in

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera!

Jakarta tidak hanya dikenal sebagai kota metropolitan saja, tapi juga dikenal dengan budayanya dan makanan khasnya. Makanan khas Betawi adalah makanan favorit di Jakarta. Rasanya yang lezat, bikin kamu mau terus mencobanya. Apa saja makanan khas Betawi yang lezat? Ini dia informasinya.

1. Soto Betawi

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Soto Betawi (https://www.resepistimewa.com/cara-membuat-soto-betawi/)

Siapa yang tidak suka dengan Soto Betawi? Soto Betawi adalah makanan khas betawi yang mengenyangkan, dan rasanya lezat. Berbahan dasar daging sapi, Soto Betawi ditambah dengan kuah santan. Ada berbagai toping yang bisa ditambah di Soto Betawi, seperti Kentang juga sayuran lainnya.

Di Jakarta, banyak rumah makan yang menyediakan Soto Betawi, dan kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipinya. Rasanya Soto Betawi yang lezat, tentunya membuat kamu ingin terus menambah porsinya.

2. Kerak Telur

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Kerak Telur (https://www.sumber.com/sumberpedia/kuliner/kerak-telor-1568104396)

Apakah kamu suka dengan telur goreng? Jika kamu suka dengan olahan telur, jangan lupa untuk mencicipi Kerak Telur. Kerak Telur adalah makanan khas Betawi yang berbahan dasar telur, kemudian ditambah dengan ragam toping .

Kerak Telur menggunakan telur ayam atau telur bebek , kemudian telur tersebut dipanggang diatas kuali. Telur ini dipanggang bersama dengan nasi matang, sehingga dikenal dengan nama makanan Kerak Telur.

Jika ada kesenian atau festival khas Betawi, Kerak Telur biasa dijajakan. Hargaya yang terjangkau, akan sebanding dengan rasanya yang lezat. Kamu bisa tambahkan Serundeng, supaya Kerak Telur tambah nikmat.

3. Ayam Sampyok

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Ayam Sampyok (https://oleholehjakarta.co.id/2020/02/18/resep-ayam-sampyok/)

Selanjutnya, ada Ayam Sampyok yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Jakarta. Ayam Sampyok adalah merupakan makanan khas yang memadukan bumbu dari Betawi dan juga Tionghoa. Ayam ini dioalah dengan bumbu yang khas, sehingga menghasilkan rasa yang khas juga.

Makanan yang satu ini sangat jarang ditemui, dan hanya ada saat acara acara tertentu. Walaupun makanan ini jarang ada yang menjajakan, tapi kamu bisa mencicipi makanan ini. Kamu bisa hadir di acara budaya Betawi, dan coba makanan Betawi yang satu ini.

4. Sayur Babanci

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Sayur Babanci (https://www.winnetnews.com/post/resep-istimewa-sayur-babanci-kuliner-langka-dari-betawi)

Kemudian ada Sayur Babanci sebagai makanan khas Betawi yang mengunggah selera kita. Sayur Babanci berisi sayur sayuran, dan ditambah dengan ragam toping . Toping tersebut adalah daging sapi, dan juga petai.

Agar tambah nikmat dan membuat perut menjadi kenyang , sayur babanci biasa ditambah dengan ketupat. Sayur Babanci ini bisa kamu temui saat hari raya idul fitri , atau festival budaya Betawi.

5. Nasi Ulam

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Nasi Ulam (https://mediaindonesia.com/read/detail/296648-nasi-ulam-betawi-dengan-pelengkap-yang-mulai-langka)

Nasi Ulam adalah makanan khas betawi yang juga wajib kamu coba. Hampir mirip dengan Nasi Goreng, Nasi Ulam dikukus dengan rempah rempah. Tambahkan serundeng, agar Nasi Ulam menjadi tambah nikmat.

Selain ditambah dengan serundeng, Nasi Ulam bisa ditambah dengan toping dendeng, telur, dan lain sebagainya. Toping toping yang berpadu dengan nasi kukus, menambah kenikmatan dari makanan khas satu ini.

Jika kamu ingin mencoba Nasi Ulam, kamu bisa berkunjung ke rumah makan Betawi. Banyak rumah makan yang menyediakan makanan satu ini, sehingga kamu tidak akan menyesal untuk mencobanya.

6. Pecak Lele

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Pecak Lele (https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-pecak-ikan-lele-khas-betawi-yang-enak-lezat-dan-mudah)

Siapa yang tidak suka dengna ikan lele? Ikan lele biasa kita jumpai dengan cara digoreng, tapi masyarakat Betawi mengolah Lele menjadi Pecak. Menggunakan rempah rempah khas, membuat Pecak Lele menjadi makanan yang favorit.

