in

Iklan Kopiko Muncul di Drama Vincenzo, Begini Reaksi Pecinta Drakor!

Para penggemar Indonesia dibuat heboh dengan debut permen kopiko di salah satu adegan pada episode 14 drama Korea berjudul Vincenzo. Drama yang menjadi populer karena dibintangi aktor ternama Song Joong Ki ini sudah mengejutkan penikmat drakor sejak episode pertamanya. Lantaran logo permen Indonesia tersebut muncul di akhir penayangan. Memang Kopiko ikut berpartisipasi menjadi salah satu sponsor dalam bentuk iklan untuk drama Vincenzo. Sedikit informasi tentang merek permen ternama di Indonesia ini merupakan produksi PT. Mayora Indah Tbk. Andre Sukendra Atmadja yang merupakan Presiden Direktur Mayora Group mengatakan sangat bangga produk asli Indonesia dipilih menjadi sponsor Vincenzo. Menurutnya hasil kolaborasi antara sutradara Kim Hee Won dan penulis Park Jae Bum ini sangat disukai banyak penonton terutama Indonesia. Dia juga berharap pencapaian Kopiko akan menginspirasi semakin banyak merek Indonesia yang mendunia.

Drama Vincenzo menceritakan kisah tentang sosok pemuda berkewarganegaraan Korea Selatan yang pindah ke Italia karena diadopsi saat berusia delapan tahun. Tokoh yang diperankan oleh Song Joong Ki ini tumbuh dewasa dengan nama Vincenzo Cassano yang bekerja sebagai pengacara. Namun, sebenarnya dia juga bekerja sebagai penasihat mafia Italia. Vincenzo kemudian memilih kembali ke negara asalnya setelah terjadi perang antar kelompok mafia di tempatnya bekerja. Tidak hanya itu, dia juga memiliki motif rahasia yang menjadi alasan terbesarnya pergi ke tanah kelahirannya tersebut. Ia pun berkenalan dengan seorang pengacara wanita bernama Hong Cha Young yang diperankan oleh Jeon Yeo Bin. Mereka pun saling bekerja sama untuk memenangkan beberapa kasus yang dilakukan perusahaan Babel.

Iklan Kopiko Muncul di Drama Vincenzo, Begini Reaksi Pecinta Drakor! Drama Korea

Gambar: Song Joong Ki berperan sebagai Vincenzo Cassano

Kemunculan iklan kopiko sebagai product placement atau yang dikenal dengan istilah PPL di drama Vincenzo memang meningkatkan antusiasme masyarakat Indonesia. Kopiko yang diluncurkan sejak tahun 1982 ini merupakan produk andalan dari Mayora yang telah dijual di lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Adanya PPL dalam drama Korea terbukti meningkatkan penjualan produk. Sebut saja Roger Vivier yang merupakan merek Prancis yang mensponsori tas dan sepatu Kim Hee Ae dalam drama The World of The Married tahun lalu. Produk asing tersebut mendapatkan penjualan sebesar 60% hingga 70% di Asia dari jumlah keseluruhan penjualan globalnya berdasarkan laporan perusahaan. Adapun komentar dari seorang pejabat dari Studio Dragon yang memproduksi drama Vincenzo. Dia mengatakan bahwa jumlah PPL oleh perusahaan asing yang belum masuk ke negara Korea telah meningkat karena K-drama ditayangkan melalui OTT.

Keadaan ini tidak hanya menguntungkan pihak perusahaan, tetapi juga pihak produksi drama. Lantaran drama Vincenzo juga mengalami kenaikan rating pada episode 14 dibanding dengan episode sebelumnya, yakni 11.3 persen dan 10,73 persen. Ini berdasarkan laporan Nielsen Korea Selatan. Memang sejak episode pertama drama Vincenzo yang tayang pada 20 Februari 2021 telah dibuka dengan rating yang sangat menjanjikan. Adapun perolehan rating pada penayangan perdana drama adalah rata-rata 7,7 persen dan tertinggi pada 9,5 persen. Lalu, episode kedua yang tayang pada 21 Februari 2021 mengalami kenaikan, yakni rata-rata 9,3 persen dan puncaknya mencapai 10,8 persen. Catatan tersebut membawa Vincenzo menjadi drama akhir pekan dengan rating tertinggi ketiga dalam sejarah tvN.

