in

Ingin Membeli Barang Online? Ini Tips Belanja Online Aman

Perkembangan teknologi membuat apapun menjadi serba digital. Bahkan, kegiatan seperti berbelanja sekarang dapat dilakukan dengan mudah lewat gawai kita. Tinggal membuka aplikasi belanja online dan pilih apa yang mau kita beli. Sistem pembayarannya juga beragam, artinya kalian tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk melakukan transaksi. Namun, kemudahan ini juga diiringi dengan rasa cemas oleh masyarakat. Banyak yang menilai bahwa belanja online itu tidak aman, memakan waktu, dan barang yang ditampilkan secara online belum tentu sesuai dengan barang aslinya.

Permasalahan-permasalahan tersebut menjadi sebagian dari banyaknya alasan seseorang takut membeli barang online atau setidaknya minim berbelanja secara online. Memang benar bahwa terdapat ancaman penipuan saat berbelanja online, tetapi jika dilakukan secara teliti, resiko tersebut akan berkurang. Terlebih lagi, belanja online dapat memberikan banyak keuntungan. Mulai dari diskon, tidak perlu sulit mencari barang, dan pilihan produk lebih banyak, dan dapat berasal dari mana saja. Namun, memang resiko keamanan dan kepercayaan masih menjadi concern banyak orang. Oleh karena itu, ayo kita simak beberapa tips belanja online dengan aman dan terpercaya.

Ingin Membeli Barang Online? Ini Tips Belanja Online Aman Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-in-brown-long-sleeve-sweater-and-black-pants-sitting-on-brown-sofa-chair-using-laptop-3771787/

Gunakan Situs Belanja Online Yang Terpercaya Dan Aman

Situs-situs perbelanjaan online sudah tidak asing lagi di Indonesia bahkan di dunia. Ada berbagai pilihan situs perbelanjaan yang memiliki reputasi baik dan anda hanya tinggal memilih mana yang cocok dengan anda. Namun tidak sampai disitu saja, situs perbelanjaan online hanya wadah tempat berkumpulnya toko-toko online. Jadi kalian juga harus melakukan riset terhadap toko tersebut. Anggap saja situs sebagai mall online yang memiliki berbagai tenant. Meskipun situs tersebut berusaha menyediakan tempat shopping yang terpercaya, anda tetap harus memeriksa penjual di dalamnya.

Cari tahu reputasi penjual, barang apa saja yang dijual oleh dia, dan hampir seluruh situs perbelanjaan online menyediakan sistem rating dan ulasan produk. Jangan malas untuk mengecek dan melihat bagaimana tanggapan orang-orang yang pernah membeli barang tersebut. Beberapa hal yang dapat kamu periksa dari penjual tersebut yaitu, berapa lama toko sudah berdiri, apakah toko tersebut aktif, berapa rating toko tersebut, dan juga tanggapan dari orang-orang lainnya. Dengan mengecek terlebih dahulu, anda dapat menghindari potensi penipuan dari penjual toko.

Cek Harga

Seringkali harga barang yang ditawarkan di online lebih murah ketimbang membeli langsung. Harga barang memang bisa lebih murah karena ketika produk dijual secara online, biaya-biaya seperti operasional toko, gaji karyawan, dan lainya tidak ada, sehingga produsen atau penjual dapat menawarkan barang lebih murah dibandingkan harga pasaran. Hal tersebut memang kedengaran sangat menggiurkan, tetapi jangan langsung tergoda dengan harga murah. Memang benar harga barang bisa lebih murah, tetapi selalu cek apakah harga tersebut masuk akal atau tidak? Kadang ada toko yang menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dan tentu hal tersebut bisa jadi mencurigakan.

Kita ambil saja contoh kursi kerja. Saat dijual pada toko-toko tradisional, kursi tersebut dihargai Rp. 550.000 dan di toko online dihargai Rp.210.000. Harga tersebut kedengaran menggiurkan, tetapi ayo pikirkan baik-baik. Apakah mungkin kursi yang sama dapat dibeli dengan harga yang sangat jauh berbeda? Mungkin saja barang yang dijual adalah produk palsu atau mungkin juga produk merupakan barang cacat. Potensi tersebut membuat belanja online bisa menjadi tidak aman. Jadi selalu cek harga sebelum membeli, jangan terjebak label harga murah.

Ingin Membeli Barang Online? Ini Tips Belanja Online Aman Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/bank-black-and-white-business-cash-129492/

Baca Deskripsi Produk

Tidak jarang banyak barang-barang palsu beredar di pasaran, barang-barang tersebut kelihat mirip dengan barang aslinya, tetapi biasanya memiliki kualitas yang kurang baik. Untuk meminimalisir kemungkinan ini, sebelum membeli barang, bacalah deskripsi produk baik-baik. Pastikan nama produk, ukuran, spesifikasi, edisi, dan lainnya tepat. Kalau perlu jika informasi yang disediakan kurang, langsung tanya ke penjual.

Banyak kasus, barang yang dijual tidak sesuai dengan deskripsi produk. Supaya tidak menyesal setelah membeli, ada baiknya membaca review produk juga. Review oleh influencer atau lebih mudahnya langsung cek ulasan dari orang-orang sudah pernah membeli sebelumnya. Sesuaikan deskripsi produk dengan reputasi toko yang baik. Selain itu, jangan sampai salah memilih, beberapa produk biasanya memiliki varian warna dan ukuran. Jadi kalian harus teliti juga, jangan sampai kecewa saat barang sampai karena kelalaian sendiri. Lewat cara ini, kamu bisa belanja online secara lebih aman.

