in

Ide Kamar Anak Yang Bisa Dicoba

Memiliki kamar sendiri sesuai dengan keinginan merupakan impian banyak anak-anak. Terutama anak-anak yang sudah menginjak usia 5 tahun, pastinya mereka memiliki keinginan untuk mendekor kamar sesuai impian mereka. Nah, sebagai orang tua tidak ada salahnya memberikan kamar sesuai dengan keinginan mereka. Namun, terkadang anak-anak sulit memiliki gambaran kamar seperti apa yang mereka inginkan. Tidak perlu khawatir karena dalam artikel kali ini kami akan memberikan beberapa ide kamar anak yang bisa dicoba untuk kamar si kecil di rumah. Memiliki kamar sendiri dengan gaya mereka masing-masing dapat membuat anak menjadi lebih dewasa dan mandiri loh. Artinya mereka sudah memiliki tanggung jawab sendiri untuk menjaga kamar mereka, menjaga kebersihan kamar mereka, dan memastikan kalau kamar tidur mereka tidak berantakan. Punya kamar sendiri juga sangat penting bagi seorang anak karena anak-anak juga membutuhkan privasi mereka sendiri. Tentu saja dengan desain kamar impian mereka dapat membuat anak-anak lebih betah dan merasa nyaman.

Sebagai orang tua pastinya ingin membiarkan anak untuk menciptakan kreativitas mereka sendiri. Dengan begitu, pastikan orang tua juga dapat berpartisipasi dalam membuat kamar anak yang sesuai dengan kreativitas mereka. Proses ini juga dapat menjadi momen kebersamaan bagi orang tua dan anak loh. Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat berharga dan bahagia. Oleh karena itu, pastikan mereka dapat menciptakan kamar sesuai dengan karakter mereka. Buat dekorasi ini sebagai momen kebersamaan bagi orang tua dan anak, juga pastikan kalau anak dapat berpartisipasi aktif dalam memilih kamar sesuai dengan keinginan mereka. Jangan paksakan anak untuk memilih sesuai dengan kemauan anda, melainkan pastikan mereka memilih sesuai dengan keinginan mereka. Pastinya sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, berikut kami akan membantu mewujudkan imajinasi anak dengan memberikan ide kamar anak yang mungkin dapat dicoba kepada anak anda. Mari kita simak berikut ini.

Kamar Multifungsi Dan Hemat Tempat

Jika kamar si anak di rumah anda memiliki space yang kurang luas mungkin ide desain yang satu ini dapat menjadi solusinya. Tantangan dalam menata kamar tidur anak berukuran kecil bukan hanya untuk dapat memaksimalkan ruang yang terbatas saja, tetapi juga bagaimana cara menjaga agar ruangan tetap tampak rapi. Agar menghemat tempat, anda bisa menggunakan ranjang tingkat dengan menggunakan area di bawah ranjang tingkat sebagai area belajar anak dengan menaruh meja belajar dan peralatan belajar lainnya. Dengan posisi ini, anda bisa menaruh perabotan lain ke dalam kamar anak. Keterbatasan ruangan dapat membuat kamar anak menjadi berantakan, karenanya pastikan kalau kamar tersebut memiliki lokasi penyimpanan yang banyak dan memaksimalkan ruangan yang ada, tetapi jangan terlalu memaksakan untuk memenuhi kamar dengan berbagai barang untuk menghindari kamar terlihat berantakan. Selain itu, untuk menghemat tempat, anda bisa membuat lemari built in untuk menaruh pakaian anak.

Ide Kamar Anak Yang Bisa Dicoba Rumah

Sumber: Katalog IKEA

Penuhi Dinding Dengan Mural Sesuai Dengan Keinginan Anak

Ide kamar anak selanjutnya adalah membuat tema-tema ceria dalam kamar anak dengan menempelkan wallpaper atau mural kesukaan anak. Hal in ini dapat membantu mengembangkan imajinasi anak dan menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman untuk anak. Gunakan warna dasar yang tidak mencolok agar mural di dinding kamar anak dapat lebih terlihat. Gunakan warna netral seperti cream, pink pastel, hijau pastel, dan warna pastel lainnya. Berkreasilah dengan menambahkan beberapa gambar grafik di dinding yang playful dan padukan dengan motif-motif berani yang berwarna-warni. Ajak anak untuk memilih gambar yang mereka inginkan dan bantu wujudkan sesuai dengan keinginan mereka. Berikan furniture dengan warna senada agar fokus utama kamar berada pada gambar di dinding. Padukan dengan gaya minimalis dengan menaruh perabotan secukupnya seperti meja belajar, kasur anak, dan lemari dengan akses warna putih atau netral lainnya. Berikan juga karpet dengan warna netral dalam kamar si anak untuk menyempurnakan kamar si anak.

