia lahir usianya telah dihitung menjadi satu tahun. Tidak hanya itu, keunikan lainnya adalah usia warga negara Korea Selatan juga bertambah pada tanggal 1 Januari setiap tahun baru. Meskipun tanggal tersebut bukan hari kelahirannya.

Sebenarnya mereka tetap merayakan ulang tahun di hari kelahiran mereka, seperti Song Kang yang lahir pada 23 April 1994. Dia sudah berusia satu tahun pada tanggal kelahirannya tersebut. Kemudian, usianya pun bertambah satu tahun pada Januari 1995 menjadi dua tahun. Padahal, usianya baru satu tahun pada 23 April 1995 menurut perhitungan internasional. Uniknya lagi yang terjadi pada warga negara Korea Selatan yang lahir pada tanggal 31 Desember. Dia telah berumur satu tahun saat lahir, tetapi esok harinya dia telah berumur 2 tahun pada 1 Januari. Padahal dia baru berusia 1 hari secara perhitungan usia internasional. Apakah kamu masih merasa bingung atau sudah sangat memahaminya dengan jelas?

Fakta Tentang Perhitungan Usia di Korea Selatan Yang Unik Drama Korea

Gambar: Song Kang yang lahir pada 23 April 1994 sudah berusia satu tahun pada tanggal kelahirannya tersebut, lalu usianya pun bertambah satu tahun pada Januari 1995 menjadi dua tahun, padahal usianya baru satu tahun pada 23 April 1995 menurut perhitungan internasional

Orang Korea Selatan sangat menganggap usia sebagai hal yang sangat penting. Hal ini terlihat dari para selebritis dalam acara televisi yang sangat memerhatikan cara bicara terhadap lawan bicara mereka berdasarkan usia. Pasalnya mereka perlu memanggilnya kakak perempuan dengan sebutan nuna atau eonni dan kakak laki-laki dengan sebutan hyeong atau oppa. Meskipun sebenarnya seumuran tetapi apabila secara hitungan terpaut setahun lebih tua tetap saja norma kesopanan tersebut berlaku. Usia tidak hanya sangat penting untuk menentukan gaya bicara tetapi juga dalam relasi sosial. Pasalnya mereka akan mengetahui cara memperlakukan seseorang dengan mengetahui usia seperti saat menuang minuman alkohol dan mentraktir saat makan.

Asal mula sistem perhitungan usia di Korea Selatan masih belum diketahui dilansir dari The Guardian. Ada yang mengatakan bahwa perhitungan ini merujuk pada sistem numerik Asia Kuno yang memang tidak memiliki konsep nol. Sehingga perhitungan langsung diawali dari angka satu. Selain itu, pendapat dari para ahli yang mengatakan bahwa cara perhitungan ini terjadi karena orang Korea Kuno. Mereka telah menempatkan tahun kelahiran mereka dalam siklus kalender 60 tahun di China. Pasalnya mereka memiliki kecenderungan untuk mengabaikan hari kelahiran karena kalender reguler tidak ada. Sehingga mereka pun menambah satu tahun penuh pada hari pertama kalender Lunar.

Berikut ini adalah fakta tentang perhitungan usia di Korea Selatan yang unik :

Fakta Tentang Perhitungan Usia di Korea Selatan Yang Unik Drama Korea

Gambar: Yoona SNSD yang lahir pada 30 Mei 1990 berusia 31 tahun secara internasional tetapi 32 tahun usia Korea Selatan

1. Umur sudah dihitung sejak dalam kandungan

Perbedaan pertama antara perhitungan usia secara internasional dengan di Korea Selatan adalah awal menghitung umur. Apabila secara internasional menghitung usia mulai dari tanggal, bulan, dan tahun kelahiran, maka Korea Selatan menghitungnya sejak dalam kandungan. Sehingga, mereka terhitung berusia satu tahun setelah melalui masa kandungan selama sembilan bulan dalam perut ibu. Seperti Yoona SNSD yang lahir pada 30 Mei 1990 berusia 31 tahun secara internasional tetapi 32 tahun usia Korea Selatan.

2. Pertambahan usia di tahun baru

Fakta selanjutnya tentang perhitungan usia di Korea Selatan yang unik adalah orang Korea merayakan ulang tahun pada saat tahun baru. Perayaan ini dilakukan semua masyarakat meskipun mereka tidak lahir pada tanggal tersebut. Namun, mereka dianggap telah bertambah usia menjadi lebih satu tahun dari usia sebelumnya. Sehingga, Yoona juga bertambah satu menjadi 32 tahun pada tanggal 1 Januari 2021. Namun, dia tetap merayakan hari kelahirannya pada 30 Mei 2021.

3. Cara menghitung umur Korea dengan mudah

Rumus perhitungan yang cukup mudah adalah 1 + Tahun saat ini – Tahun kelahiran = Umur Korea. Sehingga, apabila digunakan dengan usia Yoona SNSD adalah 1 + 2021 – 1990 = 32. Bagaimana cukup mudah bukan? Sekarang mari mencoba untuk menghitung usiamu sendiri ataupun idola kesayanganmu dengan rumus ini. Sehingga, kamu dapat menjawab dengan cepat saat ditanya soal umur apabila sedang di Korea Selatan. Itu adalah fakta tentang perhitungan usia di Korea Selatan yang unik.

Fakta Tentang Perhitungan Usia di Korea Selatan Yang Unik Drama Korea

Gambar: Orang Korea merayakan ulang tahun pada saat tahun baru meskipun mereka tidak lahir pada tanggal tersebut

Sebenarnya sudah ada upaya untuk menghilangkan peraturan cara menghitung usia di Korea Selatan. Sebuah survei yang dilakukan oleh Realmeter untuk mengetahui pendapat orang Korea Selatan terhadap penerapan sistem perhitungan usia dilansir dari Korea Herald. Adapun jumlah dari responden survei ini sebanyak 529 orang Korea Selatan yang berumur 19 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa 46,8 responden mengatakan sistem perhitungan usia Korea ini harus dipertahankan. Sedangkan, hampir 44 persen lainnya mengatakan agar penghitungan usia mesti disatukan dengan negara lainnya.

Hasil survei lainnya mengatakan bahwa sebanyak 50,7 persen responden yang berusia sekitar tiga puluhan memilih untuk menghapuskan konsep ini. Sementara, 52,8 persen responden yang berumur dua puluhan justru memilih untuk tetap mempertahankan tradisi Usia di Korea Selatan. Begiru pula dengan sebagian besar responden dalam kelompok usia lainnya sepakat bahwa sistem usia ini harus dijaga. Namun, upaya legislatif pertama untuk menghapus sistem Usia Korea dilancarkan pada Januari 2019. Pasalnya anggota parlemen yang bernama Hwang Ju Hong berusaha untuk mengajukan rancangan undang-undang. Tujuannya agar mewajibkan pemerintah untuk memasukkan perhitungan Usia Internasional dalam dokumen resmi.

Selain itu, tujuannya juga agar mendorong warga negara Korea Selatan menggunakan perhitungan Usia Internasional dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hwang Ju Hong mengatakan bahwa rancangan undang-undang yang dia usulkan untuk menyelesaikan kebingungan dan ketidakefisienan yang disebabkan penggunaan beragam sistem penghitungan usia. Sayangnya, hal ini belum ada kabar lebih lanjut soal rancangan tersebut. Bagaimana menurutmu, seandainya kamu warga negara Korea Selatan apakah kamu setuju atau tidak?

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Mentor

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lima Persyaratan Penting Dalam Pembuatan SIM Internasional

Cara Jadi Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Adalah Ini!