in

Jalur PMDK dan Persyaratannya yang Harus Diketahui

Perguruan tinggi tidak hanya universitas, tetapi ada juga yang berbentuk Politeknik dengan durasi kuliah selama 3 tahun dan mendapat gelar Ahlimadya dengan jenjang pendidikan Diploma. Faktanya, mayoritas calon mahasiswa belum memahami tentang jalur PMDK dan persyaratannya sehingga kita harus membahas secara rinci tentang seleksi PMDK ini.

Definisi PDMK

PDMK adalah sistem seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri Se-Indonesia. Seleksi ini dipenuhi sekitar dari 200 ribu peserta dari berbagai Politeknik Negeri yang ada di Indonesia setiap tahun. Ada lebih dari 43 Politeknik Negeri yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun, jalur ini hanya bisa diikuti oleh murid-murid berprestasi di sekolah dalam bidang akademik atau nonakademik.

PMDK PN adalah sistem seleksi berupa undangan dari Politeknik kepada siswa berdasarkan nilai rapor dengan kuota masuk sesuai peringkat atau akreditas sekolah. Contohnya, sekolah dengan akreditasi A akan mendapat lebih banyak undangan daripada sekolah dengan akreditasi B, sekolah dengan akreditasi B mendapat lebih banyak undangan daripada sekolah akreditasi C, dan seterusnya.

Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Sistem pendidikan di Politeknik Negeri berbeda dengan universitas. Kegiatan pembelajaran di poltek berbasis produksi atau menghasilkan sesuatu sehingga kegiatan kuliah didominasi oleh aktivitas praktikum di laboratorium dan praktik langsung di lapangan. Oleh sebab itu, para lulusan dari Politeknik lebih siap kerja daripada lulusan universitas yang pembelajarannya didominasi dengan teori. Jenjang pendidikan di Poltek adalah Diploma yang terdiri dari D1, D2, D3, dan D4 yang setara dengan S1. Namun, ada juga beberapa Politeknik ternama yang membuka jalur pendidikan S1 dan S2.

Kuota untuk setiap Politeknik lebih sedikit daripada jumlah calon mahasiswa yang mencapai ratusan ribu sehingga jumlah yang akan diterima kurang dari 1000 mahasiswa saja. oleh sebab itu, kamu harus mencari beberapa kampus untuk dijadikan cadangan seleksi masuk PMDK. Ketika mengikuti seleksi, kamu bisa memilih 2 jurusan dari 2 Politeknik Negeri, tetapi kadang bisa juga memilih 3 jurusan dari 3 Politeknik Negeri yang berbeda.

Kelebihan dari Poltek Negeri adalah mendapatkan ijazah negeri dan para mahasiswa disiapkan untuk menjadi tenaga kerja yang sesuai dengan bidang masing-masing. Selain itu, masa atau durasi pendidikan yang ditempuh lebih cepat daripada S1, yaitu 3 tahun saja sehingga cocok bagi orang-orang yang tidak ingin lama kuliah dan langsung bekerja. Pasalnya, ada beberapa Politeknik Negeri yang memberikan ikatan dinas kepada para lulusannya sehingga mereka tidak perlu khawatir mau bekerja apa dan di mana.

Pentingnya Seleksi PMDK Politeknik Negeri

Pada kenyataannya, seleksi Politeknik Negeri tidak hanya PMDK, tetapi masih banyak seleksi lainnya. Jika tidak lulus jalur PMDK dan persyaratannya, kamu bisa mengikuti ujian atau seleksi lainnya. Namun, jalur PMDK adalah jalur yang paling bergengsi. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran jalur PMDK adalah jalur PMDK PN diprioritaskan bagi murid-murid yang berprestasi dan mendapatkan rekomendasi dari sekolah saja. Rekomendasi sekolah artinya ada kerja sama langsung antara kampus dan sekolah sehingga para muridnya bisa mengikuti jalur seleksi ini.

Jalur PMDK dan Persyaratannya yang Harus Diketahui Pendidikan

Sumber: http://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/2016/04/pendaftaran-online-pmdk-pn-ta-20162017.html

Sebagai tahap awal pendaftaran, pihak sekolah harus mengisi data verifikasi sesuai dengan hasil nilai rapor calon mahasiswa dari kelas 10 hingga 12. Setelah itu, setiap calon mahasiswa akan mendapatkan akun login pmdk.politeknik.go.id untuk melakukan pendaftaran ulang dan keperluan administrasi lainnya. Pihak sekolah akan memberikan akun tersebut kepada siswanya, kemudian siswa tersebut bisa melakukan pengisian data dan mendaftar secara online. Jika siswa tersebut tidak mendapatkan akun login berarti dia tidak bisa mengikuti seleksi masuk PDMK PN sehingga harus mengikuti tes tertulis.

