in

Jadi 23 Anggota, Ini Dia Leader NCT 2020 Projek Baru Grup Boy NCT!

Leader NCT 2020 akan jadi pemimpin grup dengan jumlah anggota yang tidak lazim seperti grup K-pop biasanya. Sebab grup ini baru saja mengumumkan adanya dua anggota baru, sehingga jumlah anggota saat ini adalah 23 orang. Hal lain yang tidak lazim dari grup ini adalah posisi leader, maknae, vokal, dan rap yang tidak pernah tetap.

NCT atau Neo Culture Technology merupakan grup berkonsep unik yang diciptakan pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man. Keunikannya adalah tidak ada batasan jumlah anggota dalam grup ini sehingga memungkinkan adanya penambahan jumlah anggota terus menerus. Selain itu, NCT juga membuat sub unit atau pun projek yang bisa diisi oleh anggota yang berbeda-beda dari beberapa basis kota di seluruh dunia.

Kendati begitu, NCTzen sebutan untuk penggemar NCT di unit atau projek apapun mempercayai bahwa leader NCT 2020 secara keseluruhan adalah Taeyong. Begitu pula di projek terbaru tahun 2020 ini, Taeyong kembali dipercaya menjadi leader NCT 2020. Sebenarnya, Ia juga menduduki posisi pemimpin grup di hampir semua unit NCT, sebut saja NCT 127 dan NCT U.

Pemilik nama asli Lee Taeyong ini memiliki beberapa posisi di NCT, yaitu leader, main dancer, main rapper, visual, dan center. Bakatnya itu telah diasah selama 4 tahun menjadi trainee sejak tahun 2012. Berkat dari bakatnya tersebut, Ia juga didapuk dalam grup di bawah asuhan SM Entertainment lainnya, SuperM.

NCTzen mengaku sangat salut dengan pria kelahiran tahun 1995 ini. Bagaimana tidak? Bayangkan saja Taeyong harus mengatur 22 orang yang memiliki sifat dan latar belakang yang berbeda-beda. Tidak jarang, Ia kedapatan sedang menghitung jumlah anggotanya oleh penggemar. Kebiasaan itu dilakukannya untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

Berikut adalah nama-nama leader NCT 2020 atau sub unit berserta penjelasannya:

1. NCT

Jadi 23 Anggota, Ini Dia Leader NCT 2020 Projek Baru Grup Boy NCT! K-Pop

Gambar: Taeyong leader NCT, NCT U dan NCT 127 (Sumber: https://www.hiburan.dreamers.id/sakit-taeyong-nct-absen-dari-penampilan-nct-127-di-music-bank)

NCT memiliki 21 anggota saat pertama kali dibentuk pada tahun 2016. Lalu datanglah Shotaro dan Sungchan sebagai anggota baru pada September 2020. Semua anggota NCT memiliki berbagai perbedaan, seperti tahun kelahiran pada rentang usia 1994 sampai 2002 dan asal negara dari Jepang, China, Amerika, Kanada atau asli Korea.

Adapun anggota yang termasuk hyung line adalah Taeil, Johnny, Taeyong, Yuta, Kun Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Lucas, Mark, Renjun, Jeno, Haechan. Sedangkan, Jaemin, Chenle, Jisung, Xiao Jun, Yang Yang, dan Hendery masuk ke dalam kategori maknae line.

Taeyong mengambil peran sebagai Leader NCT 2020, meskipun bukan anggota tertua di grup ini. Selain itu, Ia bersama Mark, Lucas dan Jaemin menempati posisi rapper untuk grup secara keseluruhan. Sedangkan, Ten, Jisung, Winwin, dan Jeno dipilih NCTzen sebagai main dancer NCT.

2. NCT U

Sub unit pertama NCT adalah NCT U, dimana huruf U memiliki arti United. Tidak ada anggota tetap dalam sub unit ini. Anggota ditentukan berdasarkan konsep yang akan dibuat. Setidaknya sub unit ini sudah tiga kali menampilkan anggota yang berbeda untuk setiap debutnya.

Pertama kali debut pada bulan April 2016 dengan Taeil, Jaehyun, Taeyong, Mark, Ten, dan Doyoung. Mereka debut dengan membawakan lagu The 7th Sense dan Without You. Kemudian, NCT U comeback pada bulan Februari 2018 dengan formasi yang berbeda. Kali ini Taeyong, Jaehyung, Mark dan Doyoung bersama Winwin, Lucas dan Jungwoo merilis single BOSS.