Untuk membuat Pecak Lele, pertama ikan lele digoreng terlebih dahulu. Setelah digoreng, ikan lele ditambah dengan saus kacang. Selain saus kacang, lele ditambah asam jawa . Bumbu bumbu tersebut ditambahkan ke atas ikan lele.

Ingin menikmati Pecak Lele? Kamu dapat berkunjung ke rumah makan khas Betawi. Harga yang terjangkau, tentu akan sebanding dengan rasanya yang nikmat. Selain itu, kamu juga akan merasakan olahan lele yang berbeda.

7. Ikan Gabus Pucung

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Ikan Gabus Pucung (https://bekasipedia.com/kuliner-khas-bekasi-gabus-pucung-bisa-jadi-obat-juga-loh/3352/)

Selanjutnya, ada makanan khas Betawi bernama Ikan Gabus Pucung. Ikan Gabus Pucung berbahan dasar ikan gabus, dan diolah dengan rempah rempah yang khas. Untuk membuat Ikan Gabus Pucung, pertama ikan Gabus digoreng terlebih dahulu.

Setelah digoreng, tambahkan rempah rempah khas. Rempah rempah tersebut akan menghasilkan rasa asam , dan juga rasa pedas. Danging Ikan Gabus yang lembut, akan berpadu dengan rempah rempah tersebut.

Ikan Gabus Pucng, masih dapat ditemui di rumah makan Betawi. Rasanya yang khas, tentunya kamu akan menambah porsi makan kamu. Tambahkan nasi putih, supaya kamu tambah kenyang.

8. Bandeng Premol

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Bandeng Premol (https://www.portraitnusantara.com/2018/08/06/lezat-dan-gurihnya-ikan-bumbu-pesmol-khas-betawi/)

Bandeng biasanya hanya digoreng, tapi lain halnya dengan makanan khas Betawi satu ini. Bandeng Premol merupakan olahan dari ikan bandeng, dan makanan ini diolah sedemikian rupa agar nikmat.

Untuk membuat Bandeng Premol, pertama ikan dibersihkan dahulu. Setelah dibersihkan, ikan diolah dengan rempah rempah yang khas. Rempah rempah yang khas tersebut, akan menghasilkan ikan berwarna kuning. Jika kamu suka pedas, kamu bisa tambahkan irisan cabai

Jika kamu ingin mencoba Bandeng Premol, banyak rumah makan Betawi yang menyediakannya. Makanan khas Betawi ini tidak akan rugi untuk kamu coba, karena rasanya gurih bercampur pedas.

9. Roti Buaya

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Roti Buaya (https://www.resepkuerenyah.com/cara-membuat-roti-buaya/)

Roti Buaya merupakan makanan khas yang sering dijumpai saat acara perkawinan Suku Betawi. Bermakna sebuah kesetiaan, membuat Roti Buaya digunakan pada saaat acara lamaran atau perkawinan.

Sebenarnya, Roti Buaya sama seperti roti pada umumnya. Hanya saja, Roti Buaya diolah supaya mirip dengan buaya. Rasa dari roti buaya ini nikmat, dan tidak kalah dengan roti yang lainnya.

Jika ingin mencoba Roti Buaya, banyak toko roti yang menyediakan Roti Buaya. Berbagai ukuran pun tersedia, mulai dari yang kecil sampai besar. Roti Buaya juga bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang terdekat kamu.

10. Kue Kembang Mayang

Ini Deretan Makanan Khas Betawi yang Menggungah Selera! Kuliner

Gambar: Kue Kembang Mayang (http://kabardunia.com/kuliner/1854-resep-putu-mayang-yang-enak.html)

Makanan Khas Betawi yang terakhir ada Kue Kembang Mayang yang wajib kamu coba. Kue Kembang Mayang bisa kamu temui dimanapun, dan kue ini berbaha dasar tepung beras. Yang unik dari Kue Kembang Maya adalah, kue ini bentuknya bermacam macam warna.

Kalau kamu ingin mencicipi kue satu ini, jangan lupa mengunjungi toko yang menjualnya. Bentuknya yang unik dan harganya terjangkau, membuat kamu ketagihan mencoba kue khas Betawi ini.

Demikian informasi mengenai makanan khas Betawi. Banyak makanan khas Betawi yang jarang ditemui , sehingga makanan tersebut harus dilestarikan. Selain melestarikannya, makanan Betawi juga wajib kamu perkenalkan kepada teman atau saudara kamu.

Untuk rekomendasi makanan lezat lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Deretan Destinasi Wisata Bandung Yang Wajib Dikunjungi!

Sederet Mantan Pemain Manchester United Yang Diharapkan Pulang