in

Fakta Tentang Prospek Kerja Untuk Lulusan Teknik Otomotif

Berbicara mengenai deskripsi dari Jurusan Teknik Otomotif sebenarnya sesuai dengan namanya. Lantaran jurusan ini mempelajari mengenai segala proses dalam pengoperasian dan cara pembuatan kendaraan yang beroperasi di darat. Beberapa contoh kendaraan tersebut adalah motor, mobil, truk, bus, dan kereta. Selain itu, mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif nantinya juga harus mempersiapkan diri untuk mengambil spesialisasi dalam bidang khusus. Beberapa contoh spesialisasi yang dapat menjadi prospek kerja dari Jurusan Teknik Otomotif adalah mesin pembakaran, sistem pembuangan, body kendaraan, rangka internal, dan lainnya.

Sebenarnya ada banyak hal seru yang akan didapatkan dari mempelajari teknik otomotif yang tidak dapat ditemukan di jurusan lain. Salah satu gambaran awal adalah mahasiswa akan belajar mengenai cara memproduksi dan merancang model visual dari kendaraan. Media yang digunakan dalam membuat model ini mulai dari menggunakan kayu, pensil dan kertas, model dan tanah liat. Hingga membuat model dengan menggunakan software berbasis komputer.

Mata kuliah lainnya yang akan dipelajari adalah cara mendesain, memilih, menentukan, dan mengoptimalkan pemakaian bahan yang sesuai dengan komponen otomotif. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar cara menerapkan berbagai prinsip seperti termodinamika dan mekanik. Hingga mengakhiri masalah yang ada menggunakan prinsip mekatronik dan mencari solusi penyelesaian terbaik. Terakhir adalah melakukan praktek dengan cara menginvestigasi, merancang, dan melakukan terhadap suatu tes pemeliharaan sistem otomotif. Hingga prakter tersebut diakhiri dengan melaksanakan kontrol kualitas kendaraan dengan mengatur manufaktur, desain, hingga perakitan. Itulah sekilas gambaran awal apa saja yang akan dipelajari dari Jurusan Teknik Otomotif. Bagaimana pendapatmu? Apakah kamu berminat?

Fakta Tentang Prospek Kerja Untuk Lulusan Teknik Otomotif Otomotif

Gambar: Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif akan selalu dekat dengan kehidupan laboratorium atau bengkel sejak awal semester hingga tugas akhir

Jurusan Teknik Otomotif secara umum tersedia untuk jenjang strata pertama (S1). Kendati begitu, ada juga beberapa perguruan tinggi yang menyediakan program Diploma ketiga (D3). Mata kuliah yang akan dipelajari sebenarnya beragam mulai dari mata kuliah dasar di awal semester. Seperti Elemen Mesin, Fisika, Keselamatan Kerja, Kimia Teknik, Matematika, Mekanika Bahan, Pengetahuan Bahan Teknik, Statistika Struktur, dan Teknik Otomotif. Kemudian, mahasiswa akan menjumpai bermacam-macam pelajaran di pertengahan masa perkuliahan. Seperti AC Mobil, Elektronika, Mesin Konversi Energi. Serta Sistem Roda dan Rem. Terakhir adalah mempelajari Hidrolik dan Pneumatik, Teknologi Bodi Kendaraan, dan Teknologi Motor Diesel untuk memperkuat ilmu pengetahuan teknik otomoti.

Hal yang perlu diingat adalah kuliah di Jurusan Teknik Otomotif tidak terlepas dari kegiatan praktikum. Pasalnya mahasiswa akan selalu dekat dengan kehidupan laboratorium atau bengkel sejak awal semester hingga tugas akhir. Hal ini karena kegiatan praktikum menjadi wadah untuk mengasah kemampuan teknis dalam mengatasi berbagai keadaan seputar otomotif. Sementara, beberapa topik untuk tugas praktikum yang dapat ditemui di sini adalah Auto CAD, Elemen Mesin, Fisika Dasar, Menggambar Teknik. Selain itu, Menggambar Mesin, Motor Diesel, Motor Bensin, Teknik Produksi, dan lainya.

Beberapa pengetahuan dan keahlian yang sangat diperlukan sebagai lulusan Jurusan Teknik Otomotif adalah memiliki sifat tekun dan teliti dalam bekerja. Selanjutnya, memiliki kemampuan dalam berpikir kritis dengan detail, memecahkan masalah, merancang dan melakukan pemeliharaan sistem otomotif. Selain itu, lulusan Teknik Otomotif juga harus mampu untuk melakukan pekerjaan secara terstruktur dan terukur serta memiliki kemampuan analisis dan riset yang baik.

