in

Ini Tiga Cara Modifikasi Motor yang Ditujukkan untuk Para Pemula

Kendaraan pribadi saat ini menjadi jarang digunakan akibat dari pembatasan mobilitas selama pandemi. Momen ini pun dimanfaatkan oleh tidak sedikit orang untuk memodifikasi motor mereka di bengkel. Hanya saja masih ada kekhawatiran di tengah masyarakat tentang penilangan yang dilakukan oleh polisi. Pasalnya ada larangan memodifikasi kendaraan bermotor yang tertuang dalam Pasal 277 di Undang-Undang No. 22 Tahun 2009. Peraturan tersebut mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Oleh karena itu, ada tiga cara modifikasi motor yang ditujukkan untuk para pemula agar tidak terkana tilang dan tetap aman.

Pengendara motor perlu memperhatikan beberapa tips tentang modifikasi motor supaya tetap merasa nyaman saat menggunakannya khusunya yang memiliki tubuh pendek. Lantaran orang yang tidak tinggi memiliki tantangan tersendiri salah satunya sepeda motor dirancang untuk pengendara dengan tinggi rata-rata 175 cm. Fakta tersebut ditemukan sekitar 80 persen. Namun, banyak pengendara yang masih belum menyadari tentang perlunya perubahan sederhana ini. Modifikasi motor tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan jangkauan tangan ke stang dan tuas kontrol tetapi juga semakin dekat ke tanah. Sebenarnya ada beberapa tips modifikasi motor agar lebih pas tanpa banyak melakukan perubahan.

Berikut ini adalah tips modifikasi motor yang ditujukkan kepada pengendara bertubuh pendek yang dikutip dari Motor Cycle Cruiser. Pertama adalah mengubah bagian suspensi yang disesuaikan dengan postur tubuh dengan cara memutar pegas. Mengukur jarak garpu dan kompres kejut dengan beban dari pengendara yang disesuaikan dengan situasi tanpa beban pengendara. Lantaran pengendara yang memiliki postur tubuh tidak tinggi cenderung memiliki berat badan lebih ringan. Faktanya adalah sebagian besar suspensi dari pabrik telah diatur untuk pengendara yang memiliki berat badan 81,6 kg. Suspensi motor akan membuat telapak kaki berada jauh dari trotoar apabila berat pengendara jauh lebih ringan dari seharusnya.

Ini Tiga Cara Modifikasi Motor yang Ditujukkan untuk Para Pemula Otomotif

Gambar: ada cara modifikasi motor yang tidak perlu dilakukan untuk para pemula agar tidak terkana tilang dan tetap aman

Kedua adalah mengganti atau mengurangi ketebalan pada jok. Penawaran aksesori plug-and-play low seat dari kebanyakan pabrikan secara langsung dapat mengurangi ketinggian standover sebesar 1 inci. Tips kedua ini juga dapat diterapkan dengan aftermarket yang memiliki sangat beragam pilihan. Kendati begitu, pengendara sebelum membeli sangat dianjurkan untuk memeriksa bentuk, lebar, dan panjang jok. Hal yang perlu diingat adalah ukuran jok yang lebih sempit berfungsi membuat kaki menjadi lebih lurus untuk mencapai tanah. Opsi lainnya dalam menerapkan tips kedua ini dengan memodifikasi motor dengan mengukir busa pada sadel yang sesuai ukuran. Opsi ini dinilai sederhana dan murah sebagai sisi positif tetapi membuat duduk kurang nyaman sebagai sisi negatif.

Ketiga adalah mengubah bagian stang atau menyetel ulang riser bar. Mengubah bagian stang bagi pengendara lengan pendek atau tangan kecil memberikan manfaat dalam kenyamanan dan kontrol. Hal yang perlu dilakukan sebelum membeli riser bar yang baru adalah melihat apakah rotasi unit berjalan dengan cepat saat akan menyetelnya. Beberapa cara mengubah stang agar mundur adalah melonggarkan penjepit dan menurunkan palang menuju ke arah pengendara. Lalu, posisi tuas rem dan kopling disesuaikan agar letaknya lebih pas. Hal yang dilakukan sebelum mengencangkan kembali adalah memastikan tidak ada satu pun yang mengikat atau terjepit. Kendati begitu, tips ini tidak akan membuat sepeda motor menjadi lebih dekat ke tanah.

Keempat adalah memilih pijakan kaki agar berada di tengah. Lerak pijakan kaki biasanya dipasang agak ke depan pada kebanyakan sepeda motor. Tujuannya untuk mendapatkan posisi yang santai ketika sedang berkendara. Namun, pengendara dengan tubuh pendek sulit menjangkau posisi ini. Sehingga perlu melakukan modifikasi motor dengan cara menukar kontrol kaki agar dipasang di tengah. Hanya saja tidak semua sepeda motor memungkinkan untuk melakukan hal ini.