Ide Kamar Anak Yang Bisa Dicoba Rumah

Sumber: Instagram Gabiwork

Kamar Dengan Tema Playful Penuh Dengan Permainan

Masa kanak-kanak penuh dengan berbagai macam permainan. Mengapa tidak coba menyatukan unsur tersebut dalam kamar anak. Buat tempat tidur mereka menjadi lokasi bermain mereka dengan menyatukan permainan seperti perosotan atau ayunan ke dalam kamar anak. Hal ini bisa membuat anak merasa lebih betah berada di kamar dan anak merasa lebih nyaman berada di kamar. Biarkan anak memilih permainan yang dia sukai dan coba satukan unsur tersebut ke dalam kamar. Jika anak menyukai permainan kastil, cobalah buat ranjang dengan gaya kastil yang juga bisa memberikan privasi untuk anak. Mungkin anda juga bisa mencoba menggunakan hal-hal lain yang anak suka, misalnya jika anak anda menyukai tenda, buatlah ranjang di dalam tenda. Anda bebas menggunakan warna yang sesuai dengan keinginan anak anda. Namun, pastikan tidak menaruh banyak perabotan dalam kamar anak agar anak dapat lebih bebas bermain dalam kamar. Memaksimalkan ruangan kamar dengan membuat lemari built in dan meja yang menyatu dengan tembok.

Ide Kamar Anak Yang Bisa Dicoba Rumah

Sumber: Instagram Noa.nani

Kamar Untuk Tumbuh Bersama

Anak-anak biasanya tumbuh bersama saudara, jika orang tua tidak memiliki ruangan untuk mengakomodasi anak untuk memiliki kamar pribadi mungkin ide kamar anak yang satu ini dapat dicoba. Jangan biarkan anak-anak tumbuh besar tanpa privasi, gunakan ranjang bertingkat yang dimodifikasi untuk menambah privasi anak. Pastikan untuk memberikan dua set perabotan untuk anak. Biarkan mereka memiliki barang masing-masing seperti lemari untuk lokasi penyimpanan barang mereka. Gunakan warna netral seperti pastel untuk membuat kesan kamar lebih nyaman dan tenang. Untuk memberikan surface yang lebih luas, cobalah menggunakan meja yang panjang dan menaruh dua kursi sebagai meja tidur belajar anak. Gunakan tirai dan karpet yang senada dengan pilihan wallpaper agar kamar tidur anak anda tampak selaras. Atau, untuk memberikan kesan yang lebih unik, anda bisa menggunakan perlengkapan tidur dengan motif dan warna yang berbeda untuk tiap anak. Biarkan anak-anak tumbuh bersama, tetapi tetap memiliki barang masing-masing.

Ide Kamar Anak Yang Bisa Dicoba Rumah

Sumber: Kids Republic

Akhir Kata

Itulah beberapa ide kamar anak yang dapat kami berikan dalam artikel ini. Apakah ada ide yang tertarik untuk anda aplikasikan bersama anak? Apa ide desain kamar anak favorit anda? Apapun desain yang sukai, pastikan anak anda juga menyukainya dan pastikan kamar tersebut adalah cerminan dari karakter anak. Buatlah kamar tersebut menjadi kamar impian yang dia idam-idamkan. Selain mencari inspirasi desain untuk mendekorasi kamar anak anda, pembaca bisa berkonsultasi dengan design interior untuk memudahkan mewujudkan visi anak. Anda juga bisa mengunjungi beberapa toko furniture bersama anak untuk mencari perabotan yang dia inginkan. Terakhir, pastikan kamar yang dia miliki nyaman bagi dirinya. Sekian artikel kali ini dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Untuk tips seputar rumah lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Rumah.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Rumah

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sinopsis Mystic Pop-up Bar, Drama Korea Terbaru yang Tayang di Netflix

10 Rekomendasi Drama Adaptasi Webtoon Yang Wajib Ditonton

Daftar 18 Preman Terkuat di Series Preman Pensiun (Update: May 2021)