Berikut ini adalah reaksi para pecinta drakor dengan kemunculan iklan Kopiko pada episode 14 di drama Vincenzo :

1. Adegan Kemunculan

Iklan Kopiko Muncul di Drama Vincenzo, Begini Reaksi Pecinta Drakor! Drama Korea

Gambar: Kemunculan permen kopiko dalam episode 14 drama Vincenzo

Adapun adegan yang menunjukkan kemunculan iklan kopiko pertama kali di drama Vincenzo adalah adegan pengintaian di dalam mobil. Adegan tersebut melibatkan aktor Kim Young Woong yang menawarkan permen kepada aktris Kim Yoon Hye dan Jung Ji Young. Sang aktor mengatakan dalam bahasa Korea yang artinya: makanlah permen ini, kamu akan terjaga dan merasa senang. Kedua aktris itu pun langsung menerimanya dan tanpa pikir panjang memakannya. Selain itu, ada juga dialog yang diucapkan oleh Kim Yoon Hye di mana dia mengatakan bahwa permen tersebut memiliki rasa yang sangat enak.

Tidak hanya itu, permen kopiko juga muncul di episode 15. Di mana Vincenzo langsung yang memakannya dan menawarkan kedua rekan kerjanya sesama pengacara. Pemeran Vincenzo adalah aktor Song Joong Ki yang harus belajar Bahasa Italia untuk menghidupkan karakternya sebagai pengacara dan penasihat mafia. Bisa dibilang karakternya tersebut cukup berbeda dari karakter-karakter dari drama terdahulu. Lantaran Vincenzo Cassano yang terlihat sangat berwibawa, tegas, dan berani tersebut sebenarnya memiliki sisi kocak tersendiri. Sehingga ini mewakili unsur komedi dalam drama ini.

Menariknya adalah iklan permen kopiko yang muncul di drama Vincenzo tidak seperti biasanya dalam kemasan satuan kecil. Namun, berbentuk kemasan yang berisikan 8 butir permen atau kemasan blister pack yang praktis. Adapun harga kemasan tersebut adalah dua ribu rupiah di halaman e-commerce. Kemunculan iklan ini menimbulkan banyak reaksi lucu dari penikmat drakor terutama masyarakat Indonesia.

2. Reaksi Penggemar Drakor Indonesia

Kehadiran iklan kopiko pada episode 14 di drama Vincenzo ini sudah ditunggu-tunggu banyak penikmat drakor Indonesia. Sehingga, tidak heran jika episode ini sangat mencuri perhatian hingga membuat heboh netizen Indonesia. Lantaran permen asal Indonesia tersebut muncul menjadi salah satu bagian dalam adegan drama yang menceritakan tentang mafia. Para penggemar langsung meramaikan Twitter dengan cuitan mereka.

Ada yang menuliskan bahwa semua akan Indonesia pada waktunya. Ada juga yang masih terkejut dengan adegan tersebut, meskipun pengumuman kopiko menjadi sponsor drama ini telah diumumkan sejak episode pertama. Tidak hanya itu, banyak juga netizen yang merasa bangga dengan kehadiran permen asal Indonesia tersebut. Ada yang menambahkan tulisan hmm enak pada foto aktris Kim Yoon Hye yang mencicip permen kopi Kopiko di dalam mobil. Kemudian, netizen juga berpendapat untuk segera menambah persediaan sebelum harga permen tersebut menjadi naik. Ada juga yang menuliskan bahwa permen tersebut merupakan kesukaan ibu-ibu pengajian. Namun, kebanyakan menambahkan emoticon tertawa.

Iklan Kopiko Muncul di Drama Vincenzo, Begini Reaksi Pecinta Drakor! Drama Korea

Gambar: Salah satu cuitan netizen di Twitter tentang kemunculan permen asal Indonesia dalam pada episode 15 drama Vincenzo

3. Reaksi Netizen Korea

Tidak hanya netizen Indonesia saja yang bereaksi akan kemunculan iklan permen asal Indonesia tersebut. Sejumlah netizen Korea juga memberikan reaksi positif menanggapi kemunculan Kopiko sebagai PPL di drama Vincenzo. Ada yang mengatakan bahwa kopiko itu enak. Seorang netizen menuliskan bahwa dia mencoba permen tersebut dari guru matematikanya agar mereka tidak mengantuk saat pelajaran. Tidak sedikit yang merekomendasikan permen ini karena mengakui bahwa mereknya telah terkenal. Lalu, beberapa baru tahu bahwa kopiko berasal dari Indonesia karena biasanya dia membeli di pasar Belanda Amerika Utara. Ada juga yang menyatakan bahwa produk ini merupakan kopi kesukaan neneknya. Kebanyakan memang memberikan tanggapan yang positif.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Suka Komputer, Harus Tahu Jenis Jenis VLAN Ini

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton