in

Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja? Melamar Entry Level? Bisa!

Ketika kamu seorang fresh graduate dan tertarik posisi entry level tanpa pengalaman kerja, ini akan membuatmu mendapat tantangan berat. Ini terutama bila kamu harus bersaing dengan mereka yang telah memiliki pengalaman kerja. Tetapi, sulit bukan berarti mustahil karena bila tahu caranya, kamu tetap bisa berkompetisi dengan kandidat lain. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

Jangan Ragu Untuk Melamar Kerja

Ini bukan berarti kamu harus melamar kerja secara sukarela pada semua posisi yang kamu bisa dan berharap rekruter memberi kesempatan wawancara. Ini adalah strategi yang terbukti tidak berhasil dan pada akhirnya hanya akan merusak brand personal kamu. Tetapi, ini artinya bila kamu menemukan jabatan entry level yang menurutmu cocok, kamu bisa mengirim aplikasi kerja.

Di sini, kamu bisa tetap melamar kerja terlepas apakah kamu memenuhi persyaratan pengalaman kerja atau tidak. Perekrut akan sering melakukan posting pada sebuah posisi serta berharap dapat memikat kandidat entry level unicorn dengan pengalaman lebih dari 3 tahun dan tidak ada ekspektasi gaji hanya untuk mengetahui bahwa tidak ada dari mereka yang melamar posisi tersebut.

Bila kamu mengajukan lamaran, kamu bisa temukan diri kamu di antara sekumpulan kecil pelamar yang bersaing untuk mendapat pekerjaan. Biarpun begitu, jangan rendahkan dirimu atau berusaha memberi tahu rekruter bila mereka hanya berkhayal menemukan orang dengan pengalaman lebih dari 3 tahun untuk posisi entry level. Alih-alih, bersikaplah dewasa dan penuh hormat.

Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja? Melamar Entry Level? Bisa! Karir
Gambar: Melamar Pekerjaan

Ada beberapa tips untuk mengajukan lamaran kerja yang mana kamu tidak masuk kualifikasi termasuk bagi kamu yang belum punya pengalaman kerja dan masih fresh graduate namun ingin melamar di lowongan entry level, yaitu:

  1. Ketahui diri kamu sendiri.

    Lakukan polling pada keluarga, teman, dan lakukan introspeksi serius untuk memahami kekuatan kamu, lalu sorot kekuatan tersebut.

  2. Bersikaplah percaya diri dan juga rendah hati.

    Ini akan semakin mudah bila kamu merasa nyaman dengan diri sendiri. Bersikaplah nyaman dengan tidak tahu beberapa hal. Kamu tidak bisa diharapkan untuk mengetahui segalanya, bukan? Alih-alih, jadilah memiliki pribadi yang punya rasa ingin tahu tinggi dan mau mendengarkan.

  3. Tekankan motivasi dan keinginan kamu.

    Kamu tidak akan melamar kerja entry level jika tidak menginginkannya. Kamu memang sangat menginginkannya. Pastikan rasa itu dan jangan terlihat putus asa, tetapi tampakan semangat tinggi. Lakukan riset tentang perusahaan dan siapkan diri sebaik-baiknya. Bersikaplah jujur dan penuh pertimbangan saat mendapat pertanyaan ‘Kenapa kamu ingin bekerja di sini?’

  4. Dapatkan pengalaman dan sorot pengalaman tersebut.

    Buatlah proyek sampingan, menjadi sukarelawan untuk bisnis lokal, atau lakukan magang kerja.

Jaringan

Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja? Melamar Entry Level? Bisa! Karir
Gambar: Miliki jaringan (Sumber: https://collegegrad.com/blog/the-dirty-little-secret-about-entry-level-jobs)

Mengirim resume dari seseorang yang ada di perusahaan tempat kamu melamar kerja akan meningkatkan peluang diundang wawancara kerja. Bagian yang sulit adalah bertemu dengan seseorang di perusahaan tersebut dan membuat mereka mau menjamin atau merekomendasikan kamu. Namun begitu, kamu masih bisa memanfaatkan jaringan online via sosial media atau dengan jaringan offline dengan bertemu orang yang tepat.

Kedua taktik tersebut dapat membantu kamu tampil di hadapan orang yang tepat di perusahaan. Ajak orang tersebut untuk minum kopi dan gunakan kesempatan tersebut untuk belajar lebih jauh tentang perusahaan, peran kerja, pilihan karir masa depan yang potensial dan cari tahu bagaimana rasanya bekerja di perusahaan tersebut. Buat mereka terkesan dengan ketelitian, perhatian dan keingintahuan kamu hingga mereka mau merekomendasikan kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Akui Kalau Tidak Berpengalaman Kerja

Saat kamu mengajukan lamaran untuk entry level, perekrut sudah tahu kalau kamu memiliki sedikit atau bahkan tanpa pengalaman kerja, dan tentu saja juga tau akan banyak fresh graduate yang melamar. Jadi, tidak usah menyalahkan diri sendiri. Alih-alih, akui saja kalau kamu tidak berpengalaman kerja dan manfaatkan itu semua sebagai motivasi untuk belajar. Dengan melihat kesungguhan yang kamu miliki, paling tidak perekrut akan mempertimbangkanmu untuk diundang interview kerja.