Fakta Tentang Prospek Kerja Untuk Lulusan Teknik Otomotif Otomotif

Gambar: Ilmu yang dipelajari mencakup berbagai lini dari pengembangan, perancangan desain dan teknis, sampai perawatan dan produksi

Fakta tentang prospek kerja untuk lulusan teknik otomotif adalah memiliki banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. Sebuah anggapan yang salah mengenai jurusan ini adalah lulusannya hanya akan berkarier di bengkel. Padahal lulusan teknik otomotif memiliki peluang karier yang lebih luas. Ini semakin menarik karena ilmu yang dipelajari mencakup berbagai lini dari pengembangan, perancangan desain dan teknis, sampai perawatan dan produksi. Salah satu bukti nyata adalah saat ini industri mobil di Indonesia telah mampu memproduksi jutaan unit per tahun. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pada tahun tertentu sebenarnya industri ini kerap mengalami penurunan. Namun, penilaian secara umum terus mengalami peningkatan. Ini memberikan dampak pada semakin tinggi penyerapan tenaga kerja karena semakin tinggi pula kapasitas produksi nantinya.

Fenomena bahwa tingkat polusi udara kian parah ditambah cadangan bahan bakar minyak kian menipis yang disebabkan semakin banyak kendaraan. Fenomena tersebut menimbulkan adanya kebutuhan baru terhadap kendaraan yang ramah lingkungan. Sehingga sangat dibutuhkan tenaga ahli profesional dari bidang otomotif untuk menyelesaikan masalah dengan memberikan solusi terbaik. Dampak positif lain dari mengenyam pendidikan Jurusan Teknik Otomotif adalah mahasiswa tidak hanya mempelajari hal-hal teknis tetapi juga mengasah kreatifitas.

Berikut ini adalah fakta tentang prospek kerja untuk lulusan teknik otomotif :

Fakta Tentang Prospek Kerja Untuk Lulusan Teknik Otomotif Otomotif

Gambar: Secara umum prospek kerja dari lulusan Teknik Otomotif mengenai teknologi dan mesin

1. Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan teknik otomotif tidak main-main mengingat ilmu yang dipelajari dari pengembangan, perancangan desain dan teknis, perawatan dan produksi. Mereka tidak hanya akan terjun langsung mengurus hal-hal yang bersifat teknis. Namun, mereka juga dapa a bekerja di belakang komputer sebagai maintenance planner atau desainer. Sebenarnya secara umum, prospek kerja dari lulusan Teknik Otomotif mengenai teknologi dan mesin. Kendati begitu, mereka tetap dapat menekuni bidang industri otomotif dengan berkecimpung sebagai peneliti, pendidik, atau pelaku wirausaha.

Beberapa contoh pekerjaan adalah teknisi di industri otomotif, modifikator dan operator dari alat berat. Apabila modifikator bertugas untuk melakukan kustomisasi dengan pengaturan standar pada kendaraan, sedangkan operator dari alat berat berkerja lapangan di daerah tambang. Selain itu, lulusan Teknik Otomotif yang menjadi peneliti dapat meriset tentang mesin otomotif beserta kelistrikannya. Lulusan jurusan ini yang menjadi pendidik dapat bekerja sebagai dosen atau guru SMK karena ada banyak sekolah kejuruan yang menyediakan jurusan yang berhubungan dengan otomotif. Sementara, pelaku wirausaha dapat membuka dialer kendaraan sendiri.

2. Peluang Karir

Peluang karier lainnya untuk lulusan teknik otomotif adalah menjadi seorang Jurnalis atau Reporter bidang otomotif. Mereka dapat bekerja sebagai Marketing atau Bagian Perencanaan dari Produk Otomotif. Selain itu, mereka juga dapat memilih untuk bekerja sebagai Mekanik Mobil, Perancang dan Teknisi Mesin, atau Teknisi dan Operator Pabrik. Terakhir, pekerjaan untuk lulusan Teknik Otomotif yang lebih senang belajar adalah Dosen dan Research And Development (RnD). Itu adalah fakta tentang prospek kerja untuk lulusan teknik otomotif.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
10 Makanan Drama Korea yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

Lima Budaya Makan Sehat Orang Korea Selatan Yang Patut Ditiru

Malaikat Pelindung Akui Malu Jika Meniru Drama Korea Goblin - ShowBiz Liputan6.com

Mengenal Panggilan Kakak dalam Bahasa Korea Yang Ada di Drakor