in

Ilmu Finansial Dasar Yang Wajib Diketahui

Dalam mengelola dan mengatur anggaran keuangan pribadi ataupun rumah tangga memang membutuhkan ekstra tenaga dan pikiran, serta tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memerlukan pengetahuan dan juga ilmu untuk melakukan itu semua. Oleh karena itu ada beberapa ilmu finansial dasar yang wajib kamu ketahui untuk membantu kamu mengatur keuangan pribadi. Walaupun kedengarannya seperti belajar lagi, tetapi sebenarnya ilmu ini itu akan sangat berguna dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran kamu loh! Hal ini juga tidak sulit untuk dilakukan.

Ilmu Finansial Dasar Yang Wajib Diketahui Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-girl-watching-through-imac-4144222/

Jadi apa saja sih ilmu finansial dasar yang perlu kamu ketahui? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Investasi

Kata investasi identik dengan orang dengan uang yang banyak. Investasi juga identik dengan ketidakamanan. Masyarakat Indonesia pada umumnya masih belum memahami investasi. Walaupun investasi semakin sering dilakukan oleh orang-orang, tetapi masih ada sebagian besar kalangan orang yang memilih untuk tidak melakukan investasi karena berbagai alasan. Pengertian investasi sendiri adalah upaya penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Modal bisa berupa uang atau sumber daya yang lain. Dengan berinvestasi, orang berharap bisa mendapatkan manfaat di masa mendatang. Hal ini tentunya menjadi penting untuk dilakukan karena perekonomian dunia bergerak sangat cepat dan tanpa melakukan investasi orang-orang akan sulit mengejar laju ekonomi dan alhasil menjadi tertinggal. Dalam pengertian finansial, investasi adalah ketika seseorang menyimpan uang dalam aset keuangan, seperti saham atau obligasi, dengan harapan akan menerima lebih banyak uang di kemudian hari.

Segala sesuatu memang memiliki risiko, begitu juga dengan investasi. Namun, jangan khawatir, karena pemerintah dan pihak-pihak swasta semakin menyadari betapa pentingnya investasi untuk pertumbuhan ekonomi dan hal ini membuat investasi semakin dipermudah. Dari teknologi sampai banyaknya pilihan investasi yang bisa dipilih, berinvestasi dapat menjadi sesuatu yang sederhana. Oleh karena itu, mulai dari sekarang anda bisa mempelajari apa investasi dan cobalah untuk mengaplikasikannya di keuangan pribadi anda. Ilmu finansial dasar ini menjadi salah satu instrumen keuangan yang paling penting pada saat ini.

Ilmu Finansial Dasar Yang Wajib Diketahui Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/businessman-internet-luck-business-6801651/

2. Inflasi

Generasi 80 dan 90-an mungkin masih ingat bahwa dulu, satu ekor ayam bisa dibeli dengan harga Rp. 15,000 saja. Bukan hanya ayam, melainkan barang-barang lainnya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan sekarang. Fenomena ini disebut sebagai inflasi. Inflasi tidak hanya mempengaruhi sebagian masyarakat, tetapi juga berpengaruh di seluruh negara dan dapat memiliki dampak ke perekonomian dunia. Secara singkat inflasi dapat diartikan sebagai keadaan dimana nilai mata uang menurun dan mengakibatkan harga barang dan jasa meningkat. Inflasi biasanya sifatnya meluas, ketika satu atau dua barang pokok mengalami kenaikan harga, hal tersebut bisa mengakibatkan barang lainnya mengalami kenaikan harga. Inflasi bisa menjadi salah satu penyebab perlambatan ekonomi, sampai permasalahan financial negara. Harga barang yang naik membuat nilai mata uang turun. Maka, inflasi juga dapat diartikan sebagai penurunan nilai mata uang.

Mungkin ilmu finansial dasar yang satu ini kelihatan seperti sebuah permasalahan yang terjadi pada level nasional, tetapi efek dari inflasi akan terasa pada kehidupan pribadi dan hal ini bisa mempengaruhi keuangan pribadi anda. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh yang paling dekat mungkin adalah harga beras. Jika dibulatkan, kita anggap saja tingkat inflasi yang terjadi di Indonesia adalah 3% per tahun. Harga rata-rata beras di tahun 2020 adalah Rp. 9.500 per kg. Jika kita hitung harga beras di tahun 2021 akan menjadi Rp. 9.785 per kg. Jika dihitung lagi harga beras pada tahun 2025 akan menjadi Rp. 11.014 per kg dan akan terus menerus meningkat. Mungkin peningkatan harga beras kedengaran tidak terlalu besar, tetapi bagaimana dengan kebutuhan lainnya seperti properti atau mobil? Tentunya dengan memahami permasalah ini, anda dapat lebih bersiap-siap saat mengalami inflasi, apalagi dalam level yang berat.