Magang Kerja Dulu

Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja? Melamar Entry Level? Bisa! Karir
Gambar: Miliki pengalaman magang (Sumber: http://www.letsintern.com/blog/unwritten-office-rules-for-every-internship/)

Magang tidak hanya untuk orang yang masih kuliah dan pengalaman ini tentu diperhitungkan dalam persyaratan pengalaman kerja apapun. Jika kamu kesulitan mendapatkan undangan interview, bisa jadi karena resume kamu tidak memiliki pengalaman kerja di dunia nyata yang cukup.

Menemukan perusahaan yang mau memberi kesempatan untuk magang dan memberi gaji memang tidak mudah tetapi jangan patah semangat untuk mencari. Dengan cara seperti ini, kamu akan memiliki lebih banyak peluang untuk masuk posisi entry level karena memiliki kesempatan magang di sebuah perusahaan.

Ini juga menjadi salah satu usaha untuk bisa mendapat pekerjaan tanpa pengalaman kerja sebagai fresh graduate. Namun begitu, poin ini akan perlu lebih banyak usaha dan harus disesuaikan untuk tiap aplikasi. Tidak bisa dipungkiri bila meskipun kamu tidak punya pengalaman spesifik di bidang tertentu, ada kemungkinan kamu tertarik dengan peran kerja di perusahaan tersebut karena punya alasan tertentu.

Bila ini alasannya, lakukan riset tentang perusahaan tersebut dan temukan cara untuk mengikat ‘hidup’ dan pengalaman mendidikanmu dengan sesuatu yang mengagumkan. Misalnya jika kamu ingin bekerja di perusahaan media, buktikan bahwa kamu punya hobi tulis-menulis dan melakukan riset. Buktikan dengan prestasi hasil tulisan yang kamu buat agar rekruter yakin bahwa kamu punya skill yang relevan dengan pekerjaan yang lowong.

Tekankan Skill yang Kamu Punya

Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja? Melamar Entry Level? Bisa! Karir
Gambar: Kembangkan skill dan bangun profil diri yang profesional (Sumber: https://www.republicworld.com/technology-news/apps/google-enters-indias-job-search-market-to-help-find-entry-level-jobs.html)

Biarpun kamu tidak punya atau tanpa pengalaman kerja sebelumnya, sebagai fresh graduate paling tidak kamu harus memiliki skill yang bisa kamu pamerkan. Misalnya jika kamu punya skill menulis, desain, marketing, ilustrator, atau lainnya, tonjolkan dan tekankan bahwa skill yang kamu miliki sangat berkaitan dan cocok untuk pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Karena ini adalah entry level dan kamu tidak punya pengalaman kerja sebelumnya, paling tidak kamu punya skill yang dapat diadu dengan kandidat lain. Kuncinya adalah dengan memoles resume atau CV sebaik mungkin agar rekruter tertarik untuk mengenal kamu lebih jauh. Dengan menonjolkan skill, rekruter pun makin terkesan jika kamu benar-benar bisa membuktikan bahwa kamu kompeten setelah diundang wawancara kerja.

Targetkan Peran Kerja yang Realistis

Tidak ada yang salah saat kamu membidik peran atau posisi yang tinggi di sebuah perusahaan. Tetapi jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya untuk posisi senior, itu hanya akan sia-sia belaka. Jadilah orang yang realistis dan targetkan pekerjaan tingkat pemula atau junior, dan bersiaplah untuk memulai dari bahwa lalu naik ke posisi lebih tinggi saat tiba waktunya. Ketika kamu bersikap realistis, akan lebih banyak peluang untuk dapat diterima.

Namun jika kamu nekat untuk melamar pekerjaan pada posisi senior yang jelas-jelas menuntut pengalaman kerja bertahun-tahun, sudah jelas kamu akan ditolak dan diabaikan oleh perekrut karena memang kamu tidak punya kualifikasi untuk itu. Sebagai solusi, lakukanlah riset dan ajukan lamaran kerja di perusahaan yang benar-benar kamu menyukainya. Dengan begitu, peluang untuk mendapat posisi entry level walau masih fresh graduate tanpa pengalaman kerja pun meningkat.

Untuk tips karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Karir

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 Tips Padu Padan Keren Outfit Berwarna Kontras

Review Buku Rentang Kisah, Ketika Ikhlas Menjadi Jawaban Resahmu