in

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Lebih Untung Yang Mana

Investasi memang penting untuk dilakukan karena zaman sekarang untuk menabung saja tidaklah cukup. Investasi seringkali dilakukan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Oleh karena itu biasanya hasil investasi akan terlihat dalam beberapa waktu, biasanya tidak sebentar. Saat ini investasi dapat dimulai dengan sangat mudah dan investasi dapat dilakukan lewat berbagai cara. Hal ini karena teknologi serta informasi yang lebih memudahkan seseorang untuk memulai investasi bahkan dengan modal awal yang kecil sekalipun. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi orang-orang, terlihat dari banyaknya orang-orang yang mulai berinvestasi dan jumlah orang yang mulai berinvestasi dari tahun ke tahun selalu meningkat. Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang populer untuk dilakukan. Namun, masih banyak orang yang bingung investasi emas mana yang lebih menguntungkan? Investasi emas perhiasan atau batangan?

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Lebih Untung Yang Mana Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/gold-plated-accessories-248077/

Investasi emas masih menjadi salah satu jenis investasi pilihan banyak orang. Logam mulia yang satu ini dinilai aman dan dipastikan akan memberikan keuntungan yang besar bagi para investor. Memang tidak salah bahwa investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang digadang-gadang paling aman untuk dilakukan bagi pemula. Apalagi investasi yang satu ini juga menjadi salah satu jenis investasi yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang. Jenis investasi yang satu ini memang salah satu investasi yang populer dan mudah untuk dilakukan, cenderung tidak ribet. Memang sudah bukan rahasia lagi kalau emas merupakan salah satu logam mulia yang nilainya paling stabil dan mudah untuk dicairkan. Emas sendiri merupakan jenis logam mulia yang ada di muka bumi sejak dahulu kala. Emas menjadi sebuah simbol kekayaan dan pada masa modern menjadi sebuah status sosial dan juga investasi untuk keuangan di masa depan.

Sejatinya saat memutuskan untuk berinvestasi menggunakan emas terdapat dua jenis emas yang sering digunakan, emas perhiasan dan emas batangan. Walaupun sama-sama emas, tetapi kedua barang tersebut memiliki perbedaan karakteristik hingga keuntungan dan kerugian masing-masing. Bahkan kedua barang tersebut juga mungkin memiliki perbedaan harga yang bisa mencolok. Lalu, apa saja sih perbedaan dari kedua jenis emas tersebut? Kemudian, mana yang lebih menguntungkan? Emas batangan atau emas perhiasan? Mari kita simak perbedaan keduanya di bawah ini.

Emas Batangan

Emas batangan menjadi salah satu instrumen investasi yang paling digemari dan paling populer dimana emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang, sebab harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil. Selain hal tersebut, kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda dalam memilih investasi ini, sebab sejumlah uang yang Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda bisa berinvestasi dengan rasa aman. Selain itu, emas batangan juga dianggap lebih ideal karena harganya jauh lebih stabil dan cocok untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang.

Namun, salah satu kerugian dari investasi emas batangan dibandingkan emas perhiasan adalah tidak semua orang memiliki akses untuk melakukan investasi emas jenis ini. Terutama karena harga emas yang terus menerus naik dan jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, orang-orang harus merogoh kocek yang sangat besar. Alhasil investasi emas batangan lebih sering dilakukan oleh golongan menengah ke atas. Walaupun pemerintah telah memberikan wadah tempat jual beli emas lewat PT. Antam, tetapi outletnya sendiri hanya tersedia di beberapa kota-kota besar saja. Memang banyak bank juga menyediakan jasa jual beli emas batangan, tetapi tidak setiap cabang bank menerima hal tersebut. Hal ini tentunya menyulitkan orang-orang yang ingin berinvestasi emas batangan.