Ilmu Finansial Dasar Yang Wajib Diketahui Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/shopping-business-money-paper-6310123/

Aturan 50/30/20

Strategi aturan anggaran 50/30/20 ini merupakan aturan yang sering dipakai oleh masyarakat luas untuk menabung. Aturan yang dibuat oleh Elizabeth Warren ini dapat diterapkan untuk mulai menabung dan membatasi jumlah pengeluaran. Jadi secara mudah aturan 50/30/20 ini berarti 50% pendapatan untuk pengeluaran, 30% untuk keinginan, dan 20% digunakan untuk menabung atau berinvestasi. Dalam menggunakan aturan ini, pertama-tama hitunglah penghasilan setelah pajak. Hitunglah jumlah pajak bulanan yang kamu dapatkan dan kurangi dengan gaji yang kamu terima. Misalnya pajak bulanan sebesar Rp.500.000 dan total gaji yang kamu terima adalah Rp. 5.000,000. Jadi pendapat bulanan adalah sebesar Rp. 4.500,000 dan setelah itu baru diaplikasikan ke dalam aturan 50/30/20 ini.

Menurut Elizabeth Warren, pencipta dari ilmu finansial dasar ini, jumlah pengeluaran per-bulan tidak boleh melebihi 50%, pengeluaran yang dimaksud adalah pengeluaran kebutuhan seperti biaya sewa, asuransi, makanan sehari-hari, transportasi, dan lain-lain. Jadi, jika pendapatan setelah pajak berjumlah Rp.4.500,000, maka pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari tidak boleh lebih dari 50% atau Rp. 2.250,000. Selanjutnya untuk keinginan tidak boleh lebih dari 30% atau Rp. 1.350,000. Keinginan tersebut misalnya membeli buku, mencoba restoran di mall, dan lainnya. Terakhir 20% dari gaji tersebut, Rp. 900,000 digunakan untuk menabung. Tabungan tersebut tidak boleh digunakan dan hanya boleh digunakan di situasi yang tidak terduga.

Ilmu Finansial Dasar Yang Wajib Diketahui Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-holding-banknote-928184/

Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang digunakan untuk situasi yang darurat, misalnya seperti saat kecelakaan, pensiun, atau hal-hal lainnya yang membutuhkan dana tersebut. Perlu dipahami bahwa anda mungkin tidak dapat bekerja selamanya dan menghasilkan uang seperti saat ini. Oleh karena itu, memiliki dana darurat adalah hal yang penting untuk dimiliki semua orang. Satu hal lagi yang perlu dipahami adalah jangan samakan dana darurat dengan tabungan. Sebaiknya kedua hal ini dipisahkan karena tujuan dari masing-masing berbeda. Hal ini bertujuan jika terjadi hal-hal yang di luar dugaan dan membutuhkan sejumlah uang, anda bisa menggunakan dana darurat ini dan tabungan pribadi anda tidak akan terpakai. Hal ini tentu membuat keuangan pribadi anda jauh lebih stabil.

Jadi itulah beberapa Ilmu finansial dasar yang wajib kamu ketahui. Mungkin kedengaran sepele dan simpel, tetapi hal-hal tersebut bisa sangat membantu keuangan anda saat ini dan di masa depan. Bagaimana? Adakah ilmu-ilmu yang sudah anda aplikasikan sehari-hari? Apakah ada ilmu finansial dasar lainnya yang anda lakukan? Selamat mencoba!

Itulah artikel mengenai “Ilmu Finansial Dasar Yang Wajib Diketahui”. Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://5starlimo.com.au/wp-content/uploads/2018/07/corporate-transfers-with-chauffeur.png

Apakah Gelar Akademik itu Penting bagi Pengusaha?

Bikin Penasaran, 5 Hal Ini Jadi Kode Comeback Solo Kim Hanbin eks iKON

Kabar Terbaru BI Mantan Leader iKON Setelah Terjerat Skandal