in

Ini Perjalanan Karir Mamamoo Sejak Debut Hingga Akhirnya Mulai Dikenal

Mamamoo yang terdiri dari Solar, Moonbyul, Wheein dan Hwasa ini tidak langsung terkenal setelah debut. Lantaran grup yang berada di bawah naungan agensi Rainbow Bridge World memang sedikit berbeda dari kriteria grup wanita K-Pop secara general. Di mana mereka tidak menonjolkan koreografi dan visual, tetapi lebih mengedepankan kemampuan vokal mereka yang luar biasa. Sehingga perjalanan karir yang dialami Mamamoo sejakdebut pada tahun 2014 tidaklah mudah dan banyak tantangan yang harus dihadapi.

Ini Perjalanan Karir Mamamoo Sejak Debut Hingga Akhirnya Mulai Dikenal K-Pop

Berikut ini adalah perjalanan karir Mamamoo sejak debut hingga akhirnya mulai dikenal :

1. Tahun 2014

Mamamoo resmi debut di industri hiburan Korea Selatan dengan merilis album yang bertajuk Hello pada tanggal 19 Juni 2014. Grup yang berada di bawah naungan agensi RBW Entertainment ini terdiri dari Solar, Moonbyul, Wheein dan Hwasa. Mereka membawa lagu Mr. Ambigus sebagai lagu utama untuk debut mereka. Kritikus musik di Korea Selatan menyebutkan bahwa debut Mamamoo menjadi salah satu debut grup K-pop terbaik sepanjang tahun 2014. Lantaran mereka memiliki vocal yang kuat dengan lagu yang mengusung genre musik seperti R&B, retro, dan jazz. Kemudian, Mamamoo pun merilis mini album kedua yang bertajuk Piano Man pada tanggal 21 November 2014. Solar dkk sukses menduduki peringkat 50 besar di tangga musik untuk Gaon Digital.

2. Tahun 2015

Mamamoo tampil di Immortal Song 2 yang merupakan kompetensi musik legenda Korea pada tahun 2014. Mereka membawakan lagu berjudul Wait a Minute. Kemudian, Mamamoo diundang sekali lagi ke acara tersebut pada tahun selanjutnya. Mereka membawakan lagu berjudul Backwood’s Mountain yang sukses meraih kemenangan pertama mereka. Kehadiran Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa semakin menarik perhatian publik pada tahun 2015. Lantaran memenangkan penghargaan di Gaon Chart Music Awards di mana membawa pulang piala untuk kategori New Artis of the Year. Ini menjadi pencapaian pertama dalam perjalanan karir bagi keempat personel Mamamoo yang tidak terlupakan.

Ini Perjalanan Karir Mamamoo Sejak Debut Hingga Akhirnya Mulai Dikenal K-Pop

3. Tahun 2016

Grup yang berada di bawah naungan RBW Entertainment ini mengadakan konser tunggal pertama mereka pada tahun 2016. Konser tersebut bertajuk Mamamoo Concert Moosical yang diadakan di Olympic Hall Korea Selatan. Ada 7000 tiket habis terjual hanya dalam jangka waktu satu menit saja pada kesempatan tersebut. Mamamoo juga merilis full album pertama mereka yang bertajuk Melting di tahun ini. Lagu You’re the Best yang merupakan lagu utama album ini sukses meraih trofi pertama di acara musik mingguan Korea Selatan. Acara tersebut adalah Inkigayo, Musik Bank dan M!Countdown.

4. Tahun 2017

Mamamoo yang memulai debut pada tanggal 19 Juni 2014 ini kembali merilis mini album yang bertajuk Purpel pada tahun 2017. Lagu utamanya yang berjudul Yes I Am berhasil menduduki posisi pertama di Melon Real Time dan Billborad World Charts. Ini menjadi pencapaian pertama dalam perjalanan karir bagi keempat personel Mamamoo.

