in

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi

Hollywood banyak sekali membuat film tentang musik. Ada juga beberapa film box office yang menceritakan tentang kisah hidup atau biografi musik para musisi legendaris. Menonton film dengan genre ini membuat kita mengetahui sejarah hidupnya juga mengenal latar lagu yang diciptakan oleh para musisi hebat tersebut.

Berikut rekomendasi film tentang musik juga biografi para musisi legendaris:

1. The Doors (1991)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

The Doors adalah film tentang biografi musik sebuah band rock terkenal The Doors. Uniknya film ini lebih menitikberatkan kisah hidup penyanyi utamanya Jim Morrison. Jim Morrison didapuk sebagai pemimpin dan komposer band ini.

Film ini mengawali kisahnya dari hari-hari Jim Morrison ketika masih menjadi seorang mahasiswa di University of California, Los Angeles. Di film ini digambarkan sisi lain dari Jim Morrison diluar karier bintangnya, seperti kesukaannya akan mengkonsumsi obat-obatan, hidup sebagai hippies, gaya hidup bebas, serta obsesinya pada kematian. Cerita terus bergulir pada perjalanan musik mereka. Tokoh musik di era 1960-an ini meninggal di Paris, Perancis, di usianya yang ke-27 pada tahun 1971.

2. Hype! (1996)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Berbeda dengan film biografi musik lainnya, Hype! merupakan film dokumenter yang paling mewakili pergerakan musik grunge dari tahun 1990 hingga 1995. Film yang dirilis tahun 1996 ini bercerita mulai dari konser musik di garasi-garasi dengan penonton yang terbatas hingga melejitnya popularitas musik grunge dengan jutaan penggemar fanatik di seluruh dunia. Bahkan saat itu musik grunge menjadi budaya pop dan diadaptasi menjadi gaya hidup banyak kalangan. Dalam film ini banyak band yang terlibat, diantaranya Mudhoney, Pearl Jam, The Melvins, Soundgarden, Nirvana, dan lain-lain.

3. Anvil: The Story of Anvil (2008)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Buat para pecinta musik metal mungkin tidak asing dengan band asal Kanada, Anvil. Film biografi musik ini didedikasikan untuk para penggemarnya. Kisahnya dimulai pada tahun 1978 di mana Anvil belum dikenal khalayak. Dua orang personelnya, Lips dan Robb, masih memiliki mimpi yang sama untuk membesarkan band mereka, terpaksa harus bekerja di bidang lain untuk menopang hidupnya.

Pelan-pelan mereka mulai merangkak naik dengan menjadi band pembuka konser Bon Jovi, Scorpions, dan White Snake di tahun 1984.

Suatu kali Anvil diajak dalam konser tanpa imbalan, yang kemudian rekaman penampilan ini mereka kirim sebagai demo tape ke produser Chris Tsangarides. Di titik itulah Anvil mulai dikenal banyak penggemar. Kini Anvil menjadi salah satu panutan para musisi band rock-metal yang legendaris, disejajarkan dengan Metallica, Guns N’ Roses, dan Slayer.

4. It Might Get Loud (2008)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

It Might Get Loud adalah film biografi musik tentang perjalanan karir tiga gitaris legendaris Jimmy Page, The Edge, dan Jack White. Sutradaranya, Davis Gugeinheim membuat pendekatan yang berbeda dalam pembuatan film ini karena mengambil sudut pandang sejarah karier ketiga gitaris ini.

Cara bercerita di film ini di pisah menjadi tiga bagian, masing-masing untuk menggambarkan latar belakang karier ketiga gitaris ini. berbeda dengan film biografi musik lainnya yang menceritakan masa-masa liar dan kejayaan para musisi, film ini lebih bersifat filosofis yang membahas kenapa akhirnya mereka memilih laat musik gitar sebagai cara untuk berekspresi. Dari film ini penonton juga bisa belajar bahwa kesuksesan itu sebuah hasil kerja keras yang konsisten dan membutuhkan komitmen yag tinggi.

5. Pearl Jam Twenty (2011)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Pearl Jam Twenty atau lebih dikenal dengan PJ20 adalah film dengan genre biografi musik yang mengisahkan perjalanan karir band Pearl Jam. Sutradaranya, Cameron Crowe memilih menggunakan konsep berbentuk dokumenter untuk menceritakan perjalanan bertahun-tahun Pearl Jam. Pemain dalam Pearl Jam Twenty adalah Eddie Vedder, Chris Cornell, Layney Staley, Stone Gossard, Jeff Ament, Kurt Cobain, Jack Irons, Matt Cameron, Mike McCready, dan Dave Abbruzzese.

Perjalanan salah satu band yang sukses dan bepengaruh ini ternyata juga sempat mengalami kekacauan. Berbagai macam kejadian menarik ditampilakn dalam film, seperti pengunduran diri dari dunia hiburan, hingga bagaimana membentuk lingkaran kepercayaan antara anggota band.