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Lebih Untung Yang Mana Keuangan

Emas Perhiasan

Banyak orang yang membeli emas perhiasan biasanya tidak memikirkan benda ini sebagai suatu bentuk investasi, melainkan sebagai perhiasan yang digunakan untuk menghias diri. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa kebanyakan emas jenis ini lebih banyak dibeli oleh perempuan. Namun, tidak jarang beberapa orang memang sering mengumpulkan berbagai jenis perhiasan yang akan dijual dari waktu ke waktu. Berbeda dengan emas batangan yang hanya berbentuk batangan, emas perhiasan datang dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Biasanya semakin mahal perhiasan tersebut, maka semakin besar pula ukuran emas tersebut. Tidak jarang perhiasan dihargai lebih mahal daripada emas batangan karena perhiasan juga menjual aspek keindahan dan penampilan. Biasanya bentuk perhiasan juga menjadi nilai jual tersendiri dari emas jenis ini. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari gelang, kalung, anting, bros, mahkota, dan lain-lainnya.

Selain itu, emas perhiasan juga lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan emas batangan. Ada banyak toko emas yang tersebar di sekitar Indonesia. Mulai dari dalam pusat perbelanjaan sampai di pasar, toko emas lebih mudah untuk ditemukan. Lewat fakta tersebut orang-orang dapat lebih mudah melakukan investasi emas perhiasan dibandingkan investasi emas batangan. Tidak hanya itu, bahkan di desa-desa sekalipun toko perhiasan yang menjual emas juga dapat ditemukan. Hal ini tentunya membuat investasi emas perhiasan jauh lebih populer di beberapa lokasi di Indonesia. Namun, tentunya investasi jenis ini memiliki kerugian tersendiri. Bisa saja hasil investasi lewat emas ini tidak memberikan keuntungan yang besar dan maksimal.

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Lebih Untung Yang Mana Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/gold-plated-accessories-248077/

Pertama-tama, tidak semua toko perhiasan atau toko emas diawasi oleh lembaga yang dapat dipercaya. Hal ini bisa membuat emas yang dibeli atau dijual dihargai lebih murah atau bahkan dicurangi. Emas yang dijual bisa saja tidak emas murni dan ukurannya tidak sesuai, tentunya bisa menyebabkan kerugian. Terutama untuk pemula atau orang-orang yang tidak memahami soal emas, membedakan emas palsu dan asli bisa cukup menyulitkan. Kedua, Emas dalam bentuk perhiasan ini juga akan dikenai sejumah biaya pembuatan yang bisa dibilang cukup besar sekali. Tak tanggung – tanggung, jumlah biaya dari pembuatan emas perhiasan tersebut berkisar antara 15% – 20% dari nilai emas itu sendiri, dan ketika anda menjual perhiasan tersebut, biaya pembuatan tidak akan dihitung. Hal ini memungkinkan emas yang dibeli bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu, berbeda dengan emas batangan yang memiliki sertifikasi dan penjelasan ukuran dan harga yang pasti, emas perhiasan lebih sulit untuk diukur harga dan dipastikan. Jika tidak berhati-hati, bisa saja anda mengalami kerugian dan bukan keuntungan.

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Lebih Untung Yang Mana Keuangan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/gold-plated-accessories-248077/

Penutup

Memang emas sering digadang-gadang sebagai safe haven dari segala jenis investasi, tetapi bukan berarti investasi ini tidak memiliki tantangan tersendiri. Tentunya sejauh ini investasi emas masih menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan masih sangat populer hingga saat ini. Hal yang paling penting adalah menyesuaikan jenis investasi yang anda lakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Selamat berinvestasi!

Itulah artikel mengenai “Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Lebih Untung Yang Mana”. Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Haruskah Beralih ke Startup di Masa Pandemi?

Tak Semuanya Member Paling Tua di Grup, Kesamaan Para Leader Grup-Grup SM Ini Tuai Decak

Mau Tahu Bagaimana Kriteria Pemilihan Leader Dalam Grup K-Pop?