Gunakan Metode Pembayaran Yang Aman

Teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat dapat memilih berbagai cara untuk bertransaksi. Pembeli bisa membayar dengan sistem dompet digital, kartu kredit, kartu debit, transfer, dan Cash On Delivery (COD). Jika anda takut barang yang anda beli tidak kunjung sampai, mungkin anda bisa menggunakan metode pembayaran di tempat atau COD. Sistem ini memungkinkan anda membayar produk saat produk sudah diterima di tangan anda. Hal ini mengurangi resiko barang tidak kunjung sampai karena jika barang tidak kunjung sampai, anda belum kehilangan uang sepeserpun.

Jika anda tidak ingin membayar menggunakan cash, anda bisa menggunakan pilihan pembayaran lainnya. Tidak perlu khawatir juga karena setiap sistem pembayaran telah diuji keamanannya dan hampir seluruh situs perbelanjaan online memberikan garansi uang kembali. Jadi kalau barang kamu tidak sampai-sampai dan penjual tidak ada penjelasan, uang kamu bisa kembali lagi. Jadi tidak perlu takut lagi, karena semua metode pembayaran belanja online sudah terbukti aman dan terpercaya.

Hati-Hati Dengan Syarat Dan Ketentuan

Setiap produk dan toko online biasanya memiliki syarat dan ketentuan. Misalnya seperti kebijakan no complaint, garansi, dan lainnya. Perhatikan hal ini dengan teliti dan jangan sampai kebijakan yang diberikan malah membuat kamu rugi. Biasanya syarat dan ketentuan bisa kamu lihat pada deskripsi produk atau bisa kamu tanyakan langsung kepada penjual.

Ingin Membeli Barang Online? Ini Tips Belanja Online Aman Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-using-black-and-white-smartphone-and-holding-blue-card-230544/

Cek Total Belanja Online Dan Simpan Bukti Pembayaran

Setelah kamu melewati beberapa tahap dalam belanja online, kamu sampai pada tahapan pembayaran. Dalam tahapan ini, kamu harus mengecek total belanjaan kamu. Ada biaya yang harus kamu bayar selain harga produk itu sendiri. Biaya ongkir, asuransi, dan lainnya tergantung produk yang kamu beli. Supaya barang belanja online yang kamu beli tetap aman, ada baiknya kamu menggunakan asuransi pengiriman supaya barang yang diantar sampai dengan kondisi yang baik juga. Perlu dipahami bahwa tidak semua kerusakan pada barang berasal dari penjual, terkadang saat proses pengiriman dari kurir, terjadi kesalahan sehingga produk tersebut cacat. Jadi ada baiknya jika kamu menggunakan asuransi produk, terutama terhadap produk yang mudah pecah dan lain-lain.

Melewati proses pembayaran, simpanlah buktinya. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga kalau misalnya proses pembayaran bermasalah dan kamu bisa membuktikan kalau kamu sudah membayar barang tersebut. Bisa saja hal-hal yang tidak diperkirakan terjadi, jadi ada baiknya bagi anda untuk menyimpan bukti pembayaran tersebut.

Terakhir, Setelah Barang Belanja Online Sampai Cek Produk Dan Hilangkan Informasi Pada Paket

Barang yang kamu beli sudah sampai ke tujuannya, tentunya anda akan merasa sangat senang, tetapi sebelum menggunakan produk tersebut, cek terlebih dahulu. Apakah ada cacat atau kerusakan. Banyak toko yang tidak mau menerima barang yang sudah digunakan, jadi ada baiknya anda memeriksa barang yang sudah sampai. Jika anda tidak menemukan kerusakan apapun pada produk tersebut dan anda puas dengan produk tersebut, langsung berikan ulasan produk supaya pembeli-pembeli selanjutnya dapat memiliki referensi.

Terakhir, hancurkanlah jejak dari paket. Jika anda sadari, paket berisi informasi-informasi penting anda. Nama, alamat, nomor telepon, dan lain-lain. Jika anda membuang bungkusan berisi informasi anda begitu saja, ada kemungkinan orang lain dapat menggunakan informasi tersebut untuk melakukan sesuatu yang tidak baik. Jadi sebelum dibuang, hancurkanlah dulu informasi tersebut. Dibakar, digunting, atau dicoret-coret. Pastikan informasi tersebut sudah tidak bisa dibaca lagi.

Belanja online memberikan banyak sekali kemudahan bagi orang-orang. Sekarang orang yang tinggal di Indonesia dapat dengan mudah membeli barang dari penjual yang berada di Korea. Pilihan produk yang ditawarkan juga beragam, memberikan anda kemudahan untuk menemukan barang yang anda inginkan. Kemungkinan terjadinya penipuan, kerusakan, pencurian memang akan selalu ada. Namun, dengan lebih teliti dalam melakukan belanja online, anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan lebih aman dan terpercaya.

Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

7 Aplikasi Movie Maker untuk OS Windows 10

Ini 7 Atlet Bulutangkis Ganteng Yang Di Kagumi Kaum Hawa