6. Sound City (2013)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Film ini disutradarai oleh Dave Grohl, drummer band Nirvana dan punggawa dari band Foo Fighter –buat yang belum tahu, sebuah debut perdananya dalam penyutradaraan film. Ia terinspirasi untuk membuat film dokumenter tentang studio bersejarah ini ketika terpaksa ditutup setelah 40 tahun beroperasi.

Film musik tentang biografi sebuah studio rekaman ini menceritakan betapa bersejarahnya studio ini, dimana telah melahirkan banyak musisi ternama seperti Nirvana, Slipknot, Guns N’ Roses, Metallica, Fear, dan masih banyak lagi. banyak sekali album platinum yang diproduksi di studio ini, yang menjadikan Sound City sebagai studio dan label rekaman paling ngetop di masanya.

Studio rekaman ini berlokasi di Van Nuys, California, yang mempertahankan sistem analog dalam merekam. Di dalamnya sama sekali tidak ada campur tangan komputerisasi sehingga dianggap sebagai permata peralatan rekaman analog.

7. Marley (2012)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film Marley, Sumber: https://kaist455.files.wordpress.com/2012/08/er.jpg?w=640

Di film ini, kisah hidup Bob Marley diceritakan dengan konsep dokumenter, cerita didapat dari orang-orang terdekat Marley. Banyak cerita menarik ditampilkan dalam film, kisah-kisah yang belum pernah dipublikasikan karena sudut pandang yang unik ini. Itulah sebabnya film yang disutradarai oleh Kevin Macdonald ini adalah salah satu film biografi tentang musik yang wajib ditonton.

Yang tidak banyak diketahui oleh penonton, Bob Marley, ikon musik reggae ini adalah sosok yang tidak melulu hanya berurusan dengan musik, khususnya reggae, dan ganja saja. Bob Marley adalah seorang pribadi yang sederhana. Ia tidak pernah merasa istimewa, atau diistimewakan. Bahkan, diceritakan dalam film, masa kecilnya pun sering dirundung karena ras campuran yang dimilikinya.

8. Get On Up (2014)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Film tentang biograsi musik yang satu ini wajib kamu tonton kalau mengaku sebagai pecinta musik. James Brown, seorang penyanyi, penulis lagu, penari, serta produser musik yang paling berpengaruh di Amerika pada era 1960-an, berhasil diperankan oleh Chadwick Boseman.

Perjalanan hidup James Brown dimulai dari masa kecilnya yang hidupnya hampir terlantar. Ibunya seorang prostitusi yang tidak mengakui keberadaannya, sedangkan ayahnya seorang tentara yang bertugas kemudian lupa pulang.

Di usia 17 tahun ia tertangkap dan di penjara karena mencuri sebuah setelan jas. Di penjara ia menonton pertunjukan musik sebuah grup gospel, dan terkesan karenanya. Ia melamar sebagai penyanyi dan membuat terkesan pemimpinnya, Bobby Byrd. Inilah awal mula karirnya di bidang musik. Sejak itu ia melanglang buana dan kariernya melejit menjadi salah satu musisi paling hebat di dunia.

9. Bohemian Rhapsody (2018)

Bagi Pecinta Musik, Ini 9 Rekomendasi Film tentang Biografi Musisi Film

Film Bohemian Rhapsody adalah film tentang biografi band musik rock ternama asal Inggris, Queen. Cerita pada film ini menitik beratkan mengenai kehidupan penyanyi Freddie Mercury, dan bagaimana perjuangannya bersama Brian May dan band Queen. Film ini merupakan hasil dari perusahaan patungan Inggris dan Amerika yang diproduksi oleh 20th Century Fox, dengan Fox yang bertindak sebagai distributor.

Rami Malek didaulat menjadi Freddie Mercury, setelah sebelumnya Film Bohemian Rhapsody diumumkan pada tahun 2010, dengan Sacha Baron Cohen berperan sebagai Freddie Mercury. Ada beberapa cerita kontroversial dalam film ini, seperti bagaimana Freddie Mercury hingga terjerumus pada hasrat seksualnya yang menyimpang dan pada akhirnya pengakuan jujurnya mengenai oreintasi seksualnya kepada teman-teman sebandnya.

Film ini juga mengajak penonton menyelami kehidupan sang bintang yang rapuh, kesepian dan fenomenal, ditengah popularitasnya sudah berhasil tergapai. Ini adalah film yang layak untuk anda tonton, dengan penggambaran tokoh yang tidak ala kadarnya. Film Bohemian Rhapsody adalah film biografi patut diperhitungkan ditengah minimnya film-film Hollywood mengangkat film biographi bertema sejenis.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Youth of May” Director Talks About Its Historical Setting + Lee Do Hyun And Go Min Si Talk About Going From Playing Siblings To Lovers | Soompi

Sinopsis Youth of May Yang Bercerita Tentang Peristiwa Tahun 1980

Novel Kim Ji-young, Born 1982 Rilis Versi Bahasa Indonesia

Review Novel Kim Ji Yeong Lahir Tahun 1982, Novel Favorit Rm Bts!