Persyaratan PMDK PN

Proses pendaftaran PMDK PN secara online harus sesuai dengan jurusan di SMA atau SMK. Sesuai dengan namanya, Politeknik memprioritaskan pendidikan berbasis teknik sehingga semua jenis teknik tersedia. Para lulusan SMK lebih diprioritaskan, tetapi para lulusan SMA juga bisa mendaftar asalkan mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Perhatikan juga beberapa hal berikut jika kamu memilih jalur PMDK dan persyaratannya.

1. Sekolah Harus Terdaftar atau Mendapat Undangan PMDK PN

Untuk mengikuti seleksi ini, pihak sekolah harus memastikan posisinya di Politeknik tujuan siswa. Jika belum terdaftar, pihak sekolah harus segera mendaftarkan sekolahnya. Bagi sekolah yang sudah terdaftar akan memperoleh undangan dari pihak panitia penyelenggara untuk login melalui situs resmi data sekolah (https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah). Namun, sekolah yang tidak mendapatkan undangan bisa mendaftar dan melengkapi semua data yang diperlukan melalui situs resmi PMDK, yaitu https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah/ceknpsn.

2. Siswa yang Mendapatkan Rekomendasi PMDK PN Harus Segera Mendaftarkan Diri

Para siswa yang telah mendapatkan rekomendasi sekolah berupa username dan password atas data siswa yang bersangkutan maka mereka bisa langsung melakukan login melalui https://pmdk.politeknik. or.id/daftar/siswa yaitu situs resmi dari PMDK. Selanjutnya, mereka harus mengisi data profil, nilai rapot dari semester 1-5, dan semua data yang dibutuhkan, termasuk prestasi ekstra di sekolah atau di tempat lainnya. Bagi pendaftar yang menjadi peserta bidik misi harus membaca penjelasan lebih lanjut tentang finalisasi, tetapi bagi pendaftar yang bukan peserta bidik misi tidak perlu melakukan hal tersebut.

Finalisasi dan konfirmasi bagi para peserta beasiswa bidik misi yang tidak mendapatkan dari sekolah bisa mendaftar secara pribadi melalui situs bidikmisi.ristekdikti.go.id sebagai situs resmi bidik misi. Pilih jurusan, program studi, dan Politeknik Negeri dalam proses pendaftaran sesuai instruksi sekolah. Bagi siswa yang sudah mendapatkan rekomendasi sekolah bisa segera mempersiapkan beberapa ketentuan untuk proses finalisasi pendaftaran sebagai berikut.

Jalur PMDK dan Persyaratannya yang Harus Diketahui Pendidikan

Sumber: http://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/2016/04/pendaftaran-online-pmdk-pn-ta-20162017.html

Setiap peserta harus mengurus beberapa berkas setelah mendapatkan username dan password dari sekolah. Berkas-berkas yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

  • Print out bukti pendaftaran.
  • Fotokopi legalisasi rapor semester 1 s/d 5.
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Fotokopi sertifikat tentang prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler minimal selama sekolah menengah di tingkat Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Surat keterangan lain dari syarat khusus politeknik yang dipilih.
  • Persyaratan tambahan khusus siswa/pendaftar bidik misi : Mengirim 2 berkas (1 berkas untuk persyaratan PMDK-PN dan 1 berkas format sesuai aturan bidikmisi ristekdikti, silahkan lihat di http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman)
  • Pihak sekolah harus menerima semua berkas pendaftaran dari siswa secara lengkap jika dilakukan secara kolektif.
  • Berkas pendaftaran PMDK-PN dikirimkan ke alamat Politeknik yang menjadi Pilihan Pertama Siswa.
  • Verifikasi data online dan berkas yang dikirim oleh sekolah atau siswa.
  • Proses Seleksi Nasional dilakukan.
  • Rapat Koordinasi Evaluasi Akhir untuk menentukan kandidat terbaik.
  • Pengumuman Kelulusan PMDK PN bisa dilihat sesuai jadwal pada situs http://pmdk.politeknik.or.id karena semua dilakukan secara online.

Itulah penjelasan lengkap tentang jalur PMDK dan persyaratannya. Semoga artikel ini berguna bagi semua calon mahasiswa atau kalian yang tertarik untuk kuliah di Politeknik Negeri. Selamat berjuang! Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tips Mendaki sambil Menikmati Matahari Terbit di Gunung Bromo - RedDoorz Blog

Yuk Berlibur ke Gunung Bromo Bersama Teman dan Keluarga Kamu

Mendapatkan Uang Saat Liburan, Bukan Hanya Mimpi!