5. Tahun 2018

Keempat anggota grup oleh projek Four Seasons pada tahun 2018. Lantaran masing-masing personel mengeluarkan album untuk empat musim berbeda. Yang artinya ada empat album solo yang mereka rilis sepanjang tahun ini, yaitu Yellow Flower, Red Moon, Blue:S dan White Wind. Mamamoo telah menggelar 10 konser di 5 negara berbeda pada projek Four Seasons tersebut. Beberapa tempat di antaranya adalah Seoul, Taipei, Daegu, Yokohama, dan Osaka.

Mamamoo untuk pertama kalinya tampil di panggung MAMA setelah empat tahun di industri hiburan Korea Selatan, yaitu pada tahun 2018. Keempat personel menyajikan aksi panggung spektakuler mereka secara personal. Solar menampilkan pole dance yang diiringi instrument lagu berjudul Cleopatra, sedangkan Wheein membawakan lagu berjudul Easy. Kemudian, Moonbyul menyapa setelahnya dengan menampilkan lagu berjudul Selfish. Penampilan terakhir dibawakan sang makne yang membawakan dua lagu sekaligus. Di mana Hwasa menyanyikan lagu berjudul Above Live dan Don’t. Mamamoo pun tampil bersama selepas tampil secara individu. Mereka menyanyikan dua lagu mereka yang rilis pada tahun 2018 secara kombinasi, yaitu lagu Egotistic dan lagu Stary Night. Grup yang terkenal dengan vokal kuat ini pun berhasil membawa pulang dua penghargaan pada MAMA tahun 2018. Mereka membawa pulang trofi Worldwide Fan’s Choice Top 10 dan Favorite Vocal Artis.

Ini Perjalanan Karir Mamamoo Sejak Debut Hingga Akhirnya Mulai Dikenal K-Pop

6. Tahun 2019

Mamamoo kembali merilis full album kedua mereka yang bertajuk Reality in BLACK pada tanggal 14 November 2019. Lagu utama mereka berjudul HIP tidak hanya memuncaki segenap tangga musik di Korea Selatan saja. Namun, lagu ini juga berhasil menempati posisi pertama World Albums dan World Digital Song Sales. Prestasi tersebut menjadikan Mamamoo sebagai girl group K-pop keempat yang meraih kesuksesan tersebut. Adapun tiga lainnya adalah Red Velvet, TWICE dan BLACKPINK berdasarkan pernyataan pihak Billboard. Mamamoo pun kembali tampil dalam MAMA di Nagoya Dome, Jepang pada tanggal 4 Desember 2019 . Mereka menyuguhkan penampilan panggung spesial bersama Park Jin Young yang merupakan penyanyi senior Korea Selatan sekaligus CEO JYP Entertainment. Penampilan tersebut masih sangat membekas hingga saat ini sebagai perjalanan karir bagi grup Mamamoo.

7. Tahun 2020

Mamamoo merilis lagu Dingga sebagai lagu pra rilis dari mini album bertajuk Travel yang dirilis pada 3 November 2020. Lagu Dingga berada di top chart iTunes secara global terhitung 24 jam setelah perilisan music video. Lagu yang dibawakan oleh keempat personel Mamamoo ini juga berjaya dalam negeri sebagai top pertama tangga lagu real time domestik. Nama Mamamoo tertera di urutan 10 Melon, urutan 3 Genie, dan urutan 2 Bugs setelah 24 jam perilisan lagu baru mereka. Menariknya, lagu ini sebenarnya sudah menarik perhatian para pecinta K-pop sebelum perilisan. Banyak warga net yang membicarakannya hingga menjadi trending topic dunia. Maka tidak heran music video yang ditayangkan di Youtube juga langsung menjadi trending populer. Bahkan telah ditonton lebih dari 5,4 juta kali setelah sehari perilisan. Prestasi ini tentu tidak dapat diraih tanpa perjuangan yang tinggi oleh ke empat personelnya. Wheein, Solar, Hwasa dan Moonbyul terlihat sangat totalitas dalam menampilkan performance terbaik mereka.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
8 Decluttering Lessons Learned from the Marie Kondo book

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui

The Most According To... Stories - ถ้วยชา - Gita Savitri คุณภาพสูง

Review Buku A Cup Of Tea, Karya Terbaik Gita Savitri Tahun 2020