in

Hobi Koleksi Action Figure Dan Merchandise

Mungkin banyak orang sudah tidak asing lagi dengan film, manga, atau komik-komik. Dalam dunia itu sendiri terdapat istilah fandom yang merupakan singkatan dari fans kingdom. Biasanya tidak sedikit orang yang bergabung di dalam suatu fandom memiliki hobi untuk mengoleksi action figure atau merchandise tentang film, komik, atau manga favoritnya. Action figure sendiri sudah terkenal menjadi salah satu jenis barang yang banyak dikumpulkan oleh orang-orang. Mulai dari karakter di anime sampai di film layar lebar, ada banyak pilihannya. Tidak hanya identik dengan anak laki-laki, tetapi ada banyak action figure yang memiliki segmen berbeda seperti untuk perempuan dan laki-laki dewasa. Tidak sedikit orang yang rela berburu action figure sampai ke luar negeri untuk melengkapi koleksi dan hal ini sering menjadi hobi beberapa orang.

Memiliki hobi koleksi action figure atau merchandise sering dianggap sebagai hobi yang dilakukan anak-anak. Seringkali barang-barang koleksi tersebut disamakan dengan mainan. Padahal, hal ini bukan sekadar hobi saja. Orang-orang juga mungkin mengira bahwa action figure dan merch memiliki harga yang murah. Namun, nyatanya barang-barang keluaran original memiliki harga paling murah Rp. 300,000 dan semakin langka barang tersebut, maka semakin mahal pula harga barangnya. Tidak hanya itu, seberapa besar dan detail produk tersebut juga dapat menaikkan harganya.

Hobi Koleksi Action Figure Dan Merchandise Otaku
Sumber: https://www.pexels.com/photo/strength-strong-toy-action-figure-4048/

Istilah action figure sendiri datang dari produsen mainan kenamaan asal Amerika Serikat, Hasbro. Awalnya memang ditujukan kepada penonton laki-laki usia 5 – 12 tahun karena kebanyakan action figure yang dibuat berasal dari serial yang kebanyakan ditonton oleh anak laki-laki. Namun, lama kelamaan muncul sebuah hobi baru di antara banyak orang yang hobi mengumpulkan barang-barang yang berasal dari serial favorit mereka. Tahun 1980 bisa dibilang sebagai masa keemasannya. Berkat serial-serial klasik seperti Teenage Mutant Ninja Turtle, He-man, dan lainnya membuat produksi action figure serta berbagai jenis merch muncul dimana-mana.

Beberapa kali penjualan action figure dan merch dari sebuah serial biasanya jauh lebih menguntungkan dibandingkan serial itu sendiri. Saat Film Star Wars Episode 4 – 6 keluar, saat itu total penjualan merch, termasuk action figure jauh melebihi penjualan film itu sendiri. Begitu juga mengenai film pertama MCU (Marvel Cinematic Universe), Iron Man. Film tersebut awalnya dibuat dengan alasan untuk membantu menaikan penjualan merch Marvel. Kemudian, lewat riset diketahui bahwa Iron Man adalah salah satu hero yang populer di kalangan anak-anak. Hal ini berkembang menjadi hobi banyak orang dewasa yang membeli merch dan action figure untuk menjadi koleksi pribadi.

Hobi Koleksi Action Figure Dan Merchandise Otaku
Sumber: https://www.pexels.com/photo/focus-photo-of-super-mario-luigi-and-yoshi-figurines-163036/

Hal ini kemudian juga berkembang di berbagai belahan dunia, salah satunya Jepang. Industri ini benar-benar sangat berkembang di Jepang, terutama karena Jepang memiliki banyak kultur fandom tersendiri yang melengkapi industri produsen merch dan action figure. Di ibu kota Jepang, Tokyo ada banyak toko-toko yang menjual berbagai merch berbagai fandom. Industri ini berkembang pesat dan ada banyak perusahaan produsen mainan yang kemudian bekerja sama dengan anime dan manga-manga populer dengan cara membuat merch-merch termasuk action figure. Jepang sendiri sering menjadi lokasi pencarian figure-figure langka yang sulit ditemukan di negara lain. Industri ini menjadi salah satu industri terbesar di negara Jepang.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hobi koleksi action figure dan merch memang memakan biaya yang tidak sedikit. Orang harus rela merogoh kocek yang cukup besar untuk mendapatkan koleksi-koleksi baru. Semakin mahal harganya, biasanya semakin langka dan semakin detail pengerjaannya. Tidak jarang orang menganggap pembuatan action figure sebagai seni. Memang harga yang harus dibayarkan tidaklah sedikit, tetapi siapa sangka bahwa mengumpulkan merch dan action figure bisa membawa manfaat yang menguntungkan untuk kolektornya. Beberapa kolektor bercerita jika mengoleksi action figure ini merupakan salah satu bentuk investasi yang menarik, dimana para kolektor bisa menjual kembali action figure koleksinya, dengan harga minimal seperti yang dibelinya dulu atau bahkan lebih mahal dari itu karena permintaan yang banyak terhadap karakter yang hendak dijual. Dengan begitu, tidak ada kerugian saat menjual action figure.