Ini Tiga Cara Modifikasi Motor yang Ditujukkan untuk Para Pemula Otomotif

Gambar: Mengubah rangka kendaraan menjadi salah satu yang paling dilarang dalam memodifikasi motor yang dipakai sehari-hari

Tips yang kelima mungkin terdengar halus yaitu menyesuaikan tuas rem atau shifter. Kendati begitu perubahan dengan menaikkan atau menurunkan ketinggian rem ini dapat memberikan keuntungan bagi pengendara yang memiliki tubuh pendek.

Terakhir adalah menurunkan mekanik karena kursi yang lebih rendah tidak membuat pengendara cukup dekat dengan tanah. Alasan tips ini menjadi pilihan terakhir adalah berdampak pada suspensi karena mengurangi jarak menikung. Meminta kepada mekanik memotong garpu dan shockbreaker bagian dalam menjadi pendek dinilai cara terbaik dan teraman untuk menurunkan ketinggian motor. Kendati begitu, cara ini memiliki dampat negatif pada pengeluaran pengendara dan perawatan kendaraan. Namun, dampak positifnya adalah hasil modifikasi memiliki kemiripan dengan kualitas kendaraan pada umumnya. Selain enam tips di atas ada lagi tips yang bisa digunakan untuk para pembaca. Silahkan dibaca karena pastinya sangat bermanfaat sekali.

Ini adalah tiga cara modifikasi motor yang tidak perlu dilakukan untuk para pemula agar tidak terkana tilang dan tetap aman :

1. Rangka motor

Mengubah rangka kendaraan menjadi salah satu yang paling dilarang dalam memodifikasi motor yang dipakai sehari-hari. Kendati begitu, hal ini tetap diperbolehkan untuk dilakukan untuk keperluan pameran atau kontes dan lainnya. Kemudian, hal yang dilarang lainnya adalah mencopot spion dan lampu sein. Pasalnya kedua alat tersebut memiliki peran vital dalam berkendara karena dapat meningkatkan keselamatan pengendara dan mencegah hal-hal yang tidak diingkan. Melakukan tindakan yang dilarang dengan tujuan untuk gaya akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Ini Tiga Cara Modifikasi Motor yang Ditujukkan untuk Para Pemula Otomotif

Gambar: Sangat dianjurkan untuk tidak mengubah ukuran panjang, lebar, volume maupun dimensi motor lainnya agar menghindari terkena tilang

2. Dimensi kendaraan

Ini adalah cara modifikasi motor kedua yang tidak perlu dilakukan untuk para pemula agar tidak terkana tilang dan tetap aman. Sangat dianjurkan untuk tidak mengubah ukuran panjang, lebar, volume maupun dimensi motor lainnya agar menghindari terkena tilang. Pemula harus terus memastikan bahwa wujud motor mereka tetap sesuai dengan keterangan dalam surat BPKB dan STNK termasuk warna kendaraan. Sehingga mereka dapat menempelkan stiker tanpa berlebihan sebagai alternatif dalam berkreasi untuk menghias motor. Mereka juga perlu mengusahakan agar warna identitas motor masih dapat terlihat dominan. Alternatif lain adalah mengurus tentang perubahan warna dengan datang ke kantor Samsat terdekat. Syarat yang diperlukan adalah KTP, STNK, BPKB, dan terkadang juga diperlukan surat keterangan dari bengkel yang akan mengubah warna.

3. Kapasitas mesin

Pemikiran untuk mengubah kapasitas mesin motor pasti pernah terlintas bagi pengendara yang sangat menyukai adu kecepatan. Namun, hal itu dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara yang lain sehingga menjadi salah satu yang dilarang untuk dilakukan. Selain itu, contoh lain yang dilarang dalam undang-undah adalah memodifikasi knalpot. Lantaran perubahan tersebut memiliki kaitan tidak hanya dengan polusi udara tetapi juga polusi suara. Apalagi sebenarnya tidak semua produk knalpot aman untuk digunakan. Itu adalah tiga cara modifikasi motor ditujukkan untuk para pemula yang dikutip dari laman Astra Motor.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
3 Tahun Pacaran, Ryu Jun Yeol dan Hyeri Kepergok Kencan Romantis di Seoul

Foto Ini Konfirmasi Hubungan Ryu Jun Yeol dan Hyeri Belum Putus

Peringkat Top Hero Di My Hero Academia Setelah All Might Pensiun