Selanjutnya, NCT U merilis album Resonance Pt. 1 pada 12 Oktober 2020. Tampil energik Taeyong, Doyoung, Jaehyu, Lucas, Xiaojun, Jaemin, dan Shotaro dalam comeback ini. Mereka membawakan lagu terbaru yang berjudul Make a Wish (Birthday Song). Adapun anggota yang berpartisipasi secara tetap di tiga projek NCT U adalah Taeyong, Jaehyun dan Doyoung. Taeyong sekali lagi ditetapkan sebagai leader NCT 2020.

3. NCT 127

Sub unit kedua dari NCT adalaha NCT 127 yang memulai debut tahun 2016. Sub unit ini berbasis di ibu kota Korea Selatan. Menariknya, penambahan angka 127 di belakang kata NCT sengaja diambil dari titik koordinat kota Seoul. Ini digunakan untuk menetapkan sub unit yang anggotanya berasal dari Korea.

Adapun 7 personel awal grup NCT 127 adalah Taeil, Taeyong, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan. Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Taeyong mengambil peran leader dalam grup ini artinya ia adalah Leader NCT 2020. Kendati begitu, pria yang akrab dipanggil Tyong ini mengaku tidak menyangka dan selalu berusaha lebih keras untuk memberikan yang terbaik.

4. NCT Dream

Sub unit ketiga dari NCT adalah NCT Dream yang dibentuk berdasarkan usia. Konsep grup ini adalah semua anggota grup harus berusia di bawah 20 tahun, untuk itu jika usia anggota sudah mencapai usia tersebut mereka harus keluar dari sub unit ini. Mereka bisa pindah ke sub unit atau projek NCT lainnya.

Adapun anggota awal dari NCT Dream adalah Mark, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, dan Jisung. Untuk leader grup dipercaya kepada Mark. Mereka debut dengan merilis single digital yang berjudul Chewing Gum pada bulan Agustus 2016. Namun, kini beberapa anggota sudah keluar dari grup karena usi mereka sudah melebihi batas usia maksimal anggota grup.

Jadi 23 Anggota, Ini Dia Leader NCT 2020 Projek Baru Grup Boy NCT! K-Pop

Gambar: Mark leader NCT Dream yang telah lulus dari grup

Mark merupakan anggota pertama yang lulus dari NCT Dream pada tanggal 31 Desember 2018. Kini Ia fokus menjadi anggota pada sub unit NCT 127. Namun, pada projek NCT 2020 ini menjadi tempat reuni leader NCT Dream pertama dalam lagu De Javu. Dimana projek terakhir mereka bersama adalah Candle Light pada 27 Desember 2018.

5. WayV

Berbeda dengan unit dari NCT lainnya, WayV tidak mencantumkan nama NCT di nama grupnya. Sub unit ini fokus merilis lagu dengan bahasa mandiarin karena berbasis di China. Nama grup ini diambil dari nama label yang menaunginya, yaitu Label V (label eksklusif China SM Entertainment).

WayV terdiri dari Kun yang didapuk menjadi leader sub unit NCT ini, Lucas, Winwin, Kun, Ten, Hendery, Xiao Jun, dan Yang yang. Mereka memulai debut dengan merilis single yang berjudul Reguler pada 17 Januari 2019. Lagu yang mereka rilis tersebut merupakan milik NCT 127 yang mereka bawakan dengan bahasa mandarin.

Jadi 23 Anggota, Ini Dia Leader NCT 2020 Projek Baru Grup Boy NCT! K-Pop

Gambar: Kun leader WayV sub unit NCT basis Tiongkok 

SM Entertainment kembali membuat projek besar dengan bertajuk NCT 2020. Setelah dua tahun sebelumnya membuat projek dengan nama NCT 2018. Projek ini akan menampilkan berbagai konsep dan kombinasi dengan sifat fleksibel. Selain itu, album yang akan dirilis terbagi menjadi dua bagian, yaitu Resonance Pt. 1 dan Pt. 2. Dengan berkumpulnya semua anggota NCT di projek ini, tentu menjadi hal yang sangat dinantikan NCTzen. Oiya, jangan lupa untuk kasih semangat leader NCT 2020 ya. Kebayang gak sih gimana ribetnya ngurus 23 orang dalam sebuah penampilan?

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

 

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote
Veteran

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Genshin Impact Lag Android 2

Wow! Selain Multi-Platform, Genshin Impact Juga Bisa Cross-Platform?

Ini 7 Destinasi Wisata Menarik di Yogyakarta!