Hobi Koleksi Action Figure Dan Merchandise Otaku
Sumber: https://www.pexels.com/photo/warrior-bobblehead-264905/

Beberapa diantaranya telah menjadikan “hobi” mereka ini menjadi sebuah bisnis jangka panjang loh. Karena mereka percaya dan sepakat bahwa kedepannya bisnis action figure akan terus mengalami perkembangan. Apalagi, sekarang ini film-film superhero asing maupun lokal sudah banyak beredar di layar bioskop. Film-film tersebut bisa menjadi daya tarik orang-orang terhadap karakter superhero, khususnya Marvel dalam bentuk action figure. Tidak hanya serial-serial dari Hollywood, banyak anime, manga, dan games yang berasal dari Jepang yang terus menerus meningkat kesuksesannya dan kepopulerannya. Biasanya ketika anime sedang tayang, berbagai produsen mainan di Jepang akan berlomba-lomba membuat merch dan terutama action figure tentang karakter-karakter yang berada dalam anime tersebut.

Selain untuk berinvestasi, para kolektor beranggapan bahwa koleksi barang-barang ini membantu mereka untuk mengurangi stress dan memberikan kepuasan tersendiri setiap kali mereka menambah koleksi mereka. Tentu hobi yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hobi koleksi lainnya. Hal yang berbeda hanya benda yang dikumpulkan. Misalnya ada orang yang memiliki hobi filateli, yaitu mengumpulkan prangko atau orang yang hobi mengumpulkan minuman alkohol, dan lain-lainnya. Bahkan bisa dikatakan bahwa hal ini untuk sebagian besar orang bukan sekadar hobi saja. Ada beberapa kolektor yang membuat hal ini menjadi pekerjaan mereka.

Hobi Koleksi Action Figure Dan Merchandise Otaku
Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-action-figure-4067485/

Iya, benar pekerjaan. Biasanya mereka akan membeli suatu action figure dan merch kemudian membuat review mengenai produk tersebut di media sosial dan lainnya. Ada juga beberapa kolektor yang sudah memiliki banyak koleksi dan membuka pameran dari koleksinya tersebut. Memang kedengarannya lucu, tetapi memang sebagian orang menganggap koleksi action figure dan merch bukan sekadar hobi belaka. Ada juga yang menganggap yang dilakukannya sebagai passionnya. Orang-orang setuju bahwa industri ini akan semakin berkembang di masa depan dengan munculnya serial-serial baru dan kepopulerannya akan membuat industri ini semakin naik daun.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani hobi ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulainya. Pertama-tama hobi ini bisa memakan uang yang cukup banyak. Oleh karena itu siapkan dana dan modal yang cukup. Kedua, perawatan barang-barang ini juga perlu diperhatikan. Kebanyakan kolektor ulung biasanya tidak pernah membuka action figure dari kotaknya karena takut terkena udara dan warna akan pudar. Ketiga, kalau memang ingin dikeluarkan dari kotak, rajin-rajinlah bersihkan barang tersebut dari debu minimal satu bulan sekali. Nah itulah jadi begitulah hobi koleksi action figure dan merch, ternyata ada hal-hal menarik yang bisa kita ketahui dari hobi yang satu ini.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Cara Membersihkan Casing HP yang Menguning atau Kotor, Seperti Baru Lagi!

Inilah Cara Membersihkan Casing Handphone Agar Terlihat Lebih Bersih

Susul Isu Bullying, Hyunjin Stray Kids Absen dari Music Core : Okezone Celebrity

Kasus Bullying Yang Dilakukan Hyunjin Idola K-Pop Grup